Minggu, 22 Maret 2015

Catatan Seputar Akhir Pekan

Bagi orang kota, akhir pekan merupakan waktu yang selalu di nanti-nanti. Biasanya akhir pekan di gunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan refreshing. Menurut mereka, akhir pekan tidak boleh di sia-siakan dan wajib di manfaatkan dengan sebaik mungkin sebelum kembali ke rutinitas awal yang di penuhi dengan tumpukan pekerjaan yang menanti.

Hal ini bisa dibuktikan dengan penuhnya lokasi wisata setiap akhir pekan, baik yang lokasinya dekat maupun jauh. Sebagai contoh, di tempat saya menuntut ilmu sekarang (Makassar), setiap akhir pekan masyarakat ramai-ramai mengunjungi pantai losari, tanjung bunga, tanjung bayan, trans studio, dan masih banyak lagi. Aktivitas tersebut bisanya sudah terasa sejak siang hari dan puncaknya pada sore hari sekitar pukul 15.00 sampai tengah malam. Salah satu penandanya adalah berbagai kendaraan memenuhi jalan raya yang sebelumnya lancar-lancar saja. Bila di saksikan, keadaan ini hampir sama dengan yang terjadi di musim mudik bulan ramadhan.

Itu baru daerah Makassar loh! Bagaimana dengan kota yang lebih besar lagi, seperti Jakarta dan sekitarnya? Hhhhmmm... semua sudah pada tahu kan, apa yang terjadi! Dari pengalaman saya yang beberapa kali mengunjungi Jakarta sekaligus berlibur, keadaan demikian juga terjadi di sana. Bahkan lebih ramai lagi dibandingkan dengan hasil pengamatanku di Makassar. Jangankan menunggu akhir pekan, hari-hari biasa saja sudah begitu ramai dan tak jarang terjadi kemacetan lagi.

Ketika akhir pekan tiba, masyarakat Jakarta tak kalah antusias dengan masyarakat Makassar dalam menyambut hari yang telah di nanti-nanti tersebut. Biasanya yang paling banyak di kunjungi, seperti Kebun Binatang Ragunan, puncak Bogor, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Kebun Raya Bogor, Monumen Nasional, dan masih banyak lagi.

Setiap kali akhir pekan datang, pasti akan di sambut dengan gembira dan penuh keceriaan. Tak jarang demi bisa menikmati akhir pekan tanpa ada yang terlewati sedikit pun, kebanyakan dari mereka semua telah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini bisa di lihat dari berbagai persiapan yang di bawa saat akhir pekan tiba. Sebagai contoh kecil, banyak saya temukan yang menyiapkan akhir pekan mereka di kemas dalam bentuk piknik. Ini bisa dibuktikan dengan berbagai makanan yang mereka bawa seperti halnya orang akan piknik atau tamasya.

So... Bagaimana dengan akhir pekan anda, apakah seperti demikian atau lain dari yang lain? Misalnya tidur seharian, kerja bakti, mengadakan bersih-bersih di tempat tinggal anda, atau .....(silahkan isi sendiri).

Makassar, 22 Maret 2015

16 komentar:

  1. pernah ke depan tulisannya doang Lokasari...
    klo di makassar aku paling takjub ama keramaian kotanya ya, bahkan jam 12 malam aja masi rame...Jakarta mungkin kalah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan juga ramenya, khususnya daerah pantai. Makin malam makin di sukai oleh remaja.

      Hapus
  2. Ko0menku yang tadi masuk ngga yaa, aku juga pernah di Makassar lama loo, 6 tahunan

    BalasHapus
  3. memang kalau di Jakarta akhir pekan seperti hari libur yang menyenangkan, karena mungkin tingkat stress yang tinggi yang disebabkan oleh macet, polusi dan lain-lain. Kalau akhir pekan saya sepertinya hanya megerjakan tugas, sama ada waktu luang untuk membaca buku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi demikian, sehingga mereka memanfaatkan akhir pekan untuk merefresh pikiran dan raga mereka.

      Hapus
  4. saya sudah pernah ke pantai losari dan ke pantai tanjung bira bulukumba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, saya juga udah pernah ke pantai tanjung bira. Kebetulan KKN di Bulukumba dan pak Desa tempat posko berada punya villa di sana.

      Hapus
  5. Saya ada teman di Makasar. Namanya Pak Syahrir Badulu. Beliau saya dengar masih mengajar di salah satu SMA di Makasar. Penyiar radio juga di RRI Makasar. Mungkin saya akan SMS dia dulu ya siapa tau rumahnya Pak Syahrir di Makasar dekat dengan mu heihiehiehiehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh, sapa tahu bisa reunian sesama blogger di sini.

      Hapus
  6. akhir pekan ku dirumah aja.. hihihi, kecuali klo ada yang ajak jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dah, kapan-kapan aku yang ajak jalan aja kali yah. Hehehe...

      Hapus
  7. Ahhhhhh! Akhir pekan aku bnyak tugas. Kuliah n organisasi hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiihhh.... ceritanya orang paling sibuk nih. Wah...wah...wah... semangat ya kak! Hehehe....

      Hapus
  8. owh kamu orang makasar, bukan kemarin yang pada demo itu kan? xD
    kalau akhir pekan di kota besar emang suka rame, soalnya pernah ngerasain tinggal di bandung dan macetnya ngeselin, -,-

    kalau akhir pekan ku ke korea loh B-)



    tapi dalam mimpi, wahahah =D
    oya, kamu dapet award dari aku, mudah-mudahan berkenan buat jawab :D
    cek ya,,
    http://iilajah.blogspot.com/2015/03/akhirnya-dapet-liebster-award-juga.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eits... Aku paling gak suka sama yang namanya demo-demo. Aku lebih milih pulang terus tidur kalau kecapean.

      Siip... nanti aku kunjungi dan siapa tahu sempat saya jawab.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...