Kamis, 28 April 2016

Enam Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi

Enam Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi
Enam Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi
Bisa menghasilkan uang dari hobi yang dimiliki adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Dan akan menjadi semakin menyenangkan serta mengharukan lagi jika hal tersebut menghampiri mereka yang belum mendapatkan pekerjaan tetap. Bahkan sebagian orang akan menganggapnya sebagai sebuah pencapaian yang patut dibanggakan, meski hanya untuk sesaat.

Bagaimana tidak di anggap sebuah pencapaian yang membanggakan, hanya dengan memanfaatkan waktu senggang dan melakukan hal-hal yang disukai, pundi-pundi rupiah maupun dollar datang menghampiri. Menariknya lagi, semua dilakukan tanpa harus menunggu tekanan, tidak harus memforsir waktu, tenaga, pikiran, bahkan mungkin juga biaya. Kita juga bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, mengerjakan sesuatu karena hobi akan terasa lebih mudah, tanpa beban dan tidak mengenal waktu, karena setiap moment yang terlewati menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Namun demikian, banyak juga yang tidak menyadari dan mungkin ada yang tidak tahu kalau hobi bisa dijadikan salah satu pintu masuknya rejeki.

Ya, hobi juga bisa mendatangkan rupiah maupun dollar jika digeluti dengan serius. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mau mencari tahu bagaimana caranya agar suatu saat hobimu bisa menghasilkan. Itu pun jika kamu mau, tapi kalau nggak, saya juga nggak akan memaksa kok.

*   *   *

Melihat fenomena langka ini, saya tergerak untuk memberikan sedikit trik dan tips agar kamu bisa menghasilkan rupiah maupun dollar lewat sebuah hobi. Yah, kali aja suatu saat kamu dapat ilham atau kesandung sesuatu yang akhirnya membuka pikiranmu, atau memaksa kamu untuk mencari sumber penghasilan tambahan.

Cara ini saya peroleh saat mengikuti workshop pada hari minggu tanggal 24 April 2016. Dimana salah satu pematerinya bisa dikatakan sudah sukses dalam mengelola hobinya dan tentu saja sudah mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya. Dia juga menjadi salah satu ikon untuk anak muda dan tahun lalu terpilih sebagai salah satu sosok yang menginspirasi, khususnya wilayah Makassar.

Siapakah dia?

Dia adalah pemilik blog www.daenggassing.com dan orang-orang lebih senang memanggilnya Daeng Ipul. Pasti sebagian dari pembaca blog ini sudah mengenal sosok yang saya maksud.

Terus, cara menghasilkan rupiah dan dollar dari hobi yang dimaksud seperti apa? Mau tahu aja, mau tahu pake tempe, atau mau tahu komplit.

Hayoo... kamu pilih yang mana? Tapi jangan pilih saya, karena sudah ada yang punya. Hehehe...

Pasti pada penasaran kan, caranya? Pasti udah nggak sabaran kan baca bocorannya. Ya udah, daripada kamu kelamaan nunggu dan keburu kabur, yuk simak caranya di bawah ini.

Fokus

Jika kamu ingin hobimu suatu saat nanti bisa menghasilkan rupiah maupun dollar, maka salah satu cara yang paling ampuh adalah fokus pada hobimu tersebut.

Perlakukanlah hobimu sebagai seorang kekasih yang sedang kamu perjuangkan mati-matian demi bisa sehidup semati bersamanya. Jangan terpengaruh dengan bisikan, rayuan, dan godaan dari luar. Karena hal itu akan membuatmu setengah-setengah dalam meraih apa yang sudah direncanakan dari awal.

Terus Belajar

Point ini yang tidak kalah menarik dengan point pertama. Saat kamu sudah bisa fokus menata hobimu, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah terus belaja, belajar, dan belajar.

Kenapa musti terus belajar? Karena ilmu tidak berhenti pada satu titik, dimana saat kamu sudah mengetahuinya. Yang namanya ilmu setiap saat mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman. Nggak mungkin kan strategi di zaman purbakala dipakai lagi dizaman serba moder seperti sekarang ini. Begitulah kura-kura berlogika.

Berjejaring

Banyak orang melupakan hal ini ketika sudah merasa pintar dan paling sok tahu. Buktinya di kehidupan nyata pun sudah banyak dan saya yakin semuanya sudah pernah melihatnya, bahkan mungkin menjadi korban orang seperti ini.

