Sabtu, 10 Oktober 2015

Mengenang Kembali Indahnya Masa Kecil

Masa kecil, masa-masa yang penuh kenangan dan juga msa-masa yang penuh dengan kebebasan. Tapi... itu dulu, beda dengan masa kecil anak-anak zaman sekarang yang lebih banyak dihabiskan di depan gadget dan di kekang untuk menuruti semua kemauan kedua orangtuanya. Entah disadari atau tidak, fakta dilapangan menunjukkan demikian.

Untung saja, masa kecil yang penuh dengan kebebasan itu masih aku rasakan. Itu semua karena aku dilahirkan sebelum tahun 90-an. Namun bukan berarti anak-anak kelahiran tahun 90-an tidak merasakan kebebasan juga. Mereka tetap merasakan juga kok, karena era teknologi atau masuknya teknologi ke negeri ini di mulai tahun 2000-an.

Ngomongin masa kecil, pasti semua akan kembali teringat dengan berbagai macam permainan yang pernah dimainkan. Entah itu main gundu atau kelereng, petak umpet, loncat tali bagi cewe, main perang-perangan, dan masih banyak lagi, yang bila disebutkan satu persatu pasti akan membuat semuanya jadi senyum-senyum sendiri. Setuju gak!

Bagiku, masa kecil itu indah. Gak ada gadget, gak ada tuntutan ini atau itu asal tidak lupa untuk belajar dan tidak lupa akan rumah. Tidak lupa akan tugas-tugas sekolah, tidak lupa shalat dan tidak lupa untuk membantu pekerjaan di rumah juga.

Oh iya, untuk mengobati kerinduan teman-teman akan masa kecilnya, berikut aku lampirkan beberapa gambar mengenai permainan masa kecil yang penuh dengan kenangan dan kebebasan itu. Yuk, disimak 
  





 
  


Adalagi yang mau menambahkan!!!

Makassar, 10 Oktober 2015

12 komentar:

  1. gamebot, ular tangga, main karet, main sembunyi-sembunyian. permainan yang bisa disebut permainan legendaris. disetiap daerah pasti ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semua desa punya kesamaan permainan masa kecil.

      Hapus
  2. Itu memang maenan yg ga terlupakan ya mss arif, semua pernah aku jajsl
    Bekeeeeel juga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... iya, pemainan yang gak bisa dilupakan sampai sekarang.

      Hapus
  3. semua permainan dari gambar diatas sudah saya mainin semua, bener-bener indah banget. dulu kalau mau main keluar rumah mesti nyolong waktu sama orang tua.

    sekarang mah beda gak kayak dulu, kebanyakan cuman gadget doang, gak bikin kreativitas anak-anak naik malah semakin malas dan anti sosial soalnya bergaulnya hanya di medsos

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, sekarang mainan anak anak. cuma nunduk sambil lihat andorid, sama duduk manis depan laptop...
      padahal itu nggak sehat untuk anak anak sekarang.

      Hapus
    2. Wah... kirain cuma saya yang biasa nyolong waktu untuk bisa bermain dengan teman-teman.

      Setuju bangad, sekarang anak-anak jadi kurang yang memiliki kreativitas karena waktunya kebanyakan di habisin depan gadget.

      Hapus
    3. Yah... begitulah kira-kira kenyataan yang terjadi mas Fajar Herlambang.

      Hapus
  4. Sekarang jaman sudah berubah, banyak permainan tradisional ditinggalkan begitu saja tidak ada yang memainkannya. Anak TK saja sudah megang smartphone. Kalau dari kecil sudah terbiasa menggunakan smartphone bisa saja nanti ketika dewasa ia menjadi kurang pergaulan karena lebih asyik dengan dunianya sendiri, beda denga anak-anak yang memainkan permainan tradisional, mereka akan sering berkomunikasi dan mengeksplore lingkungan sehingga pemikiran dan motoriknya juga berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... itu yang patut di waspadai. Akibat kebanyakan main Smartphone, mereka jadinya tidak terlalu banyak bergaul dengan orang-orang di seklilingnya dan juga perkembangan motoriknya jadi sedikit lamban.

      Hapus
  5. hemm..jadi pengen balik ke masa dulu.. seru2an bareng sama teman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mau, tapi mau bagaimana lagi satu-satunya cara terbaik untuk kembali ke masa lalu adalah dengan mengenangnya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...