Selasa, 11 Agustus 2015

Tips Meraih Kesuksesan

Tips Meraih Kesuksesan
Sukses Milik Semua
Kita semua tahu bahwa setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini dalam kondisi yang sama, yakni tidak tahu apa-apa dan tanpa busana bahkan dengan ukuran yang hampir sama pula. Tapi ketika ajal menjemput, masing-masing meninggalkan dunia ini dalam kondisi yang berbeda-beda. Contohnya, ada yang dilahirkan dari keluarga yang pas-pasan atau serba kekurangan, tapi meninggal dalam keadaan sukses bahkan kaya. Sebaliknya, ada juga yang dilahirkan dari keluarga kaya, tapi ketika meninggal dunia bukan dalam keadaan kaya seperti ketika lahir.
 
Hal ini semakin menegaskan kepada kita semua bahwa tidak selamanya apa yang kita lakukan atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa, karena sudah ditegaskan bahwa Ia tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum tersebut berusaha mengubah nasibnya sendiri. Betul gak?

Berawal dari pemikiran tersebut, berbagai upaya dan usaha untuk mengubah nasib pun akhirnya ditempuh setiap orang. Tentu upaya dan usaha yang dilakukan berbeda satu sama lain atau dengan kata lain dengan cara masing-masing. Bahkan nasehat dari orang tua jaman dahulu masih dipegang sampai sekarang, yang tidak lain adalah mengajarkan untuk selalu bekerja keras. Seakan-akan bekerja keras adalah satu-satunya usaha untuk mencapai kesuksesan hidup. Namun sekarang berkat kemajuan teknologi dan penelitian yang dilakukan terus menerus, lahirlah kesimpulan bahwa masih ada hal lain yang lebih penting dari kerja keras untuk mencapai kesuksesan hidup, salah satunya adalah dengan bekerja cerdas. 

Ngomongin soal kerja cerdas, berikut ini terdapat beberapa tips untuk kesuksesan yang ingin dicapai. Siapa tahu saja dengan beberapa tips kecil ini bisa memberikan motivasi bahkan solusi bagi siapa pun, termasuk saya sendiri dalam menghadapi setiap tantangan yang menerpa di dunia yang kejam ini.

Tujuan Yang Jelas

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita temui orang-orang yang terlena akan kebiasaannya yang terus bekerja keras tanpa berhenti, bahkan sampai mengorbankan waktu yang seharusnya bersama keluarga. Alasannya pun simpel dan masuk akal, yakni demi mendapatkan rejeki tambahan. Namun demikian, banyak yang tidak menyadari bahwa apa yang dilakukan itu terbilang keliru dan penyesalan baru terjadi ketika memasuki waktu pensiun atau sudah beranjak tua.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal demikian agar tidak terjadi lagi secara turun temurun, maka perlu solusi untuk mengakhirinya. Salah satu yang patut untuk dicoba adalah dengan membuat rencana jangka panjang, yakni menjadikan tujuan hidup menjadi lebih jelas dan terencana dengan detail. 

Gak ada salahnya ketika bangun tidur masing-masing pribadi bercermin kemudian menanyakan pada diri sendiri, apa sebenarnya yang ingin dicapai ketika hidup. Maksudnya tujuan hidup mau dibawa ke arah mana, tetap tanpa perubahan atau ingin berubah dan mencapai apa yang sedang di impikan. Namun jangan lupa juga untuk melakukan hal yang sama ketika menjelang tidur. Kembalilah bercermin dan evaluasi sejauh mana pencapaian yang telah dicapai, setidaknya untuk hari ini.

Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Baik

Bekerja untuk mencapai visi misi pribadi dibandingkan dengan bekerja untuk mencapai visi misi perusahaan tentu berbeda. Jika kita menempatkan visi misi pribadi lebih utama, kita akan merasa lebih bersemangat, bertenaga, memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari kita saat ini.

Untuk itu, mulai sekarang mari kita ubah orientasi tujuan kita dengan mengutamakan visi misi. Ubahlah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik yang sesuai dengan visi misi tujuan hidup kita. Dengan mempraktekkan kebiasaan baik secara rutin serta sesuai dengan tujuan hidup, maka akan mempercepat tercapainya tujuan hidup yang akan dicapai.

