Sabtu, 18 Maret 2017

Tips Jitu Menghemat Anggaran Biaya Membangun Rumah Impian

Tips Menghemat Anggaran Biaya Membangung Rumah
Rumahku Istanaku, pernyataan ini seringkali kita dengar khususnya saat masih kecil. Bahkan hingga saat ini pun masih sering dijadikan sebagai kalimat andalan bagi mereka yang secara ekonomi mampu membangun rumah, ataupun membeli rumah baru dari pengembang, yang tentu saja dari hasil jerih payah sendiri.

Di luar dari mampu secara ekonomi tersebut, siapa pun orangnya, baik itu yang hidupnya pas-pasan, ekonominya menengah, maupun elit sekalipun, secara umum pasti mendambakan sebuah hunian yang bisa membuat nyaman hingga mampu menghadirkan rasa kangen untuk cepat-cepat kembali ke dalam hunian miliknya setiap saat.

Akhir-akhir ini, meski telah banyak pengembang yang getol menawarkan hunian yang sudah siap untuk ditinggali, kemauan masyarakat untuk memilih membangun sendiri pun ternyata masih lebih banyak. Ya, salah satu alasannya tentu ingin memiliki hunian yang sesuai dengan selera. Baik itu dari segi tampilan/fasad, luas bangunan, kebutuhan akan ruangan, interior, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mewujudkan mimpi memiliki hunian sesuai dengan selera maka yang perlu dipikirkan matang-matang dan menjadi bagian penting adalah harus memiliki perencanaan yang matang pula. Terlebih lagi dalam membangun sebuah hunian baru pasti akan membutuhkan dana yang lumayan banyak, yang tentu saja akan menguras keuangan dalam rumah tangga. Untuk itu, merencanakan anggaran biaya adalah hal paling wajib dan penting untuk dipikirkan.

Bagi kamu yang punya impian ingin memiliki rumah baru atau memilih membangun sendiri hunianmu agar sesuai selera, tidak ada salahnya mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Dimana bisa jadi bermanfaat buat kamu, minimal bisa membantumu dalam menghemat anggaran ketika membangun rumah impian.

Cobalah Menggunakan Jasa Arsitek

Pasti ada yang dahinya mengkerut mendengar kata “Arsitek”. Iya kan? Pasti dalam pikirannya banyak khayalan yang membuat bulu kuduk berdiri. Mulai dari biaya Arsitek kan mahal, gambarnya cuma kotak-kotak dan sebagainya.

Padahal kalau berpikir jangka panjang, dengan mempercayakan hunianmu direncanakan oleh seorang Arsitek, akan banyak manfaat yang kamu peroleh. Mulai dari hunianmu lebih memiliki jual bila dibandingkan yang tidak menggunakan jasa Arsitek, penataan ruangannya lebih baik, secara tampilan bisa lebih menarik, dan pastinya bakal membantu kamu dalam menghemat anggaran pembangunan, waktu pengerjaan, sesuai selera, serta hal-hal tidak terduga lainnya.

Tak hanya itu saja, jika kamu jujur, seorang Arsitek juga masih manusia biasa yang tentunya masih bisa diajak untuk berembuk soal biaya jasa mereka. Seorang Arsitek masih mau kok jika kamu ingin berkonsultasi mengenai desain hunian impianmu. Tapi kalau kamu sudah meminta sampai dengan gambar, sebaiknya bicarakan dulu biaya jasa biar nggak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pilih Desain Minimalis

Jika sudah menemukan Arsitek yang menurut kamu cocok, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih desain rumah yang sesuai budget kamu. Meski sang Arsitek sebenarnya sudah bisa memutuskan hunian apa yang cocok dengan budget kamu saat berkonsultasi, tidak ada salahnya untuk memberitahukan desain seperti apa yang kamu inginkan. Karena biar bagaimanapun juga, seorang Arsitek butuh komunikasi dua arah sehingga desain yang dihasilkan bisa sesuai impianmu.

Buat kamu yang memiliki budget pas-pasan, Hunian Konsep Minimalis bisa menjadi solusi. Kenapa?

Dari namanya saja sudah minimalis, pasti sudah ketebak arahnya bakalan seperti apa. Salah satunya bisa meminimalisir penggunaan biaya yang tidak perlu sehingga pembengkakan biaya yang dikeluarkan pun di hindari. Tapi tenang aja, kualitas hunian kamu tidak akan minimalis kok, kualitasnya akan tetap dipertahankan.

