Rabu, 05 Oktober 2016

OPPO Community Ngajak Blogger Makassar Ngomongin OPPO F1s

Ngobrolin OPPO F1s di Bistropolis Cafe (community.oppo.com/id)
Lelah setelah seharian beraktivitas di studio akhir dan melawan kemacetan kota Makassar selama kurang lebih 30 menit langsung hilang seketika saat sampai di depan cafe yang memasang banner bertuliskan Oppo Camera Phone.

Bistropolis Cafe, begitulah nama cafe yang terletak di jalan Sultan Hasanuddin, Makassar. Dari luar cafe ini terlihat biasa saja, namun saat masuk ke dalam kesan yang di dapat menjadi luar biasa. Penataan interiornya yang unik, alami, serta eksotis membuat siapapun yang masuk ke dalam cafe ini menjadi betah, nyaman dan pastinya ingin berlama-lama di dalamnya. Apalagi kalau datang bersama pasangan, dijamin deh bakal membuat kencanmu jadi lebih romantis. Sayangnya, sore itu saya datang sendirian.

Lalu, kenapa ada banner Oppo Camera Phone di Bistropolis Cafe sore itu? Mau tahu ada apa di sana.

Yup, benar sekali. Sore itu ada acara Blogger Gathering “OPPO F1s Meet Up Makassar” bersama Oppo Community. Itulah kenapa rasa lelah saya langsung hilang seketika saat sampai di depan Bistropolis Cafe. Bagaimana tidak demikian, setelah sekian lama hanya bisa mengkhayal tentang Smartphone Oppo dan terpana oleh hasil kameranya yang sering dikirim doi dari pusat ibu kota sana, hari itu saya akhirnya bisa melihatnya langsung. Rasanya tuh seperti makan nano sambil mimpi.

Sore itu, usai memarkir motor kesayangan, saya langsung segera menuju Bistropolis Cafe mengingat sudah pukul 17.10 Wita, yang artinya saya sudah terlambat 10 menit kalau berpatokan pada jadwal. Bahkan sampai merasa tinggal saya saja yang belum datang. Untungnya saat membuka pintu dan masuk ke dalam cafe, ternyata yang datang belum banyak dan saya pun jadi sedikit lega. Tapi saya malah kalah sama ibu-ibu doyan nulis (IIDN) yang sudah sampai lokasi sebelum pukul 17.00 Wita. Duh, jadi malu sebagai anak muda yang katanya generasi penerus bangsa.

Ketika sudah berada dalam cafe, saya pun segera mencari tempat duduk yang pas biar lebih nyaman menyimak materi nantinya. Saat sedang keasyikan ditempat duduk sambil mengamati interior Bistropolis Cafe, tiba-tiba Mas Khalil datang menghampiri dan menawarkan tiket nonton gratis. Rejeki emang nggak kemana ya, dengan senang hati saya pun menerima tiket tersebut dan tentunya memilih bioskop yang tidak jauh dari rumah. Asyiknya lagi, tiket yang diberikan tersebut unlimited alias berlaku sampai kapanpun. Itu saya ketahui saat mampir ke bioskop dekat rumah dan dijelaskan sama pegawai bioskopnya.

Terima kasih banyak Oppo Community untuk tiket nonton gratisnya.

