Jumat, 02 September 2016

7 Cara Menghabiskan Weekend di Rumah

Weekend di Rumah Via www.zoyajeans.com
Dari sekian banyaknya hari dalam seminggu, weekend selalu menjadi hari yang paling di nanti-nanti oleh hampir semua orang. Mau anak sekolahan, anak kuliahan, pegawai negeri sipil (PNS), pegawai kantoran dan semacamnya, pasti senang jika udah mendekati akhir pekan. Tentu semua punya alasan masing-masing setiap menjelang weekend tiba. Ada yang pengen istirahat sejenak dari pekerjaan yang itu-itu saja selama 5 hari penuh, ada yang ingin bersama keluarga, mencuci, liburan ke pantai, hutan, gunung, dan lain sebagainya.

Namun demikian, tak jarang juga yang kebingungan setiap weekend tiba. Atau dengan kata lain nggak punya rencana sama sekali. Paling kerjanya itu lagi, itu lagi, dan itu lagi. Apalagi kalau bukan pengen balas dendam dan mewujudkan impian untuk tidur seharian penuh di rumah dan malas ngapain-ngapain. Pokoknya monoton bangad deh kerjanya.

Lalu, bagaimana dengan weekend kali ini, apakah kamu masih seperti itu? Atau kamu sudah punya rencana untuk menghabiskan weekend yang sudah jelas-jelas ada di depan mata? Jawabannya hanya kamu dan tuhan yang tahu, pastinya.

Tapi kalau belum, terus kamu nggak tahu mau ngapain dan maunya menghabiskan waktu di rumah saja, ada banyak cara agar kesendirianmu di rumah tidak monoton dan membuatmu jadi bosan? Tenang, ada banyak alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan meski hanya sendirian di rumah. Mau tahu, mau tahu?

Berikut ada 7 aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan waktu weekend-mu di rumah. Ke tujuh aktivitas ini saya kutip dari www.rumah123.com dan sedikit saya tambah plus modifikasi agar tidak membuatmu bosan saat membacanya.

Di simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini teman-teman dan semoga bisa membantu kesendirianmu selama di rumah.

Membuat Agenda

Ini salah satu kegiatan yang paling berguna saat weekend di rumah. Bukan hanya mengorganisasikan agendamu seminggu ke depan, tetapi kamu juga bisa bersih-bersih dan membuat rumah jadi lebih nyaman.

Semakin bagus dan menarik kalau kamu punya daftar to-do. Nggak harus yang serius-serius kok. Karena ketika kamu memiliki daftar yang terorganisasi, kamu bakalan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis itu di ibaratkan dua sisi koin. Antara sisi yang satu dengan lainnya berbeda, tapi tetap saling membutuhkan satu sama lain dan selalu bergandengan dengan mesra ke mana pun melangkah. Iya nggak?

Membaca buku atau majalah pada akhir pekan dibandingkan dengan hari kerja akan beda lho. Kamu bisa lebih nyantai, tapi lebih fokus pada apa yang kamu baca. Tidak harus membaca terburu-buru atau terganggu.

Nah, jika kamu sudah membaca atau mungkin bosan dengan apa yang kamu baca, cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru. Misalnya mengasah kemampuan menulismu. Tulis apa saja yang bisa kamu tulis, boleh tentang yang barusan kamu baca, atau hal-hal lain yang tiba-tiba saja muncul dalam benakmu ketika melihat sesuatu.

Menulis juga punya banyak manfaat loh. Bukan saja untuk jangka pendek, tapi juga untuk jangka panjang. Contohnya dapat membuat ingatan tetap kuat seperti waktu di usia muda. Bahkan menulis juga bisa menjadi investasi di masa depan. Dengan catatan kamu konsisten melakukannya, bukan sekadar ikut-ikutan orang lain agar terlihat keren. 

Memasak

Kalau memang kamu hobi memasak, mengapa tak disalurkan saja aktivitas ini saat weekend tiba? Kamu punya banyak waktu loh untuk berbelanja bahan makanan di pasar ataupun di supermarket.

