Minggu, 15 Oktober 2017

Mau Renovasi Rumah, Perhatikan 5 Hal Ini

Ilustrasi (www.majalahasri.com)

Kalau mau renovasi rumah dari semula berlantai satu menjadi berlantai dua, kira-kira bisa habisin dana berapa yah?

Suatu sore, pertanyaan itu masuk ke email saya. Sebenarnya bukan kali itu saja, tapi sebelum-sebelumnya juga pernah ada yang mengajukan pertanyaan yang sama via telepon, facebook masengger, hingga WA.

Rabu, 11 Oktober 2017

ASUS VivoBook S S510, Ultrabook Premium Dengan Performa Luar Biasa


Beyond The Edge, ASUS VivoBook S15 (screenshoot : www.asus.com)

Seminggu yang lalu, tepatnya pagi hari saat saya baru sampai di kantor. Dimana ada sebuah kejadian menarik yang membawaku tertarik ingin memiliki sebuah laptop keluaran terbaru.

Ceritanya begini :

Pagi itu, seperti biasa saat tiba dikantor, saya langsung menuju meja kerja dan menghidupkan komputer. Setelah itu, saya lalu mengaktifkan internet di smartphone kemudian mengecek informasi apa saja yang hinggap di WA. Satu persatu pesan masuk saya baca, namun ada satu yang paling menarik. Pesan itu bukan mengenai pekerjaan, melainkan dari seorang pembaca blog.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Tangga Keberuntungan


Tangga Unik (Sumber Gambar : www.rumahbagusminimalis.com)

Tangga yang menguntungkan?

Emang ada, yang benar saja. Jangan mengada-mengada deh!

Percaya atau tidak, dalam ilmu feng shui hal tersebut benar adanya. Dari sisi feng shui, tangga memiliki fungsi yang sama dengan pintu, yakni sebagai tempat keluar-masuk. Tepatnya sebagai penghubung antara yang satu dengan lainnya. Dan itu artinya, tangga juga bisa membawa energi tertentu. Baik itu positif maupun negatif.

Kamis, 05 Oktober 2017

Cara Mudah Menentukan Jumlah Anak Tangga Sesuai Feng Shui

Tangga Unik dan Multifungsi (By Google)

Bagaimana sih cara menentukan jumlah anak tangga yang benar ke dalam sebuah desain?

Pertanyaan itu langsung menyambut ketika direktur diperusahaan tempat aku bekerja mendekati meja kerjaku. Sebenarnya bukan karena aku tidak tahu menentukan jumlah anak tangga ke dalam sebuah desain, melainkan karena rasa penasaran sering menemukan jumlah anak tangga dalam bangunan berbeda. Yang aku maksud berbeda disini dalam artian ada yang jumlah anak tangga terakhir ganjil dan ada juga yang genap.

Sabtu, 30 September 2017

Harapan Untuk Kereta Api Indonesia di Samudera Perubahan


Dirgahayu Kereta Api Indonesia (Foto : www.kai.id)
Tujuh puluh dua tahun, kiprah kuda besi dibawah PT. KAI melesat ditengah samudera perubahan. Tak sedikit riak-riak tantangan yang terlewati. Namun, seperti matahari yang selalu muncul di ufuk dengan secercah harapan, Kereta Api Indonesia pun selalu berusaha melakukan hal yang sama.

Semesta Bali Memanggil

Pemandangan Kintamani (Foto : IG @balifunky)

Apa sih yang istimewa dari Bali?

Bocah itu tiba-tiba mengajukan pertanyaan yang menohok. Ia berasal dari pulau kecil di wilayah tenggara pulau Sulawesi. Kepulauan Tukang Besi (kini Wakatobi), itulah nama pulau kecil itu. Pulau yang masih perawan dan tentunya tidak kalah menawan pula, serta terkenal juga akan pasir putihnya yang bersih dan halus. Pulau yang kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata baru yang diharapkan bisa menjadi Bali selanjutnya.

