Sabtu, 30 September 2017

Semesta Bali Memanggil

Pemandangan Kintamani (Foto : IG @balifunky)

Apa sih yang istimewa dari Bali?

Bocah itu tiba-tiba mengajukan pertanyaan yang menohok. Ia berasal dari pulau kecil di wilayah tenggara pulau Sulawesi. Kepulauan Tukang Besi (kini Wakatobi), itulah nama pulau kecil itu. Pulau yang masih perawan dan tentunya tidak kalah menawan pula, serta terkenal juga akan pasir putihnya yang bersih dan halus. Pulau yang kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata baru yang diharapkan bisa menjadi Bali selanjutnya.

Ah… bocah itu tidak paham kalau Bali sudah terkenal sejak dulu, bahkan sebelum ia lahir. Lebih tepatnya lagi sejak zaman kolonial. Ya, Bali sudah dipromosikan di majalah-majalah luar negeri, seperti Eropa dari tahun 1800-an. Dan promosi itu tentu saja masih dilakukan hingga masa kini.

Hal lain yang membuat Bali begitu istimewa adalah akses transportasi yang banyak dan mudah terjangkau. Salah satunya Bali bisa dijangkau dengan mudah dari bandara manapun. Sementara pulau-pulau lain di wilayah timur, transportasinya masih minim. Belum lagi berbicara mengenai infrastruktur, tentu saja Bali menang banyak. Ada banyak pilihan penginapan, hotel, juga kendaraan. Semuanya bisa dipilih dan disesuaikan dengan isi kantong. Buat yang punya dana pas-pasan pun masih banyak kamar-kamar yang disewakan dengan biaya sangat murah. Terakhir, di Bali ada banyak pilihan wisata. Jika tak suka pantai, masih bisa bergerak ke pegunungan.

Sungguh komplit bukan? Ah… Bali memang punya semuanya. Pantas saja dijadikan destinasi paling favorit di Indonesia.

*   *   *

Setelah lebih 20 tahun berlalu, bocah itu baru menyadari semuanya. Bali memang istimewa dan selalu menjadi favorit wisatawan hingga saat ini. Uniknya lagi, bocah itu kini malah penasaran dengan pesona Bali. Setiap kali melihat keindahan pulau Bali dilayar kaca (bukan melihat di televisi hitam putih kaya 20 tahun lalu), ia berharap suatu saat bisa traveling ke pulau eksotis itu.

Ahhh… akankah mimpi itu terwujud?

Dan rasa penasaran serta impian itu bangkit kembali belakangan ini. Lebih-lebih lagi saat tahu bahwa traveling itu ternyata menyenangkan. Tidak seribet yang ia pikirkan sebelumnya bahwa traveling itu hanya menghabiskan tenaga, buang-buang waktu dan juga duit. Semakin memuncak lagi setelah melihat foto-foto eksotisnya Bali di sebuah website kece.

Website yang membuatku kembali berkhayal dan bersemangat untuk bisa menginjakkan kaki di Bali. Andai saja aku bisa kesana suatu saat nanti, ada beberapa tempat yang ingin aku kunjungi dan melakukan hal unik disana.

Ubud

Harmoni Semesta Ubud
Kenapa aku memilih Ubud sebagai destinasi pertama yang akan aku kunjungi? Karena Ubud begitu magis dan unik. Lebih tepatnya lagi aku menyukai sesuatu yang alami seperti keindahan alam dan juga kebudayaan di Ubud. Ya, aku ingin merasakan harmoni semesta disana. Ingin sekali menonton tari kecak dari dekat dan atraksi budaya lainnya yang sudah menjadi denyut nadi orang bali. Mengunjungi objek wisata Monkey Forest, pasar seni yang terkenal akan souvenir-souvenir uniknya serta benda seni menarik lainnya.

Tak ketinggalan juga ingin mencoba kegiatan menantang seperti rafting, cycling, hingga trekking. Yah, itung-itung bernostalgia dengan kegiatan masa kecil dahulu yang suka berpetualang ke hutan bersama teman-teman, berjalan kaki sejauh 6 kilometer mendaki bukit tiap kali usai 17 Agustusan, dan juga suka bersepeda ramai-ramai ke kampung sebelah.

Nusa Penida

Setelah Ubud, selanjutnya yang ingin aku kunjungi adalah Nusa Penida. Ada apa ya di Nusa Penida. Jawabannya, banyaaa….k.

Bukit Teletubies (Foto : IG @balifunky)
Ya, sekali lagi, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi disini dan tidak kalah kece juga ternyata. Diantaranya seperti Bukit Teletubbies, jadi ingat program televisi zaman anak-anak dulu yang berjudul Teletubbies. Lansekap hijaunya cocok untuk fotogenik.

Lalu kemana lagi, tenang masih banyak kok? Selanjutnya ke Tembeling Beach. Apa yang menarik disini? Ada tempat suci yang digunakan untuk ritual uacara keagamaan oleh masyarakat Bali. Tepatnya dikawasan hutan terdapat dua kolam alami tersembunyi dengan airnya yang jernih yang menggoda. Cocok bangad untuk tempat bermeditasi dan pas buat aku yang menyukai ketenangan.

Terus apalagi setelah itu? Ada Broken Beach.

Broken Beach (Foto : IG @balifunky)
Melihat letaknya yang jauh dari pemukiman warga, menurutku tempat ini cocok untuk dijadikan tempat mencari ketenangan atau meditasi. Cocok sekali buat saya yang bisa dibilang setiap harinya selalu berurusan dengan pekerjaan. Dimana sesekali ingin memanjakan diri dengan melihat pemandangan yang alami.

Hhhmmm… jadi mengkhayalkan angin yang berhembus sepoi-sepoi ditempat ini. pasti memberikan kesejukan tersendiri bagi pikiran. 

Tanah Lot

Tanah Lot, Tempat Suci Umat Hindu (Sumber Foto : IG @balifunky)

Keberadaan pura yang terletak di atas batu karang membuatku semakin penasaran dengan tempat yang menjadi ikon dari Tanah Lot ini. Tempat suci yang tidak lepas dari nilai-nilai budaya dan spiritual, serta menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas menarik yang pas untuk menyempurnakan liburan. Ada banyak yang bisa dilakukan disini, seperti mengunjungi pulau karang yang eksotis, mengunjungi gua ular suci, mengunjungi pura suci disekitar area Tanah Lot, ingin menyaksikan upacara keagamaan, menikmati momen sunset yang sudah lama tidak aku lihat, dan terakhir tentu saja tidak mau ketinggalan berburu foto indah.

Oh… Bali, semakin jemari ini menulis tentang keindahan dan magicmu, semakin jauh pula aku terbayang-bayang dan terbawa suasana. Pesonamu membuat terhipnotis dan tak sabar ingin mengunjungimu. Ah… andai saja bisa terwujud secepatnya.

BTN Antara, 29 September 2017

2 komentar:

  1. Siapa sih bocah kecil itu. Pengen suatu hari bisa jumpa di bocah di Ubud, Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.... tuh bocah bikin penasaran saja.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...