Jumat, 13 Maret 2015

Baterai Smartphone Anda Cepat Rusak, Ini Tipsnya

Jenis-Jenis Smartphone, Sumber Gambar : (http://techtrader.co.za/pavblog/blog&id=15)
Saat ini, memiliki sebuah smartphone sudah di anggap sebagai sesuatu yang wajib. Bahkan bisa di bilang hampir semua kalangan sudah memilikinya. Entah itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun yang umurnya sudah memasuki masa uzur. Dan menurut survey yang pernah saya baca, khusus untuk masyarakat Indonesia rata-rata memiliki dua smartphone perorang.

Jika dahulu hanya orang-orang tertentu atau berduit saja yang bisa memiliki smartphone, maka hal itu berbeda dengan jaman sekarang. Mengapa? Karena saat ini smartphone bukan lagi di anggap sebagai barang mewah. Hal ini juga di dukung oleh pasaran yang menjual smartphone dengan harga yang bisa di jangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.

Akan tetapi, tak jarang kita menemukan berbagai masalah ketika smartphone idaman sudah ada dalam genggaman. Pemicunya pun bermacam-macam, seperti layar sentuh yang kadang tidak memberikan respon baik, sering mengalami error, baterai yang cepat terkuras dan sebagainya.

Baru-baru ini, saya mengalami salah satu dari masalah di atas yakni yang berhubungan dengan baterai. Kita semua tahu bahwa baterai merupakan salah satu dari sekian banyak elemen dalam smartphone yang memiliki peranan penting. Tanpa baterai mustahil sebuah smartphone dapat berfungsi seperti yang kita inginkan.

Dengan adanya masalah tersebut, saya pun jadi tahu bahwa smartphone juga memerlukan perlakuan yang baik layaknya seorang manusia. Contohnya seperti dalam penggunaan baterai. Ketika terlalu aktif menggunakan smartphone yang kita miliki, maka sadar atau tidak akan membuat baterai smartphone menjadi cepat terkuras bahkan cepat habis.

Berbagai cara pun dilakukan untuk menyiasati masalah tersebut. Kita pun tidak segan-segan untuk membeli perangkat tambahan yang berfungsi sebagai penambah daya seperti power bank, yang mana nantinya bisa digunakan untuk mengisi daya sewaktu baterai smartphone cepat habis. Padahal masih ada cara lain yang lebih mudah untuk membuat daya tahan baterai gak cepat terkuras serta dapat memperpanjang umur baterai itu sendiri.

Untuk sekadar di ketahui, baterai yang di jual di pasaran saat ini baru ada dua jenis, yaitu jenis Li-ion dan Li-polymer. Akan tetapi yang paling banyak di gunakan dan di temui di pasaran hanyalah jenis Li-ion. Hal ini di karenakan Li-polymer masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum bisa di temukan di pasaran. Selain itu, baterai Li-ion rata-rata hanya mampu bertahan 500 kali pengecasan atau kurang lebih 1,5 tahun.

Oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan baterai agar menjadi lebih awet dan bertahan lebih lama dari normalnya, maka yang perlu dilakukan adalah memperhatikan waktu pengisian (Charge). Di satu sisi, kebiasaan melakukan mengisi saat baterai baru benar-benar habis harus segera di tinggalkan. Mengapa? Karena kebiasaan tersebut hanya akan memperpendek usia baterai saja.

Yang seharusnya dilakukan adalah melakukan pengisian saat kondisi baterai masih berkisar 30-40%. Hal ini akan membuat umur baterai smartphone anda menjadi awet dari batas normalnya. 

Makassar, 13 Maret 2015

10 komentar:

  1. Overcharge sepertinya mempengaruhi juga... *CMIIW :D

    BalasHapus
  2. Itu dia yg sedang kualamin, ngedol bgt baterenya, naru jg beli beberapa bulan belakangan..

    BalasHapus
  3. paling ampuhbuat baterai hape awet, cuman matikan paket datanya, jalankan mode airplane, jauhi diri dari messanger dan berhenti main game online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Penyebab baterai cepat terkuras dan gak tahan lama bisa juga karena penggunaan game online atau internet dalam waktu yang lama.

      Hapus
  4. biasa kalo cpat lowbet atau cepat rusak, keseringan buat main game sama nonton film :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketahuan suka main game sama nonton film nih...

      Hapus
  5. hehehe, saya sering kehabisan batray waktu di luar rumah
    akhirnya selalu bawa powerbank buat cadangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah kok, daripada baterai Hpnya lowbet total trus malah buat umur baterai jadi pendek.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...