Rabu, 16 Oktober 2019

Traveloka Xperience, Yogyakarta dan Bulan Madu Yang Tertunda


Bulan Madu Romantis, Budget Minim (Ilustrasi : PMJ News)

“Jadi bulan madunya dimana?”

Aku hanya bisa tersenyum malu ketika pertanyaan itu dibisikkan oleh teman kuliah yang hadir di pernikahanku saat itu. Tepatnya kurang lebih 18 bulan yang lalu, yang bertepatan dengan hari Kartini.

“masih belum tau bro.” bisikku kepadanya.

“ya… sudah. Tapi jangan lupa rencanakan bulan madu mumpung kamu masih masa cuti. Ntar kamu belakangan kecewa kalau nggak jadi bulan madu.”

“iya, tenang aja bro. Pasti bulan madu kok! Istri saya sudah punya rencana duluan untuk yang itu.”

Begitulah obrolan singkat kami siang itu sekaligus reuni singkat sesama angkatan yang sudah hampir 5 tahun tak berjumpa. Aku dan dia sama-sama kuliah di salah satu kampus swasta di Makassar. Setelah lulus kuliah dia merantau ke Jakarta, sedangkan aku kelamaan kuliahnya karena sambil kerja.

Usai perjumpaan itu dan ketika malam tiba, aku kembali terbayang-terbayang dengan apa yang ia bisikkan di acara resepsi pernikahan.

“ahhh… benar juga ya. Enaknya bulan madu dimana ya, mumpung masih cuti. Ntar kalau sudah balik ke tempat kerja di Makassar, pasti bulan madu bakal jadi prioritas nomor buncit. Belum lagi istri kerjanya di Jakarta, cutinya pun sudah di ambil semua untuk nikahan.”

Malam semakin larut, ngantuk pun mulai menyerang dan pegal-pegal dibadan akibat berdiri kurang lebih 5 jam lamanya dengan pakaian adat solo masih terasa. Suara kodok dan jangkrik di sekitar kontrakan semakin jelas terdengar. Seakan menyuruhku untuk segera tidur dan bermimpi indah. Aku pun memutuskan untuk kembali ke kasur kapuk yang sudah memanggil-manggil sedari tadi.

Esok harinya, usai jalan-jalan pagi sekaligus membeli makan untuk sarapan pagi, aku memutuskan untuk membuka obrolan dengan istriku mengenai bulan madu. Setelah berdiskusi beberapa saat, pilihan pun jatuh pada 2 tempat disertai dengan alasannya.
Pertama, kami memilih Bandung. Alasannya karena Bandung masih dekat dengan Jakarta dan jarak tempuhnya hanya 3 jam lamanya. Sehingga orang tua istri alias mertua bisa dengan mudah memantau kami. Duh… rasanya masih seperti anak kemarin sore saja.

Kedua, Yogyakarta. Kenapa Jogja? Karena kota ini merupakan tempat yang paling di impikan oleh istri aku untuk bulan madu. Jogja juga dekat dengan kampung halaman orang tuanya. Jadi sambil bulan madu sekaligus bersilahturahmi dengan sanak saudaranya di kampung. Alasan lain karena di Jogja harga batik murah.

Ke tempat Bulan Madu Enaknya Naik Apa?

“mau naik pesawat, bis antar kota, atau naik kereta?”

Dan hati pun luluh pada kereta api untuk armada yang nanti akan melengkapi rencana perjalanan bulan madu kami. Seperti gerbong kereta yang saling menyambung satu sama lain dan keramahan di dalamnya, perjalanan baru kami sebagai suami istri pun harus saling melengkapi. Harus bisa berbaur dengan orang lain dan bisa melihat perspektif baru kehidupan dari sisi lain.

Dengan naik kereta api, akan ada banyak pemandangan alam nan indah yang bisa kami temukan selama perjalanan nanti. Pemandangan yang akan membuat mata segar kembali. Mulai hiruk pikuk pengguna kereta yang kerepotan dengan barang barang bawaan, tingkah malaikat-malaikat kecil yang polos dan lucu yang sesekali bisa rewel di dalam gerbong sepanjang perjalanan, hingga bertemu orang-orang asing yang seketika menjadi keluarga sementara.

“ahhh… jadi pengen cepat bulan madu.” Begitulah kata hatiku berbicara.

Namun rencana tinggallah rencana. Mimpi untuk bulan madu sirna dalam sekejap. Bayang-bayang bulan madu yang berakhir indah dan romantis perlahan-lahan menghilang. Yang tersisa hanya rasa kecewa.

