Senin, 01 Juni 2015

Keajaiban Sekaligus Manfaat Menulis

Ilustrasi
Entah dapat ilham dari mana, dalam tiga bulan terakhir ini aku kembali keranjingan menulis di blog pribadi. Bahkan saking keranjingan, blog ini selalu aku tengok setiap jam untuk memastikan perkembangan yang terjadi sekaligus memastikan keadaannya baik-baik saja. Rasanya ada yang kurang jika tidak sempat menengoknya setiap kali akan melakukan aktivitas sehari-hari. Mungkin sedikit terdengar lebay atau apalah, tapi itulah kenyataan yang terjadi.

Kehadiran blog seakan membawa angin segar dan semangat baru bagi saya. Lewat blog, saya bisa menuliskan segala yang terpendam dalam pikiran. Apa yang membelenggu di dalam kepala secara perlahan-lahan aku keluarkan satu persatu hingga menjadi sebuah tulisan, dengan harapan bisa bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Sedangkan di sisi lain, aku yang tak terbiasa berbicara di hadapan banyak orang merasa terbantu, karena lewat blog aku masih bisa menyampaikan segala yang aku ketahui tanpa perlu merasa canggung dan minder dari orang-orang di sekitar.

Dengan adanya blog, aku merasa bebas untuk mengeluarkan segala kemampuan yang selama ini belum dimaksimalkan. Bahkan bisa di bilang sebagai bagian dari bakat terpendam yang secara kebetulan baru muncul ke permukaan beberapa bulan terakhir ini. Suatu bakat yang secara perlahan-lahan menghadirkan berbagai keajaiban serta manfaat yang tak di sangka-sangka. Entah bagaimana dengan orang lain, tapi yang aku rasakan dan alami belakangan ini kurang lebih demikian setelah mulai menekuninya.

Namun di balik keajaiban dan manfaat yang aku rasakan, ternyata masih banyak juga teman-teman di sekelilingku yang bertanya-tanya. Penyebabnya pun sederhana, yakni masih tidak percaya akan apa yang aku alami. Walaupun demikian, aku tetap berusaha menjelaskan sesuai kemampuan yang aku miliki dan mengajak mereka untuk ikut terjun langsung ke dalamnya. Hal ini aku lakukan agar rasa penasaran dan ketidakpercayaan serta keraguan mereka akan dunia yang belakangan ini mulai aku tekuni bisa terjawab dengan sendirinya.

Dunia yang aku maksud tak lain adalah Menulis. Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, dunia ini menghadirkan berbagai keajaiban dan manfaat yang tak di sangka-sangka. Entah itu berupa materi sebagai bonusnya, banyak teman, konektivitas atau jaringan bertambah, bertemu idola, atau hal lainnya, yang bila aku sebutkan satu persatu malah akan membuat pendengar menjadi bosan dan bisa jadi tambah tidak percaya, atau mungkin juga geleng-geleng kepala karena terpukau dengan apa yang aku jelaskan.

Ilustrasi
Tapi karena hari ini aku lagi berbaik hati, maka aku akan menjelaskan berbagai keajaiban dan manfaat ketika terjun ke dunia menulis. Apa yang akan aku jelaskan kali ini tentunya berdasarkan pengalaman dan hasil pengamatan pribadi sejak mengenal dunia menulis dari tahun 2011. Daripada penasaran teman-teman semakin bertambah memprihatinkan dan rasa bosan mulai menghampiri, maka aku akan segera mengatasinya. Yuk, simak ulasan singkat di bawah ini : 

Memperluas Wawasan 

Percaya atau tidak, dengan menulis wawasan kita akan bertambah. Di mana semakin banyak dan rajin kita menulis, secara otomatis pengetahuan baru akan ikut menyertai. Karena dalam dunia menulis juga membutuhkan referensi seperti halnya ilmu lainnya. Dengan adanya referensi yang dibutuhkan, maka perbendaharaan kata dan ilmu baru pun akan kita peroleh. 

Mengurangi Stress dan Membuat Bahagia 

Katanya, menulis bisa menjadi alat untuk terapi dan menghilangkan stress. Bahkan bisa memperlambat proses tumbuhnya uban, khususnya bagi mereka yang memasuki usia tua. Di sisi lain, perasaan akan menjadi lega ketika apa yang ada dalam pikirkan dituangkan ke dalam tulisan, lebih-lebih lagi bagi mereka yang memiliki hobi menulis. Apalagi saat ada sedang memiliki masalah dan tidak menemukan orang yang cocok untuk di ajak berbicara, maka dengan menuangkan perasaan anda ke dalam tulisan, beban dalam pikiran dengan perlahan-lahan akan menghilang. Dengan kata lain membantu anda menyembuhkan diri, baik secara emosional, fisik dan psikologis.

Sedangkan di sisi lainnya, kebiasaan menulis akan membawa anda kepada hal yang positif serta mengurangi kebiasaan melamun anda dan aktivitas negatif lainnya. Bahkan menulis juga dapat membuat anda menjadi lebih tenang dan bahagia. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda menjadikan menulis sebagai sebuah hobi baru anda. 

Lebih Ekspresif 

Orang yang mempunyai hobi menulis biasanya mereka memang merupakan orang yang lebih ekspresif. Bentuk ekspresi itu sendiri bisa berupa tulisan atau mungkin perbuatan tergantung dari karakter masing-masing. Melalui tulisan, biasanya mereka yang hobi menulis akan mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran mereka melalui tulisan tersebut. 

