Selasa, 08 Maret 2016

Makassar Adakan Festival Gerhana Matahari Total 2016


Makassar Adakan Festival Gerhana Matahari Total 2016
Gerhana Matahari bukan peristiwa lokal, bukan peristiwa nasional, bukan peristiwa global, akan tetapi merupakan peristiwa alam semesta yang langka. Dimana untuk Gerhana Matahari hanya akan berulang setiap 53 tahun sekali dan 300 tahun sekali untuk Gerhana Matahari Total.

Tahun ini, tepatnya 9 Maret 2016 besok, negeri kita tercinta akan mengalami salah satu peristiwa yang sangat langka tersebut. Ya, apalagi kalau bukan Gerhana Matahari Total seperti yang ramai dibicarakan seminggu terakhir ini, yang mungkin juga menjadi tranding topic dunia.
 
Semakin menarik lagi karena Gerhana Matahari Total tahun ini bisa jadi merupakan Gerhana Matahari yang pertama dan terakhir yang bisa kita saksikan secara langsung selama hidup di dunia ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita semua mensyukurinya, mengingat gerhana matahari adalah salah satu bukti dari kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Namun demikian, bagi yang beragama ISLAM terdapat beberapa cara atau tepatnya pandangan dalam mensyukuri moment terjadinya gerhana matahari total ini. Beberapa pandangan yang dimaksud adalah sebagai berikut : 
  • Pandangan religius, yakni dengan melaksanakan shalat gerhana bersama, khutbah gerhana seperti yang pernah dilakukan oleh Imam Masjid Madinah dan juga melakukan Zikir Akbar pada puncak Gerhana Total. 
  • Pandangan ilmu pengetahuan, seperti halnya yang dilakukan oleh para astronom BMKG, yang mana akan menyampaikan hasil pengamatan dan juga menjelaskan langsung peristiwa yang terjadi sesuai dengan keilmuan yang mereka pelajari. 
  • Pandangan budaya, yakni lewat pagelaran, festival, dan semacamnya. Contohnya khusus wilayah Makassar, seperti Pagelaran Budaya Sinrilik, Pallawa dan pepe’-pepe’ka ri Makka. Atau budaya-budaya lain sesuai dengan daerah masing-masing.
Berbicara mengenai pandangan terakhir ini atau pandangan budaya, Pemerintah Kota Makassar akan menyambut moment Gerhana Matahari Total 2016 dengan mengadakan sebuah festival.

Ya, tepatnya “Festival Gerhana Matahari Total 2016”. Festival ini sendiri akan diadakan di salah satu ikon kota Makassar, yakni Anjungan Pantai Losari dengan mengangkat tema “Battu Ratema Ri Bulang”.

Dalam festival kali ini, Pemerintah Kota Makassar mengundang secara terbuka seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bergabung dan menyaksikan bersama-sama dengan 10.000 pelajar sekolah, para ulama, para astronom, TNI dan Polri. Bagi yang ingin turut meramaikan, cukup berpakaian putih dan sudah berwudhu tentunya, serta membawa sajadah untuk melihat secara langsung peristiwa langka ini.

Oh iya, jangan lupa untuk membawa peralatan motret juga, baik itu Smartphone yang sudah dilengkapi dengan filter  atau kamera profesional bagi yang punya.

Kira-kira ada apa ya? Mau tahu!

Ini dia kejutannya. Pemerintah Kota Makassar juga mengadakan lomba “Photo Fenomenal dan Monumental”, yang tentunya akan menjadi kenangan sepanjang hidupmu dan kelak akan menjadi cerita buat anak cucumu bahwa pernah menyaksikan salah satu moment langka selama hidupmu.

So... Apalagi yang kamu tunggu? Mari bersama-sama menulis sejarah dan juga kenangan hidup yang diabadikan lewat peristiwa Gerhana Matahari Total 2016.

Warkop 51 Kota Makassar, 8 Maret 2016

10 komentar:

  1. wah semua komponen menyatu menyambut gehana matahari ya mas

    BalasHapus
  2. Wah pasti seru ya mas... Menyaksikan lansung ngga.. Kebetulan tahun ini saya belum beruntung untuk dapat menyaksikannya langsung...ditunggu liputan lanjutannya mas timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gak keluar nih, masih ngantuk pagi ini sama pinggal lagi pegal-pegal.

      Hapus
  3. Mas apa kabar
    kita ketemu di Kompasianival kan ya?
    ulasannya aktual
    salam sehat dan sukses amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sehat. Saya gak jadi ke Kompasianival 2015 mas Agung.

      Hapus
  4. Masya Allah terharu walau lihat dari TV, kebetulan lagi gak bisa ikutan sholat gerhana di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya bukan hanya terharu, malah kemarin ampe merinding juga. Apalagi semuanya pada ramai berzikir.

      Hapus
  5. Takjub, merinding, terharu ketika menyaksikannya, meskipun tidak bisa di lokasi terjadinya GMT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, terlebih lagi ini merupakan fenomena langka.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...