Selasa, 02 Juli 2019

5 Jenis Tanaman Penyerap Polusi Udara di Dalam Ruangan

Tanaman Hias Penyerap Polusi Udara Dalam Ruangan
Menghadirkan tanaman di rumah bisa menjadi salah satu kunci pelepas stres dan juga lelah. Selain bisa tumbuh di halaman rumah, tanaman juga bisa menjadi pelengkap dekorasi dalam interior rumah.

Disisi lain, tanaman juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita sebagai penghuni serta lingkungan sekitar. Udara di luar dan dalam ruangan akan menjadi lebih bersih dan segar dengan adanya tanaman.

Dan tahukah kamu? Dengan memandangi tanaman yang hijau akan membuat mata menjadi lebih relaks. Jadi, jika kamu menginginkan tanaman menjadi bagian dekorasi di dalam rumahmu, maka jangan di tunda lagi. Tidak ada yang salah dengan ide tersebut.

Hal selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah posisi yang tepat untuk menempatkan tanaman yang kamu inginkan. Karena menempatkan tanaman juga butuh seni. Artinya, jika kamu salah dalam meletakkan tanaman, maka taruhannya adalah keindahan ruangan akan menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Rak Pot Berdiri
Lantas, berapa jumlah tanaman yang tepat untuk ditempatkan di dalam satu ruangan? Untuk yang satu ini jawabannya fleksible. Kenapa? Karena semua kembali lagi pada selera masing-masing. Buat kamu yang menyukai ruangan penuh dengan tanaman, maka tak salah jika ingin memelihara lebih dari satu tanaman.

Yang penting dan utama, tanaman tersebut dipastikan mendapatkan banyak cahaya. Dan berapa pun banyaknya tanaman yang kamu miliki, pastikan tertata dengan rapi.

Lalu, bagaimana jika hanya memiliki satu tanaman kecil saja? Solusinya, letakkanlah di dekat jendela atau di atas meja kecil semacam Coffe Table. Namun bila tanaman yang kamu punya berjumlah banyak, sebaiknya diletakkan pada suatu tempat yang memadai atau boleh meja.

Nah, buat kamu yang hanya menginginkan satu atau dua tanaman saja di dalam rumah, bisa mencoba merawat tanaman yang bisa menyerap polusi udara. Terkhusus lagi buat kamu yang rumahnya ada di tepi jalan raya atau mungkin di tengah kota.

Tanaman ini tidak hanya diletakkan di luar saja, tapi bisa juga di dalam rumah. Misalnya diletakkan di sudut ruang tamu, ruang keluarga bahkan dapur pun bisa.

Apa sajakah tanaman tersebut? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini :

Bunga Krisan atau Seruni

Bunga Krisan Merah
Jika ditanam dalam pot mampu tumbuh hingga 90 sentimeter. Ciri khasnya wangi. Tanaman ini dapat meminimalisasi bahan kimia benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.

Bunga krisan juga dikenal memiliki manfaat medis sebagai pereda nyeri dada (angina), menurunkan darah tinggi, dan sebagai pereda stress. Dan juga dapat digunakan sebagai penyaring polusi udara yang efektif. NASA sendiri menjadikannya senjata ampuh dalam menyaring polusi udara di stasiun luar angkasa mereka. Tanaman ini memiliki harga murah dan mudah ditanam hingga cocok untuk tanaman hias dalam rumah.

Lidah Mertua

Lidah Mertua (sumber : arafuru.com)
Tanaman yang satu ini tidak asing lagi. Jika diletakkan dalam rumah, secara efektif dapat menghilangkan polutan, diantaranya karbon monoksida, benzene, formaldehid, trikhloroetilen, dan dioksin.

Lidah Mertua bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menyimpan satu pot di kamar tidur, karena pada saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, lidah mertua meneruskan memproduksi oksigen.

Selain itu, mampu menetralkan racun nikotin. Hal ini karena lidah mertua memiliki kemampuan memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi, sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin pun dapat dinetralisir.

Beringin atau Pohon Ara 

Pohon Ara atau Beringin (Sumber : www.casaindonesia.com)
Meski dikaitkan dengan mistis, rupanya beringin banyak manfaatnya. Tanaman ini dapat membersihkan udara di dalam ruangan. Terutama menyerap polutan terkait karpet dan furnitur yakni formaldehida, benzena, dan trikhloroetilen.

Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah Buaya (Sumber : shuttrstock)
Selain bermanfaat menyuburkan rambut, lidah buaya juga bisa untuk menetralisasi racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

Dan tahukah kamu, bahwa lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan? Bahkan tanaman ini yang kaya akan antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, dan Vitamin (A, B, C dan E) , serta mengandung beberapa asam amino esensial.

Nah, manfaat lidah buaya untuk kesehatan antara lain : bisa menjaga kesehatan organ hati, mengatasi sembelit, membantu menghidrasi tubuh, mengatasi ruam dan gatal pada mulut dan kulit, menjaga kesehatan system pencernaan, mengatasi kulit terbakar dari sinar matahari, menghambat pertumbuhan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, meremajakan kulit, dan mengontrol gula darah.

Gerbera Daisy

Gerbera Daisy
Tumbuhan asal Afrika Selatan ini memiliki ciri-ciri bunga warna-warni. Dapat tumbuh ketika ditanam dalam pot dan di dalam ruangan.

Tanaman ini efektif menghilangkan trikhloroetilen (chloroethylene), bahan kimia yang sering digunakan sektor industri. Tanaman ini cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci, ataupun kamar tidur.

Selamat mencoba dan mendekorasi rumahmu.

Jakarta, 3 Juli 2019

8 komentar:

  1. Makasih infonya mas, saya jadi tau tanaman apa saja yang bermanfaat untuk menetralisir zat beracun di dalam rumah, dari kelima tanaman itu saya baru punya dua, yakni lidah buaya dan lidah mertua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saatnya untuk menambah koleksi tanamannya. Mungkin bisa nyoba bunga krisan atau Gerbera Daisy biar semakin berwarna dan hijau huniannya.

      Hapus
  2. wah aku baru punyalidah mertua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nambahin lagi sama lidah buaya atau nggak bunga krisan biar lebih berwarna.

      Hapus
  3. wuih, baru tau kalo lidah buaya ternyata bisa digunain buat ngurangi polusi terutama didalam ruangan.

    selama ini cuman buat suburin rambut dan perawatan kulit sih taunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, awalnya juga saya seperti itu. Tahunya lidah buaya hanya untuk perawatan saja, nggak tahunya manfaatnya lebih dari itu.

      Hapus
  4. Terimakasih infonya, semoga sukses terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga membawa manfaat. Sukses juga untuk Anda.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...