Sabtu, 06 Agustus 2016

7 Tips dan Trik Menghemat Biaya Renovasi Rumah


7 Tips dan Trik Menghemat Biaya Renovasi Rumah
Tips dan Trik Renovasi Rumah Hemat Biaya
Merenovasi rumah seringkali di anggap sebagai salah satu pekerjaan yang membuat setiap orang pusing bukan kepalang. Kenapa bisa? Karena dalam merenovasi sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itupun belum ditambah dengan biaya tak terduga, yang mana jika semua di total akan menjadikan biaya yang dikeluarkan melebihi anggaran yang telah direncanakan.

Apalagi tidak semua orang yang merencanakan untuk merenovasi rumahnya berasal dari golongan yang ekonominya lebih. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang lebih mengenai cara merenovasi rumah. Tujuannya tak lain adalah agar biaya yang dikeluarkan nantinya bisa seminim mungkin atau setidaknya bisa ditekan ke margin terendah, sehingga biaya merenovasi rumah menjadi murah dan kepala pun tidak terlalu pusing lagi.

Jangankan yang ekonominya di bawah kelas menengah, orang-orang dengan ekonomi di atas kelas mengenah saja masih berpikir berulang-ulang jika ingin merenovasi rumahnya. Dan yang dipikirkan pun tak lain adalah bagaimana agar biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi rumah jadi murah?

Nah, berbicara tentang biaya atau budget alias anggaran merenovasi rumah, maka diperlukan tips dan trik agar biaya merenovasi rumah jadi murah. Siapa sih yang nggak mau menghemat biaya saat akan merenovasi rumah? Saya saja mau, malah pakai bangad.

Dengan menerapkan tips dan trik menghemat biaya renovasi rumah, tentu setiap orang berharap agar bisa menekan biaya pengeluaran yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Selain itu, dengan adanya tips dan trik juga, semua pasti berharap agar biaya yang sudah dianggarkan bisa tercapai dengan maksimal. Ya, kan?

Lalu, tips dan trik yang dimaksud itu seperti apa? Mau tahu, berikut tips dan trik menghemat biaya renovasi rumah yang bisa kamu terapkan ketika nanti punya niat untuk merenovasi rumah.

Tentukan Skala Prioritas

Kenapa harus membuat skala prioritas? Jawabannya ada pada penjelasan singkat di bawah ini. Di simak baik-baik dan pahami.

Jika mengikuti kata hati atau saran dari tukang, bisa-bisa renovasi kamu hanya setengah saja yang selesai. Kok bisa? Karena akibat mengikuti kemauanmu atau tukang, biaya yang kamu sedikan jadi kemana-mana dan itu akan membuat anggaran yang kamu sediakan cepat habis.

Disinilah perlunya membuat skala prioritas di dalam melakukan renovasi rumah. Misalnya saja jika memang tujuan awalnya membuat satu kamar tidur untuk anak, maka lakukan sesuai rencana. Godaan biasanya muncul dengan adanya keinginan menambah buffet kecil, meja belajar anak, membuat wallpaper bernuansa anak, dan sebagainya.

Jika kamu tidak fokus pada skala prioritas, maka biaya yang akan dikeluarkan sudah pasti akan membengkak. Padahal anggaran yang kamu miliki sangat terbatas alias pas-pasan. Ujung-ujungnya, kamu pasti akan pusing sendiri juga.

Manfaatkan Bahan Bangunan “Bekas” Yang Masih Layak Pakai

Jika kamu merencanakan untuk merenovasi rumah, ada baiknya bahan yang menurut kamu masih layak pakai jangan di buang. Kenapa?

Jawabannya simple saja, karena bisa jadi bahan-bahan tersebut akan bermanfaat suatu saat nanti. Bisa jadi ketika merencanakan renovasi rumah lagi, kamu langsung teringat dengan beberapa bahan bangunan bekas hasil renovasi sebelumnya yang tidak terpakai. Atau dengan kata lain bahan tersebut masih layak pakai namun masuk dalam kategori bagian yang ikut direnovasi.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan kembali bahan bangunan bekas yang kondisinya masih bagus tersebut, misalnya saja pintu, jendela, genteng, peralatan sanitasi dan sebagainya. Toh bahan tersebut bisa dibuat seperti baru dengan, yakni mengecat ulang atau memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampak baru. Atau jika masih punya marmer bekas, jangan dibuang karena pecahan marmer tersebut dapat mempercantik bangunan atau interior rumah.

