Jumat, 15 Desember 2017

11 Tips Memilih Rumah di Perumahan Agar Tidak Tertipu


Tips Memilih Rumah di Area Perumahan

 Memilih rumah sama halnya dengan memilih calon pasangan
 
Kedengarannya seperti mengada-ngada, tapi pada kenyataan kurang lebih demikian. Sama halnya dengan memilih pasangan dan di luar feeling masing-masing, memilih rumah pun punya banyak kriteria yang harus di penuhi.

Kenapa?

Karena rumah yang dipilih nantinya akan ditempati dalam waktu yang lama. Tidak beda jauh dengan pasangan yang nantinya akan menjadi milik kita selamanya. Dan itu artinya dibutuhkan ke hati-hatian agar terhindar dari kekecewaan di kemudian hari. Di sisi lain akan banyak energi yang tersita, karena pasti harus ke sana kemari mencari rumah yang idamkan.

Namun demikian, di jaman yang serba mudah seperti sekarang ini, untuk mencari rumah sebenarnya bukan lagi hal yang sulit. Kenapa? Karena sudah banyak alternative yang tersedia buat kamu yang sedang mencari rumah. Salah satu di antaranya adalah hadirnya perumahan yang dikembangkan oleh para developer.

Dengan demikian, kamu tidak perlu bolak balik lagi untuk nyari sana sini perumahan yang kamu inginkan. Meski demikian, kamu tetap harus waspada agar tidak salah dalam memilih rumah di area perumahan. Ada beberapa point yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari penipuan tersebut.

Survey
Lokasi

Langkah awal sebelum membeli rumah di perumahan adalah dengan melakukan survey rumah. Anda bisa melakukan survey secara detail tentang rumah di perumahan yang akan anda beli baik secara langsung dengan datang ke lokasi atau melalui internet. Lakukan survey ke beberapa lokasi yang berbeda agar Anda tidak hanya terpaku pada satu lokasi perumahan saja. Dengan survey lokasi pastinya juga anda tahu kawasan yang berada di perumahan terebut.

Tema Proyek Rumah

Cara memilih rumah yang selanjutnya adalah dengan melihat tema proyek pada perumahan tersebut. Sekarang banyak pengembang yang telah menentukan tema pada proyek perumahannya. Hal ini bisa Anda lakukan saat survey pada lokasi perumahan. Dengan melihat tema perumahan anda bisa melihat lingkungan disekitar perumahan itu.

Posisi Rumah

Tips selanjutnya adalah memilih posisi rumah yang akan Anda beli. Memang sedikit tidak masuk akal dalam hal memilih posisi rumah. Jika kita berbicara posisi rumah, tentunya berada di posisi manapun rumah kita selagi kita nyaman tidak akan jadi masalah. Yang perlu saya tekankan disini, mungkin sedikit penjelasan untuk posisi rumah di perumahan. Biasanya posisi rumah yang berada di paling pojok menjadi target awal bagi para pembeli dari pada posisi rumah yang berada di tengah-tengah. Jika Anda memilih rumah yang posisinya berada di pojok akan sedikit menguntungkan karena rumah Anda akan terlihat lebih luas.

Mengunjungi Kantor Marketing

Banyak sekali perumahan yang menawarkan banyak hal kepada pembeli. Yang perlu saya tekankan adalah mencari sebanyak banyaknya informasi tentang perumahan salah satunya mengunjungi kantor marketingnya. Kumpulkan beberapa informasi yang nantinya akan menjadi beberapa pilihan dari Anda.

Perhatikan juga kemudahan akses transportasi pada perumahan yang Anda jadikan target. Sangat banyak perumahan yang dijual dengan harga di bawah permintaan pembeli, maka dari itu bijaksanalah dalam memilih rumah idaman Anda. Disamping mencari informasi baik berupa brosur atau yang lainya di kantor marketing, usahakan juga mencari informasi di agent property yang mengerti rumah di daerah yang Anda inginkan karena biasanya rumah yang ditawarkan baik dibangun oleh pengembang maupun rumah secondary market. Dari situ Anda akan mempunyai lebih banyak pilihan lagi.

