Minggu, 05 November 2017

Menyerap Inspirasi Di Kota Para Daeng

Astra Berbagi Inspirasi (sumber : www.astra.co.id)

Hidup ini memang penuh kejutan. Dalam sekejap segalanya bisa berubah. Tak peduli, miskin ataupun kaya, muda maupun tua, semuanya punya potensi untuk merasakannya. Dan dari sebagian kejutan itu, tak jarang menjadi kisah yang menakjubkan, mampu mengubah hari-hari orang lain menjadi lebih bermakna hingga menginspirasi banyak orang.

Contohnya seperti inspirasi dari Kota Para Daeng dibawah ini. Dimana inspirasi ini belum lama berlalu, tepatnya tiga hari usai Hari Raya Idul Adha 2017.

*   *  *

Pagi itu, rasa meriang yang saya rasakan sejak dua hari sebelumnya belum juga sembuh. Sambil memandang ke arah jendela kamar menanti matahari menembus kaca jendela, pikiran saya malah berdebat, antara mau masuk kerja atau ijin sakit. Dengan badan yang masih meriang dan sedikit kurang semangat, saya meraih smartphone kemudian mengirimkan pesan ke doi yang ada di seberang pulau sana. Saya meminta saran kepadanya, mana yang terbaik, antara masuk kerja atau istirahat dulu.

Tak lama setelah pesan itu terkirim, smartphone saya pun berbunyi. Ada sebuah pesan masuk, yang di dalamnya tak hanya meminta saya untuk istirahat, tetapi juga sekaligus menyuruh saya untuk cek kesehatan di rumah sakit, atau nggak setidaknya ke puskesmas yang dekat dengan tempat saya ngekost.

Saran pun saya terima dan segera mengirim pesan ke group What’s App perusahaan dimana tempat saya bekerja. Hari itu saya meminta ijin untuk tidak masuk mengawas proyek dilapangan karena sakit dan ingin memeriksa kesehatan ke dokter. Bigboss pun memberikan izin dan saya pun langsung bersiap untuk ke puskesmas yang masih berada di kompleks BTN Antara, Makassar.

Saat menuju puskesmas, dalam hati saya berkata : “pasti nggak banyak nih orang di puskesmas”.

Namun saat saya sampai, yang saya temukan malah sebaliknya. Pagi itu pemandangannya sungguh unik. Ternyata udah banyak yang antri sejak pagi dan di dominasi oleh para orang tua (rata-rata di atas kepala 5). Menariknya, tidak semuanya sakit, melainkan cuma untuk cek up rutin. Sungguh sesuatu yang mengagumkan dan menginspirasi menurut saya. Di usia yang udah di atas 50 tahun, mereka masih semangat dan peduli akan kesehatan. Suatu hal yang patut di tiru oleh masyarakat lainnya. Bahwa tak harus menunggu sakit dulu baru peduli dengan kesehatan diri.

Ah… pagi itu, rasanya seperti di tampar berkali-kali. Dengan takjub, saya melangkahkan kaki menuju counter tempat mendaftar. Saya pun disambut dengan senyuman oleh pegawai puskesmas sekaligus meminta kelengkapan administrasi yang diperlukan sebelum memberikan nomor antrian. Oh iya, pagi itu, di puskesmas itu para pegawai lagi merapikan administrasi di internalnya. Tujuannya demi memudahkan administrasi calon pasien maupun yang sudah biasa memeriksa kesehatan di tempat tersebut di kemudian hari.

Usai mendapatkan nomor antrian, saya pun bergegas menuju bangku kosong yang tersedia. Sambil menunggu nama saya di panggil, kuping saya serius mendengarkan setiap obrolan para orang tua yang juga memeriksa kesehatan hari itu.

Di antara yang ngobrol, ada satu sosok yang familiar bagi saya. Sebut saja namanya pak Ahmad (nama samaran). Usianya sekitar 60-an tahun. Ia bercerita banyak hari itu, mulai dari urusan makanan kesukaan hingga urusan kesehatan. Beliau menyukai makanan yang berkolesterol. Hari itu ia melakukan cek up lebih cepat dari jadwal biasanya. Dan penyebabnya adalah saat Idul Adha tiga hari sebelumnya, ia lumayan banyak makan daging. Makanya ia semangat sekali untuk memeriksa kadar kolesterolnya pagi itu.

Apa yang dilakukan oleh pak Ahmad tersebut, bagi saya adalah sebuah inspirasi yang patut di tiru. Bahwa untuk tetap sehat, maka kita harus peduli dengan kesehatan kita sendiri dan tidak perlu takut, serta ragu untuk memeriksakan langsung kepada ahlinya. Yah, siapa lagi kalau bukan ke doker.