Bincang-Bincang Tentang Oppo F1s Sang #SelfieExpert

Akhirnya, acara yang ditunggu-tunggu pun mulai juga. Tepat usai magrib acara Oppo Community Gathering di mulai juga dengan peserta yang hadir kurang lebih 40an. Jumlah segitu, untuk ukuran Blogger Makassar sudah lumayan banyaklah. Sedangkan sisanya merupakan tim Oppo Community, diantaranya Mas Khalil, Mas Vany Ghifari (biasa dipanggil Ofan), Mas Fernando Wijaya, Mbak Mawarni, Daeng Ipul (Blogger kecenya Makassar), dan tak lupa juga perwakilan dari Service Center Oppo wilayah Makassar.
Pemateri Pertama Via Twitter : @VitaMasli
Sebagai pemateri pertama, Mas Khalil memberikan informasi bahwa OPPO Indonesia baru berusia  tahun dan OPPO Community 1,5 tahun loh. Tapi jangan salah, meski baru seumur jagung, penjualan Smartphone OPPO merupakan urutan ke-2 di Indonesia. Sedangkan untuk anggota Oppo Community pun sudah lumayan banyak loh. Kalau nggak salah kurang lebih 42.000 user. Menariknya, usernya pun tak hanya pengguna OPPO saja. Bukan pengguna Oppo pun banyak, yang artinya OPPO terbuka untuk semua orang, komunitas, dan lain sebagainya.

Lalu, seperti apa itu Oppo Community?

Dari yang saya simak, OPPO Community itu beda-beda tipis dengan Forum Kaskus. Dimana berfungsi sebagai wadah berbagi dan meet up seputar OPPO, dalam hal ini mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan, baik itu offline maupun online. Salah satu kegiatan offlinenya adalah melakukan gathering atau meet up bersama komunitas, seperti blogger misalnya. Sedangkan kegiatan online berupa blog competition, review, dan semacamnya. Tak cuma itu saja, Oppo Community pun menerima pengajuan proposal bagi yang ingin mengadakan event, dengan catatan proposalnya harus mantap dan tentunya harus didukung full plus feed backnya buat Oppo apa. Artinya di sini adalah Oppo tidak mau setengah-setengah dalam memberikan sponsor.

Bagaimana, menarik kan. Sesi selanjutnya adalah sekilas tentang Oppo F1s yang dibawakan oleh Mas Vany (jangan salah, pematerinya cowo loh).

Jujur, kalau sudah bicara tentang spesifikasi dan keunggulan tentang barang elektronik, saya paling demen bangad. Tak terkecuali tentang Smartphone Oppo. Dari semenjak mendengar nama Oppo sejak pertama kali masuk Indonesia hingga saat ini, saya pasti selalu mengikuti perkembangannya. Rasa penasaran saya akan smartphone ini begitu tinggi dan semaking tinggi lagi karena sampai saat ini belum berhasil memilikinya. Apalagi dalam satu tahun belakangan ini, smartphone terbaru OPPO semakin sukses membuat saya menelan ludah. Dan ketertarikan saya nggak ada hubungannya sama sekali dengan para brand ambasadornya, seperti Rio Haryanto, Isyana Sarasvati, Laudya Cynthia Bella maupun Reza Rahardian.

Saya begitu tertarik dengan Oppo karena sudah melihat hasilnya dari doi yang suka ngirim foto jepretanya dan punya adik pertama. Padahal itu bukan produk Oppo terbaru loh, seperti Oppo F1, Oppo F1s maupun Oppo F1 Plus. Hasilnya jepretan kameranya itu oke bangad, saya yang jarang selfie dan paling malas depan kamera pun jadi pengen sekali bergaya menggunakan smartphone Oppo.
Tentang spesifikasi OPPO F1s (community.oppo.com/id)
Seperti apa sih spesifikasi Oppo F1s yang mendapat julukan selfie expert itu? Mau tahu, nih saya kasih sedikit catatan dari yang dijelaskan Mas Vany. Disimak bahkan bila perlu dicatat yang dibuku catatannya masing-masing.

Pertama, kamera depan Oppo F1s sebesar 16MP. Ah masa sih? Serius loh nggak pake bercanda, apalagi ngomong kaya orang ngigau. Udah gitu dilengkapi dengan sensor 1/3.1-inci yang mampu menerima cahaya sampai 4x lipat lebih banyak dari smartphone lainnya dan dikombinasikan dengan lensa aperture yang memiliki lebar f/2.0.

Selain itu, didukung juga oleh fitur beauty 4.0 yang dapat membuatmu tampil senatural mungkin, yang juga dilengkapi dengan 3 level mode pilihan, seperti weak, medium, dan strong.