Keuntungan lainnya, penggunaan bahan bangunan bakalan lebih efisien, tepat guna, hemat ruang, dan lagi-lagi hemat biaya. Meski kesannya sederhana, rumah minimalis masih bisa dibuat modern bahkan mewah. Dan pastinya akan cocok buat kamu yang malas beres-beres rumah dan punya aktivitas yang padat. Apalagi saat ini konsep hunian minimalis sudah menjadi sebuah tren dan pengembang pun properti pun mengadopsinya.

Pertimbangkan Ruangan Multifungsi

Selain memilih konsep hunian minimalis, jangan lupa untuk mempertimbangkan sebuah ruangan multifungsi dalam hunian impianmu. Karena dengan menghadirkan ruang multifungsi, biaya yang akan kamu keluarkan akan lebih hemat lagi. Misalnya, ruang tamu bisa juga berfungsi sebagai ruang keluarga. Atau menyatukan ruang makan dengan dapur.

Tak hanya urusan ruangan saja, sebaiknya mengenai perabotan rumah tangga atau furniture pun melakukan hal yang sama. Dengan kemajuan teknologi dan inovasi yang semakin hari semakin berkembang, furniture yang multifungsi pun sudah banyak beredar dipasaran. Contohnya, tempat duduk yang dapat ditarik ketika dibutuhkan atau dibentuk sesuai yang di inginkan. Kurang lebih seperti yang dilakukan oleh orang-orang di Jepang sana.

Gunakan Jasa Tukang Yang Handal dan Berpengalaman

Ketika kamu sudah berkonsultasi dengan seorang Arsitek bahkan desain hunian impian kamu sudah ada ditangan, maka hal selanjutnya yang perlu kamu prioritaskan adalah memilih tukang.

Dalam memilih tukang, sebaiknya kamu jangan terburu-buru memutuskan. Cobalah untuk melakukan survey dulu, bertanya-tanya kesana kemari, atau mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, kerabat, bahkan dari orang yang menurut kamu rumahnya dikerjakan oleh tukang dengan baik.

Jangan lupa juga untuk membandingkan tarif jasa tukang dan pengalamannya selama bekerja. Biasanya, tarif tukang dalam kota lebih mahal bila dibandingkan dengan yang tinggal di pinggiran kota. Intinya kembali lagi dengan selera dan kecocokan kamu dengan tukang yang akan kamu pekerjakan.

Manfaatkan Diskon

Setelah semua tahap di atas sudah kamu lakukan dan sudah siap untuk membangun hunian impian, sebaiknya kamu coba juga tips terakhir ini.

Ya, berburu diskon. Biasanya pusat perbelanjaan, toko bahan bangunan dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan hunian, setiap tahunnya pasti mengadakan program diskon. Tidak ada salahnya kamu berkunjung tempat-tempat tersebut dan membandingkan harga. Meski diskon yang diberikan tidak gede-gede amat, tapi lumayan membantu kok dalam menghemat anggaran yang akan kamu keluarkan. Terlebih lagi ketika kamu membeli dalam jumlah besar, akan terasa sekali manfaat diskon tersebut.

Tapi harus kamu ingat, jangan lupa melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan karena tergiur diskon, kamu malah tertipu atau barang yang kamu beli tidak dibutuhkan dalam pembangunan hunian impianmu.

Bagaimana, sudah siap mewujudkan hunian impian kamu? Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya teman-teman dimana pun berada.

BTN Antara, Makassar, 18 Maret 2017

4 komentar:

  1. Tips oke, Arif. BTW, Saya kira Arif di Jakarta mi. Ada mi pale di Makassar? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak.

      Udah balik ke Makassar urus ijasah mumpung sudah jadi sekalian dengan berkas-berkas lain yang dibutuhin untuk melamar kerja plus sambil kursus juga.

      Hapus
  2. Hmmm ... memang yang namanya arsitektur terkesan mahal ..masih dinilai belum sebanding dengan hasil yang diberikan. Stigma ini masih melekat di sebagian besar warga kita (termasuk saya)

    Padahal tanpa disadari kalau membeli perumahan yang sudah jadi sudah menggunakan jasa arsitektur juga..

    Hanya saja itu tadi kalau terpaksa bangun rumah sendiri kalau tidak dipaksa dan terpaksa pastinya enggan.

    Harus mulai merubah paradigma berfikir ya mas timur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar, kembali lagi ke paradigma dalam berpikir. Dunia udah berubah nggak seperti dulu lagi, begitu juga dengan yang lainnya termasuk dalam hal pembangunan, seperti menggunakan jasa arsitek dalam merencanakan sebuah hunian baru.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...