Selasa, 04 April 2017

Bingung Memilih Warna Cat Untuk Hunian, Coba Tips Ini


Tips Memilih Warna Cat (sumber : www.dulux.co.id)

Kombinasi warna cat yang bagus itu seperti apa sih?

Musim penghujan sebentar lagi akan berakhir. Biasanya kebanyakan orang bersiap-siap untuk merenovasi rumahnya agar terlihat indah kembali. Terlebih tahun ini nggak lama lagi ramadhan akan menyambut kita semua, khususnya warga muslim. Pasti banyak di antara kita yang ingin rumahnya terlihat indah dan baru kembali dalam menyambut ramadhan tahun.

Salah satu yang biasanya paling sering dimasukan ke dalam list renovasi adalah merubah cat rumah. Dalam memilih warna cat, tak jarang ada yang bingung dalam memadukan warna. Suka bikin pusing kalau berhadapan dengan masalah yang satu ini. Apalagi kadang timbul pikiran takut warna cat rumahnya samaan dengan tetangga.

Memilih warna dan juga cat yang bagus seringkali menjadi hal yang memusingkan bagi mereka yang tergolong awam. Terlebih lagi yang bersangkutan tinggalnya di daerah pelosok. Padahal jika mau berpikir kreatif sedikit, misalnya dengan melakukan uji coba warna, bukan tidak mungkin akan menemukan banyak warna baru yang unik dan menarik, serta warna apa yang untuk di aplikasikan ke dalam dinding sebuah hunian.
 
Namun karena jaman telah berubah dan segala sesuatunya harus serba cepat, bahkan uji coba warna mulai di anggap sebagai sesuatu yang kuno, kebanyakan orang lebih memilih bertanya langsung pada pakarnya. Tapi bagi mereka yang ragu berkonsultasi dengan pakar warna karena takut dikenakan biaya konsultasi, internet pun menjadi solusi tepat di jaman modern seperti sekarang ini. Selain murah,  mudah dan tidak perlu jauh-jauh berkonsultasi ke pakar, juga banyak pilihan yang warna yang bisa di aplikasikan pada hunian.

Meski internet telah menyiapkan segalanya, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih warna dan juga cat rumah. Karena memilih warna cat rumah tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Alih-alih ingin mendapatkan warna yang sesuai harapan dan juga bisa menghemat budget, eh... ujung-ujungnya malah menimbulkan masalah baru.

Untuk itu, dengan banyaknya jenis warna dinding yang beredar di pasaran saat ini, dalam memilih warna cat minimal menyesuaikan dengan konsep hunian masing-masing. Itu pun kalau kamu paham hunianmu berkonsep apa? Apakah itu minimalis, klasik, modern, dan lain sebagainya.

Nah... untuk itu, kali ini saya ingin memberikan tips dalam memilih warna cat rumah buat kamu yang mungkin saja tahun ini punya rencana mengganti warna cat rumah. Tips ini berlaku untuk semua type hunian dan untuk semua kalangan, termasuk kamu yang mengaku masih polos alias awam. Mau tahu seperti apa tipsnya, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Harus Punya Sumber Inspirasi

Saya yakin, siapa pun yang membaca ulasan singkat ini pasti memiliki banyak sumber inspirasi. Entah itu lewat televisi, melihat secara langsung di dunia nyata, dan majalah. Atau ada juga yang memanfaatkan kehadiran internet, misalnya membaca berbagai artikel online, seperti blog atau media sosial lainnya untuk mengumpulkan gambar-gambar kombinasi warna yang pada akhirnya akan memicu bangkitnya imajinasi.

Atau mungkin ada juga yang masih menggunakan cara lama, seperti mengumpulkan kain, cat dan sampel wallpaper dari toko langganan sebagai sumber inspirasi untuk menemukan kombinasi warna cat yang pas dengan konsep huniannya.

Bagi kamu yang memiliki koleksi gambar yang banyak, bisa menggunakan gambar tersebut untuk mewakili gaya yang kamu sukai. Cara cukup kamu susun gambar-gambar tersebut. Dengan melakukan hal tersebut kemungkinan besar kamu akan mulai melihat pola jenis warna dan nuansa yang menarik perhatian, yang nantinya bisa kamu terapkan pada hunianmu.

Apa Saja Furnitur Yang Ada di dalam Ruangan?

Bicara tentang furniture, sudah pasti dalam hunianmu memiliki banyak furniture di dalamnya. Baik itu karpet, tikar, tirai, lemari, bantal atau furnitur lainnya yang bisa saja sudah ada sebelumnya. Jika perabotan ini berwarna netral kemungkinan besar tidak akan memengaruhi warna cat yang akan kamu gunakan di ruangan. 

Jika furnitur atau perabotan yang kamu miliki berwarna berani atau terang, kamu bisa menggunakannya sebagai titik awal ketika memilih palet warna.

