Senin, 15 Agustus 2016

Cara Mudah Menghitung Tinggi Ideal Plafon Rumah


Tinggi Ideal Plafon Rumah
Tinggi Ideal Plafon Rumah, dok. Pribadi
Menentukan tinggi plafon rumah dari lantai, memang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Mau yang standar, atau malah plafon tinggi, nggak ada yang melarang.

Hanya saja, sebelum menentukan tinggi langit-langit rumah, kamu perlu memerhatikan beberapa faktor. Yakni, iklim, proporsi ruang/estetika, sirkulasi udara, dan pencahayaan.

Berikut prinsip dasar yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan tinggi plafond. 

Iklim

Bicara tentang iklim, tentu di setiap daerah memiliki iklim yang berbeda-beda. Ada yang beriklim panas, ada juga yang beriklim dingin. Dari perbedaan iklim ini, desain hunian pun tentu akan berbeda juga. Dalam hal ini menyesuaikan dengan keadaan daerah di mana hunian akan dibangun. Salah satunya yang berbeda, yakni mengenai tinggi rendahnya pemasangan plafon.

Coba kamu perhatikan, entah itu di film atau di mana saja, pasti rumah-rumah di daerah beriklim dingin cenderung mempunyai plafon rendah. Di Jepang atau Eropa, misalnya. Tinggi plafon 2,4 atau 2,5 meter adalah hal yang biasa. Alasannya adalah sebagai bentuk penghematan energi. Karena menurut mereka, semakin tinggi plafon semakin tinggi pula pemanasan diperlukan.

Sementara itu, di daerah pesisir atau beriklim panas, plafon tinggi memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa udara panas akan bergerak ke atas. Karenanya, plafon yang tinggi memungkinkan udara di ruangan menjadi tetap sejuk.

Selain itu, plafon yang tinggi juga memungkinkan cahaya matahari masuk lebih dalam ke semua bagian rumah. Dengan demikian ruangan tidak menjadi terasa lembab.

Jadi, bila kamu tinggal di daerah pesisir dengan udara yang cenderung panas, sebaiknya tinggi plafon tidak kurang dari 280 cm, atau antara 2,8 – 3,5 m.

Proporsi dan Estetika

Desain arsitektur tak lain bicara tentang proporsi ruang. Desain yang indah itu berarti proporsional. Para mahasiswa arsitektur umumnya tahu bahwa untuk menentukan tinggi plafon standard sebuah ruangan berlaku rumus: (panjang + lebar) dibagi 2. Artinya sebuah ruangan berukuran 3x4m akan tampak proporsional bila plafonnya berukuran sekitar (3+4)/2 = 3,5m.

Tentu saja ini bukan rumus matematis baku karena proporsi ideal dapat diolah melalui penataan interior yang baik. Intinya, semakin besar ruangan, kian tinggi plafon.

Bisa juga plafon lebih tinggi dari lebar ruangan. Bila tidak diimbangi plafon yang tinggi, ruangan yang besar akan tampak seperti lorong yang pengap.

Karena itu, jika ruang keluargamu cukup luas, semisal 8x5m tanpa sekat-sekat, kamu dapat membuat plafon sampai 6-7 m.

Void atau Loft

Bila kamu membangun rumah dua lantai atau lebih, plafon yang tinggi akan tercipta dengan sendirinya. Sebab, biasanya di salah satu ruang akan adakan ada void, yakni sebuah ruang yang dibiarkan kosong dari lantai dasar sampai lantai dua sehingga pandangan bisa langsung terarah ke plafon yang ada di lantai 2.

Penciptaan plafon yang tinggi dapat juga kamu lakukan dengan mengekspos kemiringan atap. Dengan cara ini kamu dapat menciptakan plafon yang indah sehingga ruangan akan terasa lebih luas.

Void dapat juga berarti ruang terbuka tanpa atap di bagian rumah yang hanya mempunyai satu akses, yaitu dari depan saja. Pemandangan seperti ini, biasanya ada pada lingkungan perumahan. Di mana bagian kiri, kanan dan belakang rumah di kelilingi tembok.

Jika kondisi seperti ini yang kamu dapatkan, maka kehadiran void menjadi sangat vital entah dibagian belakang atau samping rumah. Kenapa begitu vital? Karena tujuan dihadirkannya void adalah agar sirkulasi udara dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Makassar, 15 Agustus 2016
Sumber Inspirasi  :
www.rumah123.com 

147 komentar:

  1. Sedang nyicil mbangun rumah imut. Plafonnya dibuat cukup tinggi biar keliatan lebih lega. Mbayangin plafon setinggi 2,5 meter saja waduh kayaknya sumpek he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rendah sekali tuh Mbak kalau tinggi plafonnya 2,5 meter. Plafon setinggi itu cocoknya buat kamar mandi, itu pun kalau posisinya di bawah tangga.

      Hapus
  2. plafong tinggi memang bikin sejuk dan membuat ruangan jadi berkesan luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad, bisa membuat ruangan jadi terasa lega.

      Hapus
  3. Wah jadi gitu ya mas alasan rumah sebagian orang jepang rata² plafonnya rendah, baru tahu juga rumus soal plafon dibagi 2, thanks mas infonya :)

    BalasHapus
  4. nice info buat yang lagi renov..


    Tips mudah dan murah menciptakan rumah idaman sendiri http://citragardencity.com/mengapa-mereka-memilih-citragarden-city-sebagai-rumah-idaman/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad, pas buat yang merencanakan renovasi rumah.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Monggo kalau dirasa artikel ini bermanfaat.

      Hapus
  6. Mas saya lg bangun rumah ni
    Tinggi plafon saya 3.6
    Kira2 ada masalah ngak yah kedepan y?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah kok, untuk saat ini plafon rumah di Indonesia standarnya 3.50 - 3.75 dengan ketinggian bangunan 3.75 - 4 meter.

      Hapus
  7. Gpp makin tinggi plafon makin bagus. Untuk indonesia sy rasa plafon di 3.5-3.75 masih oke oke saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama tanggapan mas Satya Wantaka.

