Senin, 24 Agustus 2015

Sehari Bersama Christian Sugiono


Sumber Gambar : Facebook IDByte

Akhirnya... aku bisa buka blog lagi setelah menghilang berapa hari. Apa kabar teman-teman blogger dan pengunjung blogku? Semuanya dalam keadaan sehat-sehat aja kan. Bagaimana kabarnya semuanya, masih aman terkendali dan sehat-sehat aja plus tetap dalam keadaan bahagia kan!

Kali ini aku punya sedikit cerita nih buat teman-teman semuanya. Cerita ini merupakan pengalaman yang aku alami seminggu yang lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 15 Agustus. Mumpung pengalaman yang aku alami masih membekas dalam kepala, maka kali ini aku akan mengabadikannya ke dalam tulisan dengan harapan bisa menjadi hiburan, memberikan manfaat, motivasi dan juga penyemangat untuk teman-teman yang sedang berjuang menjalani profesi yang dipilih.
 
Baiklah, untuk menghilangkan rasa penasaran dan mungkin juga rasa bosan mulai yang tumbuh dalam benak teman-teman, maka aku akan segera membagikan pengalaman yang aku alami seminggu yang lalu. Tapi ada syarat loh teman-teman, ceritanya di baca sampai tuntas ya. Bagi yang ingin memberikan komentar, kritik dan saran, dengan senang hati aku akan menerimanya. Yuk, disimak ceritanya di bawah ini!

*  *  *

Seminggu yang lalu atau Sabtu 15 Agustus 2015, langit di tempat aku tinggal (Makassar) begitu cerah ceria. Bahkan saking cerahnya, hampir tidak ada awan yang menghalangi sepanjang hari dan hal itu menjadikan cuaca sedikit lebih panas bila dibandingkan dengan dari hari-hari sebelumnya. Semakin lengkap lagi karena bertepatan dengan masuknya musim kemarau, sehingga tak heran jika mendekati siang dan menjelang sore hari cuaca semakin panas.

Di hari itu, aku gak seperti biasanya bahkan sedikit ogah-ogahan untuk keluar rumah dan malas untuk melakukan apa-apa. Entah karena pengaruh akhir pekan dan ingin balas dendam atau memang kelelahan, aku juga bingung. Namun satu hal yang pasti, setiap pagi aku selalu menyempatkan untuk mengecek email, facebook, dan tak lupa juga mengecek blog. Usai melakukan semua aktivitas tersebut, hari itu aku malah kembali melanjutkan tidur. Padahal niat untuk balas dendam di akhir pekan sebenarnya tidak ada, sayangnya godaan kasur yang empuk dan cuaca yang lumayan dingin berhasil membuatku untuk tidur kembali.

Singkat cerita, sekitar jam 10 lewat aku terbangun dari ronde kedua masa tidur. Masih sama seperti aktivitasku sebelum tidur, kembali aku menghidupkan laptop kemudian mulai memainkan jari jemari ini di keyboard laptop dan berseluncur di dunia maya. Saat sedang asyik terbawa arus dunia maya, tiba-tiba speaker disamping laptop bunyi karena ada pemberitahuan yang masuk ke akun FB.

Aku pun segera mengecek pemberitahuan yang masuk, dimana isinya ternyata mengenai sebuah acara yang akan berlangsung hari itu. Sontak aku sedikit kaget sekaligus teringat kembali akan sebuah acara yang berhubungan dengan dunia digital, dimana aku juga telah mendaftarkan diri sebagai salah satu pesertanya. Usai membaca pemberitahuan tersebut, segera aku mengambil handuk dan menuju kamar mandi agar nanti tidak telat mengikuti acara pada hari itu walaupun masih ada waktu kurang lebih 2 jam lagi.