Minggu, 17 September 2017

Menengok Surga Kecil Idaman Turis Mancanegara

Pesona Wakatobi, Pesona Indonesia
Pesona alam Indonesia adalah kekayaan yang tak tak pernah habis dijelajahi. Termasuk objek wisatanya, tidak terkecuali yang ada di Indonesia Timur yang semakin hari semakin terekspos. Ada banyak surga-surga tersembunyi di Indonesia bagian timur yang tak kalah menarik dibanding destinasi wisata mancanegara. Dan dari sekian banyaknya objek wisata yang mulai terekspos, ada yang sampai dijadikan sebagai “New Bali”.

Minggu, 10 September 2017

Cara Ampuh dan Praktis Mengusir Kecoa di Rumah

Cara Ampuh Usir Kecoa di Rumah
Kecoa, serangga yang paling betah berada di dalam rumah. Bahkan betahnya kecoa mampu mengalahkan betahnya pemilik rumah yang di invasi. Dan ia bisa berada di berbagai sudut ruangan, apalagi rumah yang di invasi cukup lembab. Hal ini karena kecoa termasuk serangga yang gesit dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Cara bergerak udah seperti orang yang pakai jurus langkah seribu.

Sabtu, 02 September 2017

Cara Apik Merancang Kamar Remaja

Desain Kamar Sempit (home-designing.com)
Kamar, salah satu ruangan favorit yang paling sering digunakan oleh setiap penghuni rumah. Ruangan ini merupakan tempat paling privat bahkan intim bagi pemiliknya. Tempat dimana sebagian besar waktu dihabiskan, entah itu untuk beristirahat, bersantai, menemukan ide-ide unik, menyelesaikan pekerjaan dan atau tempat belajar, serta berkreasi bagi anak remaja.

Sabtu, 26 Agustus 2017

Tips Menghijaukan Rumah di Lahan Terbatas


Hijau di Lahan Sempit (sumber : www.ideaonline.co.id)
Punya rumah tapi nggak punya taman, rasanya tuh seperti sayur tanpa garam. Hambar alias selalu ada yang kurang.

Eh, tapi tunggu dulu. Terkadang pemilik rumah punya alasan tersendiri loh kenapa sampai huniannya tidak punya taman atau terlihat kurang hijau. Salah satunya karena keterbatasan lahan.

Jumat, 18 Agustus 2017

Sudah Berbuat Apa Untuk Indonesia?


“Sudah Berbuat Apa Untuk Indonesia?”

Ahhh… saya jadi teringat dengan pertanyaan serupa yang dilontarkan oleh seorang Ketua Pusat Kajian Pancasila UGM, Bapak DR. Heri Santoso. Waktu itu bertepatan dengan hari Jum’at, 16 Juni 2017, yang juga masih suasana bulan puasa. Lebih tepatnya hari ke-21 bulan ramadhan. Dimana pertanyaan yang diajukan kurang lebih seperti ini :
“Apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri yang kamu cintai ini?”

Rabu, 16 Agustus 2017

Hidup Lebih Pasti Dengan Maestro Infinite Protection dari AXA

Kompasianer Makassar Peserta Nangkring Bareng AXA Indonesia
“Tinggalkanlah cerita yang indah bukan derita untuk keluarga anda di masa depan”

Kalimat itu terlihat sederhana namun sangat menyentuh bagi saya pribadi yang malam itu menjadi salah satu peserta terpilih Kompasiana nangkring bareng AXA Financial, yang bertempat di The Rinra Hotel, Makassar. Meski baru mengambil ancang-ancang untuk lebih serius lagi dalam membangun sebuah hubungan, atau dengan kata lain sudah ingin berumah tangga, saya dan pasangan sudah mulai memikirkan hal itu.

