Selasa, 10 November 2015

Tentang Sosok Dibalik Kesuksesan Internet

Memasuki era modern ini, kehadiran teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh kecilnya seperti internet. Dengan internet, kita semua bisa melakukan apa saja Atau dengan kata lain internet merupakan salah satu wadah yang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan lewat internet, kita bisa mencari informasi apa saja, berkomunikasi dengan orang lain yang berjauhan dengan kita, melakukan transaksi (jual beli, perbankan dan semacamnya), dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang bisa difasilitasi oleh kahadiran internet.

Tahukah anda bahwa dibalik hadirnya internet terdapat sosok atau tokoh-tokoh yang hebat? Berkat mereka, kita akhirnya dapat menikmati teknologi ini dan melakukan apa saja yang kita inginkan. Tanpa mereka, dunia ini tidak akan maju seperti sekarang ini. Bahkan mungkin saja sebagian dari kita akan tetap gaptek, terisolasi dengan dunia luar, dan semacamnya.

Contohnya, aku. Aku tidak akan tahu siapa itu Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Valentino Rossi, Bill Gates, dan lain sebagainya. Jangan mereka semua, dunia menulis dan blog pun gak bakalan aku ketahui seperti sekarang ini. Itu semua karena aku dilahirkan di daerah terpencil dilembah sebuah gunung, tidak ada di lalui jaringan PLN, dan juga jauh dari jaringan telekomunikasi serta internet.

Kalau tidak mengenal internet sejak 7 tahun yang lalu, tepatnya dimulai tahun 2008, aku tidak akan seperti sekarang ini. Berkat internet, aku akhirnya bisa mengetahui banyak hal, termasuk Cristiano Ronaldo, dan kawan-kawan, dunia menulis serta apa itu blog. Bahkan para sosok dibalik kesuksesan internet pun bisa aku dapat melalui internet.

Lalu, siapa saja sosok pencetus dan juga yang membuat internet sukses seperti sekarang ini? Mau tahu siapa saja sosok tersebut. Berikut sosok dibalik kesuksesan dan kemajuan internet yang beberapa di antaranya aku rangkum pada kesempatan kali ini!

1. Sang Kreator Internet – Vint Cerf dan Bob Kahn

Kedua tokoh ini adalah orang-orang hebat yang berhasil menciptakan bahasa komputer. Bahasa komputer ini digunakan untuk berkomunkasi dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan yang sama. Bahasa komputer yang ditemukan Vint dan Bob kemudian diberi nama TCP/IP. Berkat penemuan hebat dari kedua tokoh ini, kini kita dapat terhubung dengan orang di belahan dunia mana pun melalui jaringan yang kemudian menjadi cikal bakal, dikembangkan dan dinamakan internet.

2. Penemu konsep www – Tim Berners Lee

Tim Berners Lee adalah orang pertama yang menulis halaman web dan server. Tim merupakan pelopor dari profesi-profesi IT seperti web designer, programmer dan developer aplikasi. Tak hanya itu saja, Tim juga merupakan orang yang menemukan standarisasi web (www yang merupakan singkatan dari World Wide Web) dan ia masih terus berusaha untuk menyempurnakan hasil temuannya tersebut melalui World Wide Web Consortium (W3C).

3. Penggagas Email – Ray Tomlinson

Ray Tomlinson merupakan salah satu sosok brilliant yang berkontribusi dalam perkembangan dunia internet. Coba anda bayangkan apa jadinya bila hingga hari ini konsep berkirim pesan melalui email masih belum ditemukan?

Tak terbayangkan betapa sulit dan lamanya proses pengiriman informasi dari satu pihak ke pihak lain tanpa bantuan email. Melalui email, dalam hitungan detik anda dapat mengirimkan informasi yang ingin disampaikan kepada pihak-pihak pengguna internet di seluruh belahan dunia. Informasi yang dapat dikirimkan melalui email pun amat beragam bentuknya mulai dari teks, gambar, suara, dokumen hingga link internet.

4. Pendiri Google – Larry Page dan Sergey Brin

Penemuan besar dari Larry Page dan Sergey Brin ini memudahkan para pengguna internet untuk melakukan pencarian informasi. Bahkan ada ungkapan berbunyi “Google before you tweet”. Wow, tampaknya masyarakat modern sudah tak bisa lepas dari Google. Semua informasi yang dibutuhkan pasti akan dicari jawabannya melalui Google.

