Senin, 14 Desember 2015

Cerita Dibalik Terdaftarnya Aku Jadi Peserta TravelNBlog 5

Maaf Gambarnya Aku Potong, Sumber : www.lucianancy.com
Selalu saja ada yang menarik setiap kali mendengar bahwa akan ada sebuah pelatihan di kota aku tinggal saat ini. Entah pelatihan itu dikemas dalam bentuk seminar, workshop, maupun semacamnya. Terlebih lagi hal tersebut berhubungan dengan hobi yang sedang atau baru dijalani. Misalnya, menjadi seorang backpacker, traveller, pecinta kuliner, blogger, atau memiliki dua hobi sekaligus seperti travel blogger.

Ngomongin soal hobi, pelatihan dan sebangsanya, belum lama ini aku punya hobi baru. Yang mana semua berawal dari ketertarikanku akan seputar aktivitas yang dilakukan seorang teman, yakni menulis di blog. Dari ketertarikan tersebut kemudian berlanjut pada ikut-ikutan, setelah itu jadi ketagihan dan akhirnya sekarang malah menjadi hobi baru.

Yah... begitulah awal mula aku mengenal dunia menulis dan juga blogging.

Sebagai seorang blogger amatiran atau bahasa halusnya pemula, aku selalu antusias setiap kali mendengar atau mendapatkan informasi tentang adanya pelatihan, seminar, workshop, atau kopdar yang berhubungan dengan hobi baruku ini. Baik itu informasi langsung disampaikan oleh teman, atau dari beberapa sosial media yang aku ikuti. Jika sudah mendengar hal demikian, semangatku pun langsung menyala-nyala layaknya seorang pejuang jaman dulu.

Contohnya seperti yang aku alami hampir dua minggu yang lalu. Kalau gak salah ingat tepatnya hari Kamis, 3 Desember 2015, yang secara kebetulan hari itu juga smartphone satu-satunya yang aku miliki baru saja pulih, setelah hampir sebulan lamanya berada di service center.

Seperti biasa jika sudah berhadapan dengan smartphone, yang paling pertama aku tuju adalah facebook, mengingat media sosial yang satu ini setiap harinya selalu ramai dengan pemberitahuan baru, pesan masuk, dan tidak jarang selalu ada permintaan pertemanan. Dan benar saja, pemberitahuan masuk lumayan banyak, terdapat bebeberapa pesan masuk, dan juga permintaan pertemanan.

Namun dari ketiganya, ada satu yang menarik perhatianku, yakni pada salah satu pesan masuk. Dimana ada seorang gadis yang bertanya tentang kapan “Workshop TravelNBlog” di adakan. Usai membaca pesan tersebut, aku malah heboh sendiri. Aku heboh karena baru nyadar kalau di bulan Desember ini akan ada workshop seputar dunia “Travel dan Blogger”. Sedangkan di sisi lain, aku terancam gak bisa ikut, padahal informasinya sudah aku ketahui sebulan sebelumnya dan waktu itu niatku untuk ikutan sangat tinggi sekali.

Untungnya, di saat bersamaan aku sedang membuka group “Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri.org”. Kehebohanku pun perlahan-lahan mereda ketika membaca status yang di bagikan oleh salah seorang anggota group bernama “Daeng Ipul”. Dalam status tersebut tertulis bahwa masih ada sheat yang kosong bagi yang ingin mengembangkan hobi traveling dan ngeblognya menjadi sesuatu yang menghasilkan ke depannya. Dan jika berminat bisa mendaftarkan diri menjadi peserta di acara sharing bertajuk Workshop TravelNBlog yang bertemakan “TravelNBlog 5”.

Sumber : Facebook Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri
Setelah membaca status tersebut sampai tuntas, aku pun berkata dalam hati “Alhamdulillah, rejeki emang gak ke mana. Masih ada harapan untuk bisa ikutan workshop kali ini”.

Tanpa menunggu lama, semua yang tertulis sesuai syarat dan ketentuan yang ada aku ikuti dengan seksama. Mulai dari mengikuti twitter TravelNBlog sampai mendaftarkan diri lewat formulir online yang sudah disediakan. Bahkan tak lupa juga mengeceknya beberapa kali agar tidak ada yang terlewatkan.

Oh iya, di saat mendaftarkan diri menjadi peserta workshop, aku juga tidak lupa menjelaskan kepada gadis yang sebelumnya bertanya tentang workshop yang sama.

Namun lagi-lagi aku dibuat risau untuk kedua kalinya, tepatnya setelah mengklik tulisan “submit”. Karena dibawah tulisan “Terima Kasih” ada kalimat yang membuatku jadi sedikit down.

Isinya kalimatnya kurang lebih begini : “Tanggapan anda akan di respon dalam waktu 2x24 jam”.

What? Sama saja sia-sia donk, begitu pikirku. Kalau di responnya 2x24 jam, berarti hari Sabtu baru ada jawaban. Namun ditengah kekecewaan tersebut, aku masih berpikir dan mencari cara agar tetap bisa ikut. Lalu tiba-tiba saja terbersit ide nekad untuk mengirim pesan ke pihak penyelenggara workshop lewat twitter.

Berhubung sampai dini hari aku masih nongkrong di warkop, maka aku pun menyempatkan diri untuk membuka email yang aku daftarkan sebagai peserta beberapa jam sebelumnya. Sambil menunggu email terbuka, aku berharap agar ada keajaiban yang turun dari langit dan nyangkut emailku.

