Jumat, 07 Agustus 2015

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Merawat Baterai Smartphone
Smartphone
Tak bisa dipungkiri, kehadiran teknologi memudahkan kita untuk melakukan berbagai yang di inginkan dalam sekejap. Salah satunya yakni hadirnya gadget atau smartphone dari berbagai produsen. Selain itu, harga yang ditawarkan pun masih bisa dijangkau oleh orang-orang berkantong sedang. Namun demikian, kualitas dan kuantitas yang ditawarkan tidak kalah dengan smartphone yang dibanderol dengan harga mahal. Hal ini sudah terbukti dan tidak diragukan lagi kebenarannya, karena fakta dilapangan menunjukkan demikian.

Biasanya, ada beberapa kriteria yang diprioritaskan calon konsumen sebelum memutuskan akan membeli gadget atau smartphone yang di idamkan. Misalnya, berapa kapasitas daya baterai yang dimikili smartphone idaman. Terlebih lagi bagi mereka yang hobi main game dan berselancar di dunia maya, termasuk penggila media sosial.
 
Namun, ketika smartphone idaman sudah ada ditangan, tak jarang yang mengeluh karena daya baterai yang sudah lumayan besar cepat terkuras. Bahkan juga sering sekali kita temukan yang mengeluh karena baterai smartphone yang dimiliki cepat rusak alias tidak awet. Al hasil, perasaan kesal bercampur emosi pun ikutan meledak mengikuti baterai smartphone yang cepat bocor.

Bagi mereka yang memiliki dana lebih, hal demikian tidak menjadi masalah karena masih bisa membeli baterai baru atau gak memanfaatkan power bank. Sebaliknya akan menjadi masalah besar jika hal tersebut menimpa mereka yang ekonominya pas-pasan. Apalagi kita semua tahu harga baterai smartphone (asli) lumayan mahal dan untuk membelinya saja harus berpikir dua sampai tiga kali dahulu, atau juga karena dalam kondisi yang sudah terpaksa.

Untuk itu, kali ini aku akan berbagi tips agar baterai smartphone anda bisa awet. Jadi, jangan kemana-mana ya, tetap duduk manis di depan layar smartphone atau laptop/pc anda dulu. Cukup luangkan waktu anda 5 menit aja untuk membaca ulasan yang akan saya berikan. Di jamin rasa penasaran dan ilmu yang akan anda dapatkan bisa berguna nantinya, bahkan bisa lebih dari waktu anda duduk membaca ulasan ini.

Udah pada siap kan… menerima secuil ilmu yang In Shaa Allah bermanfaat buat teman-teman. Yuk, di simak baik-baik ulasan singkat dibawah ini!

 Matikan Smartphone Anda

Eits… jangan kaget ya. Maksudnya adalah ketika teman-teman tidak menggunakan smartphone dalam waktu yang lama sat berada dirumah. Contohnya, saat teman-teman sedang istirahat (tidur), berniat tidak menggunakan smartphone dalam sehari, atau ketika sedang mengikuti rapat.

Jangan Biarkan Smartphone Mati Karena Kehabisan Daya

Ada baiknya untuk mengisi baterai smartphone sebelum benar-benar mati totalnya. Semakin bagus lagi jika smartphone anda di chase dalam keadaan baterai masih memiliki daya 25% - 40%. Tapi jika tidak bisa menjaga dalam keadaan tersebut, usahakan agar baterai smartphone anda tidak kurang dari 10% saat akan mengisinya kembali.

Jangan Lupa Menutup Aplikasi Berjalan

Terkadang pengguna smartphone melupakan hal yang satu ini dan seringkali merasa yakin sudah menutup aplikasi berjalan pada smartphone miliknya. Padahal untuk memastikan benar-benar sudah tertutup adalah harus memeriksa beranda pada smartphone yang dimiliki, tepatnya dilatar belakang smartphone. Ingat di latar belakang smartphone buka di belakang smartphone.

Sadar atau tidak, aplikasi berjalan yang berada di latar belakang smartphone ternyata masih bisa menguras daya baterai. Lalu bagaimana cara untuk menutupnya? Gampang kok! Anda hanya perlu untuk menekan (tahan) tombol yang memunculkan di daftar aplikasi, tentunya yang masih berjalan di latar belakang.

Matikan Fitur Penunjang Jika Sedang Tidak Digunakan

Yang namanya smartphone, biasanya selalu dibekali beberapa fitur penunjang yang siap untuk memanjakan penggunanya. Beberapa di antaranya fitur yang disematkan pada smartphone, seperti WiFi, Bluetooth dan GPS. Ada baiknya jika sedang tidak digunakan, kedua fitur tersebut dimatikan saja karena bisa menguras daya baterai.