Kedua, Oppo F1s dilengkapi juga 7 filter tingkat kecerahan yang siap memanjakanmu, diantaranya cafe, candy, soft, mono, shine, fade, dan bright.

Ketiga, tersedia fitur Screen Flash. Fitur ini memiliki fungsi untuk menghasilkan foto bagus meski berada di tempat yang minim cahaya atau gelap sekalipun.

Keempat, panorama selfie dan palm shutter. Buat kamu yang ingin berselfie ria dengan background panorama, maka bisa menggunakan fitur panorama selfie. Sedang palm shutter akan memudahkan kamu dalam berselfie tanpa perlu capek-capek memencet tombol di smartphone. Kurang lebih seperti fitur timer otomatis fungsinya, yang membedakannya kamu tidak perlu mengatur timernya, tapi cukup melambaikan tangan saja.

Kelima, kamera belakang sebesar 13MP dengan sensor 1/3.06-inci dan dilengkapi fitur Ultra HD, sehingga hasil jempretannya pun tetap keren dan baik, dimana resolusi gambar yang dihasilkan lumayan tinggi, yakni hingga 6240 x 8320 pixel. Mantap kan.

Keenam, nyaman dalam genggaman dan tentunya pas ditangan. Desain OPPO F1s tipis dengan ukuran 5,5 inchi dengan permukaan berlapis metal anti-slip. Sehingga saat menggenggamnya akan pas plus nyaman ditangan bahkan tidak perlu khawatir licin, apalagi sampai lepas dalam genggaman.

Ketujuh, hadir dengan RAM 3 GB, memory internal 32 GB dan bisa ditambah memory slot hingga 128 GB,  serta dilengkapi Dual-SIM yang keduanya sudah mendukung jaring 4G LTE.

Pokoknya benar-benar keren bangad deh. Sayang kalau tidak dimiliki dan itulah yang buat saya sampai saat ini begitu tergiur dengan Smartphone Oppo. Nih, saya tambahin lagi dengan video kalau penjelasan di atas masih dianggap kurang dimengerti.

Tentang ColorOS 3.0 by Mas Fernando

Penjelasan tentang OPPO F1s seakan tidak ada habisnya dan semakin jauh semakin membuat rasa penasaran dan ketertarikan saya semakin meningkat. Setelah Mas Vany selesai, materi pun masih berlanjut dan kali ini dibawakan oleh Mas Fernando dengan topik “Color OS 3.0” di Smartphone OPPO F1s.

Apalagi tuh? Segitu penasarannya, saya sampai ngomong dalam hati seperti itu. Ah... OPPO F1s tambah bikin mupeng deh.

Seputar ColorOS 3.0 dari Mas Fernando (@VitaMasli)
Usut punya usut, ternyata Color OS 3.0 itu merupakan software bawaan atau dengan kata lain sistem operasi android terbaru yang juga baru disematkan pada OPPO F1s. Bingung? Maksudnya tuh mirip windows kalau dilaptop atau komputer.

Nah, apa saja keunggulan dari ColorOS 3.0 ini? Cekidot penjelasannya dibawah ini : 
  1. Mampu memaksimalkan alias menghemat daya baterai. 
  2. User friendly. Artinya operasi sistem menjadi lebih responsif, mulus, performa lebih efisien, dan menawarkan lebih banyak pilihan fitur, memory serta tenaga bagi pengguna. 
  3. Menunya yang unik. Keunikannya seperti bisa di atur real time, baik mengikuti cuaca atau tanggaln dihari yang di inginka, dan ikon-ikon di dalamnya lebih dinamis. 
  4. Memudahkan bagi pengguna seperti anak-anak dan manula. Sehingga yang dicap gaptek pun bisa dengan mudah menggunakannya. 
  5. Sistem bawaan ColorOS 3.0 sudah dipersenjatai anti virus, dimana di versi sebelumnya harus donwlod dulu di play store. Sehingga pengguna tidak harus repot-repot lagi mendownload. 
  6. Buat kamu penikmat musik, OPPO F1s memberikan pilihan menarik yang bisa kamu setting sendiri sesuai seleramu, seperti treble, bass, dan equalizer.
Oh iya, di sesi ini tak lupa juga diperkenalkan perwakilan service center OPPO Indonesia wilayah Makassar. Jarangkan disebuah event seperti ini perwakilan service center dihadirkan.