Meningkatkan Kecerdasan 

Dengan menulis, kecerdasan berfikir anda akan meningkat tanpa di sadari. Kok bisa! Karena secara otomatis setiap harinya anda akan mengasah keterampilan dan kemampuan menulis anda. Selain itu, faktor minat menulis juga akan mengarahkan anda pada kegiatan yang sesuai dengan kemampuan intelegensi. Contohnya seperti pisau, jika sering diasah akan semakin tajam dan begitu pula dengan otak manusia yang sering digunakan untuk berfikir juga akan semakin cerdas.

Ketika menulis, anda akan belajar mengeksplorasi bahasa dengan menemukan serta menggunakan banyak kosakata baru. Hal ini akan merangsang otak untuk terus mengingat dan berkembang menjadi lebih cerdas. Tak hanya itu saja, dengan belajar berbahasa kamu akan lebih pandai mengontrol kata-kata yang akan kamu gunakan dalam tulisan. Sehingga tak hanya meningkatkan IQ saja, tetapi akan membuat anda jadi lebih cerdas secara emosional. 

Melatih Kreatifitas 

Saat akan menulis, anda akan di tuntut untuk membuat tulisan yang lebih kreatif dan mengalir dari dalam diri. Sehingga orang lain yang membaca tulisan anda akan merasa seakan berada dalam situasi yang ada tuliskan. Tak hanya itu saja, anda akan menemukan berbagai cara untuk mengatasi segala kebuntuan yang di hadapi serta kreatifitas akan semakin terasah ketika akan menuliskan sesuatu. Karena dengan aktif menulis anda akan menemukan berbagai ide untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang berguna. Bahkan ide tersebut kadang berasal dari tulisan anda sebelumnya atau saat itu. 

Menjaga Ingatan Tetap Kuat 

Konon katanya, salah satu manfaat menulis adalah menghindarkan kita dari gejala kepikunan. Karena dengan menulis, secara otomatis akan memperdalam dan mengembangkan bahasa atau kosakata yang kita miliki. Bagaimana tidak demikian, ketika menulis kita akan terpacu untuk berpikir, memilih kosakata, mengeluarkan ide yang kemudian di kembangkan menjadi sebuah karya tulis. Bahkan secara tidak sadar akan memaksa kita untuk mengingat kembali kenangan masa lalu yang sudah di kubur dalam memory kita. Sehingga otak kita akan teransang kembali dan siap untuk menerima serta menyerap berbagai informasi. Di satu sisi, otak juga akan menjadi lebih aktif untuk mengingat. 

Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Rasa Percaya Diri 

Ketika akan menulis sesuatu, pasti memiliki harapan yang besar agar tulisan kita di baca oleh orang lain, dan menyerap sekaligus menangkap pesan yang terkandung di dalamnya. Percaya atau tidak, semakin pandai kita menulis sesuatu yang enak dibaca, akan berimbas pada keterampilan berbicara yang sesungguhnya. Karena apa yang kita tuliskan pada dasarnya adalah salah satu bentuk komunikasi juga.

Tak sampai di situ saja, lewat menulis kita belajar memahami sesuatu dengan lebih detail. Sedangkan di sisi lain, menulis juga membawa energi positif yang dapat mengejutkan otak, serta mampu melepaskan hormon yang nantinya akan membuat mood dan rasa percaya diri meningkat. 

Memberikan Keuntungan Secara Financial 

Selain beberapa keajaiban sekaligus manfaat di atas, terdapat juga manfaat lain yang tak kalah menarik. Di mana bagi mereka yang aktif di dunia menulis menyebutnya sebagai bonus atas hobi yang di tekuni. Bonus yang aku maksud adalah mendapatkan keuntungan secara finansial. Sebagai contoh, mereka yang berprofesi penulis buku atau novel. Lewat imajinasi dan tangan mereka lahir berbagai karya, di mana semua itu berawal dari hobi menulis. Dari karya mereka hasilkan, tidak sedikit yang meraih keuntungan hingga jutaan rupiah.

So... Tunggu apalagi, masihkah anda berpikir dua kali untuk memulai menulis? Banyak keajaiban dan manfaat yang menunggu anda. Itu pun jika anda mau terlibat dan terjun langsung ke dalam dunia menulis.

Makassar, 01 Juni 2015

12 komentar:

  1. Melatih kreatifitas, itu betul mas :)

    Saat ini lagi keranjingan utk menulis di blog, walaupun nulis tulisan sederhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... kita sama dunk, lagi rajin-rajinnya nge-blog. Gak apa-apalah, di mulai dari yang sederhana dahulu.

      Hapus
  2. Setuju dengan semua paparan di atas... menulis ini hobi yang menyenangkan^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, yang aku rasakan sekarang begitu menyenangkan dan membuat pikiran jadi segar juga.

      Hapus
  3. setujuuuu!!!
    dengan menulis, kita menciptakan dunia sendiri mas. seenggaknya gitu menurut saya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... benar bangad, dengan menulis dunia baru ikut tercipta.

      Hapus
  4. Yup menulis di blog itu menyenangkan..., saya jg jadi keranjingan nih Mas hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... habis keranjingan tinggal nunggu pundi-pundi masuk keranjang belanjaan.

      Hapus
  5. ternyata banyak sekali manfaat menulis, kejaiban menulis akan datang dengan sendirinya, jika menulis membuat kita bahagia. Bonus itu juga penting mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, lumayan banyak. Beberapa di antaranya seperti yang aku tuliskan ini. Ngomongin soal bonus, tergantung rejeki aja deh kalau saya pribadi. Walaupun mengharapkan juga.

      Hapus
  6. Manfaatnya lumayan banyak banget yaaa, gw malah ngak kepikir sampai kesana. Gw ngeblog karna cuman iseng aja dari pada benggong hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya demikian, hanya untuk iseng dan mengisi kekosongan waktu. Tapi tanpa sadar ternyata memperoleh banyak manfaat dan berbagai keajaiban yang tak terduga.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...