Kamis, 14 Mei 2015

Tips Bangun Pagi Lebih Awal

Tips Bangun Pagi Lebih Awal
Tips Bangun Pagi Lebih Awal
Bangun pagi, dua kata yang seringkali membuat kita kadang sulit untuk mewujudkannya. Apalagi ditambah empuknya kasur tempat tidur dan cuaca yang mendukung. Tidak peduli bunyi alarm yang teriak-teriak bagaikan situasi darurat atau matahari yang udah naik. Dengan asyiknya kita tetap bergelut dengan selimut, bahkan siap-siap kembali untuk melanjutkan ronde kedua tidur kita.
 
Memang tidak bisa di pungkiri bahwa bangun pagi merupakan salah satu perkara yang susah dilaksanakan. Kebiasaan yang enggan untuk mengumpulkan nyawa seakan sudah mendarah daging. Namun tanpa di sadari waktu terus berjalan meninggalkan kita.

Akankah kita seperti ini terus? Atau relakah kita bila rejeki dipatok ayam? Apakah kita tidak malu bila rejeki selalu dipatok ayam? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus ditanamkan dalam diri kita dan di jadikan motivasi. Dan jawabannya hanyalah kita sendiri yang tahu. Setuju nggak!

Nah… jika selama ini yang terjadi selalu demikian. Kapan donk kita merebut kembali rejeki yang selalu dipatok ayam duluan? Kalau ayam saja bisa matok rejeki kita, kenapa kita tidak? Sekali-sekali gantian donk kita matokin rejekinya ayam, bila perlu selamanya seperti itu terus. Bagaimana, benar gak! 

Daripada ngomongin ayam terus dan gak ada habis-habisnya, mendingan coba cara-cara dibawah ini. Selain bisa buat semangat, rejeki pun akan selalu bersama kita dan tentu saja gak bisa kepatok sama ayam lagi.

Jauhkan Alarm Dari Jangkauan Anda

Mengapa harus dijauhkan? Karena kebanyakan kita seringkali mematikan alarm saat berbunyi sesuai dengan waktu yang sudah kita atur. Jika keadaan yang terjadi selalu demikian, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa bangun pagi tepat waktu.

Untuk itu, cobalah untuk menyimpan alarm jauh dari jangkauan tangan anda. Dengan meletakkan alarm jauh dari jangkuan, maka mau tidak mau anda akan terpaksa bangun dari tempat tidur.

Hindarilah Minum Kopi

Kopi selalu di identikkan dengan orang yang begadang. Namun bagi anda yang tidak suka begadang dan ingin terbiasa bangun hindarilah minum ini, terutama di malam hari.

Mengapa? Karena minuman ini dapat bertahan dan perlu waktu untuk di keluarkan. Selain itu, kopi baru bereaksi 30 menit atau satu jam kemudian setelah di minum. Hal ini sudah terbukti sesuai uji klinis bahwa kopi dapat mengganggu tidur anda lebih dari jenis makanan lain. 

Atur Jam Biologis

Sadar atau tidak, secara alami tubuh kita memiliki jam biologis yang dapat mengatur dirinya sendiri. Salah satunya adalah yang berhubungan dengan waktu tidur.

Jam biologis ini berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh memerlukan makanan atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam. Jadi, jika anda ingin bangun pagi lebih awal dari biasanya, maka cobalah untuk melakukannya dengan cara bertahap. Tidurlah lebih awal dan majukan waktu bangun anda 15 menit lebih. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai anda menemukan waktu yang pas untuk bangun pagi lebih awal seperti yang di inginkan.

Dengan melakukan secara bertahap, maka sistem tubuh anda tidak akan kaget lagi saat anda menginginkan bangun pagi lebih awal.

Hentikan Kebiasaan “Balas Dendam” di Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan salah satu hari yang selalu di nanti-nanti oleh semua orang. Hari di mana bisa digunakan untuk liburan, berkumpul dengan keluarga atau sahabat. Namun akhir pekan juga sering disalah gunakan. Salah satunya adalah untuk balas dendam. Loh… ko bisa?