Sebagai contoh, Bruce Lee yang terkenal sebagai ahli kungfu dunia. Ia menjadi ahli dibidang kungfu karena mempunyai visi misi yang jelas dan selalu melakukan kebiasaan yang baik, yaitu latihan kungfu untuk mencapai tujuan hidupnya setiap hari, bahkan dilakukan lebih dari latihan orang biasa. Akhirnya diapun sampai sekarang dikenal sebagai atlet kungfu dunia dan aktor terkenal.

Yakin dan Percaya

Hal ini yang paling penting, karena setelah kedua hal di atas, keyakinan inilah yang mampu menghilangkan semua hambatan dan rintangan dalam pikiran kita, atau yang biasa disebut sebagai mental block. Adanya jarak atau keraguan mencapai tujuan hidup itu hanya dalam pikiran kita. Jika kita yakin bisa mencapainya, maka penghalang itu akan hilang dan semua yang dilakukan akan terasa mudah, sehingga tujuan hidup yang ingin dicapai akan semakin dekat.

Oleh sebab itu, tidak salah jika orang yang yakin mampu mencapai tujuan hidupnya. Hal ini bisa kita lihat dari sikapnya yang selalu optimis, selalu merasa yakin, dan dapat meyakinkan orang lain.

Terakhir...

Hidup ini hanya sekali, maka harus digunakan dengan sebaik mungkin. Sayang bila selama hidup selalu melakukan hal negatif, apalagi sampai menjadikan hal negatif sebagai kebiasaan. Tujuan hidup yang positif hanya bisa dicapai dengan melakukan kebiasaan positif pula. Pikiran positif dan kebiasaan positif hanya dapat terbentuk jika kita bergabung dengan orang-orang atau komunitas yang berpikiran dan melakukan aktivitas positif.

Makassar, 11 Agustus 2015

Referensi Tambahan :
Facebook Orang-Orang Sukses
  

22 komentar:

  1. Diawalin dg visi misi yg jelas ya supaya terarah n punya prinsip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, dengan visi misi serta prinsip yang jelas, maka apa yang di impikan pasti bisa tercapai.

      Hapus
  2. yakin dan percaya pasti bisa meraih kesuksesan ya

    BalasHapus
  3. tujuan yg jelas emang penting banget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting bangad, karena dengan memiliki tujuan bisa membuat pencapaian semakin terarah.

      Hapus
  4. Yg penting jngan cuma talking only no action. Hhe dan juga kyak diatas harus ada tujuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, harus ada aksi juga biar gak di bilang "tong kosong nyaring bunyinya".

      Hapus
  5. Betul mas, berkumpul dg orang2 yg positif juga mempengaruhi kita menuju kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Ternyata ada benarnya juga apa yang aku ulas. Semuanya berasal dari pengalaman dan hasil pengamatan saja yang aku tuangkan ke dalam tulisan.

      Hapus
    2. Iya, betul sekali. Semuanya dimulai dari visi dan misi hidup yang jelas. Artinya target dan cita-cita yang jelas. Terima kasih sudah berbagi semangat ya.

      Hapus
    3. Sama-sama Mbak Akarui Cha, terima kasih juga sudah memperjelas apa yang saya ulas.

      Hapus
  6. visi misi adalah haluan biar melangkah terarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad tuh Mbak Ani, dengan visi misi langkah untuk mencapai tujuan hidup yang di inginkan akan semakin jelas.

      Hapus
  7. Bagaimana pun dalam hidup kita memang harus punya tujuan yang jelas :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, hidup tanpa tujuan yang jelas akan membuat kita jadi tidak jelas juga.

      Hapus
  8. misi yang jelas,menjadikan hal yang baik menjadi kebiasaan serta menanamkan keyakinan akan kuasa ilahi,hmmmm sangat menggugah hati ini kawan..thanks atas motivasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas kalau bisa menjadi motivasi dan menggugah hati juga setelah membaca uraian di atas.

      Hapus
  9. Penting untuk bisa mengubah kebiasaan buruk jadi baik.. Dan planning serta tujuan yang jelas akan sangat membantu pastinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak, dengan memadukan semuanya pasti akan memberikan hasil yang luar biasa.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...