Selasa, 17 November 2015

5 Langkah Menjadi Wirausahawan Sukses

Ilustrasi : Entrepreneur Muda
Banyak cara dilakukan seseorang agar menjadi berhasil dalam usahanya. Bahkan ada beberapa aturan yang bisa membawa setiap orang bisa berhasil menjadi wirausahawan atau pengusaha yang sukses. Setiap pengusaha tidak hanya belajar dengan apa yang ia kerjakan, sementara pengalaman yang membuatnya akan lebih fokus dalam menjalankan wirausaha.

Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan untuk menjadi pengusaha yang sukses :

Jangan Berpikir Besar, Tapi Pikirkan Bagaimana Menjadi Lebih Besar
 
Seorang pengusaha harus memiliki visi, yang akan menjadi kekuatan pendorong dari segala hal yang akan dijalaninya. Jalankan semua visi yang telah dipikirkan, dan jangan berpikir menjadi penakut. Mengapa? Karena seorang penakut tidak akan mampu membangun bisnis menjadi lebih maju.

Mempekerjakan Orang yang Lebih Pintar
 
Sebagai pendiri, diharapkan untuk mengetahui segala sesuatu tentang usaha yang sedang dijalankan. Meski pada kenyataannya belum mampu bahkan tidak bisa untuk membangun usaha yang di dirikan. Kendati begitu, tidak berarti harus berhenti belajar dan meningkatkan keterampilan. Yang perlu dilakukan adalah harus bisa lebih terbuka dalam hal pemikiran bahwa ada yang lebih paham untuk menangani hal yang belum mampu atau tidak bisa dikerjakan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Gampak kok, yakni dengan mempekerjakan orang yang lebih mampu. Dengan begitu, akan membuat lebih mudah lagi untuk mencapai tingkat berikutnya.

Sadarlah, Hal Yang Cukup Baik Itu Sempurna
 
Pengusaha mempunyai pandangan bahwa hal sempurna adalah cara yang bagus dalam menjalankan proses. Membawa sebuah produk ke pasar akan berhasil, jika mereka tidak mau menunggu untuk mendapatkannya. Dapatkan ide yang cukup baik untuk memulai bisnis, karena hal yang cukup baik akan membawa ke arah yang lebih sempurna.

Biasakan Mendengar Kata Tidak
 
Ketika menghadapi kata penolakan dan ejekan banyak orang, maka satu-satunya yang perlu dilakukan adalah harus kerja keras menjalani semua usaha itu. Mengapa harus bekerja keras? karena hal itu bisa membuat lebih baik dalam mengembangkan sisi kewirausahaan.
 
Intinya adalah harus percaya dengan kemampuan sendiri. Karena menjadi seorang pengusaha akan banyak mendengar kata tidak. Semua kata tidak harus dijauhkan dari pikiran. Jangan takut akan kemunduran, selalu ingat bahwa sukses itu pasti sebelumnya telah mencicipi proses kegagalan.

Kesederhanaan adalah Kunci Paling Utama
 
Sebagai pengusaha pasti akan semakin dekat dengan berbagai impian. Setiap pengusaha yang sukses, pasti mempunyai kisah yang hebat. Perihal kesuksesan tidak perlu terlalu sering diperdengarkan. Namun yang harus dilakukan adalah bisa bisa memberikan sesuatu yang berbeda, unik, atau sebaliknya. Misalnya adalah menanamkan nilai kesederhanaan.

Jika nilai kesederhanaan sudah diraih, maka semua prinsip dasar sebagai wirausaha akan sedikit mudah untuk didapatkan. Prinsip dasar itu akan melewati semua kegagalan dan keberhasilan dalam menjalankan semua usaha. Maka raihlah kesederhanaan itu, karena dengan meraih kesederhanaan bisa menjadikan seseorang pengusaha yang sangat hebat.

Makassar, 17 November 2015

Catatan :
Tulisan ini hasil modifikasi dari Facebook Orang-Orang Sukses.  

14 komentar:

  1. Point 4 kadang syusah ya mas arif...klo blum ada hasil suka panas kuping sama remehan orang hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... perlu kesabaran yang tinggi dan menebalkan kuping biar gak mudah terpengaruh ketika diremehin oleh orang lain.

      Hapus
  2. Memang kudu konsisten dan tekad kuat klo mau jadi pengusaha itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, konsistensi sangat dibutuhkan dan penting untuk di ingat bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha.

      Hapus
  3. Percaya pada diri. Dengan begitu, potensi yang ada pada diri kita bisa dimanfaatkan dengan optimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangad, jika ingin potensi yang dimiliki bisa dimaksimalkan, maka jalan terbaik untuk menghadirkannya adalah harus percaya diri.

      Hapus
  4. poin no 2 itu sulit juga mas
    banyak yang ujung2nya jadi bumerang
    hi hi hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... untuk poin 2 perlu kreatifitas dan negosiator ulung jika tidak ingin menjadi bumerang ke depannya.

      Hapus
  5. HUaaaaa.. baca motivasi ini di saat yg tepatt...
    Aku mau wirausaha sukses :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, dicoba tipsnya. Kali aja impiannya untuk menjadi seorang wirausahawan sukses terkabul dengan cepat.

      Hapus
  6. orang yang berhasil justru tidak menunjukkan kemewahan, dia tetap sederhana dan rendah hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangad dengan yang Mbak Evrinasp katakan.

      Hapus
  7. Saya paling setuju dengan point no 4 dan 5 mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk apresiasinya, semoga bisa membawa manfaat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...