Senin, 28 Desember 2015

Sekilas Tentang Makassar

Sekilas Tentang Makassar
Pantai Losari Via http://laylawaty.blogspot.co.id
Makassar merupakan salah satu kota besar yang berada di luar Pulau Jawa. Meski luasnya tidak sebesar kota metropolitan di Jawa, warga Makassar tetap harus bangga karena kota ini menyandang predikat sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Pertumbuhan infrastrukturnya terbilang cepat dan sangat pesat, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kota yang menarik untuk di kunjungi, baik itu sebagai tujuan investasi, bisnis, dan atau wisata.
 
Saking cepatnya perubahan yang terjadi dengan kota ini, banyak orang bertanya-tanya. Mantra apa aja sih yang digunakan? Padahal lima tahun yang lalu, kota ini masih biasa-biasa saja dan tidak ada yang wah... seperti sekarang ini. Bahkan dimasa itu, bangunannya pun masih belum banyak yang ber-Arsitektur modern seperti saat ini. Bangunan tertinggi yang di milikinya pun bisa dibilang itu-itu saja. Jalanannya pun gak selebar saat ini dan kendaraan yang lalu lalang gak seramai sekarang.

Namun itu dulu, kini Makassar telah berbenah dan berhasil berubah wajah kotanya dalam waktu singkat. Dari yang dulu terlihat biasa-biasa saja dan kuno menjadi kota yang modern serta diperhitungkan. Bahkan orang-orang dari luar kota ini mulai banyak melakukan kunjungan untuk melihat perubahan yang begitu cepat.

Cara Menuju Makassar

Akses menuju Makassar juga cukup mudah, dapat melalui jalur darat, laut, dan juga udara. Apalagi dengan hadirnya Bandara International Sultan Hasanuddin yang semakin memudahkan pengunjung untuk masuk dan keluar kawasan ini. Sedangkan untuk transportasi dari atau ke bandara telah tersedia layanan transportasi setara Trans-Jakarta yang dikenal dengan sebutan BRT, ada juga bus DAMRI, atau menggunakan shuttle bus yang disediakan secara gratis dan siap mengantar sampai pusat kota.

Bagi pengunjung yang menginginkan transportasi cepat dan tidak mau repot-repot menunggu, bisa menggunakan jasa penyewaan mobil yang tersedia di Kota Makassar.

Area Populer Di Makassar

Kota Makassar memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik. Namun dari beberapa tempat wisata yang ada, terdapat beberapa tempat wisata paling populer yang bisa dikunjungi di kawasan ini, seperti Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, dan Trans Studio.

Namun jika anda ingin menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam, maka jawabannya  tidak lain dan tidak bukan adalah Pantai Losari. Ditempat ini juga terdapat beberapa kuliner yang layak untuk dicoba, seperti pisang epe, pisang ijo atau menikmati menu masakan laut. Bila yang ingin menghabiskan waktu selama beberapa hari di kota ini, tidak perlu takut dan ragu.

Mengapa? Karena di Makassar sendiri telah tersedia banyak tempat penginapan atau hotel. Mau yang sedikit jauh atau dekat pun ada, semua kembali lagi pada pilihan anda.

Sejarah Makassar

Sebelum menjadi Makassar, kota ini dikenal sebagai Ujung Pandang (1971-1999). Nama Makassar sendiri sebenarnya bukan nama baru bagi kota ini. Pasalnya, pada abad ke-14 nama Makassar telah disebutkan dalam kitab Negarakertagama. Sosok yang paling berpengaruh terhadap pengembangan Kota Makassar adalah Tumaparisi Kallonna. Pada masa pemerintahannya, beliau memindahkan pusat kerajaan dari pedalaman ke kawasan tepi pantai yang kini menjadi tempat bernaungnya lebih dari 1,6 jiwa penduduk Kota Makassar. Pada kala itu, Makassar menjadi pusat perdagangan kawasan Timur Indonesia yang sangat dominan. Raja-raja Makassar kala itu juga menerapkan aturan perdagangan yang cukup ketat guna mencegah VOC memonopoli pasar.

Transportasi Di Makassar

Sebagai kota besar, Makassar telah memiliki fasilitas transportasi yang cukup beragam. Beberapa model angkutan umum yang terdapat di kota ini meliputi pete-pete (kendaraan sejenis mikrolet), bus, becak, becak motor (bentor), taksi dan terbaru adalah BRT. Tarif kendaraan di sini tidak berbeda jauh dengan kota-kota lainnya. Untuk menggunakan jasa pete-pete, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk becak, tarifnya terbilang beragam dan rata-rata mulai dari Rp. 10.000,- atau dengan kata lain tergantung tujuan serta pintar-pintarnya anda menawar.

Tempat Wisata Di Makassar

Sekilas Tentang Makassar
Pantai Losari Via http://laylawaty.blogspot.co.id
Kota Makassar memang telah lama dikenal sebagai salah satu kota besar di kawasan Sulawesi. Meski tidak sepopuler kota wisata lainnya, Makassar juga memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Losari yang merupakan objek wisata populer dikunjungi oleh wisawatan lokal maupun luar provinsi. Bahkan, pantai ini telah menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi bagi mereka yang berkunjung ke Makassar.