Pemateri Workshop Digital IDByte 2015
Waktu yang di tunggu pun tiba, sehabis shalat zuhur aku berangkat menuju lokasi acara yang bertempat di Ruang Pola Lt. 10 Gedung Balaikota Makassar dan sampai di lokasi tepat pukul 13.00 WITA. Acara ini di selenggarakan oleh IDByte yang bekerjasama dengan Pemkot Makassar, pajak dan beberapa sponsor lainnya. Selain Makassar, acara ini juga diselenggarakan di beberapa kota besar, yakni Jogja, Bali, Bandung, dan Jakarta.

Sebagai salah satu event digital tersebar di Indonesia, IDByte dengan bangga hadir di Makassar walaupun hanya sebatas pre-event roadshow sebelum menuju acara roadshow sesungguhnya di empat kota terpilih. Namun demikian, IDByte tidak melupakan tugasnya untuk berbagi pengetahuan dan menyebarkan semangat entrepeneurship, terutama di bidang digital dan teknologi kepada seluruh peserta yang hadir (Digital Enthusiasts).
 
Meskipun hanya pre-event, IDByte tetap menghadirkan pembicara handal yang sudah lama bergelut di dunia digital bahkan sebelum menjadi tren seperti sekarang ini dan berperan besar pada kemajuan dunia, termasuk Indonesia dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini. Adapun pembicara yang di undang, seperti :
  1. Shinta Dhanuwardoyo (Arsitek, Pendiri IDByte dan juga CEO/Founder Bubu.com)
  2. Donald Wihardja (Convergence Ventures)
  3. Christian Sugiono (CEO/Founder MBDC Media - Malesbanget.com)
Dari informasi yang aku dengar, ketiga pemateri di atas juga memang spesialis di bidang dunia IT. Contohnya Mbak Shinta, setelah lulus kuliah di Jurusan Arsitektur tahun 90-an, ia meminta restu kepada orangtuanya untuk melanjutkan kuliah S2 di bidang IT yang juga merupakan hobi keduanya selain dunia Arsitektur. Bahkan hobinya ini sudah ada sejak kecil sebelum masuk kuliah di Jurusan Arsitektur di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Shinta Dhanuwardoyo, Dok. Pribadi
Setelah mendapat restu, ia pun melanjutkan kuliah dengan membambil jurusan IT di Amerika. Sambil kuliah, ia mencoba menambah ilmu dengan bekerja di perusahaan IT di tempat kuliahnya. Dua tahun kemudian studinya selesai, ia pun kembali ke Indonesia dan tetap bekerja di perusahaan IT yang kebetulan saat itu perusahaan tempat ia bekerja di Amerika baru membuka cabang di Indonesia. Namun ia tak lama bekerja di perusahaan IT tersebut, karena memutuskan untuk resign.

Tak lama setelah resign, tahun 1996 ia mencoba peruntukkan dengan membuka perusahaan di bidang jasa design digital sekaligus membangun startup secara otodidak. Berbekal pengalaman dari tempat bekerja sebelumnya, ia pun mulai membangun kerajaan bisnisnya dengan perlahan-lahan sampai sekarang, seperti Bubu.com (usianya 8 tahun), IDByte dan masih banyak lagi yang lainnya yang konon kebanyakan paling lama bertahan 2 tahun. Bahkan katanya waktu membuka perusahaan tersebut, ia pernah di tertawakan oleh banyak orang karena saat itu dunia digital masih asing di Indonesia.

*  *  *

Usai Mbak Shinta memaparkan profilnya, awal mula masuk ke dunia digital, belajar startup secara otodidak, mendirikan jasa design digital, sampai IDByte, materi kedua pun dilanjutkan oleh Pak Donald yang kebanyakan membahas cara memanage perusahaan, termasuk dunia digital sendiri. Apa yang dijelaskan oleh Pak Donald hampir mirip dengan yang dijelaskan oleh Mbak Shinta, dimana sempat juga membahas masalah manajemen di dunia digital walaupun gak sedetail pak Donald.


