Jumat, 25 September 2015

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Kaki

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Kaki
Bau kaki
Bau kaki seringkali menjadi salah satu masalah yang selalu di keluhkan oleh sebagian orang. Tak tanggung-tanggung, masalah ini tidak bisa di anggap remeh karena sangat mempengaruhi pergaulan dan rasa percaya diri setiap orang. Sedangkan di sisi lain, berpengaruh pada tingkat kebersihan seseorang. Dimana kita terkadang merasa sudah cukup bersih saat bepergian, padahal saat pulang, baik itu dari kantor, kampus ataupun aktivitas lainnya dan saat melepaskan sepatu yang kita pakai, tiba-tiba muncul bau tak sedap dan menyengat.
 
Akibatnya, kita pun sering bertanya-tanya. Dari manakah bau kaki tersebut berasal? Mengingat bau tidak sedap tersebut tak jarang membuat rasa percaya diri setiap individu ikut menurun. Benar gak teman-teman!

Konon, penyebab bau kaki tak sedap sendiri ternyata beragam. Salah satunya, yakni karena aktivitas bakteri actinomycetes yang bersarang di dalam tempat lembab. Contohnya seperti sepatu yang sulit terjadi pertukaran udara. Beberapa sepatu berbahan sintetis atau plastik dapat menjadi media yang paling mudah sebagai tempat perkembangbiakan  jenis bakteri tersebut.

Di sisi lain, menurut ahli penyakit kaki (podiatrist) Josep Stren, setiap orang rata-rata memiliki 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya. Jumlah tersebut hampir separuh dari total kelenjar keringat yang di miliki oleh tubuh, yakni lebih dari 250 ribu kelenjar keringat. Bahkan katanya, kaki kita termasuk bagian tubuh yang paling berkeringat. Dalam sehari saja, satu kaki dapat memproduksi keringat lebih dari stu pint atau sekitar 568 ml.

Namun demikian, tidak perlu takut karena banyak cara untuk meredam atau mengatasi masalah bau kaki tersebut. Beberapa di antaranya seperti yang saya kutip dari Canadian Living.

Pertama, kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki. 

Kedua, semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan masing-masing satu sachet lavender atau kepingan kayu cedar ke dalam sepatu di malam hari agar aromanya lebih harum. 

Tiga, taburkan minimal satu sendok teh baking soda ke masing-masing sepatu untuk menetralisir bau kaki dan menjaga kaki tetap kering selama dipakai beraktivitas. Bisa juga dengan menaruh kantung kain berisi bubuk arang dan baking soda sehari semalam. “Baking soda sangat efektif menyerap bau tidak sedap,” ujar Meghan. 

Empat, cuci kaki secara teratur dengan air hangat dan sabun antibakteri. Setiap dua hingga tiga kali seminggu, rendam kaki di dalam air hangat yang telah diberi dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree atau thyme untuk membunuh bakteri. 

Lima, kurangi produksi kelenjar keringat dengan mandi teh. Kandungan tanin di dalam teh hitam efktif membantu menutup beberapa pori-pori pada kaki. Saran Meghan, tambahkan air seduhan teh ke dalam baskom atau wadah berisi air dingin. Rendam kaki selama 20 menit, lakukan lima hari berturut-turut.

Makassar, 25 September 2015

16 komentar:

  1. Bara tahu lah ada yang namanya mandi teh. Tehnya bisa sembarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu. Yang penting masih bangsa teh.

      Hapus
  2. bisa merusak suasana nih kalu ada bau-bau kaya gini

    BalasHapus
  3. bau kaki memang sangat menyesakkan dada dan sulit sekali hilang dari ingatan kita maka layaklah mengikuti petunjuk dan tipsmenghilangkan bau kaki ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk di coba tipsnya, kali aja berhasil.

      Hapus
  4. makasih tipsnya :) rajin potong kuku juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, makasih buat tambahannya Mbak Kania.

      Hapus
  5. ohya, pake bungkusnya teh celup juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut dicoba, makasih udah menambahkan kekurangannya.

      Hapus
  6. tipsnya boleh juga mas :)
    bener tuh kayak cewe alpuket pake bekas teh celup juga bisa menghilangkan bau tak sedap...

    BalasHapus
  7. Huhuhu saya bete kalau ada yang kakinya bau. Soale kalau nggak sadar, terganggu tapi serba salah mau ngomong. Terkadang ada yang nggak sadar kalau kaki (or badannya) bau (langsung cium badan & kaki sendiri hihihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... begitulah, seringkali pemilik asalnya bau (seperti bau kaki) tidak sadar dan nyaman-nyaman saja. Padahal oranglain yang mencium bau tersebut terkadang udah mau pingsan.

      Hapus
  8. wah... kalo tips dari calon istri saya ambil sesendok kopi bungkus dengan plastik lalu masukan ke dalam sepatu kulit, alhasil baunya berubah jadi kopi hihi... tapi tips anda akan saya coba yang teh mungkin baunya akan lebih enak haha...
    salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Selamat mencoba, semoga membuahkan hasil.

      Salam

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...