“kok bisa?”

“restu untuk bulan madu tak kami dapatkan.”

Konon menurut adat jawa, pasangan suami istri yang baru menikah tidak boleh kemana-mana alias bepergian jauh dulu di 40 hari pertama pernikahan. Dan mertua aku yang orang jawa masih memegang adat itu.

Ya sudahlah. Sebagai anak dan menantu, kami harus nurut apa kata orang tua. Mungkin bulan madunya di lain waktu saja.

Semua Berubah Sejak Ada Traveloka

Traveloka
Kini setelah 18 bulan berlalu, bayang-bayang untuk bisa bulan madu kembali hidup. Harapan itu semakin jelas saat menerima email dari traveloka beberapa bulan lalu. Yang tak lain berisi tentang program barunya bernama Traveloka Xperience.

Sejak kenal dengan Traveloka aku sangat terbantu dalam melakukan perjalanan kemanapun. Termasuk saat bolak balik Jakarta-Makassar bertemu mertua, memberanikan diri melamar anaknya, hingga menyiapkan tiket pesawat untuk orangtua, adik dan beberapa keluarga yang hadir ke pernikahanku.

Hanya dengan modal smartphone dan aplikasi Traveloka, apa yang aku mau terselesaikan dengan cepat tanpa harus bolak balik ke travel. Dan yang terpenting pekerjaan utama aku tidak ikut terganggu.

Ya, Traveloka mampu merubah semua sejak aku mengenalnya. Aku yang suka ‘nitip pesan jadwal’ ke teman jika lewat depan travel tidak perlu takut lagi terlambat update hingga nggak kebagian kursi. Karena kini aku bisa melakukannya sendiri. Selama masih ada signal, hanya dengan satu aplikasi, dan dengan sesuka hati aku bisa melakukan dimana pun dan kapan pun aku mau tanpa mengenal waktu.

Traveloka Xperience Dulu

Sejak ada Traveloka, segalanya jadi lebih mudah. Mau traveling, pesan tiket pulang kampung, hingga merencanakan perjalanan bulan madu yang fleksibel dan dengan harga yang murah pun jadi gampang.

Saking mudahnya, mau pesan tiket serta penginapan tengah malam bisa. Pas baru bangun tidur dan masih setengah sadar juga bisa, bahkan sambil naik ojek ke tempat kerja pun bisa loh. Simpel dan mudah bangat kan!

Bahkan tiket yang awalnya di minimarket udah ada keterangan “Kereta Habis atau Kursi Tidak Tersedia” masih bisa tuh dicari di Traveloka. Malahan sampai stok kursi dan real timenya pun ditampilkan. Jadi heran ya kalau menemukan kejadian ini di traveloka. Cukup aku dan istriku aja yang kaget dan heran saat mengalami hal ini. Kamu, jangan! Hehehe…

Dan yang aku suka dari traveloka itu hemat tenaga dan waktu. Nggak perlu antri lagi ke stasiun atau ke travel seperti zaman baheula loh. Cukup buka aplikasi, masukkan tujuan, tanggal, konfirmasi, kemudian kalau udah semuanya benar, tinggal bayar deh. Sungguh menghemat segalanya kan!

Terus, Traveloka Xperience itu apaan? Dari tadi aku penasaran loh!

Traveloka Xperience (ilustrasi : blog Traveloka)
Traveloka Xperience itu merupakan platform digital yang tak lain menawarkan berbagai macam produk dan aktivitas liburan serta gaya hidup yang ada di seluruh dunia loh. Fitur baru baru ini punya beberapa keunggulan yang berguna banget bagi siapa pun yang ingin menghabiskan waktu liburannya dengan berbagai pengalaman seru.

Apa saja keunggulannya? Mari kita bedah satu persatu!

Pertama, segalanya terasa jadi cepat dan praktis

Maksudnya disini kamu nggak perlu lagi capek-capek ikut antrean panjang, baik saat membeli tiket kereta, pesawat, penginapan, termasuk masuk ke tempat-tempat wisata. Dengan Traveloka Xperience, pengalaman menjenuhkan itu tak akan kamu rasakan lagi.

Kok bisa? Karena dengan fitur Easy Access yang dimiliki Traveloka Xperience semua proses itu jadi lebih cepat dan praktis. Dan menariknya lagi kamu bisa langsung masuk tempat wisata tanpa harus antri panjang di loket.

Kedua, cara pembayaran yang mudah

Selain mudah dalam memesan tiket serta masuk destinasi wisata, melakukan pembayaran pun mudah. Seperti halnya produk Traveloka lainnya, Traveloka Xperience pun menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih dengan mudah.