60 Tahun Astra, Tak Berhenti Menginspirasi

Pos Kesehatan Kelurahan Rappocini (sumber : www.makassar.tribunnews.com)
Selain inspirasi dari para lansia, seperti pak Ahmad (nama samaran) di atas, ada juga inspirasi lain yang tak kalah menarik. Bahkan sudah dilakukan sejak 60 tahun yang lalu. Dan inspirasi ini bukan datang perorangan, melainkan dari sebuah group usaha yang semua orang sudah mengenalnya.

Ya, inspirasi kedua ini datang dari Astra Indonesia yang kini sudah memasuki usia yang ke 60 Tahun. Di usianya yang tidak muda lagi, bahkan sudah seumuran dengan para orang tua di puskesmas yang saya temui, Astra tetap semangat menginspirasi banyak orang.

Di usianya yang ke-60 ini, Astra kembali menginspirasi bangsa dengan berbagi kepada sesama lewat program kepedulian sosialnya ke masyarakat. Untuk tahun ini, Astra bekerja sama dengan kelurahan Rappocini, Makassar, menggiatkan kembali Kampung Berseri Astra dalam bentuk Pos Kesehatan Kelurahan (PosKesKel) di lorong tujuh, yang juga diberi nama Lorong Honda CBR.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Wilayah Astra Motor Makassar, Denny Teguh, PosKesKel yang sebelumnya sempat terbengkalai selama dua tahun belakangan itu memang berada di lokasi strategis pertengahan kelurahan Rappocini, namun kondisi fisik bangunan tidak memungkinkan untuk dilakukan kegiatan puskesmas lagi.

Melihat lokasinya yang strategis dan dapat bermanfaat untuk warga sekitar, bangunan yang dulu kondisi atapnya roboh, jendela pecah, lantai dan dinding juga rusak, maka Astra Motor Makassar pun mencoba membantu merenovasi agar dapat aktif kembali sebagai Pos Kesehatan Kelurahan yang layak. Dan sesuai dengan harapan, pos kesehatan itu aktif kembali.

Beruntunglah mereka yang bisa merasakan program Astra peduli social dan kesehatan tersebut. Karena diluar sana masih banyak yang belum merasakan hal yang sama. Untuk Astra jangan pernah berhenti menginspirasi banyak orang. Kepedulianmu membuat banyak orang terbantu dan semoga mereka yang telah merasakannya bisa melakukan hal yang sama pula.

Bonus, program Astra selanjutnya #generAKSISEHATIndonesia.

BTN Antara, 5 November 2017


Tulisan ini diikutkan Lomba Blog Inspirasi 60 Tahun Astra

24 komentar:

  1. Seperti Astra yang terus menginspirasi, setiap masyarakat Makassar juga seharusnya jadi agen inspirasi untuk gerakan-gerakan positif khususnya dalam bidang kesehatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, nggak harus menunggu gerakan itu mulai oleh orang lain dahulu. Warga makassar pun harus punya inisiatif untuk menginspirasi dan melakukan gerakan positif yang berguna untuk orang di sekelilingnya.

      Hapus
  2. Luar biasa inspirasi Astra di kota para daeng ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, nggak perlu jauh-jauh mencari inspirasi di daerah lain. Di daerah sendiri aja banyak bangad nggak taunya.

      Hapus
  3. semoga akan lebih banyak lagi astra membantu lorong" lain di kota Makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja semakin banyak kegiatan serupa.

      Hapus
  4. Salah satu perusahaan yang menginspirasi yah Astra inilah. Mulai dari Sabang sampai Merauke dirangkulnya. Apalagi Makassar, mantap deh jadi salah satu kota yang dipilih Astra untuk menebar hal kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, andai semua warga juga saling berbagi dan merangkul seperti yang dilakukan Astra. Dijamin, semuanya akan menjadi indah.

      Hapus
  5. Semoga program2 keren kayak begini menjamur di Makassar..

    BalasHapus
  6. Dengan tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi, mewujudkan lingkungan yang sehat bukan lagi hal yang tidak mungkin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup... Andai semua warga makassar melakukan demikian. Di jamin dah bakal bahagia semua warganya karena sehat.

      Hapus
  7. Sukses terus untuk Astra dan semoga bisa terus menginspirasi dengan program-program inovatifnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin... Semoga semakin banyak program-program serupa.

      Hapus
  8. Setelah ini, rajin-rajin check up ya kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... Ketahuan jarang cek kesehatan.

      Hapus
  9. keren ya ada Kampung Berseri Astra :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen juga di sekitar kos dibuat keren seperti itu.

      Hapus
  10. Semoga Kampung Berseri Astra menjangkau juga di sekitaran rumah saya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada juga yang punya harapan kaya saya.

      Hapus
  11. keren astra, CSRnya di mana-mana, perusahaannya juga bagus

    BalasHapus
  12. Kereeennnn, yang dilakukan Astra wajib banget deh dicontoh sama perusahaan lainnya. Bermanfaat banget untuk Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad tuh, semua perusahaan skala nasional harus mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Astra Group.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...