Kamu pun jadi bisa memasak banyak menu atau bereksperimen menu-menu masakan terbaru. Biarkan dirimu menjadi kreatif di dapur. Manjakan dirimu dan orang tersayang semisal dengan kue cokelat lezat butanmu?

Oh iya, berbicara tentang masak memasak, cowok pun nggak apa-apa loh belajar masak. Lumayan loh bisa dijadikan modal ketika menikah nanti. Kan nggak tiap saat istri memasak. Misalnya ketika istri hamil, dengan modal yang kamu miliki tugas istri jadi ringan dan pastinya istri kamu bakalan semakin sayang saya kamu lho.

Saya jadi teringat masa KKN Februari-Maret 2014, ketika itu di posko tempat saya KKN dari 3 cewek hanya satu yang pintar masak. Ketika saya ikut memasak di dapur, salah seorang di antara cewek (calon dokter) yang kebetulan jarang bersentuhan dengan dapur kaget dan tidak menyangka kalau saya yang muka sangar begini bisa masak.

Mau tahu apa responnya ketika itu? Kak, bahagianya wanita yang bakal jadi istri ta’ bisa punya suami yang bisa masak. Cowok bisa masak itu seksi, gentle, dan punya tanggungjawab kak. *Entahlah apa maksudnya ketika itu, saya hanya bisa tersenyum*

Back Up Data Ponsel

Kegiatan yang satu ini memang sedikit berbeda. Namun, akan berguna untuk mendukung perangkat teknologi. Selain mentransfer semua data telepon ke komputer dan back-up online. Mungkin ada e-mail-mu yang berisi banyak pesan gak penting atau pesan-pesan kedaluwarsa. Saat akhir pekan, kamu bisa memilah dan menghapusnya lebih saksama.

Ini tidak memakan waktu terlalu lama lho. Mem-back-up data pribadi sebagai antisipasi jika kamu kehilangan ponsel, duh jangan sampai deh! Atau kalau-kalau ponsel rusak, jangan juga deh! Tidak ada salahnya kan melakukan kegiatan berguna ini?

Merapikan Lemari Pakaian

Kegiatan yang satu ini baru di dengar saja sudah mengundang rasa bosan, benar nggak? Tapi, manfaatnya banyak lho buat kamu. Lemari pakaian yang rapi akan memudahkan kamu setiap hari ketika akan berangkat kerja.

Kamu bisa memilah pakaian-pakaian sudah tidak bisa dikenakan lagi, yang harus divermak, dan yang bisa diberikan ke orang lain yang lebih membutuhkan. Atau kamu hanya ingin sekadar merapikannya saja mengikuti selera. Mengklasifikasikannya sesuai warna, model, atau jenis pakaiannya.

Mengundang Teman-Teman ke Rumah

Tidak ada salahnya akhir pekan kamu manfaatkan untuk bikin party di rumah. Undanglah teman atau keluarga. Nggak perlu yang wah, bikin pesta kecil-kecilan juga udah cukup loh. Bakar ikan seekor terus dimakan bersama keluarga misalnya. Tapi jangan salah sangka dulu, ikannya yang gede ya bukan ikan yang sebesar telapak tangan. Hihihi...

Namun jika kamu tidak ingin ribet atau sedang malas memasak, santai plus ngobrol sambil minum kopi pun udah membuat suasana menjadi menyenangkan. Apalagi yang di obrolin sesuatu yang sama-sama di sukai, lucu atau apalah. Yang pastinya membuat suasana jadi asyik, happy, dan cair seperti air mengalir.

Menonton Film

Ini dia kegiatan paling asyik ketika weekend, saya bangad ini dan sudah masuk kategori kelas berat malah. Ya, apalagi kalau bukan menonton film.

Jangan di tanya sejak kapan saya hobi menonton. Yang jelas sejak dari jaman saya kecil sudah doyan bangad. Itu loh, TV yang layarnya masih hitam putih dengan film telenovelanya. Sampai sekarang pun masih doyan nonton, tapi menghindar kalau film Indonesia. Habis, filmnya banyak yang nggak mutu kalau menurut saya. Mulai dari anak kecil, anak jalanan sampai marmud pun udah di ajarin jatuh cinta. Yang masih SD sampai SMA biar udah malam hari masih keluyuran pakai pakaian sekolah, udah gitu suka galau tingkat tinggi lagi. Pokoknya nggak bangad deh.

