Kamis, 07 Mei 2015

Bulan Ramadhan dan Sahur Pertama Di Perantauan

Ilustrasi, Sumber : www.pondokhati.wordpres.com

Gak terasa, sebentar lagi bulan ramadhan akan tiba. Bulan yang selalu di nanti-nanti kedatangannya oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bagi kaum muslimin, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan di mana ampunan dan pembebasan dari api neraka dijanjikan Allah Yang Maha Kuasa untuk umatNya terutama mereka yang ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam beribadah.
 
Bulan Ramadhan selalu menciptakan ceria dan cerita bagi seluruh kaum muslimin di dunia. Di Indonesia awal Ramadhan punya cerita yang berbeda., hampir setiap Ramadhan pemerintah dan Muhammadiyah selalu berbeda dalam penentuan awal Ramadhan. Muhammadiyah selalu melaksanakan puasa satu hari lebih awal dari pihak pemerintah. Buat saya pribadi, perbedaan awal Ramadhan bukanlah suatu masalah selama itu sesuai keyakinan masing-masing dan kita saling menghargai satu sama lain.

Bagi sebagian mahasiswa, Ramadhan menjadi berkah tersendiri, karena akan menghemat uang makan. Pada tahun itu, untuk kedua kalinya saya merasakan puasa di perantauan, jauh dari orang tua. Memang, ada kegalauan tersendiri tidak bisa berbuka dan sahur bersama kedua orang tua. Dan terlebih ketika harus bangun untuk sahur.

Sedih juga rasanya awal puasa kali ini gak bisa bareng keluarga tercinta. Kegalauan menyertaiku yang notabene hidup sebagai perantau. Yah, beginilah nasib kalau orang yang merantau, hehehe... Hidup sendiri merupakan salah satu konsekuensi yang mesti ku ambil sejak 7 tahun yang lalu demi angan masa depanku yang lebih baik. Jauh dari orang tua dan juga “orang yang disayangi” pastinya udah jadi otomatis dong, gak bakalan bisa ditawar-tawar lagi. Rasa ingat kampung halaman dan masakan orang tua merupakan memori terindahku dalam sebuah perantauan. Bagaimana teman-teman, ada gak yang puasa pertamanya jauh dari keluarga? (kalau ada berarti kita senasib ya...)

Saat hari pertama sahur saya bangun pukul 03.00 dan mempersiapkan makanan. Setelah selesai menyiapkan makanan untuk sahur, saya termenung dan memperhatikan sekitar saya yang begitu hening. Ah, ternyata saya hanya sendirian melaksanakan sahur kali ini di keheningan malam di saat orang lain sedang bersukacita menyambut awal Ramadhan bersama keluarga yang di cintai.

Apa daya hanya tetes air mata, rindu dan galau yang menemani sahurku di hari pertama awal puasa. Semakin lengkap lagi kesedihan ini karena saya sahur hanya dengan tempe, nasi dan secangkir teh hangat. Tapi semua kesedihan dan kegalauan itu tidak menghalangiku untuk tetap melaksanakan ibadah puasa. Tahun ini saya berharap agar Allah SWT masih mempertemukanku dengan Ramadhan yang tinggal satu bulan sepuluh hari lagi.

Itulah ceritaku saat pertama kali merasakan sahur di perantaun yang jauh dari keluarga. Bagaimana dengan teman-teman, apakah punya kisah menarik dan unik seputar bulan ramadhan.
Makassar, 7 Mei 2015

20 komentar:

  1. Hmmm... Mungkin tahun ini dan tahun tahun kedepan gue juga sama kaya lo bro....
    :'((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... Selamat mencoba ya bro, seru kok sahur sendirian tanpa ada keluarga.

      Hapus
  2. sedih sekali puasa nggak bareng keluarga, saya belum pernah puasa jauh dari keluarga, pasti rasanya tidak menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di bilang tidak menyenangkan itu sudah pasti. Tapi dari pengalaman ini, banyak hal yang aku dapatkan, seperti belajar untuk mandiri.

