Senin, 25 Desember 2017

Tips Mengatur Ruang Sempit Menjadi Terasa Luas

Menggabungkan Tiga Ruangan Jadi Satu (www.hearthomemag.co.uk)
Bagaimana mewujudkan ruang yang terbatas agar tetap terlihat terasa luas?

Satu dari sekian banyak keluhan yang kerap mendera pemilik hunian dengan luas terbatas. Alih-alih ingin mempercantik huniannya dengan furniture dan aksesoris yang telah dibeli, tak jarang malah membuatnya menjadi semakin terasa sempit.

Namun demikian, bukan berarti hunian dengan luas yang terbatas tidak bisa dibuat terasa luas seperti yang di inginkan. Ada banyak cara untuk mewujudkan mimpi tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan pengaturan yang tepat. Sehingga kesan sempit dalam ruang bisa di minimalisir.

Lalu, bagaimana mewujudkannya?

Dalam buku “36 Rules Of Having A Room You Love”, karya desainer interior Lavina Taurina, ada beberapa tips mendekorasi, pewarnaan yang tepat, dan memilih serta mengatur furniture pada ruang yang luasannya terbatas atau sempit. Beberapa tips yang dimaksud akan saya ulas kembali dalam tulisan ini. Tentu saja dengan tidak mengurangi pesan yang disampaikan meski penjelasannya lumayan banyak saya tambah sesuai selera masa kini.

Seperti apa tipsnya, simak selengkapnya dibawah ini.

Pasang Cermin

Dengan menghadirkan cermin dalam dekorasi ruangan Anda, secara tidak langsung akan memberikan nilai lebih. Di antaranya menghadirkan sentuhan mewah dan menghadirkan kesan luas atau lapang pada ruangan.

Namun harus di ingat, dalam penempatan cermin jangan lupa untuk mempertimbangkan posisi yang tepat. Karena jika salah dalam melakukan penempatan, tidak menutup kemungkinan apa yang ingin kita sembunyikan pantulannya tiba-tiba muncul dalam cermin.

Akan lebih baik jika cermin bisa membentang dari lantai ke plafond, sehingga efek pencitraan ruang “palsu” bisa tercapai dan lebih terasa efeknya.

Pilih Furniture Yang Sesuai Ruang

Jika membeli sofa atau kursi, ada baiknya belilah yang ukurannya sesuai dengan luasan ruangan yang akan digunakan. Pilihlah sofa dengan dua dudukan saja dan kalau perlu tambahkan puff (bangku tanpa sandaran). Atau puff bisa juga difungsikan sebagai sebagai meja. Lebih baik lagi jika sofa yang di beli berfungsi ganda atau multifungsi, misalnya bisa juga sebagai tempat penyimpanan.

Pilih Meja Makan Yang Tepat

Bila hunian kamu luasnya benar-benar terbatas, tapi ingin ada meja makan di dalamnya, maka pilihlah meja makan yang dibuat sesuai ukuran (custom). Atau buatlah menyatu dengan dapur sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat.

Buatlah Desain Ramping

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba membuat desain ramping pada ruangan. Dengan desain ramping, kamu akan menghadirkan kesan ringan dalam ruang. Contoh, menggunakan rangka hollow stainless pada perabot yang memungkinkan desain ramping dan ringan, tapi tetap terlihat kuat dan kokoh.

Perhatikan Penempatan Furniture

Furniture sudah siap, selanjutnya tinggal dipajang di posisi yang di inginkan. Dalam menempatkan furniture, sebaiknya pasang mempet ke dinding atau bisa juga dengan menggantungnya, sehingga dapat memberikan kesan kosong pada ruang jadi lebih banyak. Dengan demikian otomatis akan membuat ruang tetap terasa luas.

Pilih Warna Muda

Dimana-mana, yang muda selalu cepat menarik perhatian, begitu pula dengan warna. Cobalah untuk mengecat atau menghadirkan warna muda ke dalam hunian Anda. Selain paling aman di aplikasikan, juga lebih mudah memberikan kesan luas pada ruang. Hindari mengaplikasikan lebih banyak warna, karena akan menjadikan ruangan Anda jadi norak dan efeknya nggak sedap di pandang. Kalau pun ingin berkreasi dengan banyak warna, cukuplah sebagai aksen saja. Maksimal 3 warna dalam satu ruang biar nggak terlihat aneh dan tentunya tetap nyaman dipandang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

BTN Antara, 25 Desember 2017

4 komentar:

  1. Makasih artikelnya. Pas banget 2018 lagi mau bebenah rumah.. supaya lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga membawa manfaat dan sukses mengaplikasikannya di tahun 2018.

      amiiin...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...