      Hapus
  8. Setuju, saya bangun rumah plapon 3,8 mtr.....lebih tinggi kan...wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan tinggi juga tuh. Kenapa nggak pasang 3,5 - 3,75 meter tinggi plafondnya. Udah nggak panas kalau tingginya disekitaran itu.

      Hapus
  9. Jika ruangan 3x4 tinggi plafon 3.8 - 4 meter apa masih oke om? Apa berasa agak aneh ya? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik tinggi plafonnya 3,5 meter sampai 3,7 meter. Selain lebih memudahkan ketika mau bersih-bersih, pasang lampu dan semacamnya, juga tidak perlu menggunakan bohlam dengan watt yang besar.

      Tinggi segitu udah pas dan nggak bikin gerah kalau sudah ada penghawaan lain seperti ventilasi di atas jendela. Apalagi kalau sudah didukung bukaan jendela yang cukup.

      Hapus
  10. Semisal bangunan 2 tingkat lt.1 tinggi plafonnya 3.25 mtr dan lt.2 tinggi plafonnya 3 mtr ideal gak ya?

    Kalo tinggi total tanah sampai ujung atap rumah bertingkat 8 mtr n diatas rumah ada kabel listrik PLN harus gmna ya? -sorry keluar topik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi segitu masih ideal. kalai setiap lantainya kurang lebih 4 meter tingginya, akan lebih bagus lagi kalau lantai 1 tinggi plafonnya 3,5m - 3,7m biar nggak pengap dan udara yang masuk tidak menumpuk. Karena kalau banyak tamu pasti bakal panas, tapi kalau bukaan (jendela) mendukung nggak masalah dengan tinggi segitu.

      Sedangkan untuk lantai 2, akan lebih bagus juga kalau tingginya di sekitaran 3,25-3,50 meter. Fungsinya itu tadi untuk membuat udara yang masuk tidak menumpuk di dalam ruangan.

      Sedangkan untuk masalah kabel listrik ada di atas rumah, kalau jaraknya tidak terlalu dekat dengan rumah, masih bisa tenang dikit. Tapi kalau terlalu dekat, ditakutkan resiko untuk terjadi kebakaran lebih besar. Seperti yang semua orang ketahui, selama ini kebakaran sering disebabkan oleh hubungan arus listrik.

      Untuk solusinya harus di akali lagi model atapnya, tapi untuk saya pribadi tidak bisa menerka-nerka soalnya kondisi lapangannya harus saya tahu lebih dulu.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Mau tanya2 Pak? Saya punya ruangan los dari ruang tamu sampai kebelakang itu 5x12m Dan tinggi plafon cuma 4.30cm, Rencana separuhnya 5x6m Mau dibuat Mezannin/Balkon buat kamar tidur anak ? Apa memungkinkan dengan tinggi plafon segitu( balok gantung 4,5m) gimana cara ngakalinnya, berapa kira2 tinggi plafon lt dasar dann mezanin, mohon sarannya, sebelumnya terimakasih.

      Hapus
    3. Mohon maaf komentarnya baru saya balas.

      Plafonnya udah lumayan tinggi tuh pak. Ruko aja plafondnya kebanyakan di ketinggian 3,75 - 4 meter. Tetap memungkinkan kalau mau dibuat lantai 2 khusus untuk kamar anak. Ada baiknya tingginya di turunin dikit. Karena kalau tinggi balok gantung aja ampe 4,5 meter, saya yakin anak bapak maupun bapak sendiri bisa kecapean mencapai lantai 2.

      Saran saya kalau separuhnya mau dibuat seperti itu, lebih baik ketinggian plafond di turunin buat nutupin balok gantungnya.

      Untuk cara ngakalinnya, saya belum bisa memberikan solusi karena harus saya lihat dulu seperti apa kondisinya. Mungkin ada foto kondisi ruangnannya yang bisa saya lihat. Kalau ada kirim saja ke email saya di atas.

      Terima kasih dan semoga sedikit membantu.

      Hapus
  11. Mantap pak tutorialnya bisa saya pergunakan untuk membangun rumah pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau dianggap bermanfaat. Selamat mencoba mempraktekkannya.

      Hapus
    2. ass.... maaf mas saya mau nanya rumah ukuran 10x12 satu lantai maximal tingginya berapa ?
      kalau misalkan tingginya 4,5 ketinggian gak yah ?

      Hapus
    3. Walaikumsalam. Kalau yang ditanyakan tinggi plafondnya dan tingginya 4,5 meter untuk kamar tidur misalnya, maka di pastikan lumayan tinggi. Dan dimasa mendatang ketika ada masalah, contohnya mau ganti bohlam, pasti akan menjadi ribet.

      Ada baiknya diturunin ke ketinggian 3,25-3,75 meter untuk kamar tidur. Ruang keluarga bisa gunakan ketinggian di 3,5-4 meter.

      Itupun kalau ruang keluarganya luas dan banyak yg beraktifitas di dalamnya setiap harinya. Tapi kalau nggak, sebaiknya paling maksimal di ketinggian 3,75 meter saja plafondnya.

      Hapus
  12. Kalau misalnya bangunan rumah 9x12 kira2 berapa ukuran tinggi dinding,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bangunannya full 9x12, sebaik pakai tinggi dinding standar yang 4 meter.

      Artinya ketinggian lantai 2 kurang lebih 4 meter. Sedangkan untuk plafondnya 3,5 -3,75 meter.

      Hapus
  13. Pak, maaf mau tanya ya. Rumah saya bagian depan (ruang tamu dan 2 kamar) total sekitar 5m x 5,5m. Rencana mau direnov ditinggikan jarak ke plafon 4,5m. Apakah baik? Apakah ada pengaruhnya terhadap kenyamanan? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaruhnya hawa dalam ruangan nggak akan terlalu panas. Tapi jangan lupa dipertimbangkan juga aktivitas lainnya, seperti mau pasang bohlam kalau sewaktu-waktu rusak. Plafond yang terlalu tinggi bisa membuat capek saat dibersihkan dan juga untuk menjangkaunya saat pasang bohlam butuh tenaga lebih.