Status Rumah

Memilih rumah yang selanjutnya adalah dengan melihat status target rumah impian anda. Yang sering kali ditawarkan oleh penjual biasanya ada dua hal yaitu rumah siap huni dan inden. Rumah huni adalah rumah yang siap untuk ditempati. Biasanya pembeli diperbolehkan untuk melihat rumah secara langsung. Kalau rumah inden biasanya pembeli hanya bisa memilih lokasi yang tertera di site plan perumahan kemudian menunggu dalam jangka waktu yang telah ditentukan untuk proses pembangunan.

Harga Rumah

Dalam pembelian rumah, harga juga salah satu yang sangat penting dalam tips memilih rumah di perumahan. Sebelum membeli rumah di perumahan, alangkah baiknya bertanya kepada pengembang atau penjual rumah tentang harga rumah dan sistem pembayarannya. Telitilah dalam bertanya tentang beberapa hal misalnya biaya PPN 10% sudah termasuk apa belum, biaya KPR, biaya Akta Jual Beli (AJB), biaya perolehan hak atas tanah bangunan (BPHTB), dan juga pastinya ada sistem diskon dalam setiap pembelian rumah di perumahan.

Kualitas Bangunan Rumah

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas. Banyak sekali pengembang perumahan yang membangun beberapa desain dengan model yang sama.  Hal itu juga salah satu yang masuk dalam kategori kualitas dan sangat berpengaruh bagi orang pembeli perumahan. Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan aspek kualitas baik dari segi kualitas model desain rumah, fisik rumah, aspek jalan, kualitas bahan baku dan lingkungan yang nyaman.

Fasilitas Dalam Rumah

Pada umumnya di beberapa perumahan tentunya akan menawarkan beberapa fasilitas, baik fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Perumahan dengan fasilitas yang memadai akan menjadi bahan buruan bagi seorang pembeli. Misalnya saja fasilitas yang ditawarkan adalah rumah ibadah, area olah raga, kolam renang dan café.

Garansi Kerusakan

Jangan lupa untuk hal yang satu ini yaitu, garansi kerusakan rumah yang kamu beli. Biasanya garansi diberikan selama 3 bulan dari proses serah terima rumah. Waktu tersebut dapat kamu gunakan untuk meminta perbaikan gratis apabila rumah kita bocor, dinding retak atau kerusakan-kerusakan lainnya. Nah sudah tahu kan, cara cerdas dalam memilih rumah. Bandingkan seluruh informasi yang sudah kamu dapat dari brosur dan pameran perumahan sebelum kamu menentukan pilihan.

Kondisi Keamanan

Pastikan perumahan memiliki fasilitas keamanan seperti security atau CCTV. Ini penting untuk rumah masa depan kamu. Beberapa perumahan kecil sering tidak menyediakan fasilitas ini.

Taman

Apakah rumah tersebut menyediakan taman dan fasilitas umum seperti sarana olah raga, Rumah ibadah, Kolam renang dan cafe.Semua Fasilitas ini diperlukan untuk bersosialisasi dengan sesama warga, dan juga fasilitas taman bermain bagi anak-anak bagi kamu yang sudah berkeluarga.

BTN Antara, 15 Desember 2017

Referensi
Facebook Emerald Hill Residence

8 komentar:

  1. Kalo rumah yg di pojok kan namanya Hook. Memang lebih luas tapi juga lebih mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar dan sering menjadi incaran banyak calon penghuni baru. Dan dalam beberapa tahun yang akan datang, biasanya harganya naik.

      Hapus
  2. Fasilitas keamanan itu tergantung kekompakkan warganya juga bang. Contohnya di Batam, setelah dilepas oleh developer maka warga membentuk semacam perkumpulan untuk membahas kemajuan kompleks, termasuk urunan biaya menggaji beberapa satpam yang bertugas menjaga perumahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, tapi ada juga perumahan yang sudah di desain lengkap semua dengan pos satpam di masing-masing bloknya. Untuk biaya keamanan memang selalu ditagih ke penghuni kompleks. Ditepmat saya kerja sekarang juga begitu.

      Hapus
  3. Rumah yang berada di pojokan memang selalu jadi incaran karena lebih luas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biasanya punya lahan lebih luas dari yang lainnya.

      Hapus
  4. thank you infonya pas banget mau caricari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga cepat dapat rumah yang di idamkan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...