Sabtu, 16 Juli 2016

10 Penyebab Orang Yang Masih Muda Jadi Pelupa

10 Penyebab Orang Yang Masih Muda Jadi Pelupa
Dikutip dari Facebook Orang-Orang Sukses
Menjadi seorang pelupa tidak hanya menyerang usia senja, tetapi juga dapat menyerang kamu yang masih berusia 30 tahun. Contohnya, seperti yang ini di alami oleh seorang anak perempuan yang bernama Desi. Dia menyadari kondisinya seperti itu, maka ia pun membiasakan diri untuk menulis segala sesuatu yang dikerjakanya pada sebuah note.

Desi sering melupakan hal-hal kecil, misalnya lupa mengunci pintu, lupa meletakkan sesuatu benda ditempat lain, dan masih banyak lagi hal lainnya yang membuat orang disekitarnya menjadi kurang nyaman. Jika disekitaran kamu terdapat orang yang seperti itu, maka perlu diwaspadai dan segera di obati.

Menurut penelitian, kehilangan memori kecil ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja penyebab yang dimaksud? Mau tahu nggak. Kalau iya, mendingan kamu simak saja selengkapnya dibawah ini.

Depresi

Orang yang mengalami Depresi sering berada pada dunia dan pikiranya sendiri.Mereka juga kerap memikirkan kenangan masa lalu dan terlalu khawatir dengan masa depannya.

Stress

Hal yang menandakan stress ketika otak bekerja terlalu keras sehingga dapat memperlambat proses encoding, menyimpan dan mengingat informasi dalam otak. Jika masalahnya dikarenakan ini, hal terbaik yang anda dapat lakukan untuk menghilangkan kebiasaan lupa itu adalah dengan menghilangkan stress terlebih dahulu, caranya: sebisa mungkin selesaikan masalah Anda, tidur cukup, dan pergilah reflesing dengan berjalan-jalan atau olahraga.

Overload

Klinik di Glasgow melakukan sebuah penelitian yang menyatakan orang yang menjadi sering pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi. Dalam dunia kedokteran kondisi ini diidentifikasi sebagai kerusakan kognitif subyektif.

Tiroid

Gangguan tiroid telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu lama, solusinya lakukan pengobatan untuk mengobati masalah tiroid Anda.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa, namun biasanya yang dapat memicu kurang tidur ini adalah stress. jika memang anda kurang tidur dimalam hari, usahakanlah membalasnya dengan tidur siang. karena tidur siang juga baik untuk menyegarkan pikiran Anda.

Diet

Salah satu yang menyebabkan anda kehilangan memori bisa jadi karena diet yang buruk. Diet yang tidak tepat dapat tubuh kekurangan vitamin esensial dan gizi.

Alkohol dan Narkoba

Nah... kalau yang ini cocok buat kamu yang suka minum-minuman beralkohol dan pakai narkoba. Ternyata, kedua zat ini bisa juga menyebabkan kelupaan pada penggunanya. Ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang dia ceritakan atau dijelaskanya, serupa dengan itu kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika merika mengkonsumsi Alkohol yang berlebihan

Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa, dan kemampuan kognitif kamu, juga mempengaruhi kesehatan mental yang bisa mengarah pada masalah demensia dan akhirnya meninggal.

Penyakit yang satu ini biasanya di derita oleh orang-orang yang memasuki usia tua. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang mereka yang masih muda. So... siapa pun kamu mesti harus punya kewaspadaan juga. Nggak mau kan kalau di usia masih muda sudah kena penyakit yang satu ini.

Penyebab Atau Faktor Lain

Mudah lupa juga bisa disebabkan oleh gangguan suplai oksigen ke otak, tumor otak yang mungkin telah berkembang di daerah bawah memori kontrol, peradangan otak, epilepsi, multiple sclerosis, penyakit parkinson, dan miningitis.

Jadi, tetaplah untuk meningkatkan kewaspadaan dan jangan lupa untuk meminimalisir hal seperti ini jika kamu sudah mengetahui ciri-cirinya secara mandiri. Tidak ada salahnya kan memulainya dari diri sendiri dulu. Ya, nggak.

Makassar, 16 Juli 2016

12 komentar:

  1. Saya termasuk yang pelupa, tapi tidak tahu kenapa, stress nggak.. depresi juga nggak.. overload kali yah? LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Kudu di periksakan ke dokter tuh biar di tahu apa penyebabnya.

      Hapus
  2. saya juga termasuk pelupa tingkat akut. kadang saya lupa sendiri kalau naruh benda dimana. jangankan benda, nama orang kadang lupa sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga paling sering lupa nama orang.

      Hapus
  3. Kurang tidur, diet dan sulit memilah (kebanyakan?) informasi, itu masalah utamaku. huhuhu... palupi eh pelupa deh aku...

    BalasHapus
  4. Ngaku... saya termasuk pelupa padahal usia masih termasuk muda, dan ternyata penyebabnya sering saya langgar. haduh... TFS ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tuh yang jadi penyebabnya. Ayo diperbaiki lagi gaya hidupnya biar penyakit pelupa di usia muda jadi berkurang.

      Hapus
  5. Dietpun ternyata bikin orang jadi loading ya mas arif
    Apa karena pas diet kurang asupan nutrisi xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena dietnya tidak sesuai dengan anjuran, atau dengan kata lain asupan nutrisi yang masuk berkurang.

      Hapus
  6. saya ga diet, ga depresi, ga stress, ga kurang tidur, ga overload, ga komsumsi alkohol jg tapi pelupa haduhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... harus diperiksain ke dokter tuh biar di tahu penyebabnya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...