Sabtu, 30 Januari 2016

Lima Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencapai "Kesuksesan"

sukses
Sumber Gambar : www.teropongbisnis.com

Menjadi jutawan atau bahkan miliarder merupakan impian dari hampir banyak orang di seluruh dunia. Karena dengan menjadi seorang jutawan atau miliarder, maka kita akan di cap atau di anggap sebagai orang yang sukses. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang bisa menggapai hal tersebut. Bahkan dari banyaknya penduduk di dunia ini, hanya sedikit sekali orang yang bisa menjadi seorang jutawan atau bahkan miliarder. Yang jika di persentasikan jumlahnya masih dibawah 10% dari jumlah penduduk dunia saat ini yang sudah lebih dari 4 miliar.

Namun jika kita ingin menjadi seorang miliarder atau jutawan, maka yang harus dilakukan tak lain dan tak bukan adalah belajar dari mereka yang telah mencapai tahap miliarder atau jutawan tersebut. Sama halnya seperti belajar menulis di blog,  tidak ada salahnya untuk belajar dari mereka yang telah berada ditingkatan "sukses", setelah meniru apa yang mereka lakukan, yang mana jika diperhatikan dan diamati pasti berbeda dengan yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memodifikasi ilmu yang didapatkan mengingat perkembangan zaman setiap tahunnya selalu mengalami perubahan yang kadang tak terduga.

Lalu apa sajakah yang bisa kita pelajari dan tiru dari para orang-orang sukses atau miliarder ini? Berikut sedikit rangkuman yang aku dapatkan setelah melakukan pencarian di sela-sela waktu istirahat mengerjakan skripsi yang sedang deadline. Setidaknya ada "5 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencapai Kesuksessan” yang di idamkan oleh banyak orang.

Mereka Fokus Pada Satu Hal
 
Hal utama yang dilakukan oleh para jutawan dan miliarder, dimana hampir semua orang tidak melakukannya adalah, "Fokus". Ya... mereka fokus dalam mengerjakan satu hal, serta fokus pada apa yang telah ditargetkan. Jika mereka mulai mengerjakan satu hal, maka mereka akan fokus mengerjakan hal tersebut hingga sukses.

Para jutawan hanya memilih satu bidang untuk dia tekuni dan kembangkan. Umumnya, orang selalu menekuni dua atau lebih bidang dan berharap mereka bisa sukses dari salah satu bidang tersebut, atau bahkan dari semua bidang yang ia tekuni. Nyatanya, orang-orang sukses selalu dikenal dengan bidang mereka saja yang begitu unggul. Jangan menghabiskan waktu pada banyak bidang, fokuslah pada satu bidang dan kembangkan dengan baik.

Kita tidak akan mampu untuk menangani berbagai macam hal sekaligus, karena itu fokuslah pada satu hal seperti yang para orang sukses lakukan.

Mereka Selalu Berusaha Keras

Selain kemampuannya yang luar biasa dalam hal fokus, orang-orang sukses terkenal pekerja keras. Mereka selalu meluangkan waktu, upaya, dan pikiran mereka untuk mengoptimalkan usaha mereka. Seumpama memiliki sebuah
bisnis, misalnya di bidang kuliner dan mereka ingin bisnis tersebut sukses, maka mereka akan berusaha keras untuk mencari strategi pemasaran, resep rahasia yang enak dengan berbagai eksperimen.

Tentunya ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Pasti ada saja halangan, rintangan, kegagalan, kalah bersaing, dan faktor lain yang bisa membuat kita jatuh dan menyerah. Tetapi di sanalah letak perbedaan orang-orang pada umumnya dengan para jutawan. Walau mereka jatuh, mereka masih bisa berdiri kembali dan berusaha lebih keras dari sebelumnya. Mereka selalu mengoptimalkan otak mereka untuk mengeluarkan ide cemerlang dengan usaha keras yang nantinya membawa mereka kepada kesuksesan.

Mereka Berhati-Hati Terhadap Resiko
 
Hal ketiga yang membedakan antara orang sukses dengan kebanyakan orang adalah dalam hal pengambilan resiko. Para jutawan selalu berpikir jauh kedepan tentang bisnis mereka, mereka berhati-hati dengan resiko yang mungkin terjadi. Tidak hanya asal niat membangun bisnis, ada modal dan langsung jalan tetapi kemudian hancur atau bangkrut kemudian.

Para jutawan selalu memperhitungkan setiap langkah seperti memainkan permainan catur. Mereka juga memperhitungkan untung rugi yang didapat jika mereka melangkah. Itulah mengapa para jutawan bisa sukses, karena mereka merencanakan tindakannya dan berhati-hati terhadap resiko.

Mereka Tidak Pernah Berhenti Belajar
 
Saat kita telah meraih untung atau mungkin telah sukses dan menjadi jutawan/ miliarder, janganlah bersombong diri dan merasa yang terbaik. Di atas langit masih ada langit. Itulah peribahasa yang cocok untuk mengungkapkan faktor pembeda ke-4 ini. Para jutawan, walau mereka sudah sukses mereka tetap terus berinovasi dan mencari pelajaran baru yang mereka tidak ketahui untuk menambah wawasan atau mungkin untuk mengembangkan bisnisnya.

Walaupun kita bisa, tetaplah bersikap terbuka terhadap saran dan pendapat orang lain, barangkali ada pelajaran lain yang kita tidak tahu. Dan akhirnya kita bisa saling berbagi dengan orang lain tentang apa yang kita ketahui dan apa yang mereka ketahui. Tetaplah untuk menambah wawasan kita dengan banyak belajar dari berbagai sumber, entah itu dari buku, dunia maya atau istilah kerennya internet
, maupun dari sekeliling kita yang dikenal dengan sebutan universitas kehidupan.

Mereka itu Orang yang Murah Hati

Dan yang terakhir adalah sifat murah hati. Percaya atau tidak percaya, bahwa dengan kita berbagi atau bersedekah maka pintu rezeki akan dibuka, dan kita dibalas dengan hal yang lebih baik. Itulah yang dilakukan para jutawan.

Kita bisa mengambil pelajaran dari milyarder dermawan Bill Gates, Warren Buffett, Carl Icahn dan Ken Langore. Menurut mereka, memberikan uang bisa membuat kita merasa sama baiknya (jika tidak lebih baik) daripada saat kita mendapat atau menghasilkan uang tersebut.

Itulah 5 hal yang dilakukan oleh para jutawan untuk mencapai kata sukses, walaupun arti sukses bagi masing-masing orang. Jika kita ingin meraih kesuksesan, maka sebaiknya kita juga meniru hal baik yang dilakukan oleh para jutawan tersebut.
Makassar, 30 Januari 2016

Sumber :
Sedikit memodifikasi tulisan dari Facebook Orang-Orang Sukses dan Maxmanroe. Mumpung lagi istrahat sebentar dari kerjain Skripsi.

8 komentar:

  1. semoga kita menjadi orang-orang sukses berikutnya yah Mas, amin..

    BalasHapus
  2. Betul juga

    Btw kunjungi juga blog ane:
    http://lantingrusak.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. saya juga pengennya fokus pada satu hal, tapi ini gimana banyak banget yg harus dikerjain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Di coba pelan-pelan aja. Tapi kalau tetap gak bisa, ya udah apa boleh buat.

      Hapus
  4. tidak pernah berhenti belajar merupakan modal penting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, selama masih bernapas tidak ada kata berhenti untuk belajar.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...