Nah, menonton film akan lebih menyenangkan lagi kalau di bioskop. Apalagi saat ramai-ramai bersama kawan atau keluarga. Tapi, kamu harus siap waktumu bakal banyak terbuang. Karena biasanya di bioskop banyak yang ngantre saat beli tiket dan tentunya kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Yah, sekali dalam sebulan bolehlah.

Sedangkan buat kamu yang isi dompet tebalnya menipu alias isinya hanya kartu pelajar, SIM, KTP, kartu perpustakaan, slip pembayaran (PLN, Air PDAM, KRS, SPP), dan kertas-kertas nggak berguna, masih ada cara kok untuk bisa menyalurkan hobi menontonmu. Yang penting kamu masih punya TV plus DVD, atau nggak punya koneksi Wi Fi (bukan Wife) di rumah. Dengan sebakul popcorn atau sambil ngemil masakan sendiri, menonton pun bisa jadi lebih enak, asyik dan seru?

Bagaimana, weekend-mu masih bisa menyenangkan bukan dengan beberapa cara di atas? Bahkan ketika bangun senin pagi, kamu mungkin gak akan bilang, "I hate Monday."

Makassar, 2 September 2016

18 komentar:

  1. Weekend di rumah itu bisa menghemat pengeluaran hehe. Kalau jalan pasti ujung2nya jajan :D Saya suka ngeblog and masak kalau di rumah. Ya meski perlu uang jg bwt beli bahan hehe tapi hasilnya bs lebih banyak dibanding jajan di luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak di rumah lebih baik, karena biarpun keluarin uang buat beli bahan nanti juga buat di makan orang banyak di rumah. Ya nggak!

      Beda sama makan di luar, paling yang bisa menikmati makanan enak cuma berapa orang doank.

      Hapus
  2. Wah ... benar bangat. weekend di rumah bisa menghemat pengeluaran dan juga cukup efektiflah menghilangkan stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, selama kita bisa mengatur waktu dengan baik dan melakukan hal positif tentunya. Asyiknya lagi, ya itu tadi nggak perlu merogoh kocek lebih dalam.

      Hapus
  3. kalau aku juga lebih dirumah di bandingkan dengan keluar. soalnya kalau keluar pasti banyak biaya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Sama dah, saya juga pake mikir dulu kalay mau jalan-jalan.

      Hapus
  4. Yang memasak sama sekali ngga punya gambaran mas timur.

    Palingan hanua bisa masak air aja.

    Engga juga deng. Masak telur juga bisa plus nasi di goreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bisa buat nasi goreng. Kan bisa dikembangkan lagi ke depannya menu apalagi yang bakal di uji coba.

      Hapus
  5. kalo saya emang seringnya di rmh biar irit hehe. biasanya beres dan ajak main anak

    BalasHapus
  6. Yang paling enak ya yang terakhir itu, nonton film, ya gini ini yang sudah ketagihan film tingkat akut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Bahaya tuh kalai tingkat akut hobi nonton filmnya.

      Hapus
  7. ada yang kurang nih mas.. daftar ke-8.. gegoleran.. hehehe.. buat saya yang masi karyawan, weekend paling pas buat gegoleran. okelah sabtu jalan bareng anak istri, nah, ahadnya dipake dah buat plonga plongo sambil ngecas mental hadapi senin.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga sarannya.

      Jujur, kata gegoleran bagi saya merupakan kosakata baru. Tapi menarik juga untuk di coba.

      Hapus
  8. kalo udh weekend dirumah , paling hanya nonton film bersama anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Ini baru ayah yang patut di contoh. Jadi ingat sama film sabtu bersama ayah.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Silahkan kawan, tanpa minta ijin pun boleh di share kalau artikelnya di rasa bermanfaat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...