Bagi anda yang sering menggunakan fitur GPS, ada baiknya fitur tersebut dimatikan juga jika sedang tidak digunakan. Karena fitur GPS juga memakan daya baterai yang lumayan besar bahkan bersaing dengan WiFi dalam menyedot daya baterai saat sedang digunakan.

Hindarkan Smartphone dari Tempat Panas

Mungkin bagi teman-teman, hal ini terdengar aneh atau sedikit ngawur. Tapi jangan salah, karena memang faktanya bisa berpengaruh pada daya baterai smartphone anda dan saya pun sering mengamatinya.

Saya sarankan untuk berhati-hati dalam meletakkan smartphone dibawah sinar matahari secara langsung. Bahkan jika sedang disimpan dalam saku celana maupun jaket pun masih bisa berpengaruh.

Sinyak Buruk, Gunakan Mode Pesawat Atau Matikan

Untuk yang satu ini saya seringkali mengalaminya ketika pulang kampung, dimana harus mendaki gunung terlebih dahulu jika ingin mendapatkan sinyal yang lebih baik. Bahkan mungkin saja teman-teman juga pernah mengalami hal demikian ketika sedang berada didaerah yang jangkau signalnya kebanyakan PHP alias signal buruk.

Oleh karena itu, lebih baik smartphone anda dimatikan saja atau menggunakan mode pesawat jika tidak ada rencana lain untuk menggunakannya. Dari pengalaman saya selama dikampung, ketika signal buruk atau tidak ada, daya baterai smartphone malah cepat terkuras. Setelah mencari tahu dan banyak bertanya-tanya kepada mereka yang mengerti dunia elektronik, ternyata hal demikian bukan hanya menguras baterai smartphone, tapi juga membuat baterai smartphone cepat rusak atau kerennya keawetannya malah berkurang.

Selain seperti yang saya jelaskan di atas, ada juga alasan lain yang dapat mendukung apa yang sudah saya jelaskan. Katanya, saat berada ditempat yang signalnya buruk atau tidak ada sama sekali, ponsel yang kita miliki masih berusaha untuk selalu mencari signal agar bisa terkoneksi dengan baik. Hal inilah yang membuat baterai smartphone cepat terkuras dan lebih cepat dari biasanya.

Dengan menggunakan mode pesawat atau mematikan ponsel, maka fungsi gelombang radio pada smartphone akan ikut mati juga. Sehingga aktivitas ponsel yang senantiasa berusaha mencari signal kuat agar memiliki koneksi yang lebih baik akan berhenti. Dampaknya pada ponsel adalah akan membuat baterai lebih awet.

Makassar, 7 Agustus 2015

19 komentar:

  1. aku ni contohnya, karena sembrono ngecaz lama, sekarang jd gampang lowbath

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satunya yang membuat baterai smartphone cepat rusak.

      Hapus
  2. Baru tau kalo gag ada sinyal bisa bikin batre boros,, tambah ilmu, tengs bray,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya amati seperti itu setiap kali pulang kampung.

      Hapus
    2. Tapi bener kok saya juga kl ga ada sinyal bikin batrei boros...

      Hapus
    3. Ternyata ada juga yang melakukan pengamatan seperti yang saya lakukan.

      Hapus
  3. kalau saya baterai tinggal 1 masih saja di pake ternyata gak boleh ya mas ...
    tau deh sekarang hehehe terimakasih tips nya mas sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gak boleh, tapi lebih tepatnya untuk menghindari kerusakan baterai. Biasanya tuh cepat melendung baterainya kalau dalam keadaan demikian masih aja dipakai.

      Hapus
  4. kadang kita melakukan hal di atas tanpa kita sadari

    BalasHapus
  5. cara paling sederhana adalah
    Matikan Smartphone, letakkan di meja lalu keluarlah bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kalau itu mah saya juga bisa mas, malah bisa setahun lo kalau gak dinyalakan hp nya, wakakakaka

      Hapus
    2. Hahaha... cara paling ampuh tuh.

      Hapus
  6. kapan ya saya bisa beli smartphone ini mas, jadi bisa menerapkan tips merawat baterai smartphone biar awet, doakan saja ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga bakalan ke beli kok, selama niat itu ada dan berusaha untuk mewujudkannya.

      Hapus
  7. Biasanya aplikasi social media gue log out semuanya, jadi ngga terlalu banyak notifknya, kalau misalnya pengen liat baru log in, dan awet ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga salah satu cara yang bisa digunakan, lumayan kan dampak yang dihasilkan.

      Hapus
  8. omaygad.. ternyata selama ini sy pake hape rada ga bener ya.. pantesan cpt bgt rusak baterenya.. tfs ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak, semoga bisa memberikan manfaat sedikit tips yang saya ulas.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...