      Ada baiknya pertimbangkan tinggi plafon standar saja, yaitu disekitan 3,5-3,75 meter.

      Hapus
  14. Selamt pagi Pak..perknalkan nama sya wawan, mw tanya dn konsuktasi, sy sdg bangun rumh py lahan 9.7 x18 M, jk di Bangun tingkat 2 lantai apakah dgn tinggi platform 8 M ideal? Ada avoid didlm dgn model Leter U dgn sblh kiri tanpa sekat , jd ruangn terbuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bangunannya seperti kos-kostan? Kalau iya, dengan model bangunan leter U maka nggak perlu void lagi.

      Tapi kalau bukan dan lahan 9,7 x 18 meter digunakan semuanya untuk bangunan, sebaiknya ada void untuk masuknya cahaya dan keluar masuknya udara.

      mengenai ketinggian plafond jika bangunannya leter U seperti sebuah kos :
      Kalau ketinggian lantai 1 ke lantai 2 kurang lebih 4 meter, maka tinggi plafon lantai 1 disekitaran 3,5 - 3,75 meter. Sedangkan untuk lantai 2 ada baiknya ketinggian bangunan 3,75 meter dan plafondnya di sekitaran 3,25 - 3,5 meter.

      Tapi kalau rencana jangka panjangnya ingin menambah lagi, maka lantai 2 baik plafond maupun batas atasanya samakan dengan ketinggian lantai 1.

      Jika bangunannya full mengikuti luas lahan, maka ketinggian plafond dengan bentuk ruangan terbuka seperti itu sudah lebih dari cukup.

      Saran tambahan : coba cari referensi plafond untuk ruangan terbuka seperti auditorium, ballroom hotel, hall perkantoran atau hotel, dan atau ruangan rapat yang agak besar.

      Semoga penjelasan dari saya bisa membantu. Salam

      Hapus
  15. Salam kenal pak. Saya mau tanya, saya ada rencana renovasi tanbahan rumah menjadi 2 lantai pada bagian belakang yaitu ukuran 6x6 meter dan bagian itu sudah ada kamar yg ukuran 3x3 meter, maka ketinggian plafon yg ideal berapa yah. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.

      Tinggal menyesuaikan dengan tinggi dari lantai 1 ke lantai 2 saja pak.

      Maksud saya begini, kalau lantai ke lantai 2 tingginya 4 meter, maka plafondnya di sekitaran 3,5 - 3,75 meter. Tapi kalau lantai 1 ke lantai 2 tinginya 3,5 meter, maka ketinggian plafond antara 3 - 3,25 meter.

      Terakhir kalau tinggi lantai 1 ke lantai 2 adalah 3 meter, sebaiknya plafondnya paling standar di 2,75 meter.

      Hapus
  16. Klo sya mau buat rumah 2 lantai kira kira tinggi yang standar untuk lantai 1 dan 2 brpa ya??
    Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke luas lahan yang akan dibangun seperti apa. Kalau minim bisa pakai standar 2,75 meter untuk tinggi plafon dengan tinggi lantai ke lantai adalah 3,25 meter.

      Tapi kalau lahannya lumayan luas, sebaiknya menggunakan standar tinggi lantai 1 ke lantai 2 yakni 3,5 - 4 meter dengan. tinggi plafond di sekitar 3 - 3,25 meter untuk tinggi lantai 3,5 - 3,75 meter dan 3,5 - 3,75 untuk tinggi lantai 3,75 - 4 meter

      Hapus
  17. Ideal plafond rumah 10x20 brpa pak ?.rencana saya mau buat 5m.
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke rencana rumahnya modelnya seperti apa. Kalau luasnya 10x20 itu lose seperti model aula, maka itu udah benar.

      Tapi kalau 10x20 tersebut terbagi dalam beberapa ruangan, misalnya ada kamar, ruang tamu, ruang keluarga dan lain-lain, maka sebaiknya diturunin lagi ketinggian plafondnya.

      Contoh, ruang tamu di ketinggian 3,5 - 3,75 meter, ruang keluarga 3,5 - 4 meter, dapur 3,25 - 3,75, kamar, 3,25 - 3,75 meter.

      Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Salam

      Hapus
  18. mau minta sarannya nih pak, saya baru rehap rumah luas tanah 5 x 12 M,untuk bangunan 5 x 11 m, 1 x 5 m didepan saya sisain, awalnya saya hanya ingin meninggikan flapon menjadi 3,5m tapi berhubung lantainya di tinggin juga maka dapatlah 3,25 m,kebetulan rumah saya 2 lantai dan menghadap ke timur, dan saya ingin memanfaatkan sinar matahari serta sirkulasi udara yg baik,nah untuk ruang tamu saya ambil di bagian kanan ukuran 2,3 x 6 m,rencananya plaponnya saya langsungin pake atap ke lt 2, mungkin sampai keplafon atas dari lntai bawah kira2 7 m, karena sya ingin membuat jendela di lt 2 di bagian depan dan belakang ruang tam hingga mendapatkan sinar matahari yg bisa menerangi ruang tamu, menurut bp bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ketinggian plafondnya nggak masalah, dengan ketinggian begitu sirkulasi udara semakin bagus. Tinggal yang perlu diperhatikan permainan besar kecil ukuran jendela, karena kalau terlalu banyak cahaya yang masuk nggak baik juga.

      Semoga membantu dan mohon maaf baru bisa dibalas.

      Hapus
  19. http://perabotfurniture.com/meja-rias-minimalis-led-terbaru/

    BalasHapus
  20. Mlm pak,sya mw renov rumah,mw ditinggiin ..dngn lahan 11x6 m,brapa ukuran yg harus dtambah klo skarang tnggi'a hanya 250cm,biar sirkulasi udara bagus,dan jg enak dpandang.dan tinggi flavon'a kena di ukuran berapa,trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah lagi 130cm, artinya topnya (lantai 2) berada di ketinggian 380 cm. Untuk plafond minimal di ketinggian 325 cm dan maksimal 335cm.

      Tapi kalau rencana renovnya tetap masih tetap 1 lantai, tetap pakai ukuran di atas. Siapa tahu di masa mendatang punya planing untuk menambah lagi.