Sabtu, 15 Juli 2017

5 Hal Pembawa Energi Positif Ke Dalam Rumah

Feng Shui Pembawa Energi Positif Ke Dalam Rumah
Apakah rumahmu sudah nyaman? Atau jangan-jangan sampai saat ini kamu masih mencoba berusaha untuk membuat rumah yang kamu tinggali jadi nyaman? Lalu bagaimana dengan mood-mu sehari-hari saat berada di rumah, stabil atau nggak karuan?

Kamis, 13 Juli 2017

Buat Hunianmu Jadi Nyaman Dengan 6 Hal Ini

Ilustrasi Townhouse at Bogor City
Rumah nyaman tak selamanya harus rumah mewah. Rumah sederhana juga bisa dibuat nyaman seperti di hunian mewah itu loh! Contohnya rumah yang berada di lokasi yang asri dan aman, mau itu rumah mewah atau biasa saja alias sederhana, pasti para penghuni di dalamnya akan merasa nyaman.

Sabtu, 01 Juli 2017

5 Perabot Yang Wajib Ada di Rumah


Perabotan Rumah Yang Wajib (www.inspirasi.co)

Kamu pilih yang mana, punya rumah dulu atau mobil?

Ah, pertanyaan itu seringkali membuat galau pasangan muda generasi milaneal yang baru aja menikah. Bagaimana tidak galau, keduanya merupakan pilihan yang lumayan menguras pikiran. Di satu sisi pengen punya rumah dulu, sedangkan di sisi lain pengen juga eksis dan tidak mau ketinggalan jaman. Jadinya pusing deh, mau milih barang yang benar-benar dibutuhkan atau mementingkan ego dahulu biar nggak kena bullyan.

Selasa, 27 Juni 2017

AR Studio & Project, Architect And Planner


Ide Itu Mahal

 “Mulailah dengan satu ide, kemudian kembangkan menjadi sesuatu yang lain”
By Pablo Picasso

Membaca quote di atas, saya jadi teringat akan sesuatu. Sebuah mimpi yang mulai saya bangun semenjak mulai mengenal dan belajar tentang dunia Arsitektur. Mimpi itu semakin besar manakala melihat karya-karya Arsitek dunia.

Kamis, 22 Juni 2017

ASUS Eeebook E202, Senjata Baru Andalan Para Konten Kreator

ASUS Eeebook E202 Blog Competition

Pilih laptop atau komputer

Kala itu, sekitar 9 tahun yang lalu, ketika baru menjadi mahasiswa baru dan pertama kali berada di kota besar, saya dihadapkan pada pilihan yang membuat saya harus mengkhayal terlebih dahulu. Jujur, keduanya saya tidak tahu wujudnya seperti apa, masing-masing kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana cara menggunakannya. Saya benar-benar udik, gaptek atau apalah-apalah istilahnya saat itu. Tapi yang pasti, saya hanyalah anak kampung yang baru saja merasakan suasana kota besar untuk pertama kalinya waktu itu.

Rabu, 21 Juni 2017

Membedah Segudang Manfaat PRUprime Healthcare Syariah

RUprime Healthcare Syariah (www.prudential.co.id)
Asuransi mendadak jadi barang paling penting dan dibutuhkan ketika seseorang akhirnya dirawat di rumah sakit

Percaya atau tidak, banyak orang baru akan merasa butuh dan menyesal ketika tidak memiliki proteksi di waktu yang sangat genting. Sebut saja salah satu di antaranya tidak punya asuransi. Padahal barang yang satu ini sewaktu-waktu bisa menjadi dewa penolong di kala mendesak. Misalnya tanpa kita duga dan prediksi harus di rawat di rumah sakit untuk beberapa hari ke depan.

Senin, 19 Juni 2017

7 Cara Mencegah Terjadinya Banjir (Part II)

Ilustrasi Banjir (www.aspirasirakyat.com : 24/10/2016)
Duh, baru hujan sejam udah banjir plus macet.