      Hapus
  3. diitung2 sih udh 13 thn aku ga sahur bareng orangtua lagi :).. Sejak kuliah berarti.. krn dulu aku kuliah di negara org, dan ngekost di keluarga yg nonmuslim, jdnya sahurku bnr2 sendiri :) even aku lbh srg ga sahur... jd sebelum tidur cukup minum air putih aja... tahan ampe buka puasa.. ga bgs memang, tp jaman2 kuliah dulu, aku lbh milih tidur cukup drpd di kelas ngantuk ;D.. yg ptg puasa ttp jln..

    kalo skr sih udh berkeluarga, jd ya sahur bareng suami.. kdg kgn sih mas, kalo inget sahur jaman ama ortu dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalamannya lumayan ekstrim juga Mba Fanny, gak kebayang deh sulit masa-masa itu.
      Hehehe... tetap kangen juga ya sahur bareng sama orangtua.

      Hapus
  4. Salam Sejaterah Dan Salam Sehat Buat Anda Semuanya...
    .....Saya Ingin Berbagi Cerita Singkat Nyata Dan Benar - Benar Saya Alami BULAN Kemaren Tepatnya Tanggal 03 Desember 2015 ,Hal FAKTA DAN NYATA '
    Saya Sudah Asli Orang Indonesia ," Asal Dari Jakarta .
    Saya Bekerja Di Jepang Sebagai Karyawan Di Sebuah Prusahaan Tekstil SAPPORO JAPAN ,Dimana Sekitar Sudah Hampir 8 Tahun Di JAPAN
    Saya Hanya Igin Berbagi Cerita Sukses Yang Saya Alami Yang Di Luar Dugaan Saya Bener - Benar Terjadi ,Kebesaran Tuhan Esa , Saya Sukses Menang Angka Lottery ( Lotto 6 Japan ) Preize N0 . 1 .Tanggal 3 Desember 2015 Dengan Result ONLINE Angka 10 .17 .20 .21.36.34. Berhasil Saya Menagkan 800 Dollar , Super Rejeki Yang Tak Pernah Terduga Oleh Saya ,,Di Mana Awalnya Saya Hanya Mencoba Bermain Lewat Angka Bantuan Seseorang Yaitu AKI JAYABAYA Berkat Bantuan Beliau Saya Bisa Menang, Saya Mengucapkan Banyak Terimah Kasih Kepada Beliau Atas Bantuanya

    Saya Hanya Ingin Berbagi Info Buat Para TKI di luar negeri, Khususnya Buat Saudara/saudari Di Japan ,Bagi Anda Yang Ingin Menang Loto 6 Japan Silahkan Anda Hubungi AKI JAYABAYA call ( 082333390858 )

    {{=>CLICK CARA MENDAPAT ANGKA GOIB AKI JAYABAYA 100% TEMBUS<=}}

    BalasHapus
  5. Thn 2016 ini kyk nya gue bkalan senasib sama crita saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat. Sesekali nggak pulang kampung kan nggak apa-apa.

      Hapus
  6. Meskipun 6 thun selalu puasa jauh dari ortu tetap saja merasakan sedih yang sama .. dan bener nyesek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyesek dan sedih pasti selalu ada, tapi mau bagaimana lagi.

      Hapus
  7. Meskipun 6 thun selalu puasa jauh dari ortu tetap saja merasakan sedih yang sama .. dan bener nyesek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama juga ya, nggak kebayang tuh nyesek sama sedihnya.

      Hapus
  8. Meskipun 6 thun selalu puasa jauh dari ortu tetap saja merasakan sedih yang sama .. dan bener nyesek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja, nanti juga bisa pulang kampung kok dan bisa puasa bersama-sama dengan orang tuanya.

      Hapus
  9. saya dulu, sahur pertama diperantauan bingung cari warung :)
    secara anak kost, ga bisa masak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Kalau saya untung warung udah banyak. Kalau masak udah bisa juga sebenarnya, jadi sesekali masak juga.

      Hapus
  10. Nice share maz..
    Semoga dilancarkan semua usahanya dan mampu melewati bulan ini dengan lancar..
    Amiinnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinnn....
      Insya Allah bisa terlewati dengan lancar.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...