Rabu, 13 April 2016

3 Tips dan Trik Membuat Konten Menarik

3 Tips dan Trik Membuat Konten Menarik
Dalam waktu 10 tahun terakhir ini, menulis menjadi salah satu profesi yang mulai banyak disukai oleh banyak kalangan. Sangat jelas terlihat bahwa gelombang ketertarikan akan dunia menulis mengalami pergerakan yang sangat cepat, bahkan melampaui hasil prediksi. Saking begitu cepatnya pergerakan yang terjadi, kini profesi ini mulai diperhitungkan. Menariknya lagi, profesi ini dianggap bisa dijadikan sebagai salah satu investasi di masa yang akan datang.

Percaya atau tidak, itulah fakta yang terjadi saat ini. Jika dulu orang-oran menganggap hanya emas, tanah, dan properti (bangunan) yang bisa dijadikan sebagai investasi menjanjikan. Maka saat ini, investasi itu bertambah satu lagi, yakni MENULIS.

Masa sih, menulis bisa dijadikan sebagai salah satu investasi masa depan. Nggak percaya? Nih, baca tulisan ini : “Menulis Sebagai Investasi Masa Depan”.

Masih nggak percaya? Nih aku contoh yang lebih nyata. Dimana kesuksesan yang mereka raih berawal dari menulis, seperti Asma Nadia, Dee Lestari, Buya Hamka, dan masih banyak lagi. Bahkan tulisan yang mereka hasilkan beberapa di antaranya telah difilmkan dan saya yakin semuanya sudah tahu. Misalnya, Surga Yang Tak Dirindukan (karya Asma Nadia), Filosofi Kopi (Dee Lestari), atau Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk (Buya Hamka).

Semakin menarik lagi, karena semua itu berawal dari sebuah hobi. Yang mana mereka asah tiap hari dan tak kalah penting, yakni jeli dalam melihat peluang. Dalam hal ini, mereka berhasil “Mengubah Hobi Menjadi Profesi” yang menjanjikan.

Dari contoh kasus di atas, tidak salah jika saya mengatakan :

Selalu ada keajaiban yang terjadi ketika kamu menulis


Setuju nggak? Pasti setuju donk. Duh, maksa bangad ya.

Apa yang saya katakan di atas, tentu ada alasannya. Menurut saya, dengan menulis kita bisa menciptakan dunia baru, yang mana belum tentu orang lain bisa melakukannya. Lewat tulisan kita mencoba menata dengan rapi apa yang ada dalam pikiran, mencoba mensinkronkan dunia nyata dengan dunia khayal, mengajak orang (pembaca) untuk masuk kedunia yang kita ciptakan, merasakan apa yang kita rasakan, dan seolah-olah mereka hidup di dalam dunia tersebut.

Namun demikian, untuk bisa sampai ke tahap tersebut, ada masa yang harus kamu lewati terlebih dahulu. Dimana membuat dunia terasa tidak terlalu menarik lagi dijalani. Kamu harus melewati berbagai penolakan, karyamu dianggap buruk, sampai audisi atau seleksi yang tidak akan pernah ada habisnya. Bahkan bisa membuat duniamu mengecil, layaknya sebuah kota yang bisa dimasukkan ke dalam saku celana, membuat perasaanmu berubah sedingin es, dan membuatmu bosan karena setiap harinya berhadapan dengan hal yang sama serta orang-orang yang sama.

Tapi nggak perlu takut, apalagi sampai langsung menyatakan menyerah duluan setelah mengetahui ada masa yang harus kamu lewati. Karena sebenanya dari situlah kesuksesan dan ceritamu akan di mulai. Yang perlu kamu lakukan adalah mencoba, mencoba, dan mencoba terus berusaha sampai impianmu tercapai.

Salah satu cara untuk mewujudkan impianmu adalah dengan menulis di blog. Kenapa? Karena sekarang kita sudah di zaman era digital dan blog merupakan salah satu wadah yang pas untuk mengasah kemampuan menulismu. Untuk itu jangan lupa untuk membuat blog terlebih dahulu. Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki blog, maka yang perlu kamu lakukan sekarang adalah belajar membuat konten yang menarik. Tujuannya tak lain adalah agar pembaca datang berkunjung ke blogmu dan bisa menjadi pengunjung setia.

Untuk menghasilkan sebuah konten yang menarik, dibutuhkan proses yang panjang dan harus mulai dengan membangun brandingmu. Maksudnya adalah nice mana yang akan kamu pilih, tentu semua itu harus sesuai dengan passion-mu. Apakah kamu menyukai traveling, kuliner, wisata, otomotif, kesehatan, teknologi, dan lain sebagainya.

Setelah kamu menentukan nice yang sesuai dengan passion-mu, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah belajar tips dan trik membuat konten yang menarik, yang lebih muda dipahami pembaca dan juga efisien.

Nah, kali ini saya akan mengulas bagaimana membuat konten yang menarik untuk pembaca. Ada 3 tips dan trik mendasar dalam membuat konten yang menarik. Apa sajakah itu? Simak ulasannya dibawah ini!

