Senin, 27 Februari 2017

Pengaruh Warna Terhadap Psikologi Dalam Sebuah Hunian

Pemilihan Warna, Sumber : bp.blogspot.com
Houses must be adaptable and evolutionary so it can change ith the family’s changing needs
Barbara Bannon Hamwood

Sebuah desain rumah dikatakan berhasil jika mampur berpengaruh terhadap psikiologis dan fisiologis penghuninya. Artinya setiap detail yang direncanakan memperhatikan segala hal yang berhubungan calon pemilik hunian. Mulai dari apa yang menjadi aktivitas penghuninya, bentuk dan fungsi secara arsitektural seperti penataan dan perawatannya, hingga pemilihan eksterior dan interiornya.

Bagi seorang arsitek, hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan keharusan yang wajib dipenuhi. Dengan segala ilmu yang di milikinya, apa yang menjadi impian dan permintaan klien akan coba diterapkan dalam merencanakan sebuah desain. Contohnya saat akan merencanakan sebuah hunian atau rumah, yang mana setiap klien sudah tentu punya impian yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Sebut saja salah satu di antaranya, yakni tentang pemilihan warna. Dalam memilih warna, baik untuk eksterior maupun interior, pasti akan ada banyak pertimbangan yang muncul. Entah itu karena mengikuti warna cat rumah tetangga atau orang lain yang secara kebetulan dilihat begiut indah, karena sedang mengikuti tren yang berlangsung, mengikuti selera calon pemilik hunian, atau karena di sesuaikan dengan karakter si pemilik itu sendiri, bahkan tak jarang juga ada yang asal saja menentukan warna yang di inginkan. Untuk poin yang terakhir ini bisa jadi yang bersangkutan masih minim pengetahuannya mengenai warna.

Namun tahukah kamu bahwa setiap warna yang dipilih untuk diaplikasikan ke dalam hunian, baik pada dinding, aksesoris, furnitur dan sebagainya bisa berpengaruh pada psikologis penghuninya?

Ya, warna juga dapat memberikan pengaruh pada psikologi seseorang, tak terkecuali ketika diaplikasikan pada sebuah hunian. Lebih tepatnya dapat memengaruhi perasaan penghuni di dalam rumah, seperti merasa adem, hangat, romantis, hingga bersemangat. Sadar atau tidak, pasti kamu merasakan hal demikian ketika berkunjung ke rumah teman maupun sanak saudara. Yang mana setiap rumah yang kamu kunjungi sudah pasti memiliki warna cat yang berbeda-beda.

Pengaruh warna terhadap psikologi penghuni juga di pelajari dalam dunia arsitektur. Itulah sebabnya mengapa setiap arsitek sebelum merencanakan sebuah bangunan pasti akan melakukan riset terlebih dahulu, baik terhadap klien maupun kondisi lingkungan sekitar hunian yang akan dibangun nantinya. Misalnya bangunan tersebut berupa rumah, maka faktor alam seperti iklim dan cuaca, kondisi sekitar lingkungan hunian dan aktivitas calon penghuni tidak pernah luput untuk di pelajari.

Salah satu dari hasil riset tersebut di antaranya mengenai pemilihan warna yang cocok untuk diaplikasikan pada hunian. Dalam hal sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, faktor alam dan juga sesuai dengan karakter bahkan apa yang idamkan calon penghuni hunian sendiri.

*    *    *

Berbicara tentang warna, dibawah ini ada beberapa pilihan warna standar yang bisa kamu terapkan untuk hunianmu nanti. Dan tentunya akan sangat membantu, terlebih lagi buat kamu yang minim pengetahuan akan warna.

Hijau

Warna Hijau memang selalu bikin sejuk (bp.blogspot.com)
Dari nama saja sudah bisa dibayangkan bagaimana suasana yang akan kamu dapatkan jika mengaplikasikan warna ini pada hunian. Yups, hijau identik dengan sesuatu yang terlihat alami dan memang paling banyak ditemukan di alam. Warna ini memberikan kesejukan, membuat suasana jadi segar, nyaman dan berdampak pada kesehatan pikiran. Dengan kata lain menenangkan secara alami.

Nah, jika kamu ingin mengaplikasikan warna ini pada hunianmu, tidak ada salahnya untuk mencobanya dibanyak ruangan. Terlebih lagi jika diterapkan pada kamar tidur dan juga wilayah yang memang memiliki cuaca lumayan panas. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan lain agar tidak terlihat monoton, misalnya memadukan dengan warna putih pada kusen jendela maupun pintu, memajang lukisan, foto yang sudah dibingkai tentunya, hingga tanaman dalam pot. Dijamin, suasana yang dihasilkan akan menjadi lebih tenang, adem dan menenangkan.

Biru

Warna Biru membuat suasana jadi hangat (bp.blogspot.com)
Sama halnya dengan warna hijau, warna biru juga mudah ditemukan di alam, tepatnya identik dengan warna lautan dan juga langit. Bahkan warna ini sering di identikkan dengan laki-laki, yakni memberikan efek yang menenangkan, menghangatkan, menyegarkan dan juga kesannya alami.

