Selasa, 23 Juli 2019

7 Trik Menata Ruang Tamu Sempit Menjadi Terlihat Luas

Menata Ruang Tamu Sempit Agar Terasa Luas (tedxumkc.com)
Menata ruang tamu, satu dari sekian banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan. Bagi yang memiliki ruang tamu yang luas, menata ruang tamu akan menjadi mudah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki rumah yang luas dan besar. Sehingga bagi yang rumahnya kecil, menata ruang tamu akan menjadi pekerjaan yang sedikit melelahkan.

Tapi, kamu tidak perlu berkecil hati. Ruang tamu sempit pun masih bisa disulap agar terlihat luas dan nyaman. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menemukan cara untuk menatanya agar terlihat luas dan rapi. Sehingga ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda, kesan pertama yang didapatkan membuatnya senang.

Dengan kesan pertama yang menyenangkan, tamu akan menyimpulkan bahwa keseluruhan rumah Anda pasti tertata dengan rapi. Jadi, jangan pernah menyepelekan penataan ruang tamu Anda, meskipun ukurannya tidak terlalu luas.

Nah… muncul pertanyaan, bagaimana cara menata ruang tamu sempit agar terlihat luas?

Yuk, simak trik menata ruang tamu berikut agar ruang tamu yang kamu miliki tidak hanya enak dilihat dan tampak lebih luas tapi juga nyaman untuk setiap tamu yang berkunjung!

Gunakan Warna Terang

Ruang Tamu Elegan (sherwin-williams.com)
Kenapa harus warna terang? Karena warna gelap akan membuat ruang tamu yang kamu miliki menjadi lebih sempit. Artinya, ruang tamu yang sempit akan terasa semakin sempit lagi.

Di sisi lain, dan pada umumnya warna gelap akan menyamarkan ujung-ujung ruangan. Sehingga membuat dimensi ruang menjadi terasa lebih kecil.

Simpan Barang yang Tidak Perlu

Oasis Ruang Tamu
Mengisi ruang tamu sempit dengan beragam macam barang-barang bukanlah ide tepat. Sebaiknya mulailah untuk memilah-milah barang yang dianggap perlu dan cocok untuk melengkapi dekorasi ruang tamu. Kamu cukup memilih barang berdasarkan kegunaan dan fungsinya, yang secara visual baik untuk ditempatkan di ruang tamu.

Sebagai pelengkap estetika ruangan kamu bisa meletakkan beberapa majalah baru. Sedangkan berkas-berkas lain atau majalah lama yang sudah rusak, sebaiknya di simpan di gudang atau penyimpanan. Bisa juga dengan menjualnya ke tukang loak, atau di daur ulang jika kamu orangnya kreatif.

Gunakan Karpet dan Meja Kecil

via www.ikea.com
Jangan ragu untuk menggunakan perabotan kecil di ruang tamu, misalnya karpet dan meja kecil. Cukup disesuaikan saja dengan ukuran ruang tamu yang kamu miliki. Di satu sisi, meja dan karpet kecil lebih mudah dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya.

Sedangkan di sisi lainnya, karena tidak terlalu memakan banyak tempat di dalam ruang tamu. Sehingga, sisa ruang kosong yang ada masih bisa dimanfaatkan untuk akses barang atau perabotan lainnya, bahkan juga untuk jalan.

Selanjutnya, cobalah untuk memadukannya dengan warna tegas. Padu padan warna dan pola tertentu akan membuat ruang tamu yang umumnya kecil menjadi terasa lebih luas.

Tapi jangan lupakan juga tingkat aktivitas dan intensitas kamu dalam bertemu dengan kenalan di ruang tamu. Pilihlah meja yang tidak terlalu kecil untuk ruangan yang intensitas kedatangan tamunya cukup tinggi. Meja yang tidak terlalu kecil ini akan berfungsi dengan baik saat kamu menyuguhkan makanan kecil ataupun minuman untuk tamu di dalam rumah.

Pasanglah Cermin

Cermin di Ruang Tamu (id.pinterest.com)
Menurut para desainer, interior khususnya, cermin punya daya magic tersendiri. Bagi mereka, cermin dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Salah satunya bisa di terapkan pada ruangan yang sempit, misalnya ruang tamu.