Balas dendam yang saya maksudkan di sini adalah tidur seharian di akhir pekan. Hal ini biasanya dilakukan dengan alasan karena di hari-hari biasa tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat. Padahal tanpa disadari kebiasaan balas dendam di akhir pekan bisa membuat jam biologis jadi kacau. Dan akibatnya akan terasa saat memasuki hari pertama kerja, yaitu malas.

Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu indikator yang patut diperhatikan. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka apa yang anda inginkan akan bisa dicapai dengan mudah. Mulailah untuk mencermati hal-hal kecil, contohnya : anda mungkin butuh makanan yang lebih sehat lagi, kurang atau justru terlalu banyak istirahat, atau kurang olahraga.

Motivasi Diri Sendiri

Rasa malas dan bisikan setan seringkali mengajak kita untuk kembali menikmati nyamannya tidur di ronde kedua. Untuk itu, cobalah untuk memotivasi diri anda agar terhindar dari rayuan tersebut. Banyak hal yang dapat memotivasi anda untuk selalu bangun pagi. Misalnya : menantang diri anda atau menerima tantangan orang lain untuk selalu on-time. Atau ingin sekali-sekali menghindari kemacetan.

So… masih rela rejeki di patok ayam! Tunggu apalagi tantang dirimu sendiri untuk bangun dari tempat tidur! 

Makassar, 14 Mei 2015
Catatan :
*Tulisan ini di sadur dari akun Kompasiana Saya*

16 komentar:

  1. yes..bener sekali..tips yg ok's banget..aku dulu suka minum kopi..sekarang udah berhenti...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti kalau udah habis minum kopi langsung begadang ampe shubuh.

      Hapus
  2. tipsnya menarik mas, beberapa udah saya ikuti
    kecuali yang minum kopi :(
    jujur, saya susah banget kalo bangun tidur ga nyeruput kopi
    rasanya gimana gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.... coba di kurangin pelan-pelan aja mas, siapa tahu bisa. Tapi jangan di paksain juga kalau gak bisa.

      Hapus
  3. Mantap tipsnya... Kalau aku sering ngumpetin alarm jam di bawah kolong tempat tidur atau di kolong lemari... Tujuannya adalah bila alarm berbunyi aku gak bisa matikan alarmnya dan alarm tsb akan bunyi terus...sampai kita ketemu di mana asal suaranya... Kalo sdh demikian kan otomatis kita hrs bangun dari tempat tidur.. Nah kalo sdh bangun dari tempat tidur biasanya rasa ngantuk akan terkalahkan... Aku setuju banget pendapatnya kalau bangun siang ntar rejekinya dipatok ayam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih untuk apresiasinya bu rita.
      Caranya ngumpetin jam di kolom tempat tidur boleh juga tuh di tiru.

      Hapus
  4. terimakasih tips nya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Ipah, semoga bisa memberikan manfaat.

      Hapus
  5. hahaha iya nggak rela ah rejeki dipatok ayam terus plus nggak rela juga kalo kita ngomongin si ayam terus :))

    tentang alarm yang dijauhkan, aku pernah coba mas.. eh dilalah saking jauhnya didiemin aja tuh sampe dia berhenti sendiri. ckckckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... jadinya yang bangun malah seisi rumah donk plus alarmya aja.

      Hapus
  6. nomor tiga dan nomor empat, penting sekali. Kalau yang nomor empat ini, sepertinya sudah mendarah daging, istilah "balas dendam" diakhir pekan, karena terbiasa tidur pada jadwal yang ditentukan, membuat orang ingin keluar dari kejenuhan, kalau menurut saya, sekali-kali tidak apa-apa, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... udah jadi kebiasaan ya mas nomor empatnya.

      Hapus
  7. hehehehe aku termasuk yang sering matiin alarm terus tidur lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... masih terbiasa seperti waktu masa remaja ya Mba Gusti Indah Primadona.

      Hapus
  8. Boleh juga tuh alarm jauh dari tempat tidur. Termasuk hp jika alarmnya menggunakan hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, handphone juga perlu di letakkan agak jauh dikit ketika sebelum tidur masang alarm.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...