Rabu, 30 November 2016

7 Khasiat Alkohol Sebagai Pembersih Rumah Yang Jarang Diketahui

Khasiat Alkohol Sebagai Pembersih Rumah
Alkohol, namanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. Dengan kata lain sudah sangat familiar sekali dalam kehidupan sehari-hari, baik kalangan bawah, menengah, kalangan atas, anak-anak, remaja maupun orang dewasa sekalipun. Bahkan saking begitu dekat dengan keseharian kita, sampai-sampai air mineral yang tidak tahu apa-apa pun disangka zat yang sama.

Contohnya, Equil yang belakangan ini dijadikan senjata untuk menjatuhkan lawan dalam dunia politik. Yang tak lain karena bentuk botolnya mirip dengan kebanyakan botol alkohol, dalam hal ini minuman keras yang beredar di masyarakat. Yang mana bagi umat Islam khususnya merupakan salah satu zat yang haram untuk di konsumsi.

Dalam ranah ilmiah, alkohol merupakan zat yang bersifat korosif sehingga sangat jarang digunakan dalam sebuah hunian, misalnya dalam urusan bersih-bersih. Akan tetapi, bukan berarti alkohol tidak punya manfaat sama sekali.

Karena setelah di telusuri, jenis alkohol dengan kandungan kurang lebih 70% isopropila (di Indonesia dikenal dengan nama Etanol) dan 30% air suling, ternyata dapat digunakan sebagai cairan pembersih. Isopropilia atau Etanol sendiri merupakan pelarut yang bertugas melarutkan kotoran dan minyak.

Selain kegunaannya seperti di atas, juga bersifat desinfektan alias mencegah infeksi. Kalau yang ini saya yakin sudah pasti tahu dan mungkin sering menggunakannya dalam keseharian juga. Ya, biasanya ada dalam kotak P3K atau dalam bentuk betadine.

Namun tahukah kamu, dengan kandungannya yang demikian, alkohol mampu membersihkan lebih banyak lagi dari yang kita ketahui? Apa saja kira-kira yang bisa dibersihkan alkohol dengan kandungan seperti di atas? Berikut sedikit ulasan singkat yang saya kutip dari rumah123.com dan sedikit saya modifikasi.

Sebagai Desinfektan Anda Sendiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, alkohol bersifat desinfektan, tentu bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan peralatan seperti furnitur berbahan besi dan juga perhiasan pribadimu seperti gelang dan anting. Caranya campur alkohol dengan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol semprot atau botol lainnya. Artinya, jika kamu menuangkan 100ml alkohol ke dalam botol semprot, tuangkan juga air dengan jumlah yang sama.

Selanjutnya, semprotkan cairan alkohol yang telah dicampur dengan air tersebut pada area yang menurutmu mengandung kuman. Atau, langsung saja tuangkan pada kapas dan gosokkan ke permukaan yang kamu inginkan.

Pembersih Stainless Steel 

Alkohol juga bisa membersihkan peralatan berbahan stainless steel. Misalnya tempat cuci piring atau kompor gas. Bisa juga untuk lemari es dan beberapa peralatan makan seperti sendok dan garpu.

Selain dapat membersihkan kuman, alkohol juga bisa menghilangkan sidik jari yang menempel di bahan stainless steel tadi. Eits... jangan coba-coba digunakan ya kalau kamu berbuat ulah dan ingin menghilangkan jejak.

Menghapus Sisa Hair Spray Pada Cermin dan Ubin

Khusus bagi kamu yang sering menggunakan hair spray, biasanya sisa semprotan menempel di cermin dan ubin. Nah, untuk menghilangkan sisa semprotan tadi, maka kamu bisa menggunakan cairan alkohol yang dituangkan ke kapas atau kain. Cara ini cukup ampuh menghapus noda yang lengket.

Menjadikan Spons dan Kain Lebih Tampak Baru

Menarik nih buat kamu yang aktif di dapur, utamanya para bidadari. Jika kamu hendak membuang spons pencuci piring karena kondisinya yang tidak layak, sebaiknya niat tersebut kamu tahan dulu. What’s? Karena eh karena spons yang usang masih bisa disulap menjadi tampak baru. Begitu pula dengan bahan kain yang sudah lama. Keduanya akan kembali seperti baru lagi dengan sedikit bantuan cairan alkohol.

Caranya, tuang alkohol dalam mangkok kecil, kemudian rendam spons. Tapi, jangan terlalu lama, kira-kira 10 menit. Bahan spons akan mengembang dengan sendirinya. Kemudian, angkat, dan bilas.

Hal sama juga berlaku untuk bahan kain. Namun, jika ukurannya terlalu besar, seebaiknya kamu menggunakan bejana atau wadah yang sedikit lebih besar lagi, yang tak lain bisa menampung untuk merendam kain.

Membersihkan Perhiasan

Ah, masa sih? Tidak hanya membersihkan tetapi juga bebas dari bakteri dan kuman, tetapi ini juga untuk furnitur berbahan kuningan seperti figura atau hiasan.

Membersihkan Noda Pada Sofa

Buat kamu yang selama ini kebingungan saat akan menghilangkan noda pada sofa mahal, kini kamu tidak perlu risau lagi karena solusinya pun sudah ada dan bisa jadi belum banyak yang tahu. Cobalah menggunakan cairan alkohol untuk membersihkannya.

Caranya, semprotkan cairan alkohol pada bagian sofa yang terkena noda. Kemudian, sikat menggunakan penyikat yang kering. Setelah itu gunakan kain kering untuk mengeringkannya.

Membersihkan Perangkat Keras Komputer

Salah satu tempat yang disukai kuman dan bakteri di rumah adalah pada perangkat keras komputer seperti keyboard dan mouse, termasuk juga di dalamnya komputer jinjing atau kerennya disebut laptop.

Kok bisa? Karena besar kemungkinan alat-alat tersebut tidak hanya digunakan oleh satu orang saja. artinya benda tersebut sangat besar peluangnya untuk disentuh oleh banyak tangan, maka semakin besar juga peluang kuman bakteri berpindah tangan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mencobanya!

Makassar, 30 November 2016

12 komentar:

  1. Patut di coba nih ...terima kasih infonya mas

    BalasHapus
  2. masyarakat harus mengetahui.... cus buat nyoba hehe:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... Tapi jangan disalahgunakan ya.

      Hapus
  3. wah keren... kalo yang 100% nyari dimana ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tahu dah kalau yang 100%nya dapatnya dimana.

      Hapus
  4. baenda juag punya sisi negatig dan positif sepertinya ya , spt alkohol ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kurang lebih demikian mbak. Selalu ada sisi positif dan negatifnya, tinggal mau pilih sisi yang mananya untuk dijadikan teman dalam hidup.

      Hapus
  5. wah memang alkohol banyak fungsinya.
    tapi kemarin saya cobain bersihin kencing kucing di kasur, langsung disiram pake alkohol ternyata baunya yang makin parah. saya pikir bisa menghilangkan baunya eh ternyata.....
    oh iya mas Timur kalau kebetulan cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya di
    gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, nanti saya kunjungi juga blognya buat belajar motret untuk keperluan gambar blog.

      Hapus
  6. hem baru tahu saja mas, makasih banyak ya buat artikelnya. dan salam kenal juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih kembali dan semoga benar-benar bermanfaat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...