Tapi, banyak juga orang yang pengetahuannya dibawah orang pintar mengabaikan hal ini. Biasanya orang seperti ini malah asyik dengan dunianya sendiri dan tak mau mengenal dunia sekelilingya, serta dunia lain meski jaraknya cuma beberapa sentimeter dengannya. Sehingga ketika dipertemukan dengan dunia yang baru di luar dunianya, ia malah kaget dan tak tahu mau ngapain.

So, buat kamu yang sedang dalam proses mengembangkan hobimu, mulailah berjejaring. Jangan takut dengan dunia sekeliling dan hilangkan juga sok pintarmu. Banyak manfaat dan ilmu yang bisa kamu dapatkan lewat berjejaring.

Kalau kau suka motret, maka bergabunglah dengan komunitas fotografi. Kamu suka menulis atau nge-blog, bergabunglah dengan komunitas menulis atau blog. Begitu pula jika kamu hobi memasak, melukis, mendesain, manjat, lari, dan hobi-hobi lainnya yang tak mungkin saya sebutkan satu persatu.

Saya yakin, saat kamu sudah menjadi bagian dari sebuah jaringan, hidupmu akan berubah kearah yang lebih baik. Yang kalem saja akan menjadi pribadi yang aktif dan akhirnya senang bisa mengenal lebih banyak orang. Sedangkan yang merasa sok pintar, pasti akan berubah untuk lebih menghargai orang lain dan merasa kecil.

Kreatif

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, persaingan semakin ketat dan banyak yang melakukan cara-cara tidak sehat agar penghasilannya tetap stabil. Entah itu korupsilah, pake dukunlah, provokasi sana-sini, jadi pasukan nasi bungkuslah, dan masih banyak lagi.

Nah, cara-cara demikian jangan kamu ikuti. Mengapa? Karena nggak akan bertahan lama, paling bertahan beberapa bulan saja. Lebih baik kamu mencari jalan lain yang fair dan tidak merugikan orang lain.

Cara yang saya maksud tak lain adalah menjadi orang kreatif. Karena orang yang kreatif dapat bertahan dari segala zaman. Bahkan dengan ide kreatif yang dimilikinya, bisa mempekerjakan orang lain juga. Contohnya, seperti Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan... (silahkan isi sendiri).

Jangan Malas

Ini dia salah satu penyakit yang tidak punya obat di dunia. Bahkan dokter pun tak mampu mengobatinya. Itu menurut pendapat saya pribadi, entah bagaimana dengan kamu.

Sepintar dan sejenius apapun kamu, kalau punya sifat ini, maka bisa dipastikan hobi yang kamu impikan dan prediksi bisa memberikan penghasilan di masa mendatangkan bakalan tidak terwujud. Saya yakin dan percaya akan hal itu.

Nggak percaya? coba saja buktikan jadi orang malas selama 2-3 bulan.

Hanya orang yang bekerja keras dan bekerja cerdaslah yang akan berhasil dimasa mendatang. Lihat saja usaha yang telah dilakukan oleh pendiri Facebook, Go-Jek, pendiri Honda, Twitter, atau nggak Jack Ma sang pemilik Alibaba.

Seperti kata pendiri Honda : “Kebanyakan orang-orang hanya melihat kesuksesan yang telah saya capai saat ini. Tapi mereka tidak tahu bahwa dibalik kesuksesan ini, 99% adalah hasil kerja keras, dan bangkit dari kegagalan.”

Artinya, lebih banyak jatuh bangun, gagal, dan terpuruk. Tapi karena mereka selalu berusaha untuk menjadi orang tangguh dan membuang jauh-jauh sifat malas, maka endingnya adalah kesuksesan yang dilihat oleh banyak orang sekarang.

Jaga Etika

Bila semua point-point di atas sudah kamu lakukan, maka hal terakhir yang patut kamu jaga adalah etika. Tak jarang loh orang yang sukses mendadak, bangkrut mendadak gara-gara persoalan etika.

Biasanya di sini hukum karma selalu berlaku. Tidak ada salahnya untuk tetap rendah diri dan selalu mempertahankan etika yang dulu menjadi ciri khas kita saat baru mengenal orang lain, atau berjejaring dengan orang banyak. Karena di mana-mana masalah etika merupakan hal yang sensitif jika kita tidak menjaganya dengan baik.

*   *   *

Kurang lebih itulah enam point yang saya tangkap tentang cara mengembangkan hobi agar bisa menghasilkan rupiah maupun dollar. Saya yakin semuanya pasti mau duit dan butuh duit untuk mencukupi kebutuhan sehari-sehari.