Perhatikan Kegunaan Ruangan Tersebut

Mendefinisikan fungsi ruangan akan membantumu menentukan jenis mood yang ingin diciptakan.

Apakah kamu ingin mendekorasi kamar tidur yang hanya digunakan untuk beristirahat saja, atau juga ingin menjadikannya sebagai ruang kerja atau belajar? Apakah dapur hanya digunakan untuk memasak, atau ingin menjadikannya ruang multifungsi seperti ruang makan dan juga menjamu tamu di ruangan yang sama?

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri sendiri di awal proses dekorasi, akan membantumu mempersempit jenis ruangan dan jenis mood yang nantinya ingin kamu ciptakan.

Perhatikan Waktu Kapan Ruangan Paling Banyak Digunakan?

Maksudnya adalah ruangan dalam hunianmu paling banyak digunakan di waktu kapan. Apakah pagi hari, sore hari, malam hari atau sepanjang hari?
 
Hal ini akan berpengaruh pada banyaknya cahaya natural yang masuk ke dalam ruangan. Dimana akan memengaruhi tampilan warna yang terlihat di dalam ruangan. Jika dinding menerima sinar matahari langsung di siang hari, kamu mungkin ingin menggunakan warna yang lebih kuat dari warna yang dipilih untuk mencegah tampilan yang usang akibat cahaya yang terang.

Ruanganmu Menghadap ke Arah Mana?

Jika ruanganmu menghadap utara, kemungkinan hanya akan menerima sedikit cahaya natural. Untuk menyeimbangkan lemahnya cahaya ruangan tersebut, sebaiknya memilih warna-warna yang hangat, cerah dan terang untuk dinding, seperti biru langit dan warna cerah lainnya.

Sebaliknya, ruangan yang menghadap ke selatan umumnya menerima banyak cahaya alami. Sebagian bahkan memerlukan warna-warna yang dingin untuk membantu menyeimbangkan cahaya yang menyilaukan.

Apa Sumber Cahaya di Ruanganmu?

Sama seperti cahaya alami, jenis cahaya buatan yang digunakan dalam ruangan akan sangat memengaruhi tampilan dan kesan dari warna-warna yang diaplikasikan dalam sebuah hunian.

Misalnya, lampu halogen memancarkan cahaya putih yang terang, yang cenderung menunjukkan tampilan asli dari suatu warna. Bohlam lampu biasa memancarkan cahaya berwarna kuning, bohlam ini cenderung memantulkan warnanya yang kuning, sedangkan lampu neon memancarkan cahaya yang lebih dingin, dan seringkali menghilangkan semangat yang dipancarkan oleh warna.

Kurang lebih itulah point-point yang bisa kamu terapkan dalam memilih warna cat untuk hunian. Buat kamu yang sedang merencanakan ingin mendekorasi atau mengganti warna cat hunian, semoga tips singkat di atas ada manfaatnya.

BTN Antara Makassar, 4 April 2017

16 komentar:

  1. wahhh save artrikel ini ah... besok besok kalo mau renovasi rumah nengok lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo di save biar bisa dijadikan panduan di kemudian hari. Semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  2. bagus juga ya, kalo warna disleingi begitu, kudu dikonsep dulu juga supaya rapih

    salam kenal mmapir blog saya juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, lebih bagus kalau di konsep dulu biar hasilnya lebih mantap.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Sama-sama, semoga membawa manfaat.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih pak untuk apresiasinya. Semoga memberikan manfaat secuil tips yang saya bagikan.

      Hapus
  5. Kebetulan banget neh mau cat rumah, makasih tulisannya ini bermanfaat banget mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat Mbak Liswanti dan bisa dipraktekkan nanti tipsnya.

      Hapus
  6. Kebetulan banget neh mau cat rumah, makasih tulisannya ini bermanfaat banget mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mbak Liswanti.

      Hapus
  7. Infonya berguna banget ne buat saya. Lagi mau renovasi rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau gitu. Selamat mempraktekkan tipsnya, semoga berguna dan membantu.

      Hapus
  8. Kebetulan rumah banyak dapat sinar matahari. Jadi saya pilih warna biru muda. Beli cat dulux via priceza.co.id beli online soalnya harga lebih miring, hehe. Yang penting udah tahu mau warna biru yg gimana, enak beli online.
    Thx tipsnya...banyak bgt yg pilah pilih warna rumah. Akhirnya dominan putih biar netral. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memilih warna memang suka bikin bingung, semakin banyak pilihan semakin mau pilih yang mana. Pasti semuanya di rasa bagus. Al hasil, pilihan awwal pun jadi solusi terakhir.

      Terima kasih sudah membaca tips singkat ini, alhmdulillah kalau bermanfaat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...