Kalimat itu begitu khas dan paling banyak di ucapkan oleh orang-orang yang sedang berteduh saat hujan mengguyur kota Makassar seminggu yang lalu. Ketika itu, hari udah sore dan kurang lebih 1,5 jam lagi waktu berbuka puasa akan tiba. Namun karena hujan yang lumayan deras, banyak pengguna jalan khususnya pengendara roda dua menepi dan mencari tempat untuk berteduh.

Sore itu, tanda-tanda hujan berhenti seakan tidak ada. Saluran air kota alias got di depan tempat saya kursus terlihat penuh dan mengalir dengan deras. Saking penuhnya, perlahan-lahan mulai menggenangi ruas jalan utama. Kendaraan yang melintas satu persatu mulai menumpuk, dalam benak saya ikut terlintas sebuah kalimat : “Pasti sudah banjir lagi, makanya jalanan mulai terlihat macet”.

Sabtu, 17 Juni 2017

Ngobrol Seru Bareng Staff Komunikasi Kepresidenan

Foto Bareng Temu Blogger (Dok. Adi Pallawalino)
Setahun yang lalu, saat teman-teman Kompasianer di undang ke istana, saya berharap menjadi bagian dari salah satu penulis alias Kompasianer yang di undang kala itu. Namun karena jarak yang lumayan jauh dan sedang masa-masa kritis mengejar gelar Sarjana di bidang Teknik, khususnya Arsitektur, harapan itu untuk sementara saya simpan dalam-dalam.

Pucuk di cinta, ulam pun tiba. Kemarin siang, mimpi itu bangkit lagi di acara #TemuBlogger bareng Kominfo, MUI Sulawesi Selatan, Diknas Kominfo statistik dan persandian Pemprov Sulawesi Selatan, serta tak ketinggalan juga beberapa dari Staff TIM Komunikasi Kepresidenan.

Jumat, 16 Juni 2017

Pancasila, Media Sosial dan Aktualisasinya


Flash Blogging bareng Kominfo

Saya Indonesia, Saya Pancasila

Siapa yang tak pernah mendengar atau membaca tagline tersebut dari awal Juni kemarin, yang juga bertepatan dengan hari Kelahiran Pancasila. Dimana sejak tagline tersebut pertama kali didengungkan oleh orang nomor satu Indonesia, yaitu Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo. Pengguna media sosial pun ramai-ramai menjadikannya viral alias booming. Entah itu di facebook, instagram, twitter, maupun blog masing-masing.

Selasa, 06 Juni 2017

7 Cara Mudah Mencegah Terjadinya Banjir Part 1


Ilustrasi dari www.pasangmata.com
Banjir, disebabkan oleh air yang tidak meresap ke tanah karena terlalu banyak melimpas ke selokan, sungai dan sistem drainase yang tak mampu menampung air hujan.

Mindset kita selama ini adalah bagaimana caranya membuang air limbah dan air hujan secepat mungkin disalurkan ke selokan, kali, sungai dan berakhir di laut. Kalau hal itu kita lakukan terus menerus maka sumber daya air di dalam tanah cepat terkuras habis. Akibatnya banjir di musim penghujan, kekeringan di musim kemarau dan instrusi laut/masuknya air laut ke daratan. Pola pikir tersebut yg kita pakai selama ini harus dirubah. Harusnya air limbah rumah tangga dan air hujan wajib dikembalikan ke tanah.

Minggu, 30 April 2017

Mengenal Asuransi Dengan Cara Yang Berbeda


Bebas Aksi dengan perlindungan diri tanpa batas
Mendengar kata asuransi, pasti semua langsung berkerut keningnya. Ya tahulah, namanya juga asuransi pasti manfaatnya nggak bisa dirasakan langsung saat itu juga. Dengan kata lain harus menunggu lama baru bisa menikmati manfaatnya dan yang membuat malas kebanyakan orang adalah klaimnya ituloh. Susahnya minta ampun alias berbelit-belit, salah sedikit kita nggak dapat apa-apa. Contoh kasusnya seperti kasusnya Ahmad Dhani beberapa tahun silam waktu anaknya kecelakaan, yang mana klaimnya di tolak.