      Semoga membantu. Salam

      Hapus
  21. Saya mau pasang plafon dilantai 2 dengan ukuran tangan 5x8 , setelah dihitng sama tulangnya cuman 3 meter dari flafon ke lantai apakah ideal,sebab mau ditinggikan lagi ada talang air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bentuk ruangannya loose, dengan ketinggian plafond 3 meter pasti akan kelihatan sedikit ceper. Meskipun ketinggian tersebut sudah masuk standar. Hanya saja dari sisi sirkulasi dan penghawaan, ketinggian 3 meter pasti akan membuat ruangan cepat panas.

      Jika memang punya niat meninggikan talang air, sebaiknya plafondnya ditinggikan juga ke ketinggian 3.25 meter. Dan kalau masih bisa lagi, coba sampai ketinggian 3,5 meter.

      Hapus
  22. saya baca arsitek. ruang sempit jangan pake plafon tinggi. Salah klo berfikir plafon tinggi ruangan akan dingin. Sementara rumah saya dindingnya 4m, dengan ukuran 2,5mx 5 m. saya rencana akan dipasang plafon dengan tinggi 3,5m. cocok kah dengan kondisi ruangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plafond tinggi nggak membuat ruangan dingin. Yang benar bisa membuat sirkulasi udara dalam ruangan jadi lebih baik. Tapi itu juga harus melihat dulu daerah mana orang tersebut tinggal.

      Khusus di Indonesia yang beriklim panas dengan dua musim, ketinggian plafond berada pada ketinggian 2,7 meter hingga 3,5 meter.

      Nah, untuk kondisi ruangan seperti ruangan anda dan berencana memasang plafond pada ketinggian 3,5 meter, maka jawaban dari saya masih cocok.

      Hapus
    2. terimakasih atas jawabannya. saya tinggal di serang-banten yg cuacanya panas.

      Hapus
    3. Terima kasih kembali. Semoga jawaban singkat dari saya membawa manfaat. Kebetulan kasus yang mas Budi hadapi tidak beda jauh dengan kondisi kantor tempat saya bekerja. Hanya beda sedikit dari panjang dan lebar ruangannya.

      Hapus
  23. Pak kalo rumah 9 mter persegi tinggi sampai plavon brapa ya yg ideal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi idealnya sebaiknya di sekitara 3 - 3,25 meter aja pak.

      Hapus
  24. Pak kalau untuk ruang kelas 6mx6m, dua lantai tinggi yg ideal lantai 1 dan lt 2 berapa yah. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena fungsinya sebagai ruang kelas, yang artinya orang yang beraktivitas di dalamnya akan lebih banyak, maka sebaiknya top lantai 2 minimal 3,5 meter dan maksimal 4 meter biar nggak capek naik turun tangga.

      Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  25. Kalau untuk ruang kelas lt 2 tinggi plafon 3,5m cukup ya pak, terima kasih atas jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan ukuran segitu, tinggi plafond 3,5 meter udah cukup ideal.

      Hapus
  26. Halo Pak Arif,

    Kekurangan plafon tinggi cuma satu ya pak kayanya, susah masang bohlam, juga AC sedikit lebih lama dinginnya ya pak. Makasih. Kalo mau ganti bohlam gitu, harus gimana pasangnya ya pak, karna tinggi rumah sy 3.65 mtr? Makasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tidak salah ingat, untuk mengganti bohlam tinggi begitu sudah ada yang jual pak alatnya. Semacamnya tongkat, kaya buat jolok mangga tongkatnya.

      Hapus
  27. Bung sy bangun rumah ukuran 8x12 brp idealnya tinggi lantai ke plafond 360 cm ideal tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan lahan segitu, lebih baik di pilah lagi.
      Untuk kamar, tinggi sebaiknya berada di sekitar 3,25 - 3,5 meter.
      Untuk ruang keluarga dgn catatan luasnya lebih luas dari kamar tinggi plafond di antara 3,5 - 3,75 meter.

      Kalau ruangannya standar semua tinggi plafond 3,25 - 3,5 meter. Intinya lihat dimana aktivitas yang bakal ramai, di situ naikin dikit. Tapi kalau semuanya punya akses untuk angin/udara masuk, tinggi plafon terhadap lantai bisa di mainin di range 3 - 3,3 meter.

      Semoga bermanfaat, Terima kasih.

      Hapus
  28. Bung sy bangun rumah ukuran 8x12 brp idealnya tinggi lantai ke plafond 360 cm ideal tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat kembali penjelasan di atas ­čĹć.

      Terima kasih

      Hapus
  29. Maaf pak saya mau tanya.. mungkin sedikit berbeda tp searah.. begini klo saya mau buat atap limas degan kemiringan 35 derajt. Berapa idealnya ketinggian tembok supaya ketika di kasih plafon bagian lipsplang kelihatan proporsional. Rencana luas bangunan 6x9 meter..trimaksih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ketinggian tembok sesuai tren bangunan jaman sekarang, bisa mulai dari 3,25 - 4 meter. Tapi kalau masih ragu, ketinggian tembok coba di 3,5 - 4 meter. Bapak bisa juga mengakalinya di kuda-kuda dengan model atap dan kemiringan sesuai yang di inginkan. Sehingga plafond dan lisplank-nya tetap kelihatan proporsional.

      Maksudnya di akali di sini, yaitu tepat dibagian bawah kuda-kuda yang bersentuhan langsung dengan top tembok. Bapak hanya perlu membuatnya sedikit lebih panjang dari kuda-kuda biasanya untuk bagian bawahnya.

      Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  30. ass. Pak arif mau Tanya saya bangun ruko 5x19 4 ruko masing2 tinggi plafond lantai satu tinggi 3,3m untuk lantai 2 3,3m. apa untuk ukuran lantai satu tinggi plafondnya suda ideal atau masi kurang tinggi?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Kalau tinggi lantainya lantai 1 ke lantai 2 adalah 3,7 meter, maka ketinggian tersebut sudah pas dan ideal. Tapi kalau tinggi lantai 1 ke lantai 2 adalah 4 meter, maka agak kurang. Harusnya 3,5 meter tinggi plafondnya.

