Rabu, 17 Juni 2015

Memanipulasi Ukuran Ruang Lewat Permainan Cahaya

Ilustrasi, Sumber : abbeyscarfe.blogdetik.com
Sesuatu yang begitu indah, tidak akan terlihat indah tanpa adanya kehadiran cahaya di sekelilingnya. Begitulah cahaya berperan dalam kehidupan kita. Cahaya dapat menampilkan keindahan sejati dan menciptakan suasana. Cahaya dapat digunakan untuk menciptakan berbagai ilusi pada mata, termasuk di dalamnya ketika ingin menciptakan kesan lebih luas pada sebuah ruang, misalnya pada property (rumah) yang anda miliki.

Dengan melakukan eksperimen lewat permainan cahaya (alami atau buatan), otomatis hunian yang anda miliki akan berubah menjadi tampak lebih "hidup dan indah". Namun perlu untuk diketahui, untuk menghidupkan dan menghadirkan suasana indah pada sebuah ruangan diperlukan juga pemahaman mengenai jenis-jenis cahaya yang akan di gunakan. Mengapa? Karena setiap ruangan memerlukan pencahayaan yang berbeda. Selain itu, permainan cahaya dimaksudkan agar penghuni rumah dapat beraktifitas dengan baik sesuai dengan kesibukannya masing-masing.

Perlu untuk dipahami, pencahayaan sendiri terbagi atas tiga jenis atau tiga lapis, yakni pencahayaan umum (general lighting), pencahayaan khusus (task lighting), dan pencahayaan aksen (accent lighting). Dengan menggabungkan ketiga pencahayaan tersebut, bukan hal yang mustahil untuk menjadikan ruangan pada hunian anda terlihat lebih indah, lebih hidup, dan dramatis. (Baca juga penjelasan jenis-jenis cahaya di sini)

Selama ini kebanyakan masyarakat awam beranggapan bahwa setiap ruangan menggunakan pencahayaan yang sama. Padahal yang sebenarnya adalah tidak semua ruangan memerlukan pencahayaan yang sama. Hal ini dikarenakan setiap ruangan memiliki fungsi dan aktifitas yang berbeda pula. Contoh, ruang makan berbeda fungsinya dengan ruang keluarga walaupun keduanya sedikit memiliki kesamaan, yakni tempat berkumpul. Namun dari segi pencahayaan ruang makan memerlukan pencahayaan yang dapat meningkatkan selera makan, sedangkan ruang keluarga tidak memerlukan pencahayaan yang demikian.

Tak hanya itu saja, sebagian orang juga berharap dengan adanya permainan cahaya dapat mendorong mereka untuk mengeluarkan ide yang membeku di dalam kepala. Bahkan tak jarang energi yang dihasilkan oleh cahaya mampu mendatangkan inspirasi. Di sisi lain, cahaya juga dapat difungsikan untuk memanipulasi ukuran sebuah ruangan. Dalam hal ini cahaya dapat juga digunakan untuk menciptakan ilusi pada penglihatan (mata).

Adapun caranya bisa anda simak dalam penjelasan di bawah ini :
  1. Pada ruang dengan dinding yang pendek, dapat di atasi dengan memasang lampu dinding yang berbentuk vertikal. Sehingga cahaya yang menyebar ke atas dan bawah lampu akan membuat ruang terkesan lebih tinggi.
  2. Untuk menciptakan kesan ruangan lebih tinggi dapat juga dilakukan dengan memasang standing lamp dengan arah cahaya ke atas. Ini akan membuat langit-langit lebih terang sehingga menimbulkan kesan lebih jauh dari jangkauan.
  3. Cermin juga dapat dijadikan sebagai alat bantu. Cara adalah dengan memasang beberapa buat cermin pada ruangan. Cermin akan menggandakan cahaya yang dihasilkan oleh lampu, sehingga ruang akan terkesan lebih terang dan juga lebih luas atau lapang. 
Pemasangan lampu rumah sebaiknya direncanakan sejak awal dengan membuat gambar denah. Gambar posisi lampu dibandingkan dengan posisi barang perabot besar, seperti meja makan, sofa, tempat tidur, dan lemari. Hal ini perlu dilakukan agar anda bisa mengetahui kebutuhan cahaya di setiap ruangan dan kebutuhan total satu rumah. Posisi lampu bisa berubah dengan fleksibel, kecuali pencahayaan umum.

Sedangkan untuk pencahayaan khusus dan aksen bisa mengikuti posisi perabot yang ada. Pastikan juga letak saklar dan colokan listrik terjangkau, jangan sampai ada kabel panjang menjuntai yang bisa membahayakan langkah orang lalu lalang. untuk menghemat konsumsi energi, ada baiknya menggunakan bohlam LED yang lebih hemat energi.
Makassar, 17 Juni 2015

10 komentar:

  1. saya akan coba deh untuk membuat desain rumah dulu,belum punya rumah jadi harus siapkan dulu rumahnya

    BalasHapus
  2. pertamax tak amankan dulu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo di amankan, yang penting jangan di borgol terus di bawa ke sel ya.

      Hapus
  3. Allhamdulillah udah pakai LED semuanya di rumah, watt kecil tapi sinarnya terang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itulah kelebihan menggunakan lampu LED

      Hapus
  4. Coba di terapkan di rumah saya yang sempit ya. kali aja tampak lebih idah. permainan cahaya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tuh pak. Tapi sebelum langsung di terapkan, ada baiknya untuk di desain terlebih dahulu biar perletakannya sesuai dengan yang diharapkan dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

      Hapus
  5. Wah, baru tau kalau pencahayaan berpengaruh pada rekayasa ruangan :D Selama ini aku buta soal lighting di mata kuliah :v
    Bagusss mas tipsnya ^^ TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berpengaruh juga. Makasih untuk apresiasinya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...