Sabtu, 14 Februari 2015

Jangan Takut Untuk Menulis

Jangan Takut Untuk Menulis
Sadar atau tidak, kita selalu menulis hampir tiap hari. Entah itu menulis status di media sosial, menulis pesan melalui SMS atau email, mencatat saat belajar, maupun mencatat kebutuhan rumah tangga sebelum pergi belanja. Akan tetapi kebiasaan tersebut masih banyak yang belum bisa mengembangkannya hingga tulisan itu menjadi sebuah artikel.

Berbagai alasan pun di ungkapkan. Ada yang mengatakan bahwa susah sekali menemukan inspirasi untuk menulis seperti di blog. Kadangkala sudah menemukan ide untuk menulis, namun tiba-tiba ide itu menghilang begitu saja bahkan terasa sulit untuk dituangkan. Terkadang juga masih harus berperang melawan mood yang seringkali datang menghadang, padahal ide-ide yang di dalam kepala sudah memberontak untuk keluar. 

Bahkan tak  jarang merasa malu dengan tulisan sendiri setelah dibaca kembali sebelum di posting. Alhasil pikiran-pikiran negatif pun ikut keluar, takut gak ada orang baca, bahkan takut salah dan disalahkan oleh mereka yang sudah membacanya. Pikiran-pikiran negatif demikian selalu datang menghantui, apalagi masih pemula dalam dunia tulis menulis. 

Namun gak perlu takut kok! Pengalaman demikian merupakan hal yang wajar untuk penulis pemula. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah latihan, latihan, dan latihan, tidak takut untuk salah, tulislah apa yang ada dalam pikiranmu dan menurutmu itu yang di mampui, gunakanlah bahasa yang kamu sukai dan gak harus terpaku akan ejaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), serta dibutuhkan konsistensi dalam menulis. 

Gampangkan! Gak pake ribet lagi. Oh... iya! Perlu di ingat juga. Saat kamu menulis dengan gaya bahasamu sendiri dalam mengekspresikan imajinasi dan khayalanmu, tulislah dengan bahasa yang baik, tidak mengandung unsur SARA (Suku Ras Agama), dan tentu saja tidak mengejek dan menjelek-jelekkan orang lain. 

Selain itu, jangan lupa untuk membiasakan membaca. Mengapa? Karena dengan membaca kosakata yang kita miliki akan semakin banyak. Dengan membaca pula kita bisa menemukan inspirasi untuk menulis sebuah artikel baru. Banyak hal yang tak disangka bisa kita temukan saat membaca. Menulis dan membaca itu di umpamakan seperti Romeo dan Juliet yang tidak bisa di pisahkan. 

So... mau menulis, siapa takut? 

Makassar, 14 Februari 2015 

6 komentar:

  1. BERNAS SKALI...
    NITIP http://gurila405.blogspot.com/2015/02/saya-orgasme-menulis.html

    BalasHapus
  2. Saya banget ini. Yg penting nulis aja dlu, nanti suatu saat pasti ada manfaatnya. :)
    Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama donk, yang penting menulis saja dulu.
      Salam dari Makassar

      Hapus
  3. aku dlu jg gt waktu awal2 nulis di blog, takut en malu gt mau ngeshare tulisan...
    tapi alhamdulillah skrg...
    emmm..masih bgitu sih *glodak,
    cm kadarnya sdh berkurang
    yoyoyow..semangat nulis yow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain cuma saya saja yang merasakan hal seperti ini, gak taunya banyak juga yang pernah melaluinya.

      Insya Allah akan selalu semangat menulis Mbak Inda Chakim.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...