Minggu, 06 Maret 2016

Perluas Jaringanmu dan Maksimalkan Pendapatanmu Dengan Facebook Instan Artikel

Maksimalkan Pendapatanmu Dengan Facebook Instan Artikel
Di era yang serba digital ini, bisa dibilang hampir semua orang memiliki akun media sosial. Entah itu berupa akun instagram, gmail, yahoo mail, path, facebook, pinterest, twitter, linked in, blog, dan lain sebagainya yang tak bisa aku sebutkan satu per satu saking banyak jenis media sosial yang bertebaran di dunia maya.

Dari beberapa media sosial yang aku sebutkan di atas, lebih dari 50% memiliki 3 sampai 4 akun media sosial. Di mana yang paling banyak penggunanya dan sering di akses setiap hari adalah Facebook. Percaya atau tidak, fakta membuktikan demikian.

Berbicara tentang facebook, kurang lebih setahun yang lalu atau tepatnya bulan April 2015 mengumumkan untuk meluncurkan sebuah fitur baru. Yang mana tujuannya untuk membuat penggunanya semakin betah dan nyaman tentunya.
 
Muncul sebuah pertanyaan, “Fitur apakah yang di maksud?” Pasti ada yang penasaran dan belum tahu kan, seperti apa fitur baru tersebut. Untuk itu, lewat tulisan ini aku akan memberitahukan kepada yang belum tahu tentang fitur baru tersebut. Dari pencarian dan informasi yang aku kumpulkan, fitur baru tersebut di beri nama “Facebook Instan Artikel”.

Lalu, apa kegunaan dari Facebook Instan Artikel? Dari yang aku perhatikan dan pernah lihat dari seorang teman yang menggunakannya, fitur tersebut memiliki fungsi yang sama seperti blog, yakni sebagai media untuk berbagi informasi atau berita terbaru. Bedanya kalau blog kita masih bisa mengganti template-nya, warna backgroundnya, dan mengutak-atik sesuka yang kita mau.

Tujuan dihadirkannya Facebook Instan Artikel adalah untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi pengguna mobile, termasuk lambatnya waktu loading saat membuka web. Di sisi lain bertujuan untuk menciptakan pengalaman baru bagi orang yang membaca berita atau informasi lewat ponsel, kata manajer produk Facebook Josh Roberts.

Sedangkan alasan lainnya adalah untuk membantu menyalurkan imajinasi yang dimiliki oleh mereka yang memiliki kreatifitas dan juga koneksi dimana-mana. Salah satu contohnya, seperti mereka yang punya hobi menulis, yang mana selalu berharap agar karya yang dihasilkan berupa tulisan, informasi atau apa saja yang mereka khayalkan dapat menjangkau pembaca dengan cepat dan mudah, termasuk lewat facebook sendiri.

Menariknya, artikel instan ini tak hanya unggul dari segi kecepatan loading setiap kali dibuka, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa fitur interaktif yang memungkinkan para penggunanya untuk menuliskan ceritanya, tentnunya dengan gayanya masing-masing.

Facebook mengatakan Artikel Instan sepenuhnya dapat di kontrol langsung oleh penggunanya. Tak hanya itu saja, pengguna juga dapat berbagi pengalaman tentang produk mereka dan melihat peluang monetisasi. Misalnya mereka memiliki kemampuan untuk membawa iklan yang dijual langsung mereka sendiri dan tetap 100 persen dari pendapatan, dan melacak data pada iklan yang ditayangkan melalui sistem pengukuran iklan yang ada. Pengguna juga akan memperolehkan kemampuan untuk melacak lalu lintas data melalui alat analisis, seperti Score[dot]com.

Masih menurut Josh Roberts manajer produk Facebook, "Mereka mempermudah pengguna untuk bergabung dan membangun sistem berdasarkan alat yang mereka gunakan. Artikel Instan menggunakan bahasa Web dan bekerja dengan sistem manajemen konten penerbit. Bahkan mereka telah mendokumentasikan standar terbuka yang mudah bagi penerbit untuk mengadopsinya. Facebook mendorong semua pengguna yang tertarik untuk meninjau dokumentasi mereka dan mulai mempersiapkan diri, karena fitur ini akan diluncurkan untuk pertama kalinya pada bulan April, di mana mereka akan dapat berbagi cepat pengalaman berinteraktif dengan pembaca mereka."

Nah... yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah “Seperti apakah kecanggihan dari fitur Facebook Instan Artikel tersebut?” Mau tahu!

Bagi yang tertarik dan ingin menjadi bagian dari Facebook Instan Artikel, ada baiknya untuk menyimak dan selanjutnya mempelajari fitur baru tersebut. Berikut ulasan singkatnya yang aku rangkum di bawah ini.
 
