Jumat, 15 Januari 2016

Kenali Cara Kerja Jam Biologis Organ Tubuhmu

Kenali Cara Kerja Jam Biologis Organ Tubuhmu
Memasuki era modern ini, seringkali kita lupa akan waktu bahkan lupa istirahat. Pasti pada bingung kenapa bisa? Jangan tanya sama aku, tapi tanyakan pada diri masing-masing kenapa bisa begitu? Jawabannya sebenarnya simple sih, asal mau nyari tahu. Namun daripada pusing nyari dan malah banyak bertanya-tanya, mending aku kasih contohnya saja.

Salah satunya yang tak bisa kita pungkiri saat ini adalah dengan adanya kemajuan teknologi. Ya, kemajuan tekologi berhasil membuat kita sedikit tergila-gila dan lupa akan waktu bahkan istrahat sekalipun. Percaya atau tidak, saat kita dihadapkan dengan gadget kesayangan,  tak jarang kita lupa waktu makan, lupa waktu shalat (bagi agama islam), dan juga lupa waktu istirahat.

Itu baru satu contoh saja loh, belum lagi ditambah aktivitas lainnya, seperti tugas kuliah yang menumpuk atau dikejar deadline. Dari aktivitas tersebut, tanpa sadar membuat jam biologis kita menjadi terganggu dan tidak teratur. Padahal jam biologis itu sangat penting, salah satunyai membantu ketahanan fisik dan hal lainnya untuk masa sekarang dan masa mendatang. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba mengetahui dan memperhatikan jam biologisnya masing-masing mulai dari sekarang. Itu pun jika ingin tubuh anda tetap sehat sampai masa tua kelak.

Ngomongin jam biologis, dibawah ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yang mana merupakan saran langsung dari salah satu ahlinya, yakni Prof. dr. Soeharsoyo SpAk.

Lambung

Jam 07:00 - 09:00. Daya kerja lambung sedang kuat-kuatnya. Dianjurkan utk sarapan yg bergizi tinggi pada jam ini.

Jam 19:00 - 21:00, Lambung sedang lemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna, atau lebih baik berhenti makan.

Jantung

Jam 11:00 - 13:00, hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah.

Jam 23:00 - 01:00, Jantung sedang dalam kondisi lemah. Waktunya istirahat untuk pemulihan energi tubuh.

Hati Atau Liver 

Jam 01:00 - 03:00, Liver dalam kondisi kuat, terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel.

Jam 13:00 - 15:00, Kondisi liver sedang lemah, dengan istirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.

Paru-Paru

Jam 02.30 - 04:30, Kondisi paru paru sedang kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru-paru. Akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru2 kotor. Ini jam terbaik untuk “Qiyamul lail”. Saat sujud pada waktu inilah. mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu. yang tidak bisa di alirkan darah pada saat sujud diwaktu siang.

Jam 15:00 - 17:00, Paru paru sedang lemah, istirahat dan nafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru paru.

Ginjal

Jam 17:00 -19:00, Ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik untuk belajar.

Limpa 

Jam 21:00 23:00, Limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di jam ini, artinya limpa ada gangguan.

Usus Besar

Jam 05:00 - 07:00, Usus besar dalam kondisi kuat, biasakan buang air besar (BAB) di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua.

Makassar, 15 Januari 2016

35 komentar:

  1. Pas bgt ni buat alarm biar ga makan di waktu yg salah ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangad, setidaknya untuk dijadikan pengingat bahwa makan tepat waktu itu sangat penting untuk tubuh.

      Hapus
  2. Pantas ya sarapan itu sangat diwajibkan. Karena pada jam 7-9 lambung sedang bekerja keras rupanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, wajib bangad. Selain jam tersebut merupakan waktu jam kerja lambung, sarapan pagi juga bermanfaat untuk mengurangi kebiasaan makan berlebih di siang hari.

