Senin, 17 September 2018

Cara Menghindari Modus Copet di Kota Paris


Terlepas dari keindahan dan kecantikannya, kota Paris juga kerap ‘dihiasi’ oleh para copet dan tukang tipu. Tanpa bermaksud membuat takut, oknum-oknum ‘nakal’ ini ada dimana-mana dan tentunya kita harus tetap waspada! Setidaknya ada 8 modus umum penipuan dan pencopetan yang biasa terjadi di kota romantis ini.

Apa saja modus tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya yang saya rangkum dari INSIDR. Dimana dengan meluangkan waktu untuk membaca informasi penting ini, liburan aman dan nyaman yang Anda impikan di kota Paris tidak akan terusik dengan hal-hal yang tidak di inginkan!

Trik Klasik, Mengalihkan Korban Lewat Perhiasan Yang Ditemukan

Jika ada orang asing yang menghampiri kita dan mengatakan bahwa mereka menemukan cincin yang sangat mahal lalu bertanya apakah cincin tersebut milik kita atau bukan, maka dipastikan ini adalah trik penipuan klasik.

Tentunya cincin tersebut palsu dan sangat murah, namun mereka akan terus berusaha meyakinkan kita untuk membayarnya dengan alasan ‘telah berhasil menemukannya’. Kadang trik ini juga digunakan sebagai ‘pengalihan’ agar oknum yang lain dapat mencopet kita.

Permainan Tebak Bola dalam Mangkuk

Modus ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, namun masih banyak orang yang kerap tertipu. Biasanya, di sekitar objek wisata Paris, kita akan menemukan kerumunan orang yang asik menonton aksi seorang pria memutar-mutar mangkuk yang salah satunya berisi bola. Ia akan meminta penonton untuk bertaruh uang dan menebak mangkuk yang berisi bola. Jangan pernah berhenti untuk ikut menonton jika tidak ingin menghabiskan uang untuk bertaruh!


Mereka akan membiarkan kita menang pada awal permainan sehingga kita akan tergoda untuk terus ikut bermain, dan terus bertaruh! Kerumunan orang yang ada disitu adalah penonton palsu. Mereka berpura-pura ikut bersenang-senang bersama kita dan akan membujuk kita untuk bertaruh lebih. Sekali lagi, ini juga dapat menjadi ‘pengalihan’ bagi para pencopet yang ingin mengambil barang berharga di tas kita!

Menipu Lewat Petisi Palsu

Modus ini sangat terkenal di Paris, terutama di daerah-daerah turistik sekitar menara Eiffel dan Montmartre. Aksi ini biasanya dilakukan oleh anak-anak perempuan, menghampiri turis dan meminta tanda tangan mereka untuk ikut membantu anak-anak penyandang disabilitas. Setelah itu mereka akan membujuk kita memberikan sumbangan dengan dalih ‘orang yang tanda tangan sebelumnya memberikan donasi besar’. Tentu saja yang dikatakannya tidak benar dan petisinya pun palsu.

Penipuan Dengan Modus Menawarkan Tiket Metro

Biasanya penipuan ini terjadi di stasiun Porte Maillot, Gare du Nord, dan Charles de Gaulle – stasiun yang ramai oleh turis yang baru tiba di Paris dan ingin membeli tiket kereta bawah tanah.

Melihat wajah kebingungan para turis, para penipu akan pura-pura berbaik hati ingin membantu ataupun menjadi petugas stasiun yang menawarkan tiket kereta bawah tanah (sebenarnya mereka membeli tiket anak-anak dan dijual dengan harga tinggi!).

Untuk menghindari penipuan ini, selalu beli tiket di mesin-mesin otomatis yang memiliki beberapa pilihan bahasa atau kunjungi petugas resmi di loket informasi untuk bertanya!

Menggunakan Modus Gelang Keberuntungan 


Kita kerap menemukannya di tangga menuju Sacré-Cœur. Mereka akan mendekati kita dan berpura-pura ingin berjabat tangan lalu berusaha mengepang tali di pergelangan kita, membentuk gelang dan meminta bayaran! Jika ingin menghindarinya, jangan pernah berhenti dan berkomunikasi dengan mereka, abaikan dan berjalanlah terus!

Modus Taksi Palsu

Sangat disarankan untuk memesan taksi dari perusahaan terpercaya seperti Le Cab atau Uber, atau dari antrian taksi di bandara dan stasiun kereta.

Kertas untuk Menutupi Ponsel

Perhatikan terus barang berharga kita, terutama ponsel, saat sedang berada di restoran yang ramai! Pencopet akan menghampiri kita dan berpura-pura menanyakan petunjuk jalan dengan peta atau kertas lainnya. Mereka akan menggunakan kertas tersebut untuk menutupi ponsel atau dompet anda di atas meja lalu mengambilnya diam-diam.

Pencopetan Dadakan ATM

Meskipun sudah familiar dengan modus penipuan ini, kita tidak boleh lengah dan harus tetap menjaga barang berharga saat mengambil uang di ATM. Perhatikan jika ada orang di belakang kita, terutama anak kecil, yang akan mengambil uang kita dan kabur.

Tetaplah Waspada!

Selalu perhatikan barang bawaan kita terutama di tempat-tempat ramai berikut:
  • Di bawah menara Eiffel;
  • Piramid Louvre dan taman Tuileries
  • Pont des Arts
  • Champs Élysées – terutama di stasiun metro Charles de Gaulle Étoile, George V, Franklin D. Roosevelt
  • Di dalam metro yang padat, terlebih jika kita membawa koper
 
Jangan Berikan Mereka Kesempatan!
  • Simpanlah uang secara terpisah dan tersebar agak kita tidak perlu mengeluarkan dompet setiap saat!
  • Selalu tutup risleting tas dan letakkan tas di depan badan kita; terutama di tempat-tempat ramai seperti stasiun.
  • Abaikan orang asing yang memanggil atau ingin bertanya sesuatu; mungkin saja itu hanya ‘pengalihan’!

Jangan sampai liburan kita terganggu oleh oknum-oknum ‘nakal’ ini. Ketahui modus-modus penipuan yang kerap dilakukan para copet di Paris dan tetaplah waspada!

Depok, 17 September 2018

2 komentar:

  1. selain banyak copet disana jg banyak pengemis pengamen ya.. hiksss ternyata disana gk seindah di instagram jg :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe... Dibalik yang indah-indah, pasti ada juga yang sebaliknya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...