So... tunggu apalagi, masih mau membiarkan hobimu begitu-begitu saja tanpa mendatangkan hasil buat kamu. Sayang loh punya hobi terus dibiarkan begitu saja.

Makassar, 28 April 2016

22 komentar:

  1. sering menang lomba juga ya daeng ipul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... Lumayan kalau Daeng Ipul, biasanya nyangkut di hadiah ysng gede.

      Hapus
    2. ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK.. MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL ...JANGAN LUPA MAMPIR KE BLOG ANE YA. TINGGAL KLIK SALAH SATU.......

      ===>> BRA PALING UNIK DI DUNIA
      ===>> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
      ===>> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
      ===>> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
      ===>> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
      ===>> ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
      ===>> CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
      ===>> FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
      ===>> ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO
      ===>> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
      ===>> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
      ===>> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT MINTA KAWIN
      ===>> RAHASIA WANITA CEPAT INGIN ML

      TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
      SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...


      ---------->>>> TRIMS YA.....

      Hapus
    3. Ok, siip. Pasti saya klik salah satunya buat baca-baca referensinya.

      Hapus
  2. hahaha makasih Arif sudah menulis tentang materi hari itu..

    hobi ngeblog buat saya Alhamdulillah sudah mendatangkan hasil, bukan dari lomba-lomba tapi dari peningkatan kemampuan menulis yang membuat saya bisa mendapatkan pekerjaan dari kemampuan itu.

    memang butuh waktu lama dan tentu saja fokus supaya itu bisa berhasil.

    kalau untuk lomba, saya lebih banyak kalahnya loh daripada menangnya hihihi

    ayo semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Daeng Ipul.

      Malah itu yang sedang saya pelajari saat ini, yakni meningkatkan kemampuan menulis agar orang-orang betah dan bertambah yang berkunjung ke blogku. Terlebih lagi dulu waktu SMA, tepatnya kelas 3, saya paling malas dengan pelajaran bahasa Indonesia karena kebanyakan disuruh mencatat apa yang ada dibuku.

      Insya Allah, harus semangat terus.

      Hapus
  3. makasih shareingnya, saya masih harus belajar berkreatifitas dan membangun jaringan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Kania. Saya juga masih harus banyak belajar lagi.

      Hapus
  4. fokusnya rada susah, saya hobi bikin kue dan pengen jualan kue tapi entah gak bisa fokus ke satu bidang saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhmmm... berarti kembali lagi pada komitmen awal. Tapi bakalan bisa kok suatu saat nanti.

      Hapus
  5. Untuk hobi biar jadi ngasilin, fokus dan jangan malas, setuju banget mas timurrrr... Siiipppp nihhhh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk apresiasinya. Yuk, kelola hobi dengan baik agar bisa menghasilkan ke depannya.

      Hapus
  6. sudah hoby dapat benefit pula
    TFS salam sehat dan semangat selalu
    amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik kan pak Agung Han. Dapat double jadinya.
      Salam sehat dan semangat juga pak.

      Hapus
  7. Betul.. ikut dalam komunitas itu besar sekali dampaknya dalam hobi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar bangad. Bergabung dalam komunitas bisa menjadikan kita tahu harus bagaimana dalam mengelola hobi ysgn ditekuni. Dan tentunya banyak manfaat lain juga yang di dapat saat bergabung dengan komunitas.

      Hapus
  8. Fokus dan konsisten. Dua hal ini susah susah gampang kalau gak ada niat yang cukup kuat. Etika, yah itu hal yang sering terlupakan. Sekalinya ingat, eh sudah dilanggar aja. Tetap semangat ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, Insya Allah selalu semangat.

      Benar bangad, fokus dan konsisten kelihatannya mudah, tapi ketika dijalankan rada-rada susah dan banyak yang nggak sesuai niat awal. Sama halnya juga dengan masalah etika.

      Hapus
  9. Duuh saya kadang suka malas dan tidak fokus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mengikuti mood ya Mbak. Tetap semangat dan coba terus Mbak, pasti bisa kok.

      Hapus
  10. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Hobi yang menguntungkan berikut artikel yang terkait tersebut di 5 HOBI YANG MENGHASILKAN BANYAK UANG DENGAN MUDAH

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentarnya udah muncul kok tanpa perlu di upprove. Udah saya setting sejak lama biar siapapun bisa komentar di blog ini.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...