Senin, 22 Juni 2015

Aku dan Menu Favorit Buka Puasa

Menu Favorit Buka Puasa
Menu Favorit Buka Puasa (Gambar : www.selular.id)
Bicara tentang puasa, tentu tak akan lepas dari yang namanya takjil atau menu buka puasa. Hal ini bisa kita lihat setiap kali bulan ramadhan tiba, di mana selalu menghadirkan penjual takjil dadakan. Mulai dari tempat yang di khususkan untuk berjualan takjil sampai tempat ramai seperti pasar dan toko. Bahkan ada pula yang memanfaatkan depan rumahnya atau pinggir jalan untuk menjual aneka menu untuk berbuka puasa.


Tidak bisa di pungkiri, berbuka puasa tepat pada waktunya memang terasa sangat menyenangkan. Bahkan banyak di antara umat muslimin yang berbuka puasa dengan menikmati makanan kecil sebelum memulai makanan berat.

Berbicara mengenai makanan dan minuman untuk buka puasa, tentu setiap orang punya selera dan favorit masing-masing. Begitu pula dengan saya sendiri, di mana sejak kecil sampai dewasa masih memfavoritkan menu berbuka yang sama. Bahkan sejak masih di kampung halaman sampai di perantauan (tempat kuliah) pun kesukaan terhadap makanan tersebut masih tetap di pertahankan.

Sejak kecil sampai sekarang, saya senang sekali jika berbuka puasa dengan menu kepala muda, es kelapa dan es pisang ijo. Ketika di kampung, biasanya untuk menu es pisang ijo ibu selalu menyiapkannya untuk kami, di mana menu tersebut merupakan hasil karya tangannya sendiri. Terkadang juga untuk dijual jika pisang ijo yang di buat kebanyakan dan saya sering membawa keliling kampung dari dusun satu ke dusun lainnya. 

Bahkan sampai saat ini, saya masih kangen akan es pisang ijo buatan ibu plus es kelapa yang sering saya buat sendiri. Di mana untuk membuat es kelapa, terkadang saya harus bersusah payah untuk memanjat sendiri pohon kelapanya. Itu pun berani manjat karena bermodal nekat demi bisa berbuka dengan menu kelapa muda atau es kelapa. Hehehe....

Seperti itulah yang sering saya lakukan untuk menyiapkan menu berbuka puasa, apalagi saat di kampung. Demi kesenangan dan berbuka puasa dengan es kelapa saya rela memanjat pohon kelapa yang tinggi. Padahal di luar bulan puasa saya pikir-pikir dulu jika mau manjat pohon kelapa yang tinggi.

Itu cerita saya mengenai menu favorit untuk berbuka puasa, Bagaimana dengan anda?

Makassar, 22 Juni 2015

34 komentar:

  1. Balasan
    1. Hehehe... benar bangad. Apalagi pisang ijo buatan orangtua, gak bisa di tandingi enaknya.

      Hapus
  2. udah lama ga minum es kelapa ijo :)

    kalo kelapa muda mah dekat kantor ada yang jual
    tapi kelapa ijo susah nyarinya mas...

    kalo menu favorit saya ya itu, es ketimun suri
    he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa itu mas es ketimun suri, saya kok baru dengar, belum pernah soalnya

      Hapus
    2. Hehehe... Iya sih, waktu saya ke Jakarta susah sekali nemu Es Pisang Ijo.

      Hapus
    3. Sama mas Purnama, saya juga baru dengar Es Ketimun Suri. Mungkin pernah makan tapi beda nama dengan daerah saya.

      Hapus
  3. kayaknya kalau es kelapa muda itu hampir dijadikan menu buka puasa penghilang dahaga yang pas ya mas, saya juga suka lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya seperti itu. Kalau saya perhatikan, di mana-mana Es Kelapa Muda sering dijadikan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

      Hapus
  4. kalau aku, es cendol bikinan ibu. empek empek sama tekwan. makanan berbuka pavorit.
    bikinan ibu memang nomor satu..
    kalau untuk dikosan. es sop berbuah pavorit hheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... benar bangad, bikinan ibu memang gak ada yang ngalahin.

      Hapus
  5. Waaaaaah jadi keingetan. Udah lama nggak makan es pisang ijo. Paporit gue juga tuh, nggak hanya buat takjil sih hehehe.. Pisang Ijo isdebes :D

    Salam, Indra Permana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sama pisang ijo juga ternyata. Akhirnya ada juga teman gue yang memfavoritkan menu yang satu ini.

      Hapus
  6. Ramadhan beberapa tahun lalu saya beli kurma curah 1/2 kg. Lumayan awet dipakai berbuka untuk 2 minggu-an. Sekali makan ya cuma 3-4 butir. Lebih dari itu bikin sakit gigi, hehehe.

    Kalau sekarang sih saya lagi hobi bikin donat, hahaha. Lumayan adonannya bisa dipakai untuk berbuka 1 minggu.

    Intinya sih saya mengurangi keluar-keluar untuk beli makanan berbuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... ceritanya menghemat nih.

      Hapus
  7. SEan suka banget kelapa muda, diambil dr pohonnya pasti lbh segar. Dan bundanya mendadak pengen es kelapa ijo nih,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segar dan manis bangad malah. Hehehe... bundanya malah ikutan ngiler juga.

      Hapus
  8. Menu buka puasa favorit aku pasti air hangat air putih atau air teh setelah itu makan deh :D

    BalasHapus
  9. Saya nggak puasa ni, jadi maaf tak bisa nuliskan menu favorit....maaf ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa-apa kok mas, yang penting kebersamaan tetap ada.

      Hapus
  10. kalo saya menu favorit pas buka puasa makan kolak pisang, atau pudding susu, puding yang pake fla susu, mantep deh, duh lagi puasa jadi ngebayangin makanan nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolak pisang enak juga. Kalau puding susu belum pernah nyoba.
      Awas tuh, ntar ilernya ikutan keluar lagi dan rasa laparnya mendadak muncul. hehehe....

      Hapus
  11. kalo saya menu favorit buka puasa teh es. Rasanya adem-adem gimana gitu. heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau teh biasanya jadi menu untuk menemani sarapan pagi.

      Hapus
  12. aku suka teh anget aja lebih segar. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat badan jadi enteng ya mas.

      Hapus
  13. Es pisang ijo enak kayak e...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak bangad Mbak. Siapa tahu bisa di masukkan ke dalam menu buka puasanya untuk variasi menu makanan.

      Hapus
  14. wah kalo di rumah ngambil kelapanya ngga pake manjat, tapi pake bilah bambu dililit pake kabel terus ditarik hehe *ngga mau repot :v

    menu favorit tetep es yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga yang seperti itu Mbak kalau di kampung saya, tapi daya jangkaunya gak terlalu tinggi. Pohon kelapa di kampung saya tingginya kadang di atas 12 meter.

      Hapus
  15. aku belum pernah makan es pisang ijo sampai sekarang :|
    kalau makan es di bulan puasa biasanya beli, paling ditambah topingnya doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan di coba Mbak, siapa tahu aja ikut tertarik dan suka sama rasanya.

      Hapus
  16. Artikelnya bagus lho.. Saya sih sukanya kurma ditambah semangkuk sop buah aja sudah cukup sebagai menu pembuka disaat ta'jil tiba. Jangan sungkan main ke http://www.kiatkiat.com/ ya terimakasih telah menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sama sop buah juga toh.
      Siip, nanti saya main ke blognya. Terima kasih untuk apresiasinya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...