Minggu, 03 November 2019

Mengenal Lebih Dekat Pembayaran Digital Ala Milenial

Digital Payment (Shutterstock)

“Bayarnya pakai tunai atau non tunai?”
 “Non tunai aja.”

*   *   *

Kemajuan teknologi yang terus berkembang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Kehadirannya mampu mengubah gaya hidup dari yang awalnya terbiasa ribet menjadi cepat, mudah dan praktis.
 
Bagi generasi milenial, adanya teknologi dengan segala kemudahannya bak ketiban durian runtuh. Cukup bermodal smartphone dan menjentikkan jari seperti ‘iron man’, apa yang di inginkan langsung bisa terwujud. Sebut saja salah satunya dalam urusan berbelanja.

Kini, generasi milenial nggak harus ke pasar bahkan mall jika ingin berbelanja. Semuanya sudah bisa dilakukan dengan modal smartphone. Tak hanya itu saja, mau pesan makanan pun tak perlu lagi datang ke restoran. Tak terkecuali mau bayar tagihan hingga membeli kebutuhan lainnya. Lewat online, semuanya sudah bisa di pesan dan bayar disitu juga. Cukup dengan meggunakan digital payment, masalah langsung teratasi.

Sungguh beruntung bukan!

Sekarang semuanya dipermudah, bahkan seakan zaman memanjakan mereka. Beda dengan dulu, mau transaksi saja harus rela bersusah payah dan berpanas-panasan mencari ATM. Bahkan tak jarang kemana-mana dengan membawa uang banyak, yang mana bisa membuat kita jadi incaran orang-orang jahat. Misalnya pencopet.

Bandingkan dengan sekarang, adanya digital payment membuat segalanya jadi serba praktis, mudah, aman dan nyaman dalam bertransaksi. Isi dompet nggak perlu lagi penuh dengan lembaran uang tunai yang banyak. Hanya dengan modal beberapa kartu E-money bahkan lebih simpel lagi cukup dengan smartphone, berbagai kebutuhan yang kita inginkan akan dengan mudah terpenuhi.

Apa Itu Digital Payment

Digital Payments (www.quora.com)
Sama seperti kamu, awalnya saya juga sempat dibuat penasaran dengan yang namanya Digital Payment. Mau tahu nggak jawabannya? Simak penjelasan dibawah ini!

Digital Payment itu tak lain adalah pembayaran menggunakan digital atau media elektronik, seperti internet banking, mobile banking, sms banking, hingga dompet digital (gopay, ovo, dana, link aja, dan semacamnya). Dan sesuai dengan namanya, semuanya hanya bisa dilakukan dengan modal smartphone yang terhubung dengan internet. Tentu saja jika kamu sudah mengunduh aplikasi pembayaran dimaksud di App Store atau Playstore dalam smartphone milik kamu.

Dan tahukah kamu? Dilihat dari perkembannya yang begitu cepat, Digital Payment ternyata telah banyak memberikan keuntungan bagi masyarakat yang menggunakannya. Jangan generasi milenial yang lebih melek teknologi, generasi tua pun tak ketinggalan merasakan manfaatnya.

Lebih Dekat Dengan Pembayaran Digital Ala Milenial

Meski sudah sudah banyak generasi milenial yang mengenal pembayaran digital ini, pemerintah berharap ke depan semakin banyak lagi yang lebih mengenal pembayaran digital untuk digunakan dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Kenapa?

Karena dalam beberapa tahun yang akan datang, populasi generasi milenial akan semakin besar dan dinilai mampu menjadi motor meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke depan.

Nah… tahukah kamu, pembayaran digital di Indonesia itu beragam loh!

Internet Banking

Internet Banking (www.vectorstock.com)
Saat melakukan pembukaan rekening baru, costumer service di setiap bank tak ketinggalan menawarkan layanan yang satu ini.

Jika kamu sudah punya rekening dan mulai tertarik untuk menggunakan internet banking, kamu perlu ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan, kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Kemudian utarakan maksud kamu ke costumer service.

Setelah semua prosesnya berhasil, pembayaran digital berupa internet banking sudah bisa digunakan dalam bertransaksi.

Mobile Banking

Mobile Banking (www.cio.com)
Bukan rahasia lagi, di era modern seperti sekarang ini, bank-bank pemerintah pun tidak mau ketinggalan moment. Segala lini pelayanan ditingkatkan tanpa terkecuali dibidang IT. Salah satunya yakni dengan menyiapkan fasilitas mobile banking.

Kamu hanya perlu mengunduhnya di smartphone. Caranya mudah, cukup unduh dan download aplikasinya di playstore atau app store, lalu ikuti prosesnya. Untuk melakukan aktivasi hingga mengakses semua fitur mobile banking kita harus datang langsung ke cabang bank terdekat.

Sms Banking

Meski terlihat jadul, SMS Banking juga termasuk layanan transaksi finansial yang ditawarkan oleh pihak bank loh. Layanan ini memanfaatkan nomor handphone nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang memanfaatkan fitur SMS.

Caranya cukup mendaftarkan nomor handphone kamu di bank tempat membuka rekening, maka proses pembayaran transaksi dapat dilakukan melalui sms.

E-Money

Pembayaran Digital Milenial Saat Ini
Semua pasti sudah mengenal alat pembayaran digital yang satu ini.ya, Uang elektronik (e-money) merupakan pembayaran digital yang sangat popular saat ini karena memanfaatkan jaringan internet. Selain sebagai alat pembayaran, uang elektronik juga berfungsi sebagai penyimpanan dan memudahkan transfer dana.

Ngomongin tentang yang satu ini, masyarakat sudah banyak menggunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai transaksi, seperti pembayaran tol, pembelian tiket kereta api, belanja barang dan sebagainya. Khusus di Indonesia sudah banyak perusahaan yang menghadirkan e-money dan sudah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia.

Selain E-Money yang berupa kartu, ada juga yang berupa aplikasi yang tersedia di playstore atau app store. Di antaranya seperti Gopay, Dana, LinkAja, dan Ovo.

“Jadi, kamu suka bayar pakai apa?”

Depok, 27 Oktober 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...