Selain itu, Makassar juga memiliki beberapa tempat wisata lain yang juga tidak kalah menarik, seperti Benteng Rotterdam, Trans Studio, Pulau Samalona, Benteng Somba Opu, Bantimurung–Taman Nasional Bulusaraung, dan masih banyak lagi.

Tips Wisata Di Makassar

Jika anda sudah menemukan hotel di Makassar yang tepat atau sesuai budget, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat Anda berkunjung ke Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas, seperti Pisang Epe, Coto Makassar, Konro, Bubur Makassar, Pallu Basa, Pisang Ijo, dan Mie Titi. Yang tak kalah penting adalah pastikan untuk memilih penginapan yang dekat dengan Pantai Losari.

Makassar, 28 Desember 2015

38 komentar:

  1. setiap kota di indonesia memiliki masing masing kelebihan nya mas, ane tambah penasaran dengan makasar, makanannya dan merasakan udaranya. sama nggak ya dengan daerah sumatera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, berkunjung ke Makassar biar rasa penasarannya terjawab.

      Hapus
    2. saya juga mas...sangat ingin ke sana :)

      Hapus
    3. Hayuk di wujudkan keinginannya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ayo masukin ke daftar daerah yang ingin anda kunjungi biar bisa tahu Makassar tuh kaya gimana.

      Hapus
    2. Silahkan kang dimasukin ke listnya.

      Hapus
  3. pernah ngelwatin tulisannya doang aku mas arif, tapi blom sempet nyatronin pantainya...ah jadi kangen sama makassar, kota yang selalu ramai walau udah lewat jam 12 malem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus nyoba berkunjung ke Makassar sekali lagi tuh. Sekalian bernostalgia dengan kenangan masa lalu.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Apalagi menjelang matahari terbenam, suasananya lebih asyik lagi.

      Hapus
    2. Semoga kesampaian kang hasratnya yang ingin ke Makassar.

      Hapus
  5. belum sempet ke benteng fort roterdam sama trans studio, kemarin hanya di sekitar losari dan apa itu ya di rumah adatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti di kunjungi dilain waktu lagi kalau ada kunjungan ke Makassar.

      Hapus
  6. di Makasar masih ada beca ya, di tempatku udah gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masih ada dan bertahan sampai sekarang. Bahkan masih jadi transportasi alternatif untuk jarak dekat.

      Hapus
  7. Saya punya teman di makassar, asyik makasih infonya jadi semakin ingin mengunjungi makassar nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Bagus tuh. Semoga keinginannya segera terwujud.

      Hapus
  8. Ke Makassar baru sempat ke Pantai Losari doang hiks ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Perlu coba destinasi yang lainnya tuh kalau ke Makassar lagi.

      Hapus
  9. doain biar aku bisa ke sana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak. Semoga segera terkabulkan keinginannya untuk mengunjungi Makassar.

      Hapus
  10. oohh lhaa ya ini pantai yg kumaksud ... INDAH banget.
    LOSARI .. kpn kau bawa dakuh ke sanaa?
    Boleh buat berenang, mas?

    Thx, nice article, yuuuuk ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aku temani Mbak kalau mau ke Losari. Kalau untuk berenang gak bisa soalnya keruh lautnya. Kalau pulau kecil di depan itu baru boleh dan pasirnya masih putih bersih.

      Hapus
  11. februari kemaren udah ke sana waktu liputan kantor
    terus ke sidrap yang lumayan jauh :)

    eh losari indah banget, saya waktu itu sempat foto2 lama di sana (jangan dikatain norak ya) he he he
    yang paling saya suka itu kulinernya, gila lengkap banget, bikin nagih

    sama satu lagi banyak blogger dari makassar yang keren2 dan inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalah donk saya, belum pernah ke sidrap soalnya.

      Gak bakalan di katain norak kok, paling di biarin aja mengekspresikan diri.

      Hapus
  12. sudah lama sekali ingin ke makassar..tpi belum juga sempat...semoga di tahun 2016 bisa main ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam hangat...izin follow blognya ya... :)

      Hapus
    2. Semoga do'anya langsung dikabulkan dan bisa berkunjung tahun ini. Amiiin.

      Hapus
    3. Salam hangat juga. Dengan senang hati kang, izinnya saya terima.

      Nanti saya follow balik blognya kalau udah buka blog lewat laptop.

      Hapus
  13. makasar emang jadi idaman dari dulu. 2 hal yang langsung terpikir kalau mendengar kata makasar adalah.. 1. ayam jantan dari timur. 2. pantai losari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ayam jantan dari timur bisa dibilang awal mulanya Makassar terkenal. Sedangkan Pantai Losari mulai terkenal dalam 1 dekade terakhir ini.

      Hapus
  14. Bandaranya aja udah keren banget. Jauh lebih besar dibanding Manado he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Lumayanlah, bisa dijadikan salah satu ikon sulawesi selatan tuh bandara.

      Hapus
  15. Pantai Losari kayanya udah jadi ikon makassar ya?^^ cantik sekali pemandangan yang di foto^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kurang lebih seperti itu (salah satu ikon kota Makassar).

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...