Minggu, 07 Juni 2015

Cerita Blogger Pemula di Akhir Pekan

Bagi kebanyakan orang, akhir pekan merupakan salah satu yang di nanti-nanti kedatangannya. Peminatnya pun terbilang beragam, mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan sampai yang tua. Enggak di desa, kota kecil, kota besar maupun metropolitan pasti menantikan hadirnya akhir pekan. Tak hanya itu saja, hampir semua profesi, instansi dan semacamnya pun menginginkan hal yang sama. Rasanya seakan ada magnet besar yang mengelilinginya, sehingga membuat semua orang tak sabar untuk segera bertemu dengan hari yang di elu-elukan kedatangannya ini.

Ketika akhir pekan tiba, hampir semua orang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin. Bahkan kesempatan yang datang seminggu sekali ini tak mau di sia-siakan begitu saja. Apalagi sampai terlewatkan tanpa ada aktivitas di dalamnya, entah itu di isi dengan mengerjakan pekerjaan rumah, ngumpul bareng semua keluarga, berwisata, atau aktivitas positif lainnya yang sudah di rencanakan jauh hari sebelumnya.

Namun entah kenapa? Akhir pekan seakan tidak bersahabat dengan saya, apalagi saya merupakan type orang yang cepat bosan dengan aktivitas sama. Mau ngumpul bareng keluarga gak mungkin bisa terwujud, karena saya masih di perantuan menuntut ilmu. Apalagi mau mengerjakan pekerjaan rumah yang bisa dipastikan hampir tidak ada. Kalau pun ada, paling pekerjaan tersebut seperti mencuci pakaian, mencuci piring dan memasak (kerjaan anak kost). Bahkan berwisata pun enggan aku lakukan karena hampir tempat yang ada di kota tempat menuntu ilmu saat ini, serta yang masih bisa saya jangkau plus murah meriah sudah saya kunjungi.

Akibatnya, rasa bosan dan bete pun seringkali datang menghampiri. Sedangkan untuk meredam rasa itu, aku pun mencoba berkunjung ke berbagai sosial media yang aku miliki. Namun apa daya, yang disajikan di media sosial akhir-akhir mulai terasa kurang menarik, khusus mengenai berita atau informasi yang dibagikan. Di mana kebanyakan informasi yang di sampaikan lebih banyak menuai kontroversi. Menonton acara di televisi pun sudah jarang aku lakukan dikarenakan monitor kesayangan rusak dan acara-acara yang di tampilkan kebanyakan tidak mendidik dan mulai terkesan lebay.

Ayo Ngeblog

Untungnya, dalam tiga bulan terakhir ini aku kembali aktif bergelut di dunia blog. Dunia yang mulai aku kenal sejak 2011 dan mulai ikut terjun di dalamnya sejak awal tahun 2012. Melalui dunia ini, aku mengeluarkan segala unek-unek yang selama ini terbelenggu di dalam kepala. Tak hanya uneg-uneg, berbagai ide yang berkeliaran di dalam kepala pun turut aku keluarkan satu persatu dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi khalayak ramai. Bahkan berharap ide-ide tersebut bisa di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, kehadiran blog membantuku mengembangkan jaringan ke berbagai pelosok. Di mana aku bisa mengenal lebih banyak orang dari berbagai pelosok tanpa harus berkunjung ke daerahnya masing-masing. Blog juga sekaligus menjadi media untuk membangun silaturahim, media sosialisasi, tempat belajar, tempat untuk berkarya dan lain sebagainya (isi sendiri kelanjutannya). Banyak hal yang aku temukan ketika aktif nge-blog, mulai dari ilmu pengetahuan, pertemanan, belajar berbagi kepada sesama, saling membantu, sarana untuk belajar bahkan materi sebagai bonus.

Entah bagaimana dengan orang lain, tapi bagi saya sendiri kurang lebih seperti itulah yang terjadi. Semua pengalaman tersebut terjadi secara alami tanpa di buat-buat. Walaupun masih pemula dalam dunia blog, tapi manfaat yang aku dapatkan sungguh luar biasa. Setidaknya rasa bosan dan bete setiap kali akhir pekan tiba sedikit teratasi. Selain itu, duniaku serasa menjadi lebih berwarna dan hidup.

Itulah ceritaku sebagai blogger pemula di akhir pekan.

Makassar, 7 Juni 2015

44 komentar:

  1. weekend, ku isi browsing dikampus. karena hari ini hujan. mantap aj dikosan mas heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... kalau saya udah jarang ngampus. Kebanyakan duduk manis di kost-kostan.

      Hapus
    2. hemm, sekali sekali aj mas kekampus. minimal ke perpustakaan. maksimal ke kantin dan masjid hehehhe

      Hapus
    3. Hehehe... minat ke kampus udah berkurang.

