Minggu, 10 September 2017

Cara Ampuh dan Praktis Mengusir Kecoa di Rumah

Cara Ampuh Usir Kecoa di Rumah
Kecoa, serangga yang paling betah berada di dalam rumah. Bahkan betahnya kecoa mampu mengalahkan betahnya pemilik rumah yang di invasi. Dan ia bisa berada di berbagai sudut ruangan, apalagi rumah yang di invasi cukup lembab. Hal ini karena kecoa termasuk serangga yang gesit dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Cara bergerak udah seperti orang yang pakai jurus langkah seribu.

Saat menemukan tempat yang lembab, kecoa tak hanya betah ditempat tersebut, tetapi juga akan berkembang dengan cepat. Dan terbukti, setiap kali menemukan satu atau dua kecoa dalam rumah, maka dipastikan akan ada kecoa lain bahkan jumlahnya bisa lebih banyak.

Kenapa bisa? Karena memang kecoa merupakan serangga yang dapat berkembang biak dengan cepat. Jadi, jangan heran jika disetiap sudut ruangan seringkali menemukan kecoa. Terlebih lagi jika hunian yang kamu miliki memiliki kelembaban lebih dari cukup. Sedang disisi lain, kecoa memang di anugerahi kelebihan untuk bisa bergerak dengan sangat cepat dan juga bisa terbang kemana saja ia mau.

Nah, buat kamu yang rumahnya punya banyak kecoa, ada baiknya mulai waspada. Karena banyaknya kecoa tak hanya mengindikasikan rumah kamu kotor, tetapi juga ada banyak penyakit yang bisa menghampiri sewaktu-waktu. Apalagi, jika kecoa menempel di makanan, karena dapat membuat sakit perut. Dan akan bertambah menakutkan jika kamu adaah orang yang fobia terhadap kecoa. Pasti akan menjadikan hidupmu tidak nyaman, bukan?

Namun kamu tidak perlu takut atau sampai parno berlebihan, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Termasuk mengenai keberadaan kecoa yang membuat kamu jadi tidak nyaman saat berada di dalam rumah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keberadaan alias kehadiran kecoa ke dalam hunianmu. Cara ini bisa kamu terapkan untuk mengusir kecoa yang kerap menghantuimu setiap harinya. Apa sajakah cara yang saya maksud, berikut ulasan singkatnya dibawah ini!

Simpan Makanan dengan Baik

Simpan Makanan di Dapur dengan Baik
Mengusir kecoa itu mudah, kamu hanya perlu menyimpan makanan dengan baik. Caranya, simpan semua makanan pada wadah tertutup. Jangan lupa untuk membersihkan remah-remah atau sisa-sisa makanan yang mungkin terjatuh ke lantai saat kamu makan bersama keluarga. Bahkan saat kamu makan sendiri pun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Karena kecoa pada umumnya tertarik dengan keberadaan makanan di rumah.

Nah, dengan memutus akses kecoa untuk menggapai makanan di rumah, secara tidak langsung kamu mencegah kehadirannya secara bertahap. Gampang kan?

Rutin Membersihkan Ruangan

Bersihkan Dapur Agar Kecoa Jarang Datang
Selain kecoa tertarik dengan keberadaan makanan, juga menyukai ruangan yang kurang bersih. Untuk itu, jangan lelah untuk menjaga kebersihan setiap ruangan dalam hunianmu. Terlebih lagi pada daerah yang mudah sekali kotor dan tempat sampah sementara ada di sana. Sebut saja salah satunya adalah area dapur.

Ya, dapur merupakan area paling vital, paling sering dikunjungi dan mudah kotor. Di tempat ini tak jarang sampah berserakan meski bukan untuk waktu yang lama. Namun hal itu membuat kecoa tertarik untuk mengunjunginya.

Yang perlu kamu lakukan adalah menjaganya agar tetap terlihat bersih. Dan pastikan sudah dibersihkan seluruhnya, bukan hanya pada pagi hari tapi juga malam hari. Kamu bisa memulai dengan mengelap kompor, membersihkan wastafel, membuang sampah, hingga membersihkan tempat sampah. Eits! Jangan lupa untuk menutup celah di sekeliling pintu dapur, terutama jika dapur kamu menghadap ke halaman rumah, ya!

Gunakan Kamper di Area Lembab

Usir Kecoa Dengan Kamper/Kapur Barus
Letakkan beberapa butir kamper/kapur barus pada area yang sering didatangi kecoa. Misalnya, dapur, kamar mandi, bagian bawah tempat cuci piring dan lain sebagainya. Kapur barus atau kamper dapat diandalkan untuk mengusir semua jenis hama, termasuk kecoa. Dan saya sendiri sudah pernah mencobanya, khususnya di kamar mandi yang merupakan daerah paling lembab. Hasilnya lumayan, dari yang awalnya lumayan banyak jika lampu kamar mandi sering dipadamkan, menjadi dijauhi dan jarang terlihat kecoa.

Akan tetapi, perlu juga untuk di ingat bahwa kamper tidak aman untuk manusia, sehingga sangatlah penting untuk menjauhkan kamper dari jangkauan anak-anak.

Buatlah Perangkap Kecoa

Manfaat lain dari kopi bisa mengusir kecoa
Cara terakhir adalah membuat perangkap. Jadi bukan hanya tikus dan nyamuk aja yang dibuatin perangkap, kecoa pun bisa dibuatkan perangkap. 

Bagaimana caranya? Simple aja kok, kamu hanya perlu menyiapkan kopi. Ternyata, bukan hanya manusia saja yang suka akan aroma yang dihasilkan oleh kopi, kecoa pun menyukainya. Cocok bangad nih buat kamu yang pecinta kopi, ampas sisa kopi yang kamu seruput masih bisa berguna lagi.

Yang perlu kamu lakukan yakni mengisi beberapa botol transparan dengan 2 sendok makan bubuk kopi. Kemudian, tambahkan air hingga mencapai setengah ukuran botol. Lalu, lakukan hal yang sama pada beberapa botol dan letakkan di area yang sering dianggap jadi sarang kecoa di dalam rumah.

Aroma kopi akan menarik kecoa untuk masuk ke dalam botol. Saat kecoa masuk ke dalam botol, kemungkinan terbesar adalah kecoa akan sulit untuk melarikan diri. Keesokan harinya, periksa jebakan botol kopi yang Anda buat sebelumnya. Jika Anda menemukan kecoa yang terjebak di dalamnya, segera buang kecoa di luar rumah. Kemudian bersihkan botol, ganti bubuk kopi dan air untuk menciptakan perangkap baru agar semakin banyak kecoa yang tertangkap dan pastinya demi kenyamanan dalam rumah kamu.

Mudah kan? Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengusir kecoa. Bye-bye hantu kecoa, bye-bye phobia kecoa! 

BTN Antara, 10 September 2017

2 komentar:

  1. Pakai aplikasi Android juga ampuh lo. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... baru tahu saya kalau yang satu ini. Terima kasih untuk masukannya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...