Christian Sugiono, Dok. Pribadi
Terakhir sekaligus mengundang kehebohan peserta workshop yang hadir, khususnya para fans sosok yang satu ini. Ya, siapa lagi kalau bukan Christian Sugiono yang lebih banyak kita kenal sebagai seorang artis, dimana kali ini ia di undang sebagai pemateri workshop yang di adakan IDByte. Siapa sangka dibalik ketenarannya sebagai seorang artis, ia juga menggeluti dunia startup sejak tahun 2002. Saat itu ia sendiri masih kuliah di Jerman dan mengambil jurusan IT serta di sanalah awal mula ia mengenal yang namanya dunia maya. Bahkan ia sendiri merasa takjub dan sempat kaget dengan kecanggihan teknologi diluar negeri, khususnya Jerman saat itu.

Dari penjelasannya, Malesbanget.com lahir karena saat itu ia jarang ke kampus dan hanya mengumpulkan tugas lewat internet. Tak hanya itu, Malesbanget.com juga lahir karena keseringan berdiskusi lewat dunia maya dengan mahasiswa dari negara lain, dimana dalam dunia nyata mereka tidak saling mengenal satu sama lain. Namun saat itu Malesbanget.com hanya digunakan untuk tempat curhat dan tempat menghilang penat serta rasa bosan.

Seiring berjalannya waktu, setelah bertemu di dunia nyata dengan teman-teman diskusinya di dunia maya di sebuah event digital, tercetuslah ide mereka untuk menjadikan malesbanget.com sebagai sebuah portal media. Sekitar tahun 2011 barulah mereka mulai membangun secara perlahan-lahan apa yang mereka sepekati beberapa tahun sebelumnya dan mereka menjadi klien Mba Shinta sampai sekarang. Mas Christian juga tak lupa membahas masalah konten blog maupun website, perlunya komitmen, networking atau jaringan, manajemen dan banyak lagi.

Setelah materi terakhir usai, selanjutnya masuk ke sesi tanya jawab. Bagi peserta yang ingin bertanya dipersilahkan untuk menuju tempat yang telah disediakan oleh panitia. Sesi tanya jawab sendiri lumayan seru karena yang bertanya adalah mereka yang bergelut di dunia startup (pemain lokal).

Sebelum acara benar-benar berakhir, selanjutnya masuk ke sesi foto bersama.

Pemateri dan Peserta IDByte, Sumber : Facebook IDByte

Bersama Mbak Shinta, Dok. Pribadi

Bersama Christian Sugiono, Dok. Pribadi


Makassar, 24 Agustus 2015

12 komentar:

  1. wah asik donk bisa foto bareng ama abang sugiono :) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Iya seru Mbak, banyak yang berlomba-lomba untuk foto bareng Christian Sugiono.

      Hapus
  2. weheiiii seru banget nih, kumpul juga sama temen2 anging mamiri dong ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya lumayan seru Mbak, cuma beberapa orang teman-teman dari angingmammiri. Peserta yang hadir di dominasi pembuat aplikasi lokal dan pemmilik startup lokal.

      Hapus
  3. Wahh, acaranya gk mampir di Jakarta juga, ya? Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya mampir ke Jakarta kok Mbak, malah penutupannya di Jakarta.

      Hapus
  4. wih, gaul banget ada christian sugiono. gue baru tau situ anak makasar. keren dah. panta losari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gayanya Cristian Sugiono masih tetap seperti anak muda.
      Bukan anak Makassar, yang benar kuliah di Makassar. Saya asli Wakatobi.

      Hapus
  5. wih, gaul banget ada christian sugiono. gue baru tau situ anak makasar. keren dah. panta losari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata Pantai Lokasi Makassar sudah terkenal di mana-mana.

      Hapus
  6. seru banget ikutan workshop.. tugas dinas suami ke makassar batal, batal juga deh main ke makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih demikian. Serunya karena ada Christian Sugiono yang menjadi daya tarik bagi para peserta yang hadir.

      Wah... sayang yah gak jadi ke Makassar, gagal deh impiannya bisa menikmati keindahan Makassar dan kulinernya.

      Semoga ada kesempatan lagi dilain waktu dan bisa bersilaturahmi dengan blogger Makassar, termasuk saya yang sudah betah tinggal di Mkassar.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...