Sesekali Perbarui Kontenmu

Mengapa harus diperbarui? Karena bisa saja konten yang kamu tulis mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai perkembangan zaman yang ada. Kamu hanya perlu mengoreksi atau mengupdate apa yang pernah kamu tulis. Apakah informasi yang pernah kamu tulis masih relevan atau tidak. Nggak perlu tiap saat kok, cukup 6 bulan sekali atau setahun sekali.

Misalnya, kamu adalah seorang traveller yang sering menuliskan informasi tentang daerah yang kamu kunjungi. Di dalam tulisanmu cara menuju pulau A hanya bisa dilalui lewat darat. Lalu setahun kemudian di daerah tersebut dibangun bandara, maka mau tidak mau kamu harus mengupdate informasi yang ada dalam tulisanmu tersebut. Itu juga berlaku untuk informasi yang dirasa tidak berguna lagi buat pembaca.

Hanya dengan mengganti konten yang tidak akurat atau tidak populer tersebut, dan menggantinya dengan konten yang relevan atau up to date, maka dipastikan blogmu akan semakin menarik dimata para pembaca. Mengapa? Karena bagi mereka informasi yang kamu berikan benar adanya alias tidak bohong.

Atur Jadwal Update

Konon, dengan menjadwal waktu update akan membuat kontenmu tetap terlihat seperti baru. Jadwal ini dapat membantumu tetap terorganisir dan memastikan bahwa kamu selalu mengisi blogmu. Ia juga mampu berperan layaknya asisten. yang mana dapat membantumu dalam merencanakan dan membuat konten untuk blog. Dengan kata lain, berguna untuk membantumu dalam membuat strategi, perencanaan, dan konsisntensi mengupdate tulisan.

Promosikan Kontenmu

Tahukah kamu bahwa ada beberapa cara efektif yang dapat digunakan untuk membantu mempromosikan kontenmu? Salah satunya adalah SEMRush.

SEMRush adalah platform pemasaran digital yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan laporan analisis, infografis, hasil pencarian, belajar tentang pemasaran video yang efektif, mencari tahu konten apa yang sering dibagi dari situsmu, melacak posisi situsmu, keyword yang paling dicari/gunakan, dan bagaimana mengelola media sosial.

Menggunakan alat bantu seperti SEMRush tidak hanya membantumu untuk membuat konten yang profesional, tetapi juga memberikan keunggulan tersendiri atas pesaingmu. Dengan mempelajari semuanya kamu akan mengetahui konten seperti apa yang menarik dan juga tidak. Sehingga setiap kali akan menulis, kamu sudah bisa memastikan bahwa konten tersebut adalah yang terbaik.

Makassar, 13 April 2016

20 komentar:

  1. makasih mas, sharingnya dan tipsnya

    BalasHapus
  2. ya mas, selalu ada keajaiban ketika kita menulis, banyak teman n rezeki.. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Dua di antara kejaiban menulis seperti yang mas Fajar sebutkan, yaitu nambah teman dab juga sebagai salah satu pintu masuknya rejeki.

      Hapus
  3. mungkin benar ya kalau minat menulis masyarakat saat ini mengalami kemajuan. tapi justru minat baca yang saya lihat berkurang. generasi muda saat ini sepertinya tidak begitu suka membaca. itu merupakan tantangan tersendiri untuk mereka yang suka menulis. untuk menghasilkan tulisan yang bisa menumbuhkan minat baca seseorang tumbuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk itu, sebagai penulis kita dituntut untuk membuat karya yang bisa menarik minat calon pembaca.

      Hapus
  4. betul juga ya sesekali aku edit postingan lama untuk diperbaharui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Dicoba yuk Mbak Lidya. Saya sering begitu, ngecek tulisan lama dan mengeditnya kalau ada yang mau di edit.

      Hapus
  5. artikel yang bagus.
    makasih mas, sharingnya dan tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk apresiasinya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. lagi belajar nulis ini gan ane heee, salam kenall

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan, saya juga masih dalam proses belajar menulis. Ayo belajar sama-sama gan dan jangan lupa untuk saling berbagi ilmu.

      Salam kenal juga.

      Hapus
  7. SEMRush? Penasaran jadinya. Tulis lebih lengkap doong.... plus cara daftar dan cara pakainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEMRush itu mirip dengan google webmaster dan google analityc. Bedanya disana banyak sekali yang di bahas, nggak cuma tentang keyword, infografis, siapa yang mengunjungi situs kita, dan semacamnya. Malah ada juga tutorial yang cocok untuk pemula dalam dunia blogging.

      Hapus
  8. wah jadi tahu nih sekarang terimakasih infonya, balik ya di blog ane : sebarkan tips

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Insya Allah blognya saya kunjungi balik.

      Hapus
  9. nah itu alexa ku bengkak karena gak bis angatur jadwal update hffft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga bakalan langsing kembali ranking alexa-nya kalau tulisannya banyak yang bagus.

      Hapus
  10. Bener mas.. Selalu ada keajaiban ketika menulis...

    Tips nya menarik..
    1. Up date konten.
    2. Buat jadwal tayang konten
    3. Bagikan konten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tips standar, tapi lumayan buat ranking alexa meningkat, pengunjung tetap, dan teeindeks dengan baik di google.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...