Jadi tidak ada salahnya bukan menggunakan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai. Selain dapat membantumu untuk lebih hemat, juga bisa digunakan kembali sesuai dengan kreativitas atau daya imajinasimu.

Buat Hitungan Volume Harga Pengerjaan

Ada banyak metode perhitungan budget renovasi seperti uraian terdahulu. Sebaiknya kamu coba cek satu persatu sebagai bahan referensi atau perbandingan. Pilih metode yang paling hemat. Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Jika kamu disiplin dalam melakukannya, maka nilai bangunanmu akan maksimal, biaya hemat dan hasil terlihat bagus.

Perlu diingat bahwa rincian komponen pekerjaan sangat fleksibel dan sewaktu-waktu bisa berkembang, misalnya adanya penambahan dinding, plafond dan penutup atap. Atau bisa juga  karena penambahan pekerjaan instalasi mekanikal, elektrikal, dan pumbling yang terdiri dari jaringan listrik, telepon, tata suara, udara, air bersih, dan saluran air kotor. Belum lagi pekerjaan halaman seperti jalan setapak, halaman, dan taman. Yang mana jika ini semua di ikuti, hasilnya tak akan pernah tercapai sesuai anggaran yang sudah dibuat.

Jika sudah demikian, sebaiknya segera kamu balik ke poin pertama yakni fokus ke skala prioritas dan biaya yang sudah ditentukan.

Hitung Rencana Pengeluaran

Dalam membuat perhitungan biaya, kamu bisa melakukannya sendiri seperti panduan yang sudah diberikan. Jangan lupa, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan. Sebagai contoh cara menghitung besarnya komponen beton, bisa dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3 @Rp/m3.

Rekanan Dengan Toko Material

Banyak toko bangunan yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka. Kedua belah saling diuntungkan, di mana pembeli bisa mengalokasikan dana renovasi secara bertahap sedangkan pemilik toko juga terbantu dengan pembelian stock secara rutin untuk memenuhi target penjualan stock dari supplier mereka.

Catatan : Untuk bisa jalan dengan sistem pembayaran tempo ini, kamu harus kenal baik dengan toko material tersebut.

Pilih Kontraktor Atau Jasa Tukang Yang Tepat

Di kota besar sudah umum menggunakan jasa kontraktor bangunan dalam membuat rumah atau renovasi. Mereka bisa profesional freelance atau dalam bentuk perusahaan resmi. Kamu diuntungkan dari sisi kenyamanan proses dan hasil yang berkualitas jika bisa memilih kontraktor yang baik.

Jika ingin merenovasi rumah atau bangunan lain dengan menggunakan jasa kontraktor, sebaiknya cari dengan teliti, kontraktor yang benar-benar berpengalaman, jujur, serta profesional. Namun jangan sampai demi menghemat biaya  kamu memaksakan menggunakan kontraktor yang murah namun belum berpengalaman.

Kalau memang biaya yang kamu miliki terbatas, sebaiknya memilih jasa tukang saja. Walau terkesan tradisional, namun mereka lebih mudah untuk diajak diskusi rencana dan progres bangunan dilihat dari sisi biaya.

Berhemat Untuk Pengeluaran Lain yang Tak Terduga

Saat renovasi sering kita terjebak berkompetisi dengan lingkungan. Lihat tetangga membangun rumah dengan marmer dan kayu jati lantas kita ikut-ikutan. Saya sarankan, hindari kebiasaan ikut-ikutan seperti ini. Fokuslah pada anggaran biaya dan berhematlah di sisi pengeluaran lain yang tak terduga.

Mengapa? Karena saat akan merenovasi rumah belum tentu kondisi bangunan rusak ringan. Bisa saja kamu menemukan kondisi bangunan yang akan di renovasi dalam kondisi rusak berat atau parah, sehingga mau tidak mau dan sudah pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal-hal tak terduga seperti ini patut kamu pertimbangkan dengan matang, termasuk di dalam biaya anggarannya patut kamu siapkan juga.

