Sabtu, 01 Agustus 2015

Cara Jitu Mempercepat Koneksi WiFi


Cara Jitu Mempercepat Koneksi WiFi
Cara Jitu Mempercepat Koneksi WiFi
Bagi seorang blogger maupun penggila media social, internet merupakan salah satu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa? Karena tanpa internet, aktivitas ngeblog maupun sekadar untuk menghibur diri melalui media sosial tak akan terwujud jika tidak ada internet. Jangankan untuk menulis artikel, menulis status atau memberi komentar pun gak akan bisa dilakukan tanpa kehadiran internet.
 
Jika sudah demikian, hidup pun berubah menjadi kurang seru. Bahkan ekspresi wajah yang tadinya cerah ceria bisa ikutan berubah menjadi gelap gulita seperti akan terjadi hujan deras dan badai topan. Ya, begitulah kenyataan yang terjadi dijaman modern ini, dimana kemajuan teknologi (seperti internet) secara perlahan-lahan mengambil alih kehidupan manusia yang dulunya mandiri menjadi sedikit manja.

Ngomongin internet, seringkali pengguna internet merasa tertekan ketika koneksi internet misalnya seperti WiFi menjadi lambat atau sampai masuk kategori buruk. Biasanya, jika sudah demikian, berbagai omelan pun dikeluarkan bahkan tak jarang sampai keluar kata-kata yang tidak di inginkan, misalnya sumpah serapah dan semacamnya.

Padahal, jika bisa tenang sedikit dan mengontrol emosi alias tidak panik ketika koneksi WiFi mendadak lambat, ada banyak cara untuk mengantisipasi kasus demikian. Misalnya dengan melakukan pengecekan pada router yang digunakan, karena posisi dan pengaturan router juga bisa berpengaruh pada daya tangkap sinyal WiFi. Selain itu, terdapat juga cara lain untuk memastikan koneksi internet tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Jangan Letakkan Router di Lantai

Posisi router yang rendah dapat mempengaruhi koneksi WiFi. Untuk mendapatkan koneksi WiFi yang stabil, ada baiknya untuk meletakkan router di tempat yang lebih tinggi, seperti di meja, lemari atau dibuatkan tempat khusus untuk router di ketinggian yang masih bisa dijangkau.

Mengapa harus diletakkan di tempat yang tinggi? Karena router sendiri dirancang untuk mengirimkan sinyal kebawah. Jika diletakkan ditempat rendah seperti lantai, maka besar kemungkinan koneksi WiFi akan lambat. Kok bisa! Karena pada dasarnya lantai mengandung bahan semen, beton, bahkan logam yang notabene sulit untuk ditembus oleh sinyal WiFi, termasuk jaringan provider pun bisa mengalami hal demikian.

Jangan Lupa Mengecek Posisi Router

Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi jangan salah karena dapat memberikan efek yang lebih besar. Mengapa? Karena cara kerja router adalah mengirimkan signal ke semua arah, termasuk kebawah seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Untuk itu, cobalah untuk meletakkan router di posisi yang tepat, misalnya tengah ruangan.

Hindari meletakkan router disamping jendela, karena sinyal otomatis akan terkirim keluar juga. Sehingga bukan tidak mungkin akan membuat WiFi menjadi sedikit sia-sia, karena tidak seperti yang di inginkan dalam hal ini menjangkau seluruh bagian ruangan.

Letakkan Router di Tempat Khusus

Seperti yang sudah saya katakan di point pertama mengenai letak router. Dengan meletakkan router ditempat khusus, maka besar kemungkinan sinyal WiFi akan terpancar dengan kuat ke berbagai ruangan di dalam hunian. Lebih bagus lagi jika tempat khusus tersebut adalah ruangan yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Jauhkan Dari Barang Elektronik Lainnya

Mengapa harus dijauhkan? Karena perangkat apapun yang bisa menghasilkan sinyal elektromagnetik besar kemungkinan akan mengganggu bahkan bisa melemahkan kinerja signal WiFi yang digunakan. Perangkat elektronik tersebut antara lain, seperti TV, microwave, serta telepon nirkabel.
Pilih Tempat Terbuka

Agar kinerja signal WiFi tetap dalam keadaan optimal, hindari meletakkan router di antara mebel yang berukuran besar, dinding, dan atau dalam lemari. Sebaiknya memilih posisi yang bebas dari himpitan, atau dengan kata lain bisa dilihat dari posisi manapun. Hal ini perlu dipertimbangkan mengingat banyaknya bahan objek yang bisa menyerap kekuatan signal router, dimana berdampak pada berkurangnya kinerja router yang digunakan.

Periksa Kekuatan Sinyal

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat membuat produsen berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai aplikasi. Salah satunya seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat digunakan untuk keperluan pengecekan kekuatan signal. Saat mengecek sinyal, anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

Atur Antena Agar Berdiri

Atur antena router agar berada pada posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal, sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

Lakukan Speed Test

Point yang satu ini cara kerjanya tidak beda jauh dengan pengecekan kekuatan signal. Yang perlu dilakukan hanya speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi WiFi. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet yang digunakan.

Atur Piranti Lunak Router

Untuk mempercepat koneksi WiFi dapat juga dilakukan dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.

Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

Beli Router Baru

Bila semua sudah dicoba dan sudah dipastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, maka satu-satunya solusi yang paling ampuh adalah membeli router baru.

Makassar, 1 Agustus 2015

12 komentar:

  1. Aku bru paham ada ngaruh y router ditaro di lantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan memberi pengaruh Mbak.

      Hapus
    2. mungkin klo ditaruh di tempat yang tinggian jadi kencengan ya

      Hapus
    3. Bisa jadi demikian, selama ketinggiannya sesuai dengan prosedur pada penggunaan router.

      Hapus
  2. Iya mas masak ngaruh di taruh diatas lantai? Bukannya bahan logam baru ngefek kalo mnutupi penerima sinyal? Kayak di hp apple ato samsung terbaru yg berbahan aluminium. Aku baca gadget itu harus ada garis sinyalnya yg berbahan karet ato apalah itu. Tanpa garis itu hp ga bakalan dapet sinyal yg artinya tercover sama bahan alumunium jika tanpa garis/ bagian yg terbuat dari karet. Nah, router kan masih diatas lantai bukan di bawah lantai hhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan berpengaruh mas. Semakin rendah ketinggian routernya semakin berkurang signal yang diberikan. Emang lantai ada logamnya, tapi logamnya gak terlalu dominan seperti pembungkus samsung atau apple.

      Bedanya lantai bukan hanya logam yang ada, masih ada beton juga sama campuran semen di sana yang lebih dominan dan fungsi logam gak terlalu berarti.

      Hapus
  3. Iya juga ya walau sepele tapi posisi router ada pengaruhnya juga ya.. :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Hehehe... patut untuk dicoba kalau begitu, siapa tahu saja berhasil mempercepat koneksi internetnya.

      Hapus
  5. ooh ternyata di letakkan dekat jendela bisa mempengaruhi kecepatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan berpengaruh juga plus konektivitas WiFi malah menjangkau daerah luar juga yang pastinya bisa digunakan oleh orang lain juga, dalam hal ini mereka yang bisa mengutak-atik atau menjebol password WiFi.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...