Warna biru cocok juga untuk diterapkan pada ruang tidur, karena efek yang diberikan bisa memberikan kedamaian dan ketenangan. Cocok buat kamu yang punya masalah susah tidur atau merasa kurang nyenyak ketika tidur.

Oh iya, buat kamu yang mau menerapkan warna dalam hunian ada perbedaan efek yang diberikan antar warna biru langit dan biru lautan. Untuk warna biru langit yang terlihat lebih terang dan juga lembut, efek yang dihadirkan dalam memunculkan suasana lingkungan yang menenangkan setingkat lebih baik bila dibandingkan dengan warna biru lautan yang dominannya agak gelap.

Buat kamu yang dari sononya merupakan orang yang produktif, warna ini cocok untuk kamu. Warna ini juga diasosiasikan kecerdasan.

Kuning

Kombinasi Kuning dan Putih dalam ruangan (hostingmurah.info)
Apa yang kamu bayangkan dan rasakan ketika menjumpai warna ini. Pasti senang dan bersemangat kan?

Jika yang kamu rasakan dan bayangkan malah sebaliknya, maka dipastikan ada yang salah dengan dirimu. Kenapa? Karena warna kuning identik dengan semangat dan juga kebahagiaan. Hal ini sesuai dengan warnanya yang terlihat terang. Tak cuma itu saja, karena memang warna ini masuk kategori sangat hangat dan terkesan memberikan sambutan yang baik.

Lalu, warna ini cocok diaplikasikan dimana jika ingin digunakan dalam ruangan? Jawabannya adalah bisa juga diterapkan pada area masuk rumah, yang tak lain adalah ruang tamu. Tujuannya adalah untuk membangkitkan suasana hati ketika masuk ke dalam rumah. Selain itu bisa juga kamu terapkan di dapur.

Efek yang dihasilkan oleh warna kuning sudah terbukti memberikan nuansa yang luar biasa. Dan untuk mendapatkan efek luar biasa dari warna kuning, ada baiknya kamu mengkombinasikannya dengan warna putih.

Merah Muda

Merah Muda memang selalu menarik (google.com)
Jika warna biru identik dan cocok dengan laki-laki, maka warna merah, lebih-lebih lagi merah muda sudah pasti sebaliknya. Ya, siapa lagi kalau bukan identik dengan kaum hawa alias wanita.

Warna ini terbilang unik, meskipun secara teknis merupakan warna merah pucat, tapi warna ini punya nama tersendiri dalam lingkup warna primer. Efek psikologi yang dihasilkan pun berbeda dari warna dasar yang sering di identikkan dengan gairah yang berlebih.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 60-an, warna merah muda bisa mempengaruhi kekuatan otot. Namun efeknya akan berbeda lagi ketika menatap bagian tertentu dari warna ini. Efek yang dimaksud menurut penelitian tersebut adalah detak jantung, tekanan jantung, dan pernapasan akan menurun ketika menatap bagian yang lebih gelap.

Namun jangan takut, karena warna merah muda secara umum memberikan efek menenangkan dan tentunya enak dilihat. Warna ini cocok juga untuk diterapkan di ruang tamu dan ruang tidur. Jika lebih baik lagi, cobalah untuk melakukan kombinasi atau berikan juga sentuhan lainnya agar terlihat semakin menarik.

So... bagaimana menurutmu?

BTN Antara Makassar, 27 Februari 2017

10 komentar:

  1. ternyata berpengaruh sekali ya warna denga psikologi... baru tahu saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada pengaruhnya. Tapi kebanyakan orang tidak menyadarinya.

      Hapus
  2. Ada kaitan dengan Feng Shui dan yin yang gak gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, dalam ilmu Arsitektur semuanya saling berhubungan satu sama lainnya. Nggak cuma dengan Feng Shui, dengan dunia kesehatan juga ada, ekonomi juga, hingga agama pun ada.

      Hapus
  3. hmmm... jadi dapat ide untuk bikin ruangan kamar tidur berwarna biru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dah kalau gitu. Apa yang saya tulis dan selipkan beberapa gambar bisa membawa manfaat.

      Hapus
  4. Saya suka putih dan krem, Mas.
    Tapi yg hijau kelihatannya menarik juga. jadi pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau putih itu masuk warna netral dalam dunia arsitektur, sama seperti hitam. Putih dipaduin sama warna apa saja tetap cocok Mbak.

      Intinya tinggal kreatifitas dan rajin mencoba memadukan warna aja sesuai selera. Tapi jangan sampai kebanyakan warna yang dipaduin, soalnya hasilnya bakalan norak jadinya.

      By the way, selamat mencoba warna baru.

      Hapus
  5. aku paling suka warna PINK !!!!!
    warna paling bagus tuh om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna paling bagus yang membuat siapapun yang melihatnya jadi tenteram, termovitasi, semangat, adem, dan tentunya sesuai dengan kesukaan masing-masing individu.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...