      Hapus
  3. Bener bener gak boleh begadang dan usahakan tidur siang ya. makasih banyak sharingnya mas. bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gak boleh begadang, tapi kalau bisa hindari begadang. Tidur siang juga bermanfaat untuk regenerasi kulit wajah biar tetap kencang dan mulus. Itu saya ketahui dari temanku yang anak fitnes.

      Hapus
  4. Ewh, secara gak langsung tulisan ini merupakan sebuah reminder buat menjaga dan terus memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat lagi, Mas. Terima kasih sudah mau berbagi dan salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas kalau gitu. Semoga bisa di praktekkan secara perlahan-lahan sehingga gaya hidupnya menuju ke arah yang lebih baik lagi.

      Salam kenal juga.

      Hapus
  5. saya kadang ngak perhatikan hal ini thanks for the tips ;)

    BalasHapus
  6. Wah aku kurang jaga badan banget kayanya nih, harus mulai benerin pola hidup kalau kaya gini mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas belajar lagi untuk kembali ke pola hidup sehat. Gak apa telat daripada gak berusaha sama sekali.

      Hapus
  7. semenjak ngambil skripsi akhir tahun kemarin, aku kurang ngejaga kondisi tubuh dan sering banget begadang T_T. terimakasih buat artikel yang bermanfaat ini mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak, sesekali mah gak apa-apa. Kan buat masa depan juga tuh skripsi, nanti normal lagi kalau skripsinya udah kelar.

      Hapus
  8. Waaah saya biasa makan jam delapanan malam mas timur, waduh itu pas lambung sedang lemah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Banyak kok yang sering telat makan kaya gitu. Semoga bisa diperbaiki jam makannya ya mas.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Terima kasih kembali. Semoga membawa manfaat setelah membacanya.

      Hapus
  10. Dulu jam 2 dini hari adalah jam biologis saya untuk bangun...sekarang kok mulai mundur yak..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Ada apa gerakan, kenapa ampe bisa maju ke belakang.

      Hapus
  11. pantesan jam 15:00..saya sering merasa susah bernafas...ternyata saat itu paru-paru dalam kondisi lemah yaaa...
    keep happy blogging alway..salam dari banjarbaru-makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus lebih di perhatikan lagi tuh pak biar perlahan-lahan berkurang masalah susah napasnya.

      Hapus
  12. Dulu ngikuti jam seperti ini, tapi kalo pas hamil bisa makan nasi tenga malam heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Kalau untuk yang satu itu mah gak bisa di tahan-tahan mbak, ntar kasian lagi sama calon anaknya.

      Hapus
  13. Wuih, baru tahu saya kalau jam biologis tubuh bisa selengkap ini. Ijin kopi terus saya print ya? Tenang aja Mas, enggak buat dipublikasikan kok. Hehe.. Boleh ya? Thanks infonya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di publikasikan juga gak apa-apa kok. Semakin banyak yang tahu kan semakim bagus. Kan bagus kalau sehat cuma sendirian doank. Enakan rame-rame sehatnya.

      Hapus
  14. makasih atas infonya ya, kadang saya suka memporsir tubuh nih, kalo udah kelelahan baru berenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Sudah kewajiban untuk saling mengingatkan sesama.

      Hapus
  15. Terkadang tubuh kita selalu digenjot sampai batas maksimal kalau ada pekerjaan numpuk,,,,, tapi itulah yang namanya hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Kehidupan memang ribet dan banyak tantangannya, tapi kondisi badan juga harus tetap diperhatikan karena kalau sakit, nanti repot sendiri juga.

      Hapus
  16. Baru tahu kalau organ di dalam tubuh kita mempunyai jam - jam tertentu aktivitasnya, nice info makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas kalau dirasa bermanfaat.

      Emang sih banyak yang gak menyadari kalau tubuh juga memiliki jam biologis seperti kita yang punya waktu untuk bekerja, istrahat, makan, dan lain sebagainya.

      Hapus
  17. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...