Mau pilih transfer bank bisa, pakai kartu kredit tetap bisa kok, direct debit pun sama bisanya. Transfer lewat ATM tidak diragukan lagi, semuanya bisa hingga 24 jam non stop. Nggak berhenti disitu saja, kamu juga bisa melakukan pembayaran lewat alfamart, saldo uangku, indomaret, termasuk paylater pun bisa,

Bagaimana, sungguh terlalu mudah kan!

Ketiga, bebas dari rasa was-was dan cemas

Yang namanya rencana tak selamanya berjalan mulus. Kadang kala ada saja hambatan yang menghampiri. Begitu pula saat merencanakan liburan impian. Tapi, kamu nggak perlu cemas! Karena komitmen Traveloka untuk melayani reservasi selama 24 jam non stop. Termasuk hari besar dan hari libur nasional tetap dilayani.

Keempat, ada ribuan pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan

Traveloka Xperience hadir dengan banyak pengalaman seru yang siap diburu olehmu. Ada kurang lebih 15 ribu pilihan aktivitas yang bisa kamu pilih lebih dari 60 negara, mulai dari soal liburan hingga gaya hidup.

Dan menariknya, berbagai aktivitas #XperienceSeru itu tersusun rapi dalam 12 kategori yang saling terkait satu sama lain, mulai dari traveling sampai gaya hidup.

Traveloka #XperienceSeru (ilustrasi : blog Traveloka)
Pasti kamu penasaran kan, apa saja ke-12 kategori dari Traveloka Xperience tersebut?

Atraksi

Di menu ini, ada berbagai atraksi yang bisa kita temukan. Mulai dari atraksi yang terdekat dengan sekitar kita sampai yang ada di luar kota, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain yang bertema permainan, ada juga bertema keindahan alam, sejarah dan budaya, hingga tempat-tempat wisata yang instagramable pun ada.

Bioskop

Buat yang punya hobby nonton film di bioskop? Traveloka Xperience juga bekerjasama dengan beberap bioskop seperti CGV, Cinemaxx, ataupun Flix yang ada di berbagai kota di Indonesia. Cukup dengan membuka Traveloka Xperience, pilih film favorit, jumlah tiket, serta posisi tempat duduk yang di inginkan, kamu sudah bisa menonton film kesukaan tanpa perlu antrean panjang untuk membeli tiket masuk.

Event

Di menu Event, ada beragam acara seru yang bisa ditonton dengan sangat mudah. Baik itu event konser musik, pertunjukan teater, maupun gelaran balap motor. Cukup dengan menggunakan fitur Traveloka Easy Access kamu sudah bisa mendapatkan e-tiket yang bisa digunakan saat masuk ke acara event yang disukai.

Hiburan

Kamu sukanya aktivitas yang ringan saat akhir pekan? Buka saja menu Hiburan, di dalamnya tersedia berbagai aktivitas ringan namun tetap seru, seperti karaoke, berenang, ice skating, ataupun escape room di berbagai kota di Indonesia.

Olahraga

Olahraga kini memang menjadi gaya hidup bagi banyak orang ya? Di Traveloka Xperience, kalian yang gemar berolahraga bisa banget loh memesan tiket masuk ke tempat-tempat untuk berolahraga, baik in door maupun out door. Berbagai aktivitas yang bisa kalian pilih, antara lain adalah berenang, fitness, climbing, rafting, bela diri, hingga bermain trampoline.

Spa dan Kecantikan

Khusus buat kamu yang suka memanjakan tubuh dengan melakukan relaksasi, hingga perawatan. Menu spa dan kecantikanlah jawabannya. Kamu akan menemukan layanan perawatan kulit, rambut, pijat yang autentik hingga pijat ala Thailand.

Taman Bermain

Susah mengembalikan mood si buah hati yang bosan dengan aktivitas itu-itu saja. Di Traveloka Xperience mood si buah hati di jamin bakal kembali lagi seperti sedia kala. Ya, Traveloka Xperience juga bekerjasama dengan berbagai penyedia tempat bermain anak. Tiket masuknya juga bisa dipesan dengan mudah di Traveloka Xperience loh.

Transportasi

Berencana liburan ke luar kota, bahkan ke luar negeri? Sebaiknya kamu sudah mengakses Traveloka Xperience terlebih dahulu. Karena kemudahan segala transportasi public juga ada. Mulai kereta, bus, sepeda, speedboat, hingga penyewaan berbagai kendaraan lain di destinasi wisata.