      Dengan ruko yang memanjang ke belakang dan tinggi plafond seperti yang bapak sebutkan, dipastikan dalam ruko kelihatan seperti ceper.

      Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  31. ass. Pak arif mau Tanya saya bangun ruko 5x19 4 ruko masing2 tinggi plafond lantai satu tinggi 3,3m untuk lantai 2 3,3m. apa untuk ukuran lantai satu tinggi plafondnya suda ideal atau masi kurang tinggi?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya sudah ada di atas ya pak. Terima kasih

      Hapus
  32. ass. Pak arif mau Tanya saya bangun ruko 5x19 4 ruko masing2 tinggi plafond lantai satu tinggi 3,3m untuk lantai 2 3,3m. apa untuk ukuran lantai satu tinggi plafondnya suda ideal atau masi kurang tinggi?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam, kembali lagi ke tinggi dari lantai 1 ke lantai 2 berapa. Kalau dari lantai 1 ke lantai 2 tingginya disekitar 3,5 - 3,75 meter, itu sudah masuk ideal. Mau masuk tinggi 4 meter pun sebenarnya masuk tinggi ideal juga dgn plafond setinggi itu.

      Hanya saja dengan panjang bangunan yang segitu panjang, pasti akan kelihatan seperti rendah sekali. Tapi kalau untuk ideal tidaknya, itu udah ideal.

      Hapus
  33. Ass,pak saya bangun rumah 10m kali 12m saya menggunakan tinggi plafon 3,2m apa masih ideal atau terlalu rendah. Mohon jawaban nya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi dindingnya berapa Mbak Yani.

      Kalau tinggi dindingnya hingga cuma 3,5 meter (sopi-sopi tidak dihitung jika menggunakan atap pelana), maka itu sudah sudah pas. Tapi jika tinggi dinding 4 meter, maka tinggi plafondnya agak kurang. Pasti nanti akan membuat penghuni rumah merasakan gerah (kalau tidak menggunakan AC).

      Mengenai ideal atau nggak, masih ideal. Hanya saja kalau untuk bangunan jaman sekarang, pasti akan terasa seperti rendah.

      Semoga bermanfaat penjelasan singkat saya. Terima kasih.

      Hapus
  34. Ass,pak saya bangun rumah 10m kali 12m saya menggunakan tinggi plafon 3,2m apa masih ideal atau terlalu rendah. Mohon jawaban nya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya sudah ada di atas ya mbak. Terima kasih

      Hapus
  35. Ass,pak saya bangun rumah 10m kali 12m saya menggunakan tinggi plafon 3,2m apa masih ideal atau terlalu rendah. Mohon jawaban nya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya jawab di atas ya, semoga bisa membantu penjelasan singkat dari saya.

      Terima Kasih.

      Hapus
  36. Halo pak.boleh tanya kalo ruko 2 lantai tinggi lantai satu 4.5meter dan lantai dua 4 meter apakah sdh ideal thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lantai sudah lebih dari cukup. Untuk lantai 1 kembali lagi ke panjang dan lebar bangunannya berapa? Dengan ketinggian lantai 1 segitu, ke depannya untuk naik ke lantai 2 akan buat sedikit capek. Kecuali di akali pada tangganya, minimal ada 2 bordes untuk mencapai lantai 2.

      Hapus
  37. Assalam alaikum om.
    Mau tanya tinggi gunung2 yang pas untuk ukuran rumah 15 panjang-8 lebar berapa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, yang dimaksud gunung-gunung itu seperti apa. Baru dengar istilah gunung-gunung.

      Hapus
  38. Assalamualaikum saya ingin membangun rumah 2 lantai ukuran 7.75 x 12 meter. untuk lantai 2 bentuk l ukuran 7.75 x 9 meter saja.berapa tinggi ideal dinding lt.1 dan 2 tinggi dinding lantai 2 .beserta tinggi plafonnya

    BalasHapus
  39. Saya punya rencana bangun rumah 2 lantai ukuran 7.75 x 12.9 meter.lantai ke 2 ukuran 7.75 x 9 meter akan tetapi ada void dipinggir ato lbh simpilnya bentuk ruang sekolah.berapa tinggi dinding ideal lt.1 n lt.2.n jg tinggi plafonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tinggi lantai 1 ke lantai 2, minimal 3,8 meter masih aman. Sedangkan untuk tinggi plafondnya minimal 3,3 meter dan maksimal 3,5 meter biar aman untuk jalur pipa pembuangan.

      Hapus
  40. Saya ada rencana akan membangun rumah ukuran 6x9,rencananya ruangan di tengah (ruang tamu ) lolos ke belakang mau sy loloskan artinya tidak ada sekat, dan plafonnya mau sy buat lebih tinggi dr ruangan2 di sampingya, kira2 brapa tinggi tembok atau plapon maksimalnya pak?,makasi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya kurang lebih seperti dibawah.

      Semoga bermanfaat

      Hapus
  41. Saya ada rencana akan membangun rumah ukuran 6x9,rencananya ruangan di tengah (ruang tamu ) lolos ke belakang mau sy loloskan artinya tidak ada sekat, dan plafonnya mau sy buat lebih tinggi dr ruangan2 di sampingya, kira2 brapa tinggi tembok atau plapon maksimalnya pak?,makasi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bangunannya 1 lantai dan rencananya seperti itu, plafondnya bisa sampai 4,5 meter.

      Tapi kalau bangunannya 2 lantai, tidak perlu pakai plafond. Cukup dengan memanfaatkan plat lantai, dalam artian plat lantai di ekspos saja. Tinggal kasih applus aja biar terlihat bersih.

      Hapus
  42. Untuk plafond dg tinggi 3,5m, kira2 proporsi tinggi pintu dan jendela tanpa lubang angin brp ya Pak?(jarak kusen bagian atas dg plafond brp?) Trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau plafondnya setinggi 3,5 meter, usahakan tinggi plafond dan dengan ambang batas atas pintu atau jendela tidak lebih dari 1,5 meter. Lebih bagus dibawah 1,5 meter.

