Minggu, 21 Juni 2015

Godaan Menjelang Buka Puasa

Godaan Menjelang Buka Puasa
Si Adek Udah Kaga Sabar Untuk Berbuka Puasa
Jujur saja, ketika memasuki usia remaja seperti saat ini, menahan lapar dan haus di bulan puasa itu terasa berat banget. Apalagi kalau kita sedang panas-panas di luar, dalam hal ini kena macet dan ditambah matahari yang teriknya menyengat. Pengen banget rasanya ngebatalin puasa, tapi jadi malu sendiri kalo inget niat berpuasa dengan ikhlas dan ridho.
 
Memang benar kata orang, puasa itu banyak godaannya. Saking banyaknya, di mana-mana ada saja godaan. Tidak harus godaan yang bertema seks yang sering menantang niat kita, mata, dan telinga. Masih banyak lagi godaan lainnya, salah satunya antara lain saat kita membuka saluran televisi. Di sana sering muncul iklan makanan dan minuman yang lezat-lezat, tayangan seputar artis-artis yang kadang dalam liputannya masih menggunakan pakaian seksi dan semacamnya.

Akan tetapi, bagi saya godaan yang paling berat adalah saat mendekati adzan magrib, di mana waktu berbuka puasa tiba. Di waktu seperti itu, kesabaran saat berpuasa benar-benar di uji. Mengapa? Karena di saat-saat mendekati waktu berbuka, emosi dan nafsu untuk cepat-cepat berbuka harus dikontrol. Dan menurut saya pengendalian ini adalah suatu hal yang lumayan berat daripada menahan lapar dan haus seharian.

Saya pribadi merasakan godaan menjelang magrib (berbuka puasa) sangat terasa bangat. Apalagi tanpa sadar kita memiliki niat untuk berbuka dengan lahap, kurang lebih seperti orang yang mau balas dendam karena seharian menahan lapar dan haus. Jadi, alangkah baiknya kita selalu tersadar akan godaan-godaan tersebut. Bahkan sampai sudah mendekati detik-detik menjelang waktu berbuka puasa, karena di waktu tersebut tanpa disadari merupakan waktu yang rentan untuk membatalkan puasa yang sudah susah payah dilalui seharian penuh. 

Setelah berbuka puasa, tentu masih ada lagi godaan, akan tetapi kalau perut sudah terisi, lebih baik mengontrol diri dulu sebelum beralih ke santapan selanjutnya yang merupakan makanan berat.

Semoga dengan puasa Ramadhan ini kita bisa selalu bersabar, bisa mengubah sikap dan kelakuan kita secara pelan tapi pasti, menjadi pribadi yang lebih sabar dan lebih rendah hati.

Selamat menunaikan ibadah puasa.
Makassar, 21 Juni 2015

10 komentar:

  1. Setuju banget, dalam puasa memang harus bisa mendendalikan diri, terutama menjelang buka. Soalnya suka sering makan ini itu, dlu lagi kecil saya pun sama seperti itu soalnya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... masa kecil seringkali menjadikan kita senyum-senyum sendiri saat mengingatnya kembali saat ini (ketika dewasa).

      Hapus
  2. iya mas bener tuh, di dalam bulan suci ramadhan ini kita harus menjaga sesuatu yang berlebihan :). godaan mejelang buka saya sering makan ini makan itu makanan pun terkumpul banyak dan akhirnya tidak kemanan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya gak kemakan, tapi juga membuat perut jadi begah dan kadang berubah jadi orang yang bengong plus susah berdiri jadinya.

      Hapus
  3. kadang juga orang menganggap seperti ini "ah pasti bakalan kemakan ko" padahal kan belum tentu dan alhasil, makanan jadi kebuang dan mubadzir deh ..
    godaan saat bulan ramadhan itu memang gak enak yaa, harus benar-benar tahan ..
    tapi kalau sudah niat, insya allah pasti bisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sering sekali menemukan anggapan seperti itu. Sewaktu kecil pun pernah melakukan hal demikian dan baru saya sadari saat ini.

      Benar bangad, godaan bulan ramadhan lumayan gak enak, tapi alhamdulillah bisa terlewati juga berkat niat yang ikhlas dan tulus dari dalam hati.

      Hapus
  4. Hahaha jadi ingat teman yang puasa, kadang suka tergoda liat yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... tergoda sama apa nih maksudnya?

      Hapus
  5. klo sama makan sih gak terlalu gan, tapi haus gan yang gak kuat...

    http://www.tokoobatku.com/obat-tekanan-darah-tinggi-herbal/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...