Sabtu, 29 April 2017

Jakarta, Kopdar Pertama dan Nangkring Bareng FWD Life

Monas dari arah Sarinah (www.arsitekmenulis.com)
Jakarta, satu-satunya kota di Indonesia yang paling padat, ramai, sibuk, bahkan seakan warganya tidak pernah tidur. Selain itu, konon Jakarta dikenal sebagai kota yang paling keras dan kejam. Namun bagi yang mampu melewati atau dengan kata lain bisa menaklukan kerasnya kehidupan di kota ini, maka separuh dirinya seakan sudah menguasai negeri ini. Itu yang sering saya dengar dari cerita orang-orang dewasa sewaktu kecil. Benar atau tidaknya, saya belum membuktikannya.

Sabtu, 22 April 2017

Tentang Hari Bumi dan Rumah Hijau Denassa

Kompak Tawwa & Pemilik RHD (dok. @Kangbugi)
Sabtu, 22 April 2017, untuk pertama kali sejak berdirinya Komunitas Kompasianer Makassar, akhirnya ada juga kegiatan yang bisa diwujudkan. Kegiatan pertama ini bertepatan dengan Hari Bumi, dengan tema :

Memaknai Hari Bumi di Rumah Hijau Denassa

Apa itu Rumah Hijau Denassa?

Rumah Hijau Denassa atau lebih di kenal dengan nama RHD adalah sebuah konservasi mini yang di dirikan pada tahun 2007 oleh Darmawan Denassa. Tujuan dari berdirinya kawasan konservasi mini ini adalah untuk menyelamatkan kekayaan hayati, baik lokal maupun endemik sekaligus kisah dibaliknya.

Rabu, 19 April 2017

7 Trik Merapikan Rumah, Praktis dan Hemat Waktu!

Tips dan Trik Merapikan Rumah Dengan Cepat
Membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang lumayan mudah. Namun tak jarang pekerjaan ini paling banyak menyita waktu, apalagi bagi yang tidak biasa melakukannya. Dijamin, pekerjaan yang tadinya hanya butuh waktu 5-10 menit seperti menyapu ruangan sekaligus di pel, malah bertambah lama jadi 20 menit bahkan lebih.

Kenapa bisa? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kebanyakan ngoceh alias ngedumel. Hayooo... siapa nih yang suka begini di rumahnya. Padahal cuma di suruh menyapu loh, belum disuruh mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Jumat, 14 April 2017

5 Tips Memilih Laptop Untuk Anak Arsitektur

Tips Memilih Laptop Untuk Anak Arsitektur
Laptop yang cocok untuk anak Arsitektur apa yah?

Sebenarnya saya bingung mau jawabnya bagaimana, kenapa? Karena kesukaan setiap orang akan barang elektronik pasti berbeda-beda. Ada yang mengikuti selera, ada juga yang mengikuti budget meskipun dalam hatinya menginginkan barang lebih baik. Tak terkecuali mereka yang mau atau sedang melanjutkan pendidikan di bidang Arsitektur.

Biasanya, siapapun itu tanpa melihat latar pendidikan dan yang bersangkutan orang kaya atau bukan, pasti akan bertanya terlebih dahulu kepada orang yang menurutnya lebih mengerti tentang barang yang akan di beli. Contohnya seperti kalimat pembuka dalam tulisan ini.

Selasa, 04 April 2017

Bingung Memilih Warna Cat Untuk Hunian, Coba Tips Ini


Tips Memilih Warna Cat (sumber : www.dulux.co.id)

Kombinasi warna cat yang bagus itu seperti apa sih?

Musim penghujan sebentar lagi akan berakhir. Biasanya kebanyakan orang bersiap-siap untuk merenovasi rumahnya agar terlihat indah kembali. Terlebih tahun ini nggak lama lagi ramadhan akan menyambut kita semua, khususnya warga muslim. Pasti banyak di antara kita yang ingin rumahnya terlihat indah dan baru kembali dalam menyambut ramadhan tahun.