      Tinggal pintar-pintarnya mbaknya mengakali. Misalnya pintu kamar tingginya bisa sampai 2,3 meter terus dipasang AC di atasnya kurang lebih asnya unit AC 40cm dari ambang atas pintu.

      Atau bisa juga dengan membuat jendela sedikit lebih tinggi dari biasanya, dalam hal ini tanpa lubang angin.

      Hapus
  43. mas ruangan tamu saya 3,5m×6m
    tinggi dinding 3,5 m
    plafonya di kasih tinggi berapa ya yang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bangunannya satu lantai dan tinggi dinding demikian, maka plafondnya di ketinggian 3,2 meter sampai maksimal 3,35 meter.

      Tapi kalau bangunannya 2 lantai, palfondnya di ketinggian 3 meter sampai maksimal 3,2 meter.

      Semoga bermanfaat, terima kasih.

      Hapus
  44. Mas kalo luas keseluruhan rumah 210m2 kira2 plafond nya brp ya? Makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bangunannya 1 lantai atau 2 lantai. Kalau satu lantai, yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan dengan tinggi tembok yang berdekatan dengan ketinggian overstek. Misalnya overstek berada di ketinggian 3,50 meter, maka kemungkinan tinggi tembok berada di 3,8 - 4 meter. Jika tinggi tembok demikian, maka plafondnya bisa di 3,5 - 3,65 meter.

      Terima kasih

      Hapus
  45. ass. Mas mau nax ni, Kl bahan untuk plafond bagus gipsum atau kalsiboard?? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya bagus, gypsum digunakan untuk area dalam bangunan dan kalsiboard sebaiknya digunakan pada area kamar mandi + plafond luar.

      Semoga bermanfaat, terima kasih

      Hapus
  46. Ass. Mas saya bangun rumah 6mPanjang 14m. Pondasi sdh tinggi 60,Tinggi dinding 3.75
    Ideal Tinggi plafond kira2 brpa ya, trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengacu pada tinggi bangunannya, maka maksimal ketinggian plafond dalam adalah 3,5 meter.

      Semoga bermanfaat danm aaf baru dibalas pertanyaannya

      Hapus
  47. Ass. Mas saya bangun rumah 6m panjng 14m. Pondasi tinggi 60.tinggi dinding 3.75m
    Ideal plafond tinggi nya brpa ya. Trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terjawab pertanyaan ya pada komen sebelumnya.

      Hapus
  48. Ass. Mas saya bangun rumah 6m panjng 14m. Pondasi tinggi 60.tinggi dinding 3.75m
    Ideal plafond tinggi nya brpa ya. Trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga penjelasan sebelumnya dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

      Hapus
  49. Ass. Mas saya bangun rumah 6mPanjang 14m. Pondasi sdh tinggi 60,Tinggi dinding 3.75
    Ideal Tinggi plafond kira2 brpa ya, trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat komentar di atasnya ya. Terima kasih

      Hapus
  50. Ass. Mas saya bangun rumah buka 6m panjang 14,tinggi pondasi sdh 60senti, tinggi dinding 3.75.kira2 ideal tinggi plafond Ny brp ya. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terjawab di atas ya.

      Hapus
    2. Ass..mas sy mau tanya skrg sy lg bngun rmah dg luas tnah 13x17 luas bngunan 13x13 ruang tamu 3x4 tp lbh tinggi 10cm dr ruang kluarga luas ruang klurga 3.60x4.86 apakah plafon sy buat tinggi sama tau beda kira2 tinggi plfon brpa.
      Wassalam

      Hapus
    3. Ass..mas mau tanya sy skrg lg bgun rmh dg luas tnh 13x17 luas bgnan 13x13 ruang tamu 3.5x4 tp lbh tinggi 10cm dr ruang kluarga dg luas 3.60x4.86 apkh sy ksi plafon tinggi sama tau beda,, kira2 tinggi plafon idealnya brapa..
      Mhon jwapanya..
      Trmksi.wasslam

      Hapus
    4. Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Ketinggian plafondnya boleh sama dan juga boleh beda. Tinggal kembali ke aktivitas keluarga Mbak Anik Faiza lebih banyak dimana. Di ruang keluarga atau ruang tamu.

      Jika aktivitasnya kurang lebih sama seringnya, ketinggian plafondnya samakan saja. Dengan melihat luas ruangan tamu dan keluarga, maka ruang tamu ketinggian plafondnya minimal 3,5 meter - 3,75 meter. Sedangkan untuk ruang keluarga, bisa mengikuti ruang tabu bisa juga lebih tinggi sedikit. Kurang lebih 10 - 20 cm dari ruang tamu.

      Tapi jangan lupa juga pertimbangkan ketinggian dinding rumah, baik satu lantai maupun dua lantai. Bisa juga di akali dengan memainkan model plafondnya.

      Hapus
  51. Assalamu'alaikum mas arif. semoga sehat selalu beserta keluarganya.
    Saya mau nanya mas. Ini saya sedang bangun rumah dengan panjang 13 meter lebar 6 meter. saya mau buat 2 lantai, dengan ketinggian lantai 1 mencapai 4.25 meter karena saya rencana mau pasang sunda plafond. Kira2 nnt idealnya tinggi plafond dibuat berapa meter dr lantai agar terkesan nyaman? untuk tangga apakah sudah ideal jika ada 25 anak tangga dg 2 border dan bentuk zigzag? yang ketiga untuk yg lantai dua sendiri idealnya tinggi dinding berapa meter? dan dr dinding ke atap berapa meter (lantai dua mau saya buat model joglo modern jd nnt pakai genting biasa dan memakai plafon dengan model Siku (menyesuakan atapny))
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk pertanyaannya. Mohon maaf baru sempat direspon.

      1. Dengan tinggi lantai segitu tinggi, plafond maksimal sampai ketinggian 3,85 meter. Mengingat di atas plafond pasti ada jalur plumbing (pipa air bersih dan kotor) dan juga instalasi listrik. Yang mana pasti sewaktu-waktu kalau ada masalah masih aman untuk diperbaiki.

