Minggu, 08 Maret 2015

Sehari Tanpa Nasi, Why Not?

Sehari Tanpa Nasi
Nasi merupakan salah satu makanan yang di konsumsi hampir seluruh rakyat Indonesia setiap hari. Terkadang sebagian masyarakat sudah menganggapnya sebagai salah satu makanan pokok yang wajib untuk di hidangkan untuk melengkapi menu sehari-hari. Entah anda setuju atau tidak, Kenyataannya menunjukkan demikian.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, "Nggak makan nasi sama saja dengan nggak makan". Rasanya seperti sulit sekali jika tidak mengkonsumsinya, walaupun hanya sehari saja. Padahal konsumsi nasi secara berlebihan bisa berbahaya juga bagi kesehatan, lho... Satu di antaranya, yaitu dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Gak mau kan jika di hari tua nanti malah terserang diabetes, sedangkan saya yakin semuanya menginginkan untuk sehat selalu dan bisa menikmati masa tua dengan nyaman.

Namun bukan berarti saya melarang melarang anda untuk tidak makan nasi sama sekali, ya. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengurangi jumlah porsinya, sehingga menjadi seimbang. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja di sesuaikan saja karena keduanya masih dalam masa aktif-aktifnya dan membutuhkan energi. Bahkan mungkin ada yang memiliki segudang aktivitas. Jadinya semuanya di kembalikan lagi kepada anda masing-masing, mau mengurangi atau menambah porsi.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi porsi nasi. Semua tergantung dari inovasi dan kreativitas masing-masing individu saja. Sedangkan di lingkungan sekitar kita telah banyak tersedia jenis bahan makanan yang dapat di jadikan sebagai makanan pengganti nasi. Entah itu di sadari atau gak, cuma anda yang tahu jawabannya.
Berbagai Jenis Buah-buahan
Saya yakin bahwa Yang Maha Kuasa telah menganugerahi lingkungan sekitar kita dengan berbagai macam kekayaan alam, yang mana diantaranya adalah berupa bahan makanan. Sebut saja beberapa di antaranya, seperti umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Kesemuanya bisa kita olah menjadi berbagai jenis panganan yang bisa menggantikan peran nasi.

Percaya atau tidak, saya sendiri telah membuktikannya. Dalam kurun waktu seminggu, saya mengusahakan 1 atau 2 hari tidak mengkonsumsi nasi. Emang bisa! Alhamdulillah sukses. Yang saya lakukan hanyalah mengganti nasi dengan beberapa panganan lokal lain. 

Sesekali saya mencoba untuk mengkonsumsi buah-buah seperti apel dan pisang. Kadang juga saya mencoba mengolah umbi-umbian seperti ubi jalar (ketela) sebagai pengganti nasi. Saya juga membiasakan sarapan pagi, sehingga porsi makan siang bisa teratasi dan sedikit berkurang. Tak jarang juga saya mengkonsumsi jus seperti jus alpukat untuk mengatasi rasa lapar.

Masih banyak kok hal-hal lain yang bisa anda coba selain yang telah saya sebutkan. So... semua kembali lagi kepada pribadi anda. Mau melakukannya atau tetap bertahan dengan apa yang sudah biasa anda lakukan selama ini.

Satu hal yang pasti dan akan terus saya coba, serta menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup yakni Sehari Tanpa Nasi, Why Not?

Makassar, 8 Maret 2015 

14 komentar:

  1. wah boleh juga... tanpa nasi ganti dengan ubi... sebab gandum agak susah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah, selama bahan makanan tersebut dapat di peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar atau saat sedang ke pasar.

      Hapus
  2. Saya biasanya kalo ga makan ya, ya makan roti tawar. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roti tawar juga boleh, apalagi untuk sarapan pagi dilapisi cream atau susu. Lumayan tuh buat penunda lapar.

      Hapus
  3. Saya jarang makan nasi mas :)
    Saya banyakin konnsumsi sayur, buah dan sebisa mungkin ngemil sehat. Tapi khilaf mkn junk food jg msh sesekali ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa kalau cuma sesekali itu gak masalah kok Mba Irma. Yang jadi masalah tuh kalau keseringan dan jadi makanan sehari-hari.

      Hapus
  4. nasi???? aku kalau belum makan nasi belum makan. tapi sekarangng sudah mulai mengurangi jumlah nasi yg dimakan. makan buah dan sayur, walau awalnya tersiksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang awalnya kebanyakan seperti itu, tapi setelah itu banyak yang menyesal karena tidak mencobanya dari dulu.

      Hapus
  5. hehehe masih harus makan nasi nih biar kenyang, tapi sudah mulai mengurangi porsinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga bakalan bisa kok. Namanya perubahan kan bertahap, gak ada yang instan seperti makanan cepat saji. Hehehe...

      Hapus
  6. saya seriiing berhari-hari tanpa nasi hehehe...dan saran eksklusif buah..ayo dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau komsumsi buah kebanyakan pisang, setelah itu baru apel. Sekali-sekali juga coba jus alpukat.

      Hapus
  7. agak kurang mas kalo sehari tanpa nasi :D, soalnya tiap hari emang sudah jadi kebiasaan :D.

    oya mas saya sudah join this site mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba pelan-pelan aja mas, misalnya dalam seminggu ada satu hari yang gak makan nasi. Atau gak setiap dua minggu sekali dulu gitu. Nanti juga bakalan bisa kok, gak harus sekaligus gitu. Bisa-bisa kewalahan ntar soalnya perut jadi kaget.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...