Tapi apa daya, saat emailku terbuka ternyata keajaiban yang aku tunggu tidak menampakkan diri. Namun aku masih belum menyerah, aku pun mencoba membuka email yang satunya lagi, yang kebetulan terhubung dengan akun twitter milikku. Satu persatu pesan di email kedua aku baca dan ternyata keajaiban yang aku tunggu ada di sana, yakni sebuah balasan yang berasal dari akun twitter. Dimana isinya adalah agar aku mengecek email yang aku daftarkan sebelumnya.

Secercah harapan dan senyum sumringah pun menyambut berita tersebut. Lalu, aku beralih menuju ke email pertama dan benar saja, disana ada email yang baru masuk dengan pengirim adalah TravelNBlog ID. Segera saja aku buka email tersebut, alangkah senangnya aku karena isinya menyatakan aku sudak terdaftar dan tinggal menyelesaikan persayaratan terakhir sebelum 4 Desember 2015, pukul 10 pagi.

Saking senangnya aku, segera saja aku memberikan konfirmasi lewat twitter bahwa akan menyelesaikan persyaratan terakhir tersebut sebelum waktu yang di tentukan. Setelah selesai memberikan konfirmasi, aku pun beranjak pulang. Di tengah perjalanan pulang aku berhenti di sebuah ATM dan menyelesaikan syarat terakhir. Hal itu aku lakukan untuk berjaga-jaga karena tidak yakin esok paginya akan bangun lebih awal, mengingat kebiasaanku selalu tidur sehabis shalat shubuh.

Dan benar saja, aku bangun terlambat. Saat melihat jam di smartphone ternyata waktu menunjukkan hampir pukul 9 pagi. Seketika aku panik karena belum memberikan konfirmasi terakhir berupa bukti pembayaran yang telah aku lakukan sebelumnya. Aku pun segera bergerak cepat membersihkan tempat tidur, lalu mandi, dan menuju warkop untuk memberikan konfirmasi terakhir mengenai bukti pembayaran.

Sesampainya di warkop, aku memanfaatkan waktu yang tinggal sedikit untuk segera mengirim bukti pembayaran yang sudah aku foto dan pindahkan ke laptop sebelumnya. Sungguh beruntungnya aku, karena bukti pembayaran tersebut terkirim 1 menit sebelum pukul 10 pagi.

Aku pun bernapas lega.

Makassar, 14 Desember 2015

32 komentar:

  1. wah pasti gembira ya dapat emailnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Gembira bangad, kapan lagi bisa ikut yang kaya gitu an.

      Hapus
  2. wkwkkw seharusnya ikut, tapi cuma daftar doang. Sedih :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat aku juga ada yang kaya Mbak. Daftar doank terus gak datang, malah ngajak ngobrol lewat twitter.

      Hapus
  3. Ayo mas dishare ilmu hasil ikutan workshopnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah mbak gak lama lagi, bakalan aku share kok secepatnya.

      Hapus
  4. nunggu juga hasil workshopnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak Kania, lagi ditulis reportasenya.

      Hapus
  5. Ditunggu reportase lengkapnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, siip. Kebetulan lagi dalam tahap penulisan.

      Hapus
  6. jadi, kayak dikejar2 deadline nih mas :)
    he he he

    untung, hasilnya happy ending deh, bisa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, rasanya kaya diburu debcollector.

      Untungnya selamat juga akhirnya dan bisa tersenyum bahagia plus pikiran jadi ploong.

      Hapus
  7. Di Semarang beberapa waktu lalu juga ada mas , sayang ane gak bisa ikutan :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah sayang donk, padahal acaranya keren, santai sama seru.

      Hapus
  8. Wiihhh mantab ni, untung da keajaiban y

    BalasHapus
  9. Wahhh mas ikutan yang ini ya... keren. Ketemu mbak Firsta dong... share dong mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ikut di detik-detik terakhir. Ketemu juga sama Mbak Firsta, kebetulan salah satu pematerinya.

      Hapus
  10. kerennn... asyiknya bisa sekalian jalan2 :D

    BalasHapus
  11. Sy malah milih tdk ikut meski sdh dimention 2x sama akun twitter penyelenggara dn sekali dikirimi email. Bagus sih konsep acaranya, cuma sy memilih membatalkannya dgn alasan tertentu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo... nanti di kesempatan berikutnya lagi, siapa tahu ada lagi.

      Hapus
  12. Kalo gitu turut bergembira aja mas Timur, dan entar bagi-bagi ilmunya donggg... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Siip, udah pasti tuh aku bagikan ilmunya.

      Hapus
  13. Perjuangan yang sepertinya mulai membuahkan hasil ya, mas... Jooos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, akhirnys menampakkan hasil juga.

      Hapus
  14. jalan-jalan terus yaa.. tunggu cerita selanjutnya :)
    http://mariana.my.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali kok jalan-jalannya. Gak lama lagi diposting cerita selanjutnya.

      Hapus
  15. ya ampun mepet de el banget ya konfirmasinya, hati2 lho jangan terlalu mepet de el, nanti malah kebingungan sendiri kitanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Hampir aja kebingungan sendiri. Untungnya berhasil dan cepat di konfirmasi.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...