Jumat, 14 Juni 2019

Punya Rumah Dengan Posisi “Tusuk Sate”, Ini Keuntungannya!

Ilustrasi Rumah Tusuk Sate

Banyak orang menghindari rumah dengan posisi "tusuk sate". Alasannya karena tidak sesuai Feng Shui atau struktur posisinya yang kurang enak pas. Bahkan banyak pengembang perumahan merasa kesulitan untuk menjual rumah yang di posisi tanah yang seperti ini.

Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya rumah dengan posisi tusuk sate juga punya kelebihan loh?
 
Ya, jadi jangan khawatir jika kamu memiliki rumah dengan posisi ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat posisi ini menjadi lebih baik. Dilihat dari posisi tanah, rumah yang berada di lahan "tusuk sate", biasanya berada tepat di depan jalan yang tegak lurus.

Nah, salah satu risiko punya rumah di posisi ini adalah kendaraan yang melaju di depannya bisa menerobos langsung, sehingga membahayakan penghuninya. Selain itu, angin bisa leluasa masuk ke dalam rumah tanpa halangan dan membawa debu. Belum lagi sorot mobil pada malam hari yang sinarnya bisa menyorot langsung ke dalam rumah.

Sedangkan kalau dilihat secara Feng Shui memang ada unsur negatifnya. Namun di dunia arsitektur, sebenarnya rumah 'tusuk sate' tidak melulu punya efek negatif. Selalu ada solusi. Ya, ada kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan penghuninya. Contohnya angin yang besar. Angin bisa memberikan keuntungan yakni menghadirkan sirkulasi alami di dalam rumah.

Lahan tusuk sate bisa disiasati dengan desain bangunan yang baik. Di antaranya menempatkan area servis di bagian lahan yang menghadap jalan. Membuatnya carport misalnya, atau area servis, gudang, dan lain-lainnya. Sedangkan untuk pintu masuk utama bisa di geser sehingga rumah terhindar dari debu langsung dan pintu utama pun tidak langsung menghadap ke jalan. Misalnya dengan membuatnya disamping, yakni di sebelah kanan atau kiri sesuai selera yang kamu inginkan.

Di area depan, agar rumah terlihat lebih nyaman, ada baiknya kamu  membuat taman yang asri dan rindang. Mengingat layout ruangan biasanya cukup memadai sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Fungsi taman bisa dijadikan filter debu dan pelindung rumah dari bahaya mobil yang menerobos. Di area pagar pun bisa dibuat sedikit tinggi, yakni dengan menanam pohon atau tanaman yang lebih rapat sehingga membentuk pagar hidup. Dengan penataan yang baik, rumah dengan posisi tusuk sate juga bisa menarik perhatian banyak orang.

Jadi, tak melulu kesan negatif yang muncul. Dibalik sisi tersebut, sebenarnya ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu peroleh. Banyak orang tidak menyadari kalau luas tanah di rumah tusuk sate sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan rumah dengan posisi biasa.

Selain itu, sadar atau tidak, traffic kendaraan di rumah dengan posisi tusuk sate juga cenderung lebih sedikit. Sehingga menjadikan rumah dengan posisi ini tidak sebising rumah di area lainnya. Menariknya, rumah tusuk sate juga bisa terlihat dari segala arah. Dan itu artinya sangat menguntungkan bila membuka kegiatan usaha.

*   *   *

Sementara bila dilihat dengan kacamata Feng Shui, untuk mengakali rumah di lahan tusuk sate, juga bisa menggunakan prinsip-prinsip Feng Shui. Prinsip dasarnya membuat desain rumah menjadi lebih nyaman dengan potensi kekurangan dan kelebihan lahan tusuk sate.

Aliran angin yang cukup kencang diharapkan masuk ke dalam rumah secara perlahan. Tujuannya agar chi yang dibawa tidak rusak, “kata Mauro Rahardjo, pendiri Feng Shui School Indonesia”.

Atau bisa juga dengan membuat konsep desain bangunan dengan tatanan massa dan ruang yang dapat memperlambat chi. Jadi, tidak langsung menuju pintu utama, agak sedikit dibelokkan. Tanah di rumah "tusuk sate" juga bisa ditinggikan sedikit, yaitu sekitar 1 sampai 1,5 meter.

Dengan kata lain, orientasi masuk ke dalam rumah bisa dialihkan ke samping. Misalkan, jika lahan menghadap ke utara, sebaiknya pintu masuk utama dihadapkan ke arah barat atau timur. Bagian samping lahan juga harus dikosongkan agar pintu yang berorientasi ke samping ini memiliki jarak ruang kosong yang mencukupi.

*   *   *

Jadi, punya rumah dengan posisi tusuk sate tak selalu memberikan efek negatif. Ada kelebihan yang bisa kamu manfaatkan disana. Yang jika kamu jeli melihatnya dan melakukan penataan dengan baik akan berubah menjadi sebuah keuntungan.

Jakarta, 15 Juni 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...