Cepat dan Responsif

Memanfaatkan teknologi yang sama digunakan untuk menampilkan foto dan video dengan cepat di aplikasi Facebook, artikel memuat langsung, sebanyak 10 kali lebih cepat dari mobile web standar.

Interaktif dan Lebih Mendalam

Merupakan alat kreatif baru yang akan membuat ceritamu lebih hidup. Bahkan dapat memperbesar foto secara langsung dengan resolusi tinggi. Bisa juga dibuat miring sesuai imajinasimu sampai lebih rinci/detail sekalipun. Kamu juga dapat menonton video otomatis, sehingga membuat tulisan menjadi lebih hidup lagi meskipun sedang memeriksa ulang artikelmu. Uniknya, dengan adanya keterangan audio yang tertanam pada fitur ini, pembaca dapat mendengar suaramu. Dalam hal ini bagaimana kejadian sesungguhnya saat kamu sedang menulis.

Facebook Instan Artikel juga dapat digunakan untuk mempublikasikan berbagai jenis artikel, serta kamu juga dapat mengubah berita harian ke fitur berdurasi panjang. Kok bisa! Karena artikel instan telah mengintegrasikan hal tersebut, bahkan sesuai dengan alur kerjamu saat ini. Artikel instan juga menggunakan fitur seperti yang ada pada blog, yakni dilengkapi dengan HTML standar dan RSS feed.

Kontrol dan Penyesuaian

Dengan Artikel Instan, kamu sebagai pengguna memiliki kendali penuh. Seperti halnya pada blog, yakni penulis yang memutuskan untuk mempublikasikan tulisannya atau tidak. Kamu juga diperkenankan untuk menjual iklan lewat artikelmu, sehingga dapat menjaga pendapatanmu, atau dengan kata lain mengambil keuntungan dari pembaca Facebook, dan hal itu akan memaksimalkan pendapatanmu. Mendapatkan kredit lalu lintas melalui penyedia atribusi dengan memanfaatkan alat analisismu  sendiri. Kamu juga bisa menyesuaikan artikelmu dan preview Berita untuk mencocokkan identitas produkmu.

Oh iya, untuk kamu yang tertarik dan ingin bergabung, Facebook Instan Artikel telah tersedia juga di iPhone dan Android.

Semoga bermanfaat!

Makassar, 6 Maret 2016

24 komentar:

  1. untuk url nya bagaiamana mas? apakah pakai subdomain facebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih pake facebook depannya baru nama pemilik, baru judul tulisannya.

      Hapus
  2. Konon katanya ank2 SMA di Bandung mah sdh meninggalkan fb. Launching April nanti ya...wah bakalan makin keteter niih blog pribadiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di launching April tahun lalu mbak. Temanku udah ada yang make fitur ini buat menulis.

      Hapus
  3. Whoaaaaaa. Ini pasti kalau mau nulis, lebih keren pake ini daripada pake catatan Facebook. Segala ada keterangan audio. Keren banget, Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di bilang begitu mbak icha. Kalau catatan facebook kan sama aja dengan nulis status alias tampilannya biasa aja.

      Hapus
  4. Fiur baru tersebut sepertinya cukup simpel ya Kang,jujur saya belum mencoba nih..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seperti yang mas syahran katakan. Yuk, di coba mas.

      Hapus
  5. Bacanya harus dicerna banget nih, hihih maklum saya mah gitu orangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mbak Tian, malah senang akunya kalau ada yang mau baca seperti itu. Siapa tahu aja setelah dibaca ada saran dan kritikannya.

      Hapus
  6. wah saya malah baru tahu kalau ada fitur ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahunya tahun lalu. Itu pun awalnya gak percaya, tapi setelah gak sengaja liat tulisan teman yang tinggal di kampung, saya baru percaya.

      Hapus
  7. Oh.. pantes saja.. pernah muncul penawaran aneh ketika menulis status panjang... tapi tak kugubris. ternyata ini to

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi Mbak Susindra. Daripada menggunakan catatan mending pakai fitur barunya, yakni "Facebook Instan Artikel".

      Hapus
  8. Saya sudah coba cari, tidak ada Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa, padahal temanku sering menggunakan fitur ini untuk menuliskan perjalanannya. Penampakannya sederhana dan terlihat seperti model koran.

      Hapus
  9. kayak blog gt ya bang ?. jd pgn nyobak nulis di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mirip blog. Bedanya sama blog gak bisa di atur background sama sidebarnya.

      Hapus
  10. baru tau nih infonya, makin keren aja fb, kita jd bisa nulis catatan lbh oke lagi ya

    BalasHapus
  11. wih, gokil. inovasi facebook makin lama makin mantep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju... Pake bangad. Facebook gak berhenti berinovasi.

      Hapus
  12. wah boleh juga nih, aku pelajari dulu ah .makasih infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali.
      Hayuk di pelajari, kali aja tertarik untuk menggunakannya suatu saat nanti.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...