      2. Kalau pakai hitungan feng shui, dengan catatan menggunakan aturan hitungan 4, jumlah anak tangganya sudah pas. Jadi bisa pakai 25 atau 26 anak tangga.

      Tapi kalau pakai hitungan 5, sebaiknya anak tangga jumlahnya 21-22 atau 26-27 anak tangga. hitungan tersebut pas di top lantai 2.

      3. Karena tinggi lantai 2 udah lumayan tinggi, sebaiknya lantai 3 tingginya dibawah ketinggian lantai 1. Kurang lebih bisa 4 meter atau dibawahnya lagi, misalnya 3,7 - 3,8 meter.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum mas arif. semoga sehat selalu beserta keluarganya.
    Saya mau nanya mas. Ini saya sedang bangun rumah dengan panjang 13 meter lebar 6 meter. saya mau buat 2 lantai, dengan ketinggian lantai 1 mencapai 4.25 meter karena saya rencana mau pasang sunda plafond. Kira2 nnt idealnya tinggi plafond dibuat berapa meter dr lantai agar terkesan nyaman? untuk tangga apakah sudah ideal jika ada 25 anak tangga dg 2 border dan bentuk zigzag? yang ketiga untuk yg lantai dua sendiri idealnya tinggi dinding berapa meter? dan dr dinding ke atap berapa meter (lantai dua mau saya buat model joglo modern jd nnt pakai genting biasa dan memakai plafon dengan model Siku (menyesuakan atapny))
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga penjelasan di atas sedikit membantu.

      Terima kasih.

      Hapus
  53. Kalo kamar ukuran 3x3 di daerah panas(daerah pantai)tinggi plafon 3m apakah mencukupi? Rumah 2 lantai masing2 lantai plafonnya 3m..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau daerahnya masuk daerah panas, lebih baik ditinggikan lagi meskipun ketinggian tersebut (3 meter) masuk ketinggian standar. Bisa juga di akli dengan memainkan sebagian ketinggiannya.

      Misalnya di pinggir (1 meter dari dinding ke tengah) tetap 3 meter, sisanya dibuat lebih tinggi 25 - 50 cm biar udah naik ke atas.

      Semoga membantu penjelasan singkat ini.

      Hapus
  54. Mas rencana bangun rmh 7x14 tinggi dindinya 5m pa ktinggian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketinggian kalau untuk rumah tinggal pak/bu. Tinggi maksimal yang paling umum untuk saat ini rata-rata 4 meteran saja. Kecuali untuk pinggir kiri dan kanan jika berbatasan dengan tembok rumah tetangga, itu boleh lebih tinggi (10-15cm) di atas atap.

      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  55. Mohon Maaf Bang Arif Saya Mau Bertanya. Sama mau membangun rumah dari bahan kayu ukurannya 6.5 x 12 m.
    1. Yang mau saya tanyakan berapa tinggi dinding yang baik/ideal ?
    2. dan Berapa untuk tinggi plafond yang baik ?
    3. akan di buat 1 ruang tamu terus 2 ruang kamar tidur, berapa ukurn yang baiknya untuk ruang tamu, ruang kamar tidur.

    terima kasih atas bantuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya pesannya baru dibalas dikarenakan laptop sebagai media yang saya gunakan baru selesai di service.

      1. Untuk rumah kayu tinggi dindingnya bisa sama dengan rumah batu (tinggi rata-rata saat ini = 4 meter). Tapi bisa juga tinggi dinding sampai 3,5 meter saja.

      2. Jika tinggi dinding 4 meter, plafond dalam minimal 3,30 meter dan maksimal 3,7 meter.

      3. Jika keluarga bapak lebih banyak beraktivitas di ruang tamu (termasuk tamu tiap hari selalu ada dalam jumlah banyak), maka ukuran ruang tamu bisa separuh lebar bangunan dan panjangnya 3,25 - 3,75 meter.

      Bila aktivitas lebih banyak di ruang keluarga, ruang tamu cukup 3 meter x 3 meter atau 3 meter x 3,25-3,5 meter.

      4. Untuk kamar tidur, 1. 3,25 x 3 meter 2. 3,25 x 3,5 meter (ruang tidur utama). Bisa juga ukuran kamarnya sama semua.

      Semoga membantu dan bermanfaat.
      Terima kasih

      Hapus
    2. Terima Kasih Bang Arif sangat membantu Sekali.

      Hapus
  56. Kalo saya minta masukan om lebar rumah 5meter trus panjang nya 18meter kira2 tinggi olafon nya yg ideal brapa y om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya pesannya baru dibalas dikarenakan laptop sebagai media yang saya gunakan baru selesai di service.

      Dengan lebar lahan yang minim, tinggi bangunannya minimal 3,5 meter dan maksimal 3,70 meter. Nah, untuk plafondnya kurangi 40 - 45 cm dari tinggi bangunan kalau dua lantai.

      Tapi kalau satu lantai saja tinggi bangunannya bisa di naikin lagi hingga maksimal 4 meter. Untuk plafondnya minimal 3,5 meter dan maksimalnya 3,8 meter.

      Semoga membantu dan bermanfaat.
      Terima kasih

      Hapus
  57. Tinggi dinding untuk ukuran rumah lebar 5 meter trus panjang 18meter..tinggi dinding yg pas brapa ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terjawab di atas ya.

      Terima kasih

      Hapus
  58. Tinggi dinding untuk ukuran rumah lebar 12 meter trus panjang 18meter..tinggi dinding yg pas brapa ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan lebar bangunan seperti yang mas Firman sebutkan, sebaiknya tinggi dinding tiap lantainya di atas 3,5 meter. Lebih indah dan enak dilihat disekitar 3,6 - 4 meter. Dengan ketinggian minimal 3,6 meter, penghawaan dan pencahayaan alami bisa dengan mudah di dapatkan.

      Kalau boleh usul untuk lebar bangunan di atas 10 meter, sebaiknya ambil di ketinggian minimal 3,8 meter tiap lantainya.

