Minggu, 01 Maret 2015

Sehat Itu Masa Depan

Sumber Gambar : www.infopandusehat.com
Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Sebuah ungkapan yang tidak asing lagi bagi kita semua, bahkan sudah dihapal diluar kepala saking sering kita dengar. Akan tetapi, sudahkah kita memiliki tubuh dan jiwa yang sehat tersebut? Bagaimana caranya untuk mendapatkan tubuh dan jiwa sehat tersebut? dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang akan muncul jika dikaitkan dengan ungkapan tersebut.

Hidup di zaman modern ini bukanlah perkara mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat, apalagi untuk memperoleh jiwa yang sehat. Mengapa? Karena di zaman sekarang segala sesuatunya sudah serba mudah, serba modern, serba instan dan serba canggih. Akibatnya, kita pun ikut terlena dan terbuai akan keadaan ini.
 
Hal lain yang seringkali menjadi penghalang untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah alasan sibuk. Banyak kita temukan orang-orang yang tidak sempat berolahraga secara rutin, atau susah menerapkan gaya hidup sehat karena belum memiliki waktu untuk melakukannya. Berbagai alasan lain pun ikut menyertai, seperti jarak tempat kerja yang jauh dari rumah sehingga harus berangkat lebih pagi agar tidak terkena macet dan terlambat, yang mana akhirnya membuat kita tidak sempat untuk berolahraga.

Padahal bila menerapkan gaya hidup sehat, kita akan memperoleh manfaat yang luar biasa bukan hanya untuk saat ini, akan tetapi bermanfaat juga untuk jangka panjang (sampai tua). Namun bila yang kita lakukan malah sebaliknya dan masih tetap mempertahankannya, cepat atau lambat kita akan merasakan akibatnya bahkan bisa fatal.

Dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak contoh yang seringkali kita temukan mengenai masalah yang berhubungan dengan pola gaya hidup sehat yang salah. Seharusnya dari berbagai masalah yang seringkali kita temukan bisa dijadikan pelajaran, sehingga hidup kita menjadi lebih baik di masa yang akan datang. 

Namun entah mengapa, masih banyak juga yang tidak peduli akan pengalaman berharga yang dilalui. Baik pengalaman itu di alami dalam keluarga sendiri atau pun dari pengalaman yang diceritakan oleh orang lain. Padahal kesehatan juga merupakan salah satu kunci dan penentu untuk meraih sukses di masa depan.

Seharusnya kita sadar bahwa untuk menjalankan gaya hidup sehat tidak harus menunggu sakit terlebih dahulu. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu menerapkan atau membangun gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-sehari. Bila perlu gaya hidup sehat dimasukkan ke dalam gaya hidup sehari-hari. 

Tidak susah kok untuk menjalankan gaya hidup sehat. Selama ada niat, maka akan selalu ada kesempatan untuk melakukannya. 

Makassar, 1 Maret 2015

Catatan :
*Tulisan ini sebagian di ambil dari artikel yang saya ikutkan dalam lomba yang diadakan oleh harian bisnis. (bisa dilihat disini)*

8 komentar:

  1. menerapkan gaya hidup sehat memang agak susah. terlebih harus meninggalkan kebiasaan lama yg telah akut..namun jika ada niat pasti bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semua kembali kepada niat pribadi masing-masing. Namun jika tidak pernah mencobanya, maka kebiasaan lama akan tetap bersemayam seperti biasanya.

      Hapus
  2. Berolahraga secara teratur dan asupan gizi yang cukup terbukti menyehatkan. Tidak lupa istirahat yang cukup.

    Salam sehat,
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah melengkapi apa yang kurang dalam tulisan di atas.

      Salam sehat kembali.

      Hapus
  3. sehat memang masa depan, tapi tidak merokok dirasa susah :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berhenti sekaligus bro, pasti akan susah. Kalau berhenti pelan-pelan atau ngurangin kebiasaan merokok secara perlahan-lahan pasti bisa. Teman saya berhasil dengan mencoba seperti demikian.

      Hapus
  4. berenti pelan pelan? kasih tau tipsnya mas. pengen berenti total -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurangin kebiasaan ngerokoknya. Ubah gaya hidup ke arah yang lebih teratur. Coba untuk sering berolahraga, seperti lari sore atau pagi. Makanan juga kalau bisa yang masuk dalam anjuran hidup sehat.

      Intinya coba aja dulu pelan-pelan sesuai kemampuan dan jangan lupa untuk konsisten dalam menjalankannya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...