Daeng Ipul Berbagi Pengalaman Menggunakan OPPO F1s
Daeng Ipul dan OPPO F1s via www.community.oppo.com/id
Pemateri terakhir ini bisa dibilang selebritinya blogger Makassar. Urusan menulis sudah tidak diragukan lagi dan tidak salah jika dipilih untuk mencoba kecanggihan OPPO F1s. Selain menulis, juga sering ditugaskan bepergian menjelajah berbagai daerah di Indonesia, suka fotografi, dan yang terbaru mulai merambah ke dunia Video Blog atau Vlog.

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, dikesempatan tersebut Daeng Ipul akan berbagi pengalamannya ketika menggunakan OPPO F1s selama kurang lebih seminggu. Beberapa di antaranya yang masih saya tangkap dan tersimpan dalam memory, yakni sebagai berikut. 
  • OPPO F1s nyaman dalam genggaman dan pas buat digunakan oleh blogger. Karena dengan ukuran sebesar 5,5 inchi, OPPO F1s pas digunakan untuk menulis di blog dan juga mengedit foto. Di sisi lain, OPPO F1s juga mirip blogger yang memiliki kemampuan multi-tasking sehingga dalam keadaan seperti apapun masih digunakan.
  • Soal kamera sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sebelum Daeng Ipul membawakan materi, saya bersama teman-teman semeja masih sempat welfie bareng dan hasil bagus padahal pengambilan gambarnya di atur standar.
  • Soal desain kurang lebih sama seperti yang saya tuliskan di atas saat Mas Vany menjelaskan.
  • Baik kamera depan dan belakang, memadai sekali untuk digunakan membuat video blog. Hasilnya pun diperlihatkan kepada semua peserta gathering yang hadir dan memang ok, dengan kata lain nggak kalah dengan kamera profesional.
  • Mengambil foto di tempat minim cahaya pun hasilnya tetap jelas dan bagus.
  •  Urusan baterai, OPPO F1s cepat dalam mengisi daya dan bertahan lama. Untuk baterainya ini ada garansinya sampai 6 bulan sejak masa pembelian.
Hasil kamera belakang OPPO F1s, sumber : Daeng Ipul
Bagaimana, OPPO F1s benar-benar bikin mupeng kan dan pengen bangad dimiliki segera? Saya saja yang anti kamera pengen sekali memilikinya, pasti kamu yang doyan selfie juga pengen. Iya kan?

Makassar, 30 September 2016
Referensi Tambahan :
www.oppo.com/id/smartphone-f1s

8 komentar:

  1. wah serunya acara oppo, btw supaya bs ikutan acara gini gimana aih mas caranya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut komunitas OPPO saja, namanya OPPO Community. Atau nggak ikut komunitas blogger di daerahnya, biasanya selalu ada infonya dari komunitas di daerah masing-masing.

      Hapus
  2. si oppo ini memang besar dari komunitas, setahu saya sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk yang satu ini saya belum tahu juga. Tapi kalau mantau produknya di berbagai media sering, plus sering ngambil brosurnya juga kalau jalan-jalan ke toko elektronik.

      Hapus
  3. Oppo sekarang lagi laku keras ya mas dan juga selalu dipasang di iklan di hampir semua stasiun televisi swasta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, OPPO sekarang sudah bagus kualitasnya dan sejajar dengan brand lainnya.

      Hapus
  4. Makasih banyak tulisannya...
    Ditunggu tulisan lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip. Nanti bakalan aktif lagi kalau sudah selesai studio akhir.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...