      Terima kasih, semoga bermanfaat.
      Salam

      Hapus
  59. Assalamualaikum... warahmatullahi wabarakatuh maaf pak Arif saya firman, sedang bangun rumah tinggal ukuran lebar 12 m dan panjang ke belakang 18 m kira-kira ketinggian dinding dan dan ketinggian atapnya berapa meter yang ideal pak, bentuk atap rumah Limasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Untuk ketinggian dinding sudah terjawab di pertanyaan sebelumnya ya pak. Bapak sebaiknya mencoba pada ketinggian 3,8 meter hingga 4 meter. Mengenai ketinggian atap, saya kembalikn ke mas firman mau menggunakan kemiringan berapa.

      Jika menggunakan kemiringan 30 derajat, maka ketinggian atap berkisar di 3,10 - 3,3 meter.
      Tapi jika menggunakan kemiringan 35 derajat, maka ketinggian atap berkisar di 3,85 - 4 meter.

      Dengan catatan kedua kemiringan tersebut, lebar atap mengikuti lebar bangunan. Tapi jika tidak, mas firman bisa menguranginya 25 - 50 cm dari ketinggian yang sudah saya sebutkan di atas.
      Semoga bisa membantu ya mas, terima kasih.

      Hapus
  60. Assalamualaikum
    Mas saya mw tanya rencana mw bgun rumah 2 lantai .brapa tinggi dinding lantai 1 dari lantai samapai lunas dak lantai 2 trs brpa tinggi untuk lantai 2...trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk rumah modern saat ini, tinggi tiap lantai paling banyak berkisar antara 3,5 meter hingga 4 meter. Tinggal menyesuaikan dengan lebar bangunan. Jika lebar bangunannya di atas 7 meter, akan lebih bagus jika tinggi tiap lantainya di atas 3,5 meter. Minimal 3,6 meter tiap lantainya.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  61. Yang mau konsultasi bisa mengenai desain bisa menghubungi nomor ini (085796126472, by WA). Atau bisa juga lewat facebook melalui fanpage saya, caranya di pencarian facebook ketik @AR Studio & Project atau FB Pribadi saya yakni Arif Rahman (arif).

    Terima Kasih untuk semuanya yang telah mampir ke blog saya.

    BalasHapus
  62. Hallo kak,, mau tanya jarak antara lantai 2 ke plafon lantai 1 di bawahnya itu berapa ya?(mungkin bisa dirinci ukuran cm untuk plat lantai 2, ringbalk serta ruang untuk instalasi plumbing & listrik, dll) .. terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tebal plat lantai, rata-rata 12 cm. Untuk ringbalk standar tinggi 15 cm - 20 cm, beda lagi kalau balok (untuk menyesuaikan dengan bentangan bangunan). Untuk space (ruang plumbing sepaket listrik) minimal 20 cm, tapi ada baiknya di atas biar ada ruang gerak jika sewaktu-waktu di perbaiki.

      Hapus
    2. Berarti jarak minimal dan maksimal dari lantai 2 ke plafon lantai 1 di bawahnya berapa ya kak?

      Hapus
    3. Jarak minimal 30 cm dan maksimal 50 cm

      Hapus
  63. pak saya mau tanya dong rumah kami tidak gede sii hanya 3x7 skr lagi dibangun tingkat 2 berapa kah pas untuk flapon lantai 1 dan 2 nya yaa pak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk sharingnya kemarin Pak Tyo, semoga apa yang saya sarankan bisa dipraktekkan pada huniannya dan memberikan hasil yang memuaskan.

      Hapus
  64. pak saya mau tanya luas rumah saya 3x7 skr mau dibangun lantai 2 berapakah tinggi flapon lantai 1 dan 2 yg pas nya ?

    BalasHapus
  65. Mas.arif mau tanya tinggi plafond ideal untuk aula sekolah ukuran ruang 21x18m berapa ya? ... apakah 5m sdh cukup. Tks. Anto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya baru bisa balas pertanyaannya.

      Kalau untuk aula, tinggi plafond minimal 4,5 meter. Lebih bagus lagi kalau tingginya di atas 4,5 meter. Mengingat aula fungsinya akan digunakan banyak orang, maka tinggi 5 meter sudah dianggap cukup.

      Hapus
  66. Mas Arif saya sdang bangun rumah dengan ukuran bangunan 6,5×11. Rencana tinggi tembok rumah 4m apakah sesuai dengan ukuran bangunannya .. saya minta sarannya mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi temboknya sudah sesuai standar untuk bangunan masa kini. Dan sesuai pertanyaan pak Willy, apakah sudah sesuai ukuran bangunan? Sesuai pengalaman saya dalam merencanakan sampai ke tahap desain bangunan, tinggi 4 meter dengan lebar bangunan minimal 6 meter, itu sudah seimbang. Apalagi panjang bangunan lebih 10 meter.

      Hapus
  67. Pak...saya mau tanya kl luas tanah 6x15 meter persegi lantai 1 rencana 1 kamar tidur sedangkan lantai 2 rencana 3kamar tidur,kira2 tinggi yg idealnya berapa pak kebetulan daerahnya dingin.mohon sarannya trimakasih­čÖĆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengingat daerahnya dingin, untuk tinggi lantai 1 ke lantai 2 bapak bisa menggunakan patokan di sekitar 3,5 - 3,8 meter. Sedangkan untuk lantai 2 bisa menggunakan patokan di sekitr 3,2 - 3,5 meter.

      Untuk tinggi plafond lantai 1, di sekitaran 3,2 - 3,4 meter. Sedangkan tinggi palfond lantai 2 disekitar 3 - 3,20 meter.

      Terima kasih. Semoga bisa membantu dan membawa manfaat.

      Hapus
  68. Pak...saya mau tanya kl luas tanah 6x15 meter persegi lantai 1 rencana 1 kamar tidur sedangkan lantai 2 rencana 3kamar tidur,kira2 tinggi yg idealnya berapa pak kebetulan daerahnya dingin.mohon sarannya trimakasih­čÖĆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga penjelasan saya di atas bisa membantu memecahkan masalah yang bapak tanyakan.

      Terima kasih.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...