Tur

Bosan berlibur sendirian dan kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah banyak tempat wisata dalam sekali perjalanan beramai-rami? Tenang! Ikuti saja tur perjalanan di Traveloka Xperience yang terdiri dari beberapa kategori, seperti jelajah alam, kuliner, hingga ke tempat-tempat yang menawarkan keindahan seni dan budaya. Dijamin liburanmu akan semakin berwarna, seru dan lebih mengesankan!

Pelengkap Perjalanan

Mengabadikan perjalanan dan membagikannya ke social media sudah menjadi hal yang wajib dilakukan ketika liburan. Tapi kamu malas bawa kamera dan aksesoris lainnya. Tenang! Kini kamu nggak akan pusing dan ribet lagi dengan itu semua. Lewat Traveloka kamu bisa menyewa jasa fotografer, sewa WiFi, dan pembelian kartu sim lokal loh, sebagai pelengkap sebuah perjalanan.

Makanan & Minuman

Sering merasa bingung saat memilih jajanan khas sebagai oleh-oleh saat berwisata ke luar kota atau ke luar negeri? Pesan saja berbagai voucher jajanan khas di kota destinasi wisata melalui Traveloka Xperience. Lebih mudah dan praktis.

Kursus & Workshop

Kamu udah bosan jalan-jalan dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Misalnya ingin kualitas dirimu meningkat, Traveloka Xperience sudah punya jawabannya kamu bisa mengikuti Kursus & Workshop yang menarik menurut kamu. Di Traveloka ada tersedia kursus kesenian hingga programming yang bisa kamu temukan di berbagai tempat.

Terus… bulan madunya kapan? Oh iya, sampai lupa. 

Bulan Madu Kemudian

Yogyakarta, selalu menarik untuk dikisahkan. Dari setiap sudut kotanya punya banyak sisi romantis yang tak pernah gagal mengajak kita untuk selalu mengenang kota ini. Yogyakarta juga terbuat dari rindu, yang membuat kita selalu ingin kembali lagi.

Februari tahun 2017, untuk pertama kalinya aku menginjakkan kaki di kota ini. Meski baru pertama, rasanya seakan sudah lama mengenalnya. Dan benar saja, setelah 3 hari di Jogja rasanya tidak ingin meninggalkannya. Rasa rindu ingin kembali di lain waktu langsung tertanam dalam jiwa. Setiap kali mendengar namanya, rasa ingin kembali muncul seketika.

Ah… tidak salah istri aku memilih kota ini sebagai tempat bulan madu. Ya, bulan madu yang 18 bulan lalu sempat tertunda.

Andai diberikan rejeki lebih, sebelum tahun berganti ingin rasanya melakukan #XperienceSeru bersama istri dan jagoan kecil kami. Dan lewat fitur Traveloka Xperience, aku sudah memilih beberapa aktivitas seru dan menyenangkan di Jogja. Diantaranya, ingin berkunjung ke Candi Borobudur yang terkenal sebagai warisan budaya dunia.

Menyaksikan keindahan Alun-Alun Kidul Yogyakarta hingga menjelang malam dan menikmati kuliner asli yang dijajakan oleh para pedagang, mengunjungi jalan malioboro yang terkenal akan kuliner dan batiknya yang murah tapi berkualitas, menyaksikan keindahan Candi Prambanan dengan senjanya yang eksotis, dan berkunjung kebun buah mangunan yang lengkap dengan pemandangan bukit yang indah serta segarnya udara khas pegunungan.

Dan yang tak kalah menarik adalah ingin kembali berinteraksi kembali dengan warganya yang begitu ramah-ramah.

Sebelum aku lupa lagi, kalau kalian rencana liburan serunya dimana? Jangan lupa mengakses Traveloka Xperience dulu ya, biar bisa dapat inspirasi aktivitas seru untuk liburan, destinasi, hingga membeli tiket masuk dan segala akomodasinya. Yang penting “Traveloka Xperience dulu, urusan pengalaman seru nanti kemudian!”.

Ok.

*  *  *

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog #XperienceSeru bareng Traveloka Xperience.

2 komentar:

  1. Saya juga udah coba Traveloka Xperience ini. Fiturnya menarik. Beli tiket lebih murah dan gak pake antri. Dan ini penting kalo wisata yang kita tuju lagi rame-ramenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar untuk urusan tiket dan segala kemudahannya, traveloka memang Ok. Sampai saat ini tiap mau traveling dadakan, saya selalu mengandalkan Traveloka untuk pesan tiket pesawat, hotel dan cari referensi tempat wisata yang akan saya tuju.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...