Salah satu yang biasanya paling sering dimasukan ke dalam list renovasi adalah merubah cat rumah. Dalam memilih warna cat, tak jarang ada yang bingung dalam memadukan warna. Suka bikin pusing kalau berhadapan dengan masalah yang satu ini. Apalagi kadang timbul pikiran takut warna cat rumahnya samaan dengan tetangga.

Sabtu, 18 Maret 2017

Tips Jitu Menghemat Anggaran Biaya Membangun Rumah Impian

Tips Menghemat Anggaran Biaya Membangung Rumah
Rumahku Istanaku, pernyataan ini seringkali kita dengar khususnya saat masih kecil. Bahkan hingga saat ini pun masih sering dijadikan sebagai kalimat andalan bagi mereka yang secara ekonomi mampu membangun rumah, ataupun membeli rumah baru dari pengembang, yang tentu saja dari hasil jerih payah sendiri.

Selasa, 28 Februari 2017

Dulux Aqua Shield, 2x Lebih Kuat Melindungi Rumah Dari Kebocoran

Dulux Aqua Shield, 2x Lebih Kuat Melindungi (www.dulux.co.id)
Rumah adalah sebuah tempat tujuan akhir dari manusia. Dimana menjadi tempat berlindung dari cuaca dan kondisi lingkungan sekitar. Rumah juga menjadi tempat menyatukan sebuah keluarga, bagian dari gaya hidup dan tumbuh kembang kehidupan setiap manusia. Bahkan dengan seiring berkembangnya jaman, rumah tidak hanya sekadar menjadi tempat berlindung, baik dari hujan maupun terik matahari, tetapi juga menjadi sumber inspirasi dan simbol status sosial bagi pemiliknya.

Senin, 27 Februari 2017

Pengaruh Warna Terhadap Psikologi Dalam Sebuah Hunian

Pemilihan Warna, Sumber : bp.blogspot.com
Houses must be adaptable and evolutionary so it can change ith the family’s changing needs
Barbara Bannon Hamwood

Sebuah desain rumah dikatakan berhasil jika mampur berpengaruh terhadap psikiologis dan fisiologis penghuninya. Artinya setiap detail yang direncanakan memperhatikan segala hal yang berhubungan calon pemilik hunian. Mulai dari apa yang menjadi aktivitas penghuninya, bentuk dan fungsi secara arsitektural seperti penataan dan perawatannya, hingga pemilihan eksterior dan interiornya.

Bagi seorang arsitek, hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan keharusan yang wajib dipenuhi. Dengan segala ilmu yang di milikinya, apa yang menjadi impian dan permintaan klien akan coba diterapkan dalam merencanakan sebuah desain. Contohnya saat akan merencanakan sebuah hunian atau rumah, yang mana setiap klien sudah tentu punya impian yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Kamis, 23 Februari 2017

Bahagia di Hari Tua, Mungkinkah?


Merencanakan Masa Depan (Gbr : slidesharecdn.com)

Tua itu pasti, tapi menjadi orang yang bahagia di hari tua adaalah sebuah pilihan. Ya sebuah pilihan yang tentu harus dipilih dan mulai di pikirkan sejak dini. Benar nggak?

Siapa sih yang nggak mau menjadi orang yang bahagia ketika tua kelak? Pasti semua mau kan, iya kan! Hidup tenang, jerih payah saat masih muda yang dibangun dengan kerja keras akhirnya bisa di nikmati, dengan kata lain kebutuhan hidup terjamin tanpa harus menyusahkan orang lain. Bersenda gurau dengan keluarga besar, bebas mengunjungi cucu-cucu, hingga urusan kesehatan pun tidak perlu takut karena sudah ada yang memproteksi. Dimana semua itu tentu sudah dipikirkan dan direncanakan saat masih muda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...