Mesin pencari memang bukan hal pertama yang diimplikasikan pada teknologi internet, namun bisa dibayangkan sejak ditemukan mesin pencari pertama, Google, pertumbuhan teknologi internet meledak tak terbendung hingga sebesar saat ini.

5. Microsoft – Penemuan Besar dari Seorang Bill Gates

Perusahaan software bernama Microsoft memang sangat populer di dunia. Pendirinya adalah sosok seorang pecintan teknologi bernama Bill Gates. Produk-produk yang dihasilkan Microsoft telah menjadi primadona software di berbagai bidang seperti perkantoran dan penggunaan rumahan. Melalui operating system Windows dan Micosoft Office, Bill Gates telah mempengaruhi cara orang-orang di dunia dalam berkirim informasi, mengetik, membuat laporan keuangan serta aktivitas lainnya.

6. Pendiri E-commerce eBay – Pierre Morad Omidyar

Pria yang satu ini merupakan pelopor transaksi jual beli secara online melalui internet. Pierre Morad adalah penemu eBay dan inovator transaksi jual beli online pertama di dunia. Ia berpendapat bahwa hadirnya eBay dapat memfasilitasi kegiatan jual beli secara online di seluruh penjuru dunia. Karena barang tak terpakai yang dimiliki seseorang bisa menjadi harta karun berharga bagi orang lain yang membutuhkan barang tersebut. Jika tidak ada penemuan konsep bisnis online yang dilahirkan lewat tangan dingin Pierre Morad Omidyar, mungkin pertumbuhan sinergi antara ekonomi dan internet belum akan sebesar saat ini.

7. Penemu Sistem Pembayaran Online Paypal – Peter Thiel

Berbelanja dan jual beli secara online tentu membutuhkan suatu bentuk alat pembayaran yang sah. Melalui Paypal karya Peter Thiel, kita dapat melakukan pembayaran tagihan dan belanja online dengan mudah tanpa harus menunggu proses transfer bank antar benua. Melalui penggunaan Paypal, pembayaran tagihan dan pembayaran transaksi jual beli dapat dilakukan dengan mudah dan universal dalam hitungan detik. Wow, sungguh mengagumkan bukan.

Selain beberapa sosok di atas, saya yakin kalau masih banyak lagi sosok lain dibalik kesuksesan internet bahkan mungkin beberapa diantaranya berasal dari generasi muda. Yang pasti, ide-ide yang mereka hasilkan hidup kita menjadi semakin lebih muda.

Makassar, 10 November 2015

Sumber Referensi Tambahan :
Facebook Orang-Orang Sukses  

10 komentar:

  1. Ebay nih sesepuhnya toko-toko online
    Kalo Vint Cerf dan Bob Kahn gak menciptakan internet kaya'a keenam penemu lainnya gak bakalan lahir ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh... gitu ya mas, makasih buat tambahan ilmunya dan koreksinya.

      Hapus
  2. Keren..tanpa mereka aku ga bisa ngeblog kyk sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, berkat mereka semua orang bisa menikmati internet, termasuk di dalamnya dunia blog.

      Hapus
  3. semua yang di atas legend. anak-anak it harus berterimakasih banyak kepada mereka. bukan cuma anak it, tapi juga semua orang. froza internet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita semua harus berterima kasih kepada mereka, karena berkat ide mereka kita semua akhirnya bisa menjelajahi dunia tanpa harus mengunjungi langsung dunia yang kita jelajahi tersebut lewwat internet.

      Hapus
  4. Apresiasi besar buat mereka, dunia berubah jadi global village, kita jadi ga kuper dan update terus dengan perkembangan berita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena mereka kita bisa mengenal dunia lain yang jauh tempat kita berada saat ini dan masih banyak hal lainnya juga.

      Hapus
  5. Tanpa mereka mungkin kita masih terpaku pada kapur dengan papan tulis berwarna hitam saja hehhee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bakalan tetap demikian jika mereka tidak menemukan ide untuk menciptakan internet. Bahkan bisa saja bisa lebih parah dari itu juga.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...