      Hapus
  2. Ayo, semangat dan semangat! Menulis itu bikin bete menipis lho! Banyak pengetahuan dan teman2 baru kita peroleh lewat ngeblog kan? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bakalan tetap semangat. Alhamdulillah dengan menulis mulai banyak menemukan teman dan sedikit demi sedikit pengetahuan juga ikut bertambah.

      Hapus
  3. Masa sih masih blogger pemula? Gak percaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benaran kok bu, masih blogger pemula. Ini aja baru 3 bulan usia blog saya.

      Hapus
  4. kebosanan yang melanda di akhir pekan akan seger terobati dengan mengelola blog kesayangan, apalagi jika blognya sudah menghasilkan ribuan dollar bahkan ratusan, tentu rasa bosan akan terhilangkan dengan ngeblog.
    selamat bersemangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini blog kesayangan baru sebatas menghilangkan kebosanan, penat dan semacamnya. Di satu sisi, lagi mencoba belajar untuk mengelola blog agar bisa menghasilkan dan bisa menjadi tambahan penghasilan.

      Hapus
  5. Semangaaat ngeblog, semangat berbagi :)

    BalasHapus
  6. suka merendah nih, masa sih masih blogger pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benaran masih pemula kok. Ini baju baru 3 bulan belajar jadi bloggernya.

      Hapus
  7. saya juga bingung liburan, tapi saya pernah ngerjain tugas sambil saya anggap itu sebagai rekreasi. Saya juga tidak pernah lagi menonton tv, bahkan saya lupa rasanya menonton tv, sama kayak saya lupa rasanya mie instan. Karena saya selalu beli nasi bungkus, isinya kangkung, ayam, bakwan jagung dan lain sebagainya. Memang ngeblog banyak sekali manfaatnya, saya juga masih blogger pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mas Aldi, bukan blogger pemula lagi. Yang kunjungi blognya udah banyak.

      Hapus
  8. kalo aku weekend pasti gak pernah di rumah, harus jalan-jalan dong
    soalnya tiap hari udah di rumah aja :D

    BalasHapus
  9. weekend saya mah bikin tugas mas, duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... semangat terus mas, nanti juga masa-masa itu akan terlewati.

      Hapus
  10. Kalo aku weekend cari inspirasi buat tulisan blog mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... perlu aku tiru nih yang seperti ini.

      Hapus
  11. He he jadi ingat. Wiken kemarin saya juga di rumah aja sambil ngeblog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe... lagi kecanduan nge-blog juga ya bu.

      Hapus
  12. weewkwnd kayanya hari yang ditunggu semua orang ya mas. blogging emang paling asik. kita bisa keliling indonesia bahkan dunia hanya dari membaca tulisan tulisan para blogger. nambah pengalaman banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh typo. weekend maksudnya XD

      Hapus
    2. Benar bangad, paling di tunggu oleh semua orang tanpa mengenal umur. Setuju, dengan menyusuri dunia maya termasuk membaca tulisan para blogger, kita bisa mengenal belahan dunia lain. Udah gitu bisa nambah ilmu, teman, jaringan dan tentunya pengalaman juga.

      Hapus
    3. Gak apa-apa kok Mbak Lia, di maklumin kok.

      Hapus
  13. Hayu ah tetap semangat ngeblog...saya malah sedang mencoba untuk ngeblog setiap hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bu, tetap semangat selalu untuk bisa ngeblog di setiap waktu luang.

      Hapus
  14. blog walking emang salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan, saya aja kalo lagi pusing atau BT di rumah dari pada main2 keluar ngabisin uang, mending blog walking aja biar nambah temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, blogwalking bisa mengurangi kejenuhan plus nambah teman, jaringan dan ilmu juga.

      Hapus
  15. Kalo akhir pekan, saya masuk kerja. Sementara kalo ngeblognya saya jadikan media untk belajar menulis. Selebihnya untk happy2.. :)

    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam kerjanya full seminggu ya mas. Setuju bangad kalau blog bisa dijadikan sebagai media untuk menulis plus happy-happy juga.

      Salam

      Hapus
  16. Semangat menulis, berbagi dan berkarya lewat blog..... @kakdidik13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap selalu dan akan selalu demikian.

      Hapus
  17. Ngeblog memang membuat kecanduan Pak,
    Saya dulu pernah semalaman tidak tidur gara" otak-atik template :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad. Ternyata ngeblog bisa membuat kecanduan juga.
      Wah... Salut, segitu besar pengaruh ngeblog sampai relain begadang hanya untuk menemukan template yang sesuai selera.

      Hapus
  18. Samaa banyak manfaat yg kurasakan dgn ngeblog. Refreshing,mengasah kmampuan nulis,dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... sangat banyak kan manfaatnya.

      Hapus
  19. sampe saat ini, jujur, aku dapet banyak banget manfaat dari ngeblog. Ngeblog bisa bikin bete ilang juga heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, malah kalau saya sudah seperti rumah kedua. Manfaat lainnya jadi banyak teman untuk bertukar pikiran juga dan bisa mengikuti berbagai acara yang bisa menambah wawasan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...