Bagaimana, kira-kira sudah bisa mereka-reka jika nanti berniat merenovasi rumahmu. Semoga beberapa tips dan trik di atas dapat membantu dan bisa dijadikan solusi bagi yang pusing bukan kepalang memikirkan anggaran dalam renovasi rumah.

Makassar, 6 Agustus 2016
Referensi Tambahan :
Forum rumah123.com

18 komentar:

  1. Terkadang, memakai jasa tukang memang lebih dianjurkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, tapi musti lebih jeli dan hati-hati juga dalam memilih tukang. Karena berdasarkan pengalaman pribadi, ternyata ada juga tukang yang nakal dan biasanya bekerja sesuai maunya.

      Hapus
  2. Dana sepertinya harus gede kalau kalau siap renovasi rumah ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang di renovasi lumayan besar, sudah pasti dana yang dibutuhkan harus gede. Belum ngitung biaya bahan, biaya pembongkaran (siapa tahu tukangnya minta upah tambahan), biaya untuk buang bahan-bahan sisa pembongkaran yang tidak di pakai yang biasanya harus nyewa truk lagi.

      Terakhir gaji tukang atau pemborong sesuai perjanjian, entah itu perhari, perminggu, perbulan atau sekaligus setelah pekerjaan selesai.

      Hapus
  3. informasi penting buatku. Mau rencana merenovasi rumah dan belum apa-apa udah nervous duluan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah direncanakan jauh-jauh hari dengan baik, pasti renovasi bakal berjalan dengan baik pula dan tak akan ada lagi nervous.

      Hapus
  4. waktu renovasi kemarin aku pakai tenaga borongan tapi bahan2 kita yang beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenaga borongan kurang lebih sama dengan jasa tukang, bedanya cuma dikit. Kalau borongan segala urusan gaji dengan tukang, semuanya kepala pemborongnya yang atur. Untuk bahan memang harus kita sendiri yang beli, tapi bisa juga pakai bantuan pemborong kalau mau.

      Hapus
  5. saya biasanya langsung suruh tukang, meskipun saya bsa menggunakan google sketchup untuk gambar denah, tapi tetap aja hasilnya kurang akurat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau akurat dan punya gambar kerja plus detail-detailnya, harus pakai autocad. Google Sketchup lebih condong ke 3 dimensi.

      Hapus
  6. DEAR BAPAK DAN IBU,

    SILAKAN MAMPIR KE SUPERMARKET BAHAN BANGUNAN KERAMIK JAKARTA !

    KERAMIK JAKARTA
    JL. PERCETAKAN NEGARA NO. D 764
    RAWASARI
    JAKARTA PUSAT

    SENIN - SABTU PK. 08.30 - 18.00
    MINGGU PK. 09.00 - 17.00

    WA 087884063430
    CONTACT PERSON EMAIL : PAK FRANS
    TELP. 4261031 - 4265803
    FAX. 4203116 email : keramikjakarta764@yahoo.com

    SALAM MARKETING,
    MARINI PIN BB 297B5746


    LOWONGAN KERJA :

    SATU :

    SALESMAN PRIA DINAS LUAR UNTUK KERAMIK PLATINUM DAN ASIA TILE (UBIN,
    DINDING)

    MEMILIKI VERKLARING DAN CHANNEL STORE DI MODERN OUTLET DAN TRADISIONAL

    DUA :

    SOPIR SIM B1

    MEMILIKI VERKLARING , KTP , SIM B1

    TIGA :

    MERCHANDISING MANAGER (PEMBELIAN UTK SUPERMARKET BAHAN BANGUNAN )

    MEMILIKI VERKLARING SEBAGAI MD MGR DI SUPERMARKET BHN BANGUNAN
    DTG LSG BERTEMU MARINI ( SENIN - SABTU PK. 08.30-14.00)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk info dan masukannya.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Boleh bro kalau memang bermanfaat artikelnya. Di share banyak kali pun boleh bangad.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...