Rabu, 12 Agustus 2015

Madagaskar Rasa Indonesia

Madagaskar Rasa Indonesia
Alam Madagaskar Seperti Indonesia
Sepertinya kalimat itu cocok untuk menggambarkan kondisi yang terjadi di Madagaskar. Bagaimana tidak demikian? Konon nuansa nusantara begitu kental disana. Tak hanya itu saja, para ilmuwan pun memperkirakan bahwa negara kepulauan ini kemungkinan ditemukan oleh orang Indonesia, tepatnya seorang perempuan. Yang menjadi pertanyaan sampai saat ini, bagaimana bisa budaya Indonesia bisa berada di sana? Sedangkan jarak kedua negara kurang lebih 8000 kilometer!

Menurut catatan sejarah, pulau Madagaskar “katanya” pertama kali dihuni oleh pendatang asal Indonesia. Mereka diyakini berlayar sejauh 8000 kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Ilmuwan sejauh ini memang belum menemukan bukti fisik, kecuali hasil uji Mitokondria DNA yang mengungkap garis keturunan penduduk Madagaskar berasal dari Indonesia. 

Bukti lain mengenai pengaruh nusantara di Madagaskar bisa juga ditemui pada sektor pertanian yang banyak menggunakan metode dan teknologi yang hampir sama dengan di Indonesia. Menurut catatan sejarah, pendatang baru itu mulai menanami padi dan talas di dataran tinggi Madagaskar sejak abad ke-enam. Mereka disebut Vazimba yang jika diterjemahkan langsung berarti orang rimba.

Selain itu, kesamaan lain juga terlihat pada model rumah. Tidak seperti rumah tradisional Afrika pada umumnya yang berbentuk bulat, kediaman penduduk asli Madagaskar lebih menyerupai suku-suku di Asia Tenggara, yakni berbentuk kotak dengan atap segitiga. Penduduk asli Madagaskar juga mengenakan pakaian yang terbuat dari serat tanaman, berbeda dengan Afrika yang lebih menyukai kulit binatang.

Sedangkan dari segi bahasa yang katanya telah dikuasai oleh Bahasa Perancis, penduduk Madagaskar masih memelihara bahasa sendiri, yakni bahasa Malagasi yang masih termasuk rumpun Bahasa Melayu-Polinesia. Di dalamnya terkandung pengaruh bahasa lokal di Indonesia, yakni Barito Timur, Jawa dan Melayu. Tangan misalnya menjadi tanane atau nusa menjadi nosy. Bahasa Malagasi juga mengadopsi kata kulit dan putih dari bahasa melayu.

Kesamaan lain dengan Indonesia adalah mengenai makanan. Di Madagaskar, nasi dianggap sebagai salah satu makanan pokok yang wajib untuk di komsumsi. Tradisi kuliner di pulau tersebut juga ditengarai banyak dipengaruhi pemukim pertama yang berasal dari kawasan nusantara. Nasi biasanya ditemani laoka alias lauk, yakni sayur dan daging yang ditumis dengan saus tomat atau santan.
Makassar, 12 Agustus 2015

31 komentar:

  1. jadi penasaran pingin ke Madagascar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo menabung biar bisa ke sana. hehehe...

      Hapus
  2. aku belum pernah ke madagaskar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... sama, belum pernah kesana juga. Baru sebatas menyaksikan dilayar kaca saja dan searching di dunia maya.

      Hapus
  3. waaah.. info yang menarik. Tau madagaskar dari film aja, baru tau kalau ada hubungannya dengan indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya begitu, terus coba nyari tahu mengenai Madagaskar dan nemuin teori yang ada hubungannya dengan Indonesia.

      Hapus
  4. ternyata di madagaskar ada nasi ya mas?? wah tapi blom pernah liat sawahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, disana makan nasi juga gak tahunya.

      Hapus
  5. Madagaskar ini bukannya pulau dekat afrika selatan yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, letaknya ada di dekat afrika selatan.

      Hapus
  6. Orang Indonesia ada di mana-mana ya, berarti gak terlalu susah kalo belajar bahasa Malagasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu, karena bahasa Malagasi hampir sama dengan bahasa Melayu.

      Hapus
  7. Waah baru tahu kalo yang jadi penghuni madagaskar mulanya pendatang asal Indonesia... Suka mas timur yang ada sejarah-sejarahnya gini menambah ilmu pengetahuan sejarah... hehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, saya ikut senang bisa berbagi ilmu dan bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Hehehe... lumayan banyak juga kemiripannya.

      Hapus
  9. Wow keren deh pelaut Indonesia.

    BalasHapus
  10. Jadi ingat fil madagaskar nih....apa beneran ya kisahnya ditemukan penduduk indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang bukti yang ada baru sebatas kesamaan DNA, mengenai bukti baru belum juga aku temukan.

      Hapus
  11. lah... apa mungkin dulu madagaskar dan indonesia itu nyatu ya? terus kepisah karena pergerakan bumi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... aku juga kurang tahu mengenai hal itu. Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

      Hapus
  12. aku juga belum pernah ke madagaskar deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... sama, aku juga belum pernah.

      Hapus
  13. Penyebaran orang Indonesia memang mantap ya.. Sampai Madagascar aja ada :)

    BalasHapus
  14. Ketika mendengar madagaskar, saya pun langsung teringat film kartunnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... suka nonton film kartunnya juga ternyata.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. mau ke madagaskar pakai kapal laut ah... siapa mau ikut.. ayo.. heheheheh......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... yang mau ikut, ayo segera merapat sebelum kapal meninggalkan dermaga.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...