Caranya, pasanglah cermin berlawanan dengan sofa yang kamu miliki. Dan jika memungkinkan, pasanglah cermin tersebut di dekat jendela ruang tamu. Karena cermin tersebut nantinya akan merefleksikan cahaya dari luar yang melewati jendela.

Memasang cermin pada posisi yang tepat, pemandangan atau hiasan dinding lain dalam ruangan akan ikut terekspose. Sehingga akan membuat suasana ruangan semakin hidup dan lapang. Olehnya itu, hindari memasang cermin yang menghadap pada sesuatu yang kurang menarik, misalnya menghadap kipas angin.

Warna Plafond Tidak Harus Selalu Putih

Ruang Tamu Modern (simomot.com)
Tidak hanya dengan warna putih, plafond juga bisa di cat dengan warna yang lebih cerah dari warna dinding. Tujuannya agar tetap bisa membantu merefleksikan cahaya serta membuat ruangan tetap terang dan terasa lebih luas.

Atau kamu bisa juga dengan mencoba menambahkan aksen wallpaper atau warna cerah untuk mewarnai bagian plafond supaya tidak membosankan.

Gunakan Sofa Penyimpanan atau Lemari Kecil

Meja Penyimpanan (themomnerd.co)
Sofa penyimpanan atau lemari kecil bisa jadi solusi yang tepat buat kamu yang memiliki ruang tamu sempit. Ketika barang-barang di ruang tamu sudah tidak bisa dipindahkan, sofa penyimpanan atau lemari kecil bisa menjadi penyelamat.

Furnitur ini mudah ditemukan di supermarket, home d├ęcor dan semacamnya di zaman seperti sekarang ini. Kamu bisa dengan mudah memesannya jika menginginkannya. Dimana dengan bagian bawahnya yang bisa digeser, kamu dapat menyimpan barang tidak perlu dengan mudah di dalamnya.

Lemari Sudut (id.aliexpress.com)
Bila kamu kurang tertarik dengan sofa penyimpanan, kamu bisa menggunakan lemari kecil sebagai alternatif penyimpanan barang. Agar tetap terlihat serasi dengan furnitur lain di ruang tamu, lemari kecil bisa kamu letakkan di sudut ruangan.

Manfaatkan Area Dinding

Rak Melayang di Dinding (dekorrumah.net)
Ketika kamu merasa sudah tidak ada lagi ruang yang cukup karena furnitur yang kamu punya sudah banyak bahkan memakan tempat, itu berarti saatnya untuk mencari solusi lain.

Nah, salah satu yang bisa kamu manfaatkan berikutnya adalah area dinding. Ya, benar sekali. Area dinding bisa juga di sulap menjadi tempat menyimpan beberapa barang-barang berharga yang kamu punya.

Misalnya membuat rak melayang untuk menyimpan barang-barang yang sebelumnya kamu simpan di meja, baik barang lama maupun yang masih baru. Ketika barang-barang tersebut berpindah ke rak layang, maka kamu punya kesempatan untuk menata ulang beberapa barang hingga furnitur yang ada untuk di sesuaikan dengan kondisi baru.

Bukan cuma rak layang saja, kamu juga bisa memanfaatkan area dinding untuk memasang lampu dinding sebagai sumber pencahayaan tambahan pada ruang tamu.

Jakarta, 23 Juli 2019

6 komentar:

  1. Desainnya bagus-bagus, seperti sekarang ini sedang diminati desain bertipe minimalis ya. Tidak cuma untuk interior tapi juga eksterior

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, minimalis menjadi pilihan yang pas untuk hunian sempit.

      Hapus
  2. bermanfaat sekali mba, tapi susah kalo diterapin di kontrakan petakan. selalu berantakan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe...
      Tapi beberapa diantaranya bisa coba di praktekin biar rumah kontrakan nggak terlalu berantakan.

      Hapus
  3. Terimakasih